Monday, September 7, 2015

Kehabisan Pulsa Disaat Yang Tidak Tepat

Sebagai anak rantau, libur semester adalah hari yang aku tunggu tunggu. Dengan datangnya libur semester, saat pulang kampung pun tiba. Bisa melepas rindu kepada keluarga, nonton tv sepuasnya, bisa tidur berlama-lama, dan satu lagi perbaikan gizi eikeh donk ya..ahaaayyyy. Maklum, di tanah rantau aku jarang makan yang bergizi, lebih sering makan beling *emang kuda lumping, maksudnya makan yang instan, terutama mie.

Oleh sebab itu aku sangat antusias menyambut libur semester. Akan tetapi sayangnya rasa antusiasku ini tidak aku imbangi dengan prepare sebaik mungkin. Berbekal tas ransel yang hanya berisi laptop, hp beserta chargernya, headset, dompet, air mineral, aku berangkat pulang ke Bali. Dandanan pun begitu saja. Hanya celana, kaos oblong, jilbab instan, sandal jepit. Bagiku saat itu yang penting segera berburu tiket bus malam yang terjangkau dan memiliki fasilitas yang baik *maunyaaa, lalu berangkat, dan tiba di rumah.

Pukul 02.00 WITA, aku menginjakkan kaki di Bali, tepatnya di depan hotel Jimbarwana Jembrana. Aku pun segera merogoh ransel untuk mengambil hp. Menghubungi bapak. Minta jemput. Karena tak ada transportasi di jam segitu. Kemudian tombol hijau kupencet, kudekatkan hp di telinga dan tak perlu menunggu lama, terdengarlah suara 'maaf pulsa anda tidak cukup untuk melakukan panggilan ini'. Glodak. Seketika itu, bayangan kasur serta guling kesayangan menjadi hilang begitu saja. Hadeeehhh.

Salah siapa tidak melakukan persiapan terlebih dahulu hem ?. Salah diri sendiri donk ya. Dan resikonya adalah aku harus berjalan sendirian, di tengah malam buta, sepi, ke pangkalan ojek yang jaraknya lumayan jauh sambil berharap ada tukang ojek 'beneran' di situ. Tak cukup sampai di situ, mulut pun tak berhenti melantunkan do'a yang kata orang tua dulu ampuh menghalau dari kejaran anjing liar. Sebab saat itu, beberapa kali aku berpapasan dengan anjing liar yang melihatku dengan tatapan setajam silet. Sereemmm.

20 menit kemudian, aku tiba di pangkalan ojek. Syukur alhamdulillah ada dua ojek yang standby di situ. Dan senengnya lagi, kaki pak ojek itu 'napak' di tanah. Hehe. Setelah melakukan tawar menawar harga yang dimenangkan oleh pak ojek dan aku juga tak keberatan, melihat pekerjaan yang mereka lakukan di tengah malam buta begini, kami lalu meluncur ke rumah. Sepanjang perjalanan, kembali, aku terbayang bayang kasur serta bantal guling kesayangan.

Tiba di rumah, aku segera menggedor pintu, namun tak ada yang menjawab. Ku gedor lagi, sedikt lebih keras, tetap tak nampak tanda-tanda kehidupan. Aku pernah mengalami hal ini dan solusinya adalah miscall-miscall orang rumah. Tapi karena pulsa ku koid *syukurin*, aku pun hanya bisa ....... menggedor pintu saja. Dan beberapa menit kemudian tanda-tanda kehidupan pun muncul. Lampu menyala. Pintu terbuka diikuti dengan suara berat yang berkata "Koq nggak nelpon bapak ?". Hadeehhh.

Ingin rasanya menjawab pertanyaan bapak, tapi lelah sudah menggunung jadi aku memilih untuk segera membersihkan badan, lalu terjun bebas di kasur kesayangan.

Hhhhh. Perjalanan yang biasanya berjalan mulus dan lancar jaya, jadi penuh rasa-rasa. Ada lelah, ada takut dikejar anjing, takut ketemu hantu, nggak enak blas. Gara-gara kehabisan pulsa elektrik.

