Cara Menghilangkan Kantuk Saat Menemani Si Kecil Bermain

Menghadapi Si 'Kinestetik' Ken tak jarang membuatku keok. Kapasitas energinya yang cukup besar benar benar mendukung aktivitasnya yang hampir tak ada jeda. Mencelat kesana kemari. Lompat lompat di kasur. Manjat meja tv, motor, bahkan manjat emaknye. Dikau kate emakmu ini pinaaanggg kali ya ken. Emakmu ini kan bagaikan gitar spanyol *huwek.

Jika diibaratkan baterai, Si Ken baterai energizer dan emaknye baterai yang habis dipanasin di atas genteng. Kerembuk kerembuk. Maklumlah yah. Kan tenaga emaknye sudah dipakek buat masak, bersih bersih rumah, dan konser di kamar mandi.

Tak jarang saat menemani si ken bermain aku didatangi teman dari lelah, namanya kantuk. Ngantuk teramat sangat. Rasanya ni mata seperti digandoli batu kali. Mbok ya sing gandol itu batu akik atau berlian gitu yak *hahaayyy.

Akan tetapi meskipun dilanda kantuk teramat sangat, aku berusaha untuk tidak terlelap. Aku tak boleh lengah mengawasi si ken yang aktifnya warbiyasak. Menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Oleh sebab itu aku memiliki jurus handal untuk menghalau kantuk saat tengah menemani si ken bermain.
1. Ikut bermain
Kalau ikut bermain begini kadang aku mencoba untuk memposisikan diri sebagai teman bermain si ken. Saat si ken menata puzle, aku juga ikut menata puzleku sendiri. Kadang kita malah lomba cepet-cepetan. