Ayo Plih Buah Lokal

Hayooo siapa di sini yang suka buah ?, angkat tangan. Saya hitung ya. Satu, dua, tiga, yak 4, 5,  yak yak, trus trus trus. 1000. 2000. Apa ?!. Semuanya ?!. Baguuuss. Sipp. Kurus gendut. Tua muda. Aliando dan Saya. Semuanya suka buah.



Yup, hampir semua orang menyukai makanan yang satu ini. Selain sehat, menyegarkan, juga enak. Di kala panas terik juga dahaga maka konsumsi saja buah yang mengandung kadar air yang cukup tinggi seperti semangka, melon, jeruk, dan lain-lain.

Di kala dingin menyerang, maka minuman anggur bisa jadi penghangatnya.  Di kala lapar tapi tak sempat makan karena pekerjaan menumpuk, maka ngemil buah adalah solusinya. Bisa apel, jambu biji atau Guava Crystal juga boleh. Enak dan praktis.

Kalau ingin sehat, maka mengkonsumsi buah adalah salah satu solusinya. Misalnya ingin pencernaan tetap sehat, maka bisa dengan mengkonsumsi buah apel karena mengandung serat yang cukup tinggi. Atau sedang membutuhkan asupan vitamin B, dapat mengkonsumsi buah pisang. Atau ingin menangkal radikal bebas, bisa mengkonsumsi sroberi karena stroberi memiliki konsentrasi antioksidan yang cukup tinggi. Atau kalau ingin semuanya, bisa mengkonsumsi jambu biji Guava Crystal. Karena apa ?.

Guava Crystal dapat memperlancar dan menjaga kesehatan pencernaan. Karena buah ini merupakan buah yang sangat kaya sumber serat larut (5,4 g per 100 g buah, sekitar 14% dari DRA), yang baik untuk memperlancar pencernaan. Serat membantu melindungi membran mukosa usus dengan mengurangi efek buruk racun serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar.

Sumber : www.sunpride.co.id


Guava Crystal juga mengandung vitamin B yakni B3 dan B6. Vitamin B3, dikenal juga sebagai niasin yang berfungsi merangsang fungsi otak dan meningkatkan aliran darah, dan vitamin B6, juga dikenal sebagai pyridoxine, adalah nutrisi penting untuk otak dan fungsi saraf.

Selain itu juga Guava Crystal merupakan sumber antioksidan dan vitamin C, menyediakan lebih dari tiga kali dari kebutuhan asupan harian. Perlu diketahui bahwa kulit luar buah ini mengandung vitamin C yang lebih tinggi daripada bagian tengahnya.
.
Bagaimana ?, luar biasa bukan ?. Hanya satu buah, bisa memberikan manfaat untuk banyak hal. Nah, kalau sudah tau begini, masih adakah yang tidak suka mengkomsumsi buah?. Kalau saya sih, malah tambah cinta.

Untuk mendapatkannya pun bisa dikatakan cukup mudah ya. Bisa menanam sendiri di rumah atau beli di pasar buah maupun supermarket atau bisa juga membeli di Sunpride yang merupakan penyedia buah-buah segar berkualitas. Yang mana buah yang disediakan oleh Sunpride sebagian besar adalah buah-buah lokal. Jadi misalkan kita penasaran dengan rasa Apel Malang, namun di tempat tinggal tidak ada yang menjual buah tersebut, maka tak perlu sedih, karena Apel Malang tersedia di Sunpride. Dan satu lagi, kita tak perlu khawatir dengan kualitas buah yang tersedia di Sunpride, karena apa ?. Semua buah sudah memiliki sertifikasi. 

