Sunday, June 14, 2015

Tips Sukses Menabung

Haihai....kalian pernah ngalamin masa-masa indah bersama celengan ayam tanah liat nggak ?. Pernah kan ?. Sipp selamat selamat, kalian masuk dalam kategori sudah tak muda lagi. *lalu ditoyor. 

Sama. Aku juga ngalamin koq masa-masa itu. Berkesan sampai sekarang. Terutama suara 'prak pyar' saat si celengan dipecahkan. Merdu banget. 

Bagiku, masa-masa itu bukan sekedar kenangan berkesan saja, melainkan apa yang diajarkan bapak ibuk kepadaku dulu benar-benar membuatku lebih cermat dalam mengatur uang, jadi suka menabung hingga akhirnya sukses menabung.

Kesuksesan dari kegiatan menabung yang paling besar bagiku adalah saat mendengar bapak berkata begini : " Bapak nggak kerasa nyekolahin kamu". Juga saat ibuk berucap begini : " terima kasih banyak, kamu sudah bantu bapak ibuk bayar sekolah kamu".

Mendengar kalimat-kalimat itu membuatku merasa bahagia. Sebab berhasil meringankan pundak bapak juga ibuk. Sebab ikhtiarku untuk disiplin menabung berbuah manis juga. Sebab menyadari bahwa ternyata Aku mampu mengatur kiriman bulanan dari bapak sebesar Rp. 500.000 itu sebaik mungkin. Bisa bayar spp sendiri, beli buku, masih bisa makan enak meskipun tidak sering, bisa bayar iuran kontrakan/bln, bisa jalan-jalan ke tempat wisata terdekat/ bulan, dan silaturahmi ke rmh temen saat libur semester. Bahkan, selesai kuliah pun Aku masih punya simpanan yang membantuku survive sampai Aku mendapatkan pekerjaan. Alhamdulillah.

Keren kan Aku ?. Ya kan ya kaannn. Udaaaahhhh bilang aja iya, daripada nanti Aku berubah jadi mak lampir. Iya kan ? Nah gitu dong. Sipp..

Aku tahu, Kalian pasti penasaran bukan kenapa Aku bisa begitu ?. Tenang, tak usah gundah apalagi sampai gulana. Nih Aku bagi tipsnya deh buat kalian. Tips Menabung ala Aku.  Terutama buat yg masih berstatus pelajar, dan mahasiswa. Buat buibu juga bisa koq. Nggak beda jauh. Tinggal dicocokin aja sesuai dengan kondisi buibu. Boleh ditambah. Boleh juga diganti. Jadi, mari kita langsung cusss yuk. Yuuukkk.

1. Kuatkan niat. Ini paling utama sih. Sebab, waktu itu, Aku ngerasa begitu banyak godaan disekitarku. Mulai dari godaan lihat temen yg abis shoping, temen yg suka makan ini itu mantabb, dan yg suka jalan2. Sungguh menggoda.Alhamdulillah. Dengan niat yang kuat markuat. Aku berhasil terbebas dari godaan tersebut. 

2. Begitu dapat kiriman uang saku dari ortu, segera sisihkan sebagian. Dijadikan sebagai tabungan wajib yang tidak boleh diganggu gugat sampai jangka waktu yang ditentukan. Kalau Aku dulutabungan tersebut Aku eksekusi saat registrasi semester baru untuk bayar spp.

3. Membuat daftar rincian pengeluaran untuk 1 bulan sesuai dengan sisa uang saku.Di sini kita harus memilah memilih apa saja yang paling kita butuhkan hingga yang tak kita butuhkan. Ingat ya. Yang paling utama adalah memenuhi kebutuhan bukan memenuhi keinginan.

4. Siapkan sebuah tempat untuk menaruh uang receh sisa belanja. Jangan dibuang-buang ya. Meskipun Rp. 100, atau Rp. 200 , juga berguna loh nantinya. Sebagai bekal menghadapi tanggal tua. Atau sebagai antisipasi jika ada beberapa pengeluaran tak terduga, seperti foto kopi tugas, ketemu pengamen pengemis, dan lain sebagainya.

5. Kalau misalkan ada rencana ingin refresing perbulan, maka bisa diakali dengan menghilangkan salah satu barang yg dibutuhkan atau melakukan penghematan. Kalau Aku lebih memilih melakukan penghematan yakni menghemat uang utk jatah makan/hari dengan cara Aku memasak sendiri. 

Itu hemat versi Aku. Kalian bisa mempraktekkan hemat versi kalian. Atau bisa juga nih kalian mempraktekkan tips hemat ala mahasiswa dari cermati.com. Tipsnya oke punya loh. 

Selain hemat, mungkin kalian juga bisa berwirausaha. Jangan ragu jangan takut untuk memulai berwirausaha. Kalau masih takut juga, nih ada tips kece dari cermati.com ttg tips berbisnis untuk pemula

Gimana ?. Masih mau pilihan yang lain lagi ?. Tenang Aku masih punya satu solusi lagi nih. Apakah itu ?. Gampanggg, kalian berkunjung ke cermati.com aja. Di sana ada banyak informasi ttg keuangan, bisnis, tabungan juga ada. Ada aneka tips juga. Promo2 juga ada. Seperti  kartu kredit, dll. Lengkap deh.

Jadi kalian langsung cus kesana aja ya, sapa tau nanti nemu cara bagaimana kalian bisa menabung tapi juga masih tetap bisa jalan-jalan dan shoping2. 

6. Ingat perjuangan orang tua. Ini cukup ampuh bagiku. Jadi tiap kali ingat susahnya bapak ibuk cari duit, membuatku merasa tercambuk untuk membantu mereka sebisaku, semampuku. Salah satunya ya dengan cara disiplin menabung dan salah duanya dengan berburu beasiswa. Cuma sering nggak dapetnya sih. Otak nggak pinter2 amat soalnyah. Hehehe..jadi malu..ketahuan dah..*lalu sembunyi di punggung lee min ho.

7. Do'a dan bertawakal kepada-Nya. Semoga orang tua dimurahkan rejeki dan kita juga dimudahkan dalam proses menuntut ilmu. 


Udah. Itu aja sih tips sukses menabung saat Aku masih mahasiswa dulu. Dan masih Aku praktekkan sampai sekarang. Saat Aku sdh berumah tangga. Cuma ada beberapa sedikit point tambahan aja sih.

Mungkin awalnya susah untuk mulai dan konsisten menabung, tapi lama kelamaan pasti terbiasa bahkan bisa berlanjut ke rasa suka setelah tahu dan sadar betul manfaat yang dapat diperoleh dari kebiasaan suka menabung ini.

Kalau kalian ingin menimbulkan benih-benih cinta menabung agar dapat tetap konsisten dan disiplin menabung, kalian coba praktekkan ini deh artikel dari cermati.com yakni ttg cara menimbulkan rasa cinta menabung.

Jadi tunggu apalagi nih gaes ?. Masak mau pikir panjang lagi cuma mau menabung aja. Kelamaan. Yuk ah sekarang. Ayoooo... Ayo menabuuunnggggg...

***



5 comments:

  1. Untuk menabung memang butuh iman yang kuat...kalau gak bakal sering bobol :))

    ReplyDelete
  2. Benar bangad, untuk menabung di perlukan iman serta niat yang kuat.

    ReplyDelete
  3. Aku bokek bingung mau nabung hahahaaa.... Semangat kerja. Bismillah

    ReplyDelete
  4. samakita mbak, seangkatan kita kalo soal celengan ayam haha

    ReplyDelete
  5. tipsnya boleh juga nih, semoga tips ini bisa bikin sukses

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)