Skip to main content
#MemesonaItu

Review Perfect Mistakes

Perfect Mistakes, Rons Imawan dkk.

Seperti remaja lain yg dibanjiri hormon puber Aku mulai diam-diam mencari tahu tentang Dia.. Askar Nuraga.
................... Dialah cinta pertamaku, tapi Aku pendam diam-diam dan tidak pernah Aku ceritakan ke satu pun temanku.

Itulah beberapa cuplikan kalimat dari lamunan jendela yg ditulis oleh Kwartika Ade Arimbi.

Sebagaimana yang tertulis di atas, Vaya, tokoh utama, mencintai Askar Nuraga secara diam-diam. Rasa cinta itu dimulai saat Masa Orientasi Siswa dan seiring berjalannya waktu, cinta vaya pada askar semakin tumbuh subur. Askarlah yang membuat panas 02.00 siang terasa hangat dikulit Vaya. Askarlah yang membuat Vaya nampak bersemangat saat olahraga. Askar jugalah yang memenuhi buku berwarna maroon milik Vaya. Iya hanya milik Vaya sampai akhirnya Ia tak sengaja meninggalkan agenda maroon itu di perpustakaan sekolah. Sejak saat itu, buku maroon itu  menjadi milik umum, dan perasaan Vaya terhadap Askar pun terungkap sudah. Lalu bagaimana perasaan Vaya ? Juga perasaan Askar saat mengetahui Ia memiliki pemuja rahasia yg bernama Vaya ?. Berlanjutkah rasa cinta Vaya kepada Askar ?. Tidak. 

Penolakan Askar dan kata-kata Askar yg menyakitkan membuat Vaya memutuskan utk membunuh rasa cintanya pada Askar. Sementara Askar, iya Askar, harus berkubang dalam penyesalan dan Ia pun harus melakukan suatu penebusan dosa. 

Lain lagi dengan cerita yang berjudul Sumpah Konyol yg ditulis oleh Agfian Muntaha.  Si Cahyo, tokoh utama, mengambil uang mamahnya untuk bermain PS dengan teman-temannya. Uang tersebut merupakan uang arisan ibu-ibu. Ketahuan ?. Tentu saja. Akibat ulahnya ini Cahyo pun mendapat 'pelajaran' di pipinya dari Sang Papa. Ia menangis, dan tangisnya pun semakin menjadi saat melihat Sang mamah juga menangis.
Cahyo menyesal. Berbekal rasa penyesalan dan ucapan Sang Papah membuat Cahyo memutuskan utk melakukan penebusan dosa. Penebusan dosa yang luar biasa. Hingga berhasil membuat Sang Mamah juga Sang Papah tertegun menyaksikannya. Begitu pula dengan Daku, terenyuh dengan apa yang dilakukan Cahyo utk menebus kesalahannya.

Selanjutnya After Heart. Hhhh. Cerita yang ditulis oleh Rons Imawan ini berhasil memporakporandakan perasaan Daku. Bagaimana tidak porak poranda kalau ceritanya se-keren itu.

After Heart menceritakan tentang seorang gadis bernama Kenanga yg terjerat dalam sesuatu hal yg ia sebut dg kutukan. Kutukan ini bermula saat ia bangkit dari meja operasi. Iya, operasi. Kenanga melakukan operasi transplantasi harper. Harper barunya ini bukan harper biasa, karena sang pemilik harper menancapkan sebuah janji. Janji untuk merebut cinta sejatinya lagi. Dan kepada kenanga lah, janji itu dipasrahkan.

Kenanga tak hanya memiliki harper baru, dan janji yang ditancapkan Sang pemilik . Tidak. Tidak hanya itu. Bahkan perasaan, memori, sifat dan tingkah laku Sang pemilik harper itu pun juga dimiliki oleh Kenanga. Tak semua memang, tapi sebagian besar.

Kenanga pun berusaha mewujudkan janji Dewanti, pemilik harper. Ia berhasil menemukan cinta sejati dewanti yg juga menjadi cinta sejatinya. Namun, sang cinta sejati tersebut, Ismet, tetap menolak kenanga sebab Ia sudah berkeluarga dan memiliki seorang anak. Ismet juga membuat kenanga tak mengikuti keinginan pemilik harpernya lagi, kenanga berusaha utk melawannya. Perlawanan yang akhirnya membuat kenanga tersiksa.