Sunpride memberikan produk terbaik yang aman dikonsumsi oleh kita, pelanggan setianya tanpa perlu was-was akan bahaya pestisida. Sunpride mengujicobakan secara berkala ke badan legal yang berperan menjamin mutu melalui pengujian dan kalibrasi bernama Sucofindo untuk menjamin mutu dan keamanan buah kepada konsumen. Tuh, kurang apa lagi coba' ?. Rasa penasaran terobati, dan tak perlu was-was lagi.
Kalau saya sih, untuk saat ini, beli di pasar buah kadang juga di supermarket. Soalnya, rumah yang saya dan suami kontrak tidak bertanah alias di plester keramik semua. Hiks. Buah yang saya beli pun kebanyakan buah lokal. Kadang juga beli buah import. Tapi bisa dihitung jari. Soalnya, harganya itu loh, mbog mbog mboogg, bikin dompet saya berbunyi 'pesss' alias berisi angin. Jadi ya, ini, inilah salah satu alasan saya lebih memilih mengkonsumsi buah lokal. Harganya nyaman di kantong saya. Karena tidak melalui proses perjalanan yang begitu panjang dan tidak melalui Bea dan Cukai.


Nah berbicara soal suka. Ini alasan saya yang kedua mengapa lebih memilih mengkonsumsi buah lokal. Ya karena suka. Suka dengan rasanya yang khas dan kesegaran yang hadir saat menikmatinya. Iya, ada rasa segar yang hadir di lidah hingga tenggorokan setiap kali menikmati buah lokal. Seperti halnya jeruk. Jeruk import memiliki rasa manis yang dominan. Sementara rasa jeruk lokal memiliki kombinasi rasa yang menakjubkan. Manisnya yang tidak mencolok, dan rasa kecut yang begitu tipis, mampu menciptakan kesegaran saat menikmatinya. 'Mak Nyess'. Inilah yang memikat hati saya dan keluarga.

Kemudian alasan saya selanjutnya adalah karena aman. Akhir-akhir ini, penikmat buah di Indonesia dikejutkan dengan buah apel dari Amerika yang mengandung bakteri Listeria monocytogenes. 

Listeria monocytogenes adalah bakteri yang dapat mengakibatkan infeksi serius dan fatal pada bayi, anak-anak, orang sakit, dan lanjut usia serta orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Orang sehat yang terinfeksi mungkin menderita gejala jangka pendek seperti demam tinggi, sakit kepala parah, pegal, mual, sakit perut, dan diare. Infeksi listeria dapat mengakibatkan keguguran pada perempuan hamil.

Alasan terakhir adalah banyak pilihan. Ada rambutan, mangga, manggis, pisang, jambu biji, dan masih banyak lagi yang lainnya. Memang sih, tidak semua buah-buahan tersebut dapat kta pilih, kita beli, dan nikmati  dalam satu waktu. Karena hampir setiap buah di Indonesia memiliki musim panen masing-masing. Tapi, justru itu kelebihannya. Sensasi saat bertemu dengan buah yang diinginkan sejak lama, tentu saja menambah cita rasa tersendiri.

Nah begitulah kiranya beberapa alasan saya suka dengan buah lokal. Bagaimana dengan kamu ?. Suka buah lokal juga kan?. Asyiiikkkk. Hidup buah lokal. Hiduuppppp.



Referensi :
http://www.sunpride.co.id/produk/guava-crystal/
http://www.sunpride.co.id/
http://www.doktercantik.com/4659/makanan-yang-menyehatkan-usus-dan-pencernaan.html
http://www.merdeka.com/sehat/5-buah-ini-memiliki-kandungan-antioksidan-tertinggi.html
http://www.femina.co.id/kuliner/info.kuliner/bahaya.buah.berlapis.lilin/004/002/27
http://www.jawapos.com/baca/artikel/12265/Temuan-Bakteri-Mematikan-di-Apel-Impor-Angkat-Pasar-Buah-Lokal

26 comments:

  1. hahahahaha pessss.. ngakaaaak x))

    Eh ada Aliandonya akuuuuh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ambil dah mak pung, bawak dah pulang tuh aliando, yg penting buah lokalnya jangan yak...eeeaaa

      Delete
  2. Kenapa yg dipilih aliando bukan adam levine?hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Entar dah lain kali sm adam levine y mak...
      Liat guava itu loh langsung keinget aliando gt, seger manis kinyis2...aseg..:D