Setelah kejadian itu, kalau mau pulang kampung, aku selalu melakukan persiapan terlebih dahulu seperti :
  1. Beli pulsa elektrik. Belinya dimana ?. Tentu saja di tempat yang menjual pulsa murah donk pastinya. Karena sebagai mahasiswa rantau harus memegang teguh asas hemat hemat dan hemat. 
  2. Baterai hp harus full 
  3. Air mineral
  4. Camilan
  5. Uang pas
  6. Minyak kayu putih
  7. Jaket dan lain sebagainya.
Nah, kalau kalian pernah mengalami hal seperti aku nggak ?. Kehabisan pulsa di saat kondisi dan waktu yang tidak tepat begitu ?. Atau mungkin saat travelliing, misalnya travelling ke Jakarta. Tiba-tiba kehabisan pulsa. Eh tapi kalau kehabisan pulsa di Jakarta gampang donk ya. Secara tu kota nggak sama dengan daerahku, hampir nggak pernah sepi dan pasti tempat yang menjual pulsa murah Jakarta atau pulsa elektrik Jakarta juga banyak kan ?. Bagaimana ? Pernah mengalami hal seperti itu ?. Cerita-cerita di sini yuk. Yuk yak yuuukkk.

68 comments:

  1. gara2 kehabisan pulsa ya mbak...hahaha..sama seperti aku skrg kalo kmn mana wajib pulsa ada saldonya...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, habis kejadian itu, kalau mau kemana-mana aku pasti ngecek pulsa dulu mbak..

      Delete
  2. Alhamdulillah, sampai sekarang ga kelupaan ngisi pulsa kalo lagi perjalanan jauh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah yah sesuatu.. kata syahrini kw 1000.. : )

      Delete
  3. Habis pulsa? Minta transferin dulu sama teman hihihi

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah sih belom pernah mbak, soalnya pulsanya jarang dipake jadi tetep full hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagi pulsa donk mbak..daripada nanti diminta mama, si 'mama minta pulsa', hehe

      Delete
  5. aku pernah saat perjalanan jauh habis pulsa hehe tapi masih bisa di selamatkan dengan bbm/WhatsApp hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hpku dulu masih jadul mbak, masih nggak ada aplikasi begitu2 *eikeh hidup dijaman apa sih ???

      Delete
    2. ohh iya mba dulu masih zaman hape jadul ya *lupa :D berarti pengalaman aku bukan zaman dulu dong ya hihihihi jaman dulu sih aku belum punya apa" mba.hehehe

      Delete
    3. alhmdulillh skg udh punya ya mbk ipa, sesuatu bgd dah yak :)

      Delete
  6. kalo aku sih suka minta dulu sama kakak kalo perjalanan jauh hehe

    ReplyDelete
  7. waduh, untungnya saya blom pernah mak, karena selalu cek pulsa, begitu tinggal 20rb langsung diisi hihihihii

    The Journey

    ReplyDelete
  8. Sering. Kadang karena lupa, kadang karena gak sempat, kadang juga karena gak punya duit :(

    ReplyDelete
  9. Kebayang deh perjalanan dan perjuangan smp rumahnya mak. Haduuuh beneran soal pulsa ini kelihatannya sepele pdhal penting bgt yaks

    ReplyDelete
  10. Kebayang deh perjalanan dan perjuangan smp rumahnya mak. Haduuuh beneran soal pulsa ini kelihatannya sepele pdhal penting bgt yaks

    ReplyDelete
  11. Heheheee lagi kurang beruntung ya hari itu? Aku biasa beli di atm krn nggak kena admin. Tp kalau terpaksa ya pakai sms banking.

    ReplyDelete
  12. hahha, saya pun seringkali mengalami kejadian kek gini mak.. dan saat kritis saya beli via mobile atau wa temen trus bilang "mama minta pulsa" hahaha

    ReplyDelete
  13. jadi inget kemarin kehabisan pulsa telpon dan internet, belum sempat ngisi, terus jadi marah-marah ke suami gegara nungguin suami kelamaan dan saya gak bisa ngehubungin dia hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gt deh mbk ev ya, kehabisn pulsa disaat yg tdk tpt itu sungguh sesuatow...

