Tuesday, September 8, 2015

Keset dari Pakaian Bekas

Kalian tau keset kan?. Itu tu yg bentuknya persegi, trs ada pita di dalamnya kalau dimasukin ke tape jd keluar suara begini 'jatuh bangun aku, mengejaarrrmuuuu..'.

Iya yang itu, keset, untuk lap kaki yang basah atau berdebu itu tuh. Tau kan yak ?. Sip sip. Nah ceritanya nih, ayah ken lagi suka sukanya nyervis motor sendiri di rumah. Entah kenapa tiba tiba begitu, karena biasanya si ayah jarang nyervis sendiri, pasti dibawa ke bengkel. Apa mungkin karena ngerasa udah bisa sendiri, atau karena domfet syedyang tuifis tuifisnya ?. Ah mungkin karena yg pertama. Karena tak nampak tanda tanda dompet si ayah tipis.

Tutorial membuat keset dari pakaian bekas tanpa dijahit ada di sini.

Salah satu tanda dompet si ayah tipis adalah tak ada lembaran duit di kantong kantong bajunya. La ini selama aku nyuci masih sering nemu duit di kantong ayah yang akhirnya beralih ke kantongku. Ya begitulah, suka khilaf kalau lihat duit di kantong si ayah.

Kegiatan baru si ayah ini berdampak pada lantai rumah yang sering disapa oli. Iya oli. Walhasil lantai jadi berminyak nan licin serta lengket pula. Tapi aku tak perlu khawatir soal ini. Karena pasti langsung dibersihkan ayah. Dilap. Dilap pakai bajunya, atau kaosnya, atau kolornya. Tentu saja yang sudah tak layak pakai. Udah robek dimana mana. Udah molor banget. Si karet sudah hilang ke elastisannya. Jadi begitu nyampek panggul langsung terjun bebas. Akibatnya, lap atau keset dari pakaian bekas numpuk puk puk.

Berawal dari terbersitnya rasa malu *aseg, kepada para tamu yang membersihkan kaki mereka dengan keset yang masih berupa kaos  (bahkan kolor juga pernah) atau baju, akhirnya aku memutuskan untuk menjadikan pakaian bekas tersebut menjadi keset beneran, bukan lagi keset yang masih berupa kaos or baju bahkan kolor. Bukan.

Langkah awal tentu saja browsing di mbah google, namun sayang hasil pencarian lebih banyak ttg tutorial membuat keset dari kain perca dengan mesih jahit. Meskipun begitu, aku masih semangat berselancar di mbah google.

Hingga akhirnya aku bertemu dengan tutorial membuat keset dari pakaian bekas dengan cara dianyam. Sayangnya lagi, ada alat yang tak kumiliki *alasaaannn, padahal males beli keluar. Hehe. Maksa nyobak, ternyata gagal.

Namun semangat belum pudar, karena mendapat support langsung dari rasa malu kalau ada tamu. Aku pun coba coba coba dan ting. Ketemu. Si ayah sempet sangsi. Melihat bentuk awal yang masih abstrak. Tapi tetap aku lanjutkan saja sambil bergumam dalam hati 'lihat saja nanti ayah, akan kutunjukkan padamu, keset karyaku, hiaaattt ciat ciat ciat' *malah tarung.

Dan semangatku berbuah manis, setelah kurang lebih 1 bulan pengerjaan karena sibuk syuting film ganteng ganteng srikaya, akhirnya keset karyaku jadi juga. Nggak abstrak. Bener bener terlihat seperi kaset. Bukan lagi kaos, atau baju, atau daster, atau kolor ijoe. Beneran. Swer deh. Kalian nggak percaya ?. Nih aku tunjukin penampakannya ya. Lumayan deh pokoknya, daripada beli. *emabelit, emak2 labil nan medit. 



15 comments:

  1. biasanya aku juga pake keset dari baju bekasku mbak (baca : daster yg udah sobek dan bolong2)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbk dwi, tu yg warna coklat itu daster aq yg ketiaknya udah bolong bgd, kalau pakek tu daster udh seperti pakek u can see my keti..ak..hahaha

      Delete
  2. klo lg rajin dijahit rapi biar kyk keset bnran mak...tp klo lg males...ya weslah lgsg taruh sj baju bekasnya jd keset... hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ajarin jahit donk mak irooooo...
      Pengen bikin keset beneran, abis iu dijual *tetep aja duit.. :)

      Delete
  3. Ngakak aku bacanya Maak XD.
    Sama kayak dirumahku. Kalo ada baju yg udah 'melas' keadaannya (wes dadi gombal) lgsg dipake keset dengan bentuk yg masih sama kyk aslinya. Keren nih idenya. Nanti mau modif jg ah gombal2 srikaya *ekh* biar tampil agak kerenan hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gombal gombal srikaya..aseg mak vhoy :D

      Delete
  4. Smu duit di kantong si ayah yg kemudian beralih tempat... #lah kok malah jadi mirip saya.. Hahaha..
    Btw, idenya boleh nih di coba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, drpd tu duit basah, mending kita selamatkan ke kantong kita..hahahahaa

      Delete
  5. Rajinnyaa.. kalau baca tulisan dan komen-komennya ternyata emang senjata (lap) di tiap rumah itu ya pakaian-pakaian bekas yak? hihi...

    ReplyDelete
  6. Hihihiiiii telaten banget yak, biasanya aku juga cuma naroh kaos atau pakaian bekas aja seh buat keset *outus urat malu

    ReplyDelete
  7. saya juga dirumah pakai baju bekas kalau buat keset :D

    ReplyDelete
  8. pingin udah lama bikin beginian, mak.. cuma.. lama nggak sih? keburu semangatnya terbang. hehe..

    ReplyDelete
  9. di rumah juga pakai baju yang sudah gak kepake atau sudah sobek buat keset mba hehehe

    ReplyDelete
  10. Saya juga, hampir semua keset dari baju bekas. Mau ah nyoba dirapihin kayak Mbak ^_^

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)