      Delete
  3. Duh, lirikan matanya. ga nahaaaan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak naham buat beli buah lokal ya makkk...
      Aseeggg..mantab nih

      Delete
  4. Aduuh, aku mau komentar apa ya tadi...sampai bingung terpana sejak foto paling atas hiihihi.
    Sukses lombanya ya makk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udaahhh nggak ush komentar mak ariinn..langsung dah diborong buah lokalnya..rancakbana :D

      Delete
  5. artis2 yg beli ya mak...hem guava itu emang yahud mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artisnya jualan itu mak...jual buah import..cz ,asyarakat Indonesia udh pd beralih ke buah lokal mak...manteb gak tuhh...aminn..smoga bs bgitu..optimis mah...aplagi sunpride jg mbantu mempopulerkan buah lojal jg....
      Makasih kunjungannya ya mak :)

      Delete
  6. Hihihihi, itu foto yang di atas sukses bikin ngikik2 deh he he... Dari segi harga, buah lokal ada yang murer ada juga yang lebih mahal Mak. Tapi in syaa Allah memang lebih aman ya. Pas tau buah impor bisa 40 hari baru nyampe Indonesia dan pake pengawet itu mau penampilannya kinclong tapi makannya ya nggak tenang hu hu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...blm nemu buah lokal harga import mak heni...durian itu kah ?.
      Ho oh..lama bener ya mak...40 hari eee...
      Makasih infonya dan kunjungannya yabmak..sukses buat mak heni

      Delete
  7. Gue buka pertama dan liat itu tatapan matamu. Duh ga kuat aku ;;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daku tau deh mas bro..kenapa gk kuat liat tatapan mata itu..karenaaaaaa....
      Langsung kebayang guava crystal yg menggodah kan..asegg....
      Makasih kunjungannya ya..langsung kunbaaalll :)

      Delete
  8. buah lokal memang juara deh, aliando aja sampe suka...
    saya juga lebih milih buah lokal. karena menurut saya buah lokal nggak kalah sama buah luar, menang malah..

    ReplyDelete
  9. foto editannya pas juga,, yang foto pertama ekspresinya dapet :D

    buah itu rasanya enak terus manfaatnya banyak jadi banyak yang suka, termasuk aku :D

    guava crystal itu sama dengan jambu batu gak ya? soalnya di kampungku juga ada yang mirip seperti itu, cuma namanya jambu batu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ish..asli itu mbak, bukan editan,asli ngarep..wkwkwkwk
      Iya nih mbak, masih belajar bikin gituan lg, setelah sekian lama...

      He em..guava as jambu biji as jamhu batu

      Delete
  10. Wkwkwkwkw aku langsung ngakak liat komiknya...kreatif mak,..
    Dulu aku pikir sunpride buah impor...ternyata lokal :| xixixi
    Sukses mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin tengkiu ya mak ecaa kereennnn...
      Senengnyaaaa bs bikin mak eca jd wkwkwkwkwk..:D

      Delete
  11. Haghaghag gambar teratas bikin gak nahan pengen ketawa ngakak :))
    Sukses ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggooo....
      Aahhhh..bahagianyaaa bs bikin dikau ketawa sampek ngakak pulak......
      Tp jgn lebar2 yak, nanti perabotan rumah pd masuk semuaaa...:D

      Delete
  12. Eh, si Kristen Stewart sekarang mainnya di pasar. Mau beli duku lagi hahahaha:D

    ReplyDelete
  13. mengapa aliando disukai para wanita ya? saya herman *lah*

    ReplyDelete
  14. hehehe kalo yang jualan buah kirsten steward... pasti bakalan laris tuh buah lokalnya ya

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

About Me

Halo Assalamu'alaikum, Aku Inda, guru tk. Aku  ibu dari dua bocil, ken dan yumna, yang suka menulis, suka kulineran, jalan-jalan...