Lalu bagaimana dengan Ismet sendiri ?. Apakah Ia hanya berdiam diri saja ?. Tidak. Ismet memutuskan utk melakukan sesuatu. Suatu penebusan dosa yang luar biasa. Melepaskan nyawanya.
Kenanga ?. Bagaimana dengan Kenanga ?. Kenanga sama Udin. Loh ??.

Itulah 3 dari 9 kisah dahsyat yang ada dalam buku Perfect Mistakes karya Rons Imawan, dkk. Sebuah buku yg berhasil membuat Daku rela melewati drakor yg tokoh utamanya diperankan oleh abang daku yg paling ganteng, Si Lee Min Ho. Buku yg berhasil membuat Daku lupa waktu makan siang si kecil. Dan buku yg berhasil membuat bendungan air mataku jebol sejebol-jebolnya dan tumpah ruah di halaman 159, After Heart. Koq bisa ?. Entahlah, mungkin sudah terlanjur merasuk di jiwa. Seakan Daku pun ikut merasakan kesedihan yang dialami kenanga. Seakan Daku dan kenanga, terhubung..aseg. Jadi saat bahagia menghampiri Kenanga, Daku pun ikut mengeluarkan air mata bahagia. Selamat ya Kenanga..hiks.

Tak hanya ceritanya saja yang keren, di dalam buku ini juga terdapat pelajaran yg tersirat dari kata-kata yang aduhai. Terasa di hati. Banget. Nggak percaya ?. Ini deh Daku jentrengin nih yah. 




















Sudah cukup sampai di sini kah ?. Belum belum. Masih ada. Satu lagi kelebihan dari buku ini. Apakah itu?. Iya, buku ini tak hanya menyuguhkan duka luka marah sedih kecewa. Tidak. Ada tawa. Ada senyum saat membaca buku ini. Beneran. Kalau nggak percaya nih Daku jentrengin cuplikan kata-kata yang membuatku tersenyum maniiiissss sekali. Semanis madu dah pokoknya. Ting.

Perfect Mistakes, Sumpah Konyol, 237.















Lengkap kan. Yup, semua rasa ada di buku ini. Mungkin hanya ada beberapa kekurangan dalam buku ini. Menurutku sih. Seperti, soal EYD. Penulisan kata aku, memerankan sebagai tokoh utama, seharusnya ditulis Aku. Apalagi ya..O itu kemunculan Si Udin yang tiba-tiba, berhasil merusak emosi yang Daku bangun sejak awal cerita. Untuk cerita ini, mending Udin nggak muncul dah yah. HadeeehhhhRecomended banget dah ni buku. Kece abis.

Baiklah, karena jari jemariku udah pada geringgingan, jadi sekian dulu dah Review Buku Perfect Mistakes ini. Semoga bermanfaat yah. : )




Comments

  1. ini banyak penebusan dosa ya? Gara2 judulnya juga sih mistake2 gitu.Hihi..

    Kirain tadinya novel, ternyata kumpulan kisah ya? Hmm..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyup..kumpulan cerita mak irly..kumcer kumcer

      Delete
  2. Duh, quote dan pesan-pesannya makjleb banget

    ReplyDelete
  3. Aku udah lama nggak baca buku ih. Masuk wishlist ah :D

    ReplyDelete
  4. masakih eh makasih reviewnya :))

    ReplyDelete
  5. Judulnya eye catching... Jadi penasaran sama buku ini... :)

    ReplyDelete
  6. Judulnya kepoable banget, Mbak :D

    ReplyDelete
  7. Nah disitulah kadang saya merasa sedih, kalau sudah membaca saya susah berhenti, banyak yang terbengkalai jdinya...akhirnya sebagai ibu lima anak,, momproneur dan blogger saya say goodbye sama novel hehe.... ga keburu bacanya Mak....^_^

    ReplyDelete
  8. Aku sih jarrang baca novel dalam negeri makk.. Tapi sekali nya punya, hanya karya nya Andrea Hirata, komplit.

