Saturday, November 29, 2014

Online Shop Bukan Sekedar Tempat Berbelanja


Sumber


Siapa yang tidak tau dengan online shop?. Tua, muda. Pria, wanita. Semuanya kenal dengan tempat berbelanja online ini.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin meningkat, manusia disajikan dengan kemudahan-kemudahan dalam melakukan aktivitasnya. Salah satunya adalah aktivitas berbelanja.

Kehadiran online shop sendiri bermula dari Pizza Hut yang menawarkan pembelian online di webnya pada 1994, yang kemudian disusul Amazon yang mulai menjual buku online pada 1995. Setelah itu, sistem belanja online tak lagi mengalami evolusi, tetapi revolusi, karena demikian cepatnya belanja online, yang kini disebut e-commerce, itu menjadi alternatif masyarakat dunia untuk bertransaksi.

Jadi saat ini kita tidak perlu berpanas-panas ria, dilanda suntuk karena macet, kaki pegal karena berburu harga murah, atau hati lelah karena tak kunjung memperoleh barang yang diinginkan. Tidak. Kita tidak perlu merasakan itu lagi. Kita tinggal duduk manis. Bisa sambil denger musik. Ditambah camilan juga boleh. Trus pantengin layar smartphone. Klik klik klik. Kita langsung bisa berbelanja deh. Selain menghemat tenaga, terkadang kita juga bisa mendapatkan harga murah alias diskon loh. Wow wow wow.

Itu baru sedikit keuntungan yang dapat kita peroleh dari online shop. Masih ada banyak keuntungan lain dari hadirnya online shop. Apa saja itu ?.

Online shop bisa dijadikan sebagai tempat berjualan. Selain dapat menghemat biaya pemasaran. Juga bisa menghemat tenaga dan waktu. Mudah, hemat, untung.


Online shop bisa dijadikan sebagai referensi baik dari segi desain produk, produk terupdate, inovasi, maupun dari segi harga. Misalnya, kita ingin menghadiri undangan pernikahan mantan. Tentunya kita ingin berpenampilan maksimal donk. Lebih kinclonglah yah. Nah kita perlu update fashion, salah satunya adalah dengan cara mengintip-intip fashion di online shop. Jika sudah ketemu fashion terupdate dan yang sesuai dengan selera, kita bisa meluncur ke pusat perbelanjaan terdekat. Namun jika di pusat perbelanjaan tidak ada barang yang kita inginkan. Solusinya adalah balik lagi ke online shop.

Selanjutnya, online shop bisa dijadikan sebagai sumber informasi. Biasanya produk-produk yang dijual di online shop tidak hanya memberikan informasi seputar harga dari produk tersebut. Online shop juga memberikan informasi berupa spesifikasi produk, review, testimoni, dan lain sebagainya. Hal ini membuat pembeli tak hanya sekedar membeli barang yang diinginkan, akan tetapi ia tau betul dengan barang tersebut.

Apakah online shop bisa jadi pundi-pundi untuk pembeli?. Tentu. Terkadang pada event-event tertentu atau promo suatu produk, online shop akan memberikan diskon besar-besaran. Hal ini dapat dimanfaatkan para pembeli dengan menjual lagi barang tersebut dengan harga yang berlaku pada umumnya. Atau jika si pembeli sudah menjadi member dari online shop tersebut, tentunya ia akan mendapatkan harga khusus. Atau ada juga online shop yang layaknya grosiran. Beli 2 gratis semua *andaisaja....*. Maksudnya beli 2 gratis 1 atau ada juga beli 1 gratis 1. Nah si pembeli bisa menawarkan barang tersebut ke lingkungan sekitarnya. Cukup mencari pembeli 2 orang saja, amak si pembeli utama akan mendapatkan barang yang diinginkan secara cuma-cuma. Cuma-Cuma booookk.

Ada lagikah?. Ada donk.
Online shop bisa dijadikan sebagai sarana pertemanan. Sebelum membeli tentunya pembeli akan melakukan komunikasi intensif kepada si penjual hingga barang yang mereka pesan tiba di tangan. Apabila si pembeli melakukan transaksi lebih dari 2 kali, tidak menutup kemungkinan tali pertemanan pun akan terjalin dengan sendirinya kepada si penjual. Dan untuk si penjual sendiri tentu saja dapat memperluas jaringan bisnisnya.

Online shop bisa juga dijadikan sebagai hiburan untuk jiwa, juga mata. Cuci mata murah meriah. Mungkin lagi dilanda bosan di kantor. Suntuk karena macet. Atau sedang kedatangan Andy Lau, antara dilema dan galau. Semua itu bisa hilang dengan cara menengok halaman online shop.  Ting.

Nah itu dia keuntungan-keuntungan yang dapat diperoleh dari hadirnya online shop dalam hidup kita. Online shop bukan sekedar tempat berbelanja. Online shop bukan hanya memberi kemudahan. Tetapi menghadirkan berjuta keuntungan.



Referensi


8 comments:

  1. Haha.. lucu banget baca pengantar komennya, pake pantun :D

    Btw, good luck ya sist untuk GAnya, aku juga ikutan buat coba peruntungan dan nambah ilmu juga, hehe..
    Salaaaam :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mak hani, sy juga masih harus sering2 belajar, yuk kita belajar bareng, hehe, good luck juga ya buat mak hani, salaammm termanis dari diriku *halah... : )

      Delete
  2. Ada banyak sekali keuntungan Online shop ya mbak Inda.... say ajuga merasakan itu. Dari rasa itulah saya belajar menjadi pemilik online shop yang baik. Terima kasih ulasannya ya..
    Jabat erat dari Jepara
    Susindra

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jabat tangannya erat banget mak susi, saking eratnya sampek kerasa disini *nunjuk hati.. sy jg banyak belajar dari mak susi yg begitu telaten melayani konsumen..sipp dah, sukses buat mak susi + toko2 online nya.. : )

      Delete
  3. Kalau saya juga suka lihat - lihat barang mak di online shop. Tapi jarang beli lewat online shop

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos dulu kita mak, sy paling demen ngeliatin barang-barang di online shop...beken sepet sepet mata ilang... : )

      Delete
  4. wahahaha kadang memang kalau liat OL shop rada2 ademmm tapi bikin sesak di kantong ya mbak hehhe

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)