Saturday, March 1, 2014

Ber-'unyeng-unyeng' atau user-user dua

My Little star ken suka sekali yang namanya jalan-jalan naek motor. Kalau sudah naek motor, dia suka membuka telapak tangannya lebar-lebar seraya dibentangkan. Senang merasakan angin yang menerpa kulit telapak tangannya. dia pun tidak mau mengenakan topi. Ken lebih suka membiarkan rambutnya disapu angin hingga berkibar 'kiwir-kiwir'.
Kami, ken, ayah ken, dan aku, biasanya suka nongkrong di taman kota, alun-alun, taman kecil di pasar buah, dan nongkrong di warung kopi langganan ayah.
Nah di tempat-tempat tersebut tak jarang kami bertemu dengan beberapa orang yang kami kenal. Dan yang pertama kali mereka lakukan saat melihat ken adalah menjiwitt pipinya (duuhh kasian my little star). Setelah menjiwit, mereka menggendong ken. Atau mengikuti ken berlarian kesana kemari. Tak lama kemudian, saat mereka mengetahui ken beruseran dua, mereka sontak berkata:
"wah user-userannya dua" atau ada lagi yang berkomentar seperti ini "unyeng-unyenge loro rek, pinter nggolek iwak" atau "user-useran dua, banyak tingkahnya, kudu kuat ni bpk m ibuknya".
Ken memang memiliki useran atau unyeng-unyeng dua. Sama denganku. Namun sama sekali tak pernah terpikir olehku akan komentar-komentar orang mengenai user-useran anakku.
Setelah bertanya pada suami, ternyata kalau di sini (Jawa Timur), mitosnya itu, kalau anak ber-user-useran dua itu nakal atau pinter mancing ikan.
Heeemmmm...itulah budaya.
Mungkin bukan nakal ya, tapi lebih banyak tingkah. Bagiku tak masalah, dan memang di usia balita, anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi sehingga membuat dia lebih banyak tingkah demi menjawab keingintahuannya itu. Tak peduli, balita tersebut beruseran satu, dua, tiga, empat, lima, enam....atau sepuluh (ehh ada gk ya sebanyak itu???!!!). Yang susah menurutku memiliki anak yang beruseran dua adalah menata rambutnya.
Sudah itu saja.

No comments:

Post a Comment

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)