    ReplyDelete
  9. hahaha.. kok si Udin nongol lagi di bukunya Rons yang ini? jadi penasaran nih :)

    ReplyDelete
  10. Buku dengan emosi gado2 ya Mak :)

    ReplyDelete
  11. Kumcer ini ya mbak.... Pengen baca

    ReplyDelete
  12. Bukunya bagus ya mbak... jadi pengen baca. Makasih review-nya ya..

    ReplyDelete

Post a Comment

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Popular posts from this blog

Cara Menghaluskan Daging Tanpa Mesin

Idul Adha. Daging dimana-mana. Bingung mau dimasak apa. Akhirnya dibikin bakso saja.
Yup, meluncurlah kami, daku dan suami, ke pasar, bukan hendaak berkeliling keliling pasar, tp hendak menggiling daging kurban jadi adonan. Di rumah, tinggal dibentuk bulat bulat plus bikin kuaahnya saja.

Tiba di tempat giling daging. Beugghhh. Harum semerbak nan memblenek. Yah namanya jg tempat penggilingan daging. Jadi ya gitu ituh.

Kami memilih tempat yang sudah direkomendasikan tukang bakso langganan kami. Di tempat itu, kita bisa request mau adonan yg begini atau yg begitu. Kami sih memilih yg begini aja. Kan buat dikonsumsi keluarga.

Kami harus mengantri, karena banyak yg seperti kami. Bingung mau dimasak apa lagi tuh daging sapi.
Masa menunggu, membuat daku bergumam: "koq gitu?".
Kenapa ?.
Kebersihan tempat bisa dikatakan lumayan lah daripada sebelah2nya. Yg bikin perasaan jadi gimanaaa gitu, karenaaaaaa. Yg handle adonan itu lohhh, laki laki berkaos singlet. Kalau ada yg netes dari ce…

4 Merek Panci Presto Terbaik

Satu atau dua hari sebelum lebaran biasanya para ibu rumah tangga, seperti kita-kita nih, sudah mulai mempersiapkan beraneka macam hidangan yang lezat seperti opor ayam dan ketupat donk ya. Nah untuk menghasilkan opor ayam yang empuk, kita pasti membutuhkan yang namanya panci pressure cooker (presto). Dengan menggunakan panci presto ketika merebus ayam, daging akan cepat matang dan empuk dalam waktu yang singkat. Selain itu penggunaan gas juga akan lebih hemat dan makanan akan menjadi lebih sehat karena gizi yang terkandung dalam ayam akan tetap terjaga. Berikut adalah daftar empat merek panci presto terbaik yang bisa kita dapatkan di online shop banyak diskon MatahariMall.
1. Airlux Panci Presto PC7216 Panci presto berkapasitas 16 liter ini bisa memasak makanan 3-10 kali lebih cepat daripada panci yang biasa kita gunakan. Panci ini dilengkapi dengan safety valve dan safety cover lock yakni lubang pembuangan uap atau udara yang berfungsi sebagai pengaman pada saat panci presto diguna…

Aneka Pilihan Atasan untuk Celana Kulot.

Siapa di sini yang lebih suka memakai celana daripada rok ?, hayooo ngakuuuu *sambil ngacung paling tinggi. Yup, aku begitu. Lebih suka memakai celana daripada rok. Membuat aku lebih mudah bergerak. Entah itu naik motor, memanjat pohon mangga, atau berlari saat dikejar-kejar Aliando, Varel, Rasya dan Al Ghozali *lalu dinyonyorin fans mereka.
Memang, sejak SD hingga SMA, aku sudah terbiasa memakai rok. Namun sepertinya saat-saat itu aku sering mendzalimi rok-rok sekolahku. Robek sana sini cyin. Bagian depan maupun belakang juga bagian kanan dan kiri. Robek. Entah karena jahitan roknya yang kurang rapi nan kuat atau karena langkah kakiku yang beringas. Entahlah.
Begitu lulus SMA, aku benar-benar menyimpan rok-rok ku. Jadi saat kuliah aku jarang memakai bawahan rok. Lebih sering memakai celana jeans, celana aladin, dan celana kulot. Hal yang demikian tersebut berlangsung sampai sekarang, saat aku sudah menjadi seorang ibu yang imut dan lucu juga gemesin *huwek. Ditambah lagi dengan akti…