      Delete
  14. jangan sampe kehabisan pulsa mak.. gawat kalau penting gt ya. hehe ,,

    ReplyDelete
  15. sering mbak aku suka kehabisan pulsa kalo lg pas urgen..salah satunya janjian sama orang, kesasar, mo telpon ehhh pulsa habis..tp untungnya sekarang dah nyimpen nomor tetangga yang jual pulsa elektrik..jadi kemana2 lebih nyaman.

    ReplyDelete
  16. ih... serem banget, jam segitu kehabisan pulsa.. aku mah udah gemeteran pake panik pake banget.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbk riski, takut pakek bgd pakek gemeteran pakek panik...hehe

      Delete
  17. alhamdulillah sampe sekarang belum pernah ngalamin seperti itu :)

    ReplyDelete
  18. Wah.. Bahaya itu mba... Pulsa habis disaat yang dibutuhkan... Saya sich belum pernah.. Seringnya habis batere...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bang kornelius bnyak pulsanya nih, bagi donk bang..aseg

      Delete
  19. suka pengen nangis kalau habis pulsa pada waktu yang kurang tepat :(

    ReplyDelete
  20. keabisan pulsa emang bisa mati gaya...,hehehe

    ReplyDelete
  21. pulsa sudah jadi sembako ya Mak...makanya saya jualan pulsa nih haha
    http://www.braveandbehave.blogspot.co.id/2015/09/jual-pulsa-bisa-kaya-raya.html

    ReplyDelete
  22. Saldo pulsa saya sudah 3 juta tapi bingung wat apa :D

    ReplyDelete
  23. habis pulsa pas lagi mudik atau liburan memang sedikit repot

    ReplyDelete
  24. Rasanya pesti gemes gemes gimana gitcyuuu klo abis pulsa dadakan hik

    ReplyDelete
  25. Ih ya ampun seramnya .... saya membayangkan Mak Inda sendirian pukul 2 malam? *bergidik* untungnya tidak ada orang2 aneh ditemui ya, Mak. Benar2 jadi pelajaran berharga, besok2 bisa diceritain ke anak2 kalo2 mereka merantau juga supaya tidak melakukan kesalahan yang sama :)

    Moga menang ya, keren tulisannyaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiinnnn...
      tengkiu kunjungannya mak niaarrrr :)

      Delete
  26. dulu rempong kalau kehabisan pulsa tlp di jalan , sekarang tinggal m-banking dengan syarat quota internetnya masih ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah skrg makin mudah ya mak rin

      Delete
  27. Saya dulu jualan pulsa elektrik lho mak Inda, tapi dulu masih jarang pulsa elektrik, kebanyakan pake vocer gosok. Kalo sekarang ga buka conterpun bisa jualan pulsa. Sukses ngontesnya yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. aseg..amiinn, makasih kunjungannya ya mak prim :)

      Delete
  28. Huuuaaa...nggak bayangin jam dua pagi jalan sendiiri ke pangkalan ojek karena kehabisan pulsa. Makanya saya kalau mau pergi selalu cek pulsa dulu mbak. Takut nggak bisa menghubungi saat di perjalanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho oh mbk nung, nggak begitu lg eikeh, kapok dah

      Delete
  29. sering juga ngalami hal demikian..bikin bete en uring2an dah mbak, tahunya saldo masih penuh eeh pas ada kepentingan malah jadi bablas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho oh mbk, perasaan penuh kmrin2, eee trnyata abeess

      Delete
  30. alhamdulillah sudah nggak pernah mengalami kehabisan pulsa saat diperlukan, seringnya malah kehabisan sinyal :D

    ReplyDelete
  31. hikz...aku jarang punya pulsa telpon.... hikz
    tapi kalau pulsa internet pasti :v
    coba deh join ahhh kali aja lebih ewnak

    ReplyDelete
    Replies
    1. pulsq internet harus syelalu ado ya mak eca :)

      Delete
  32. Kehabisan pulsa itu emang bikin senewen ya mak:)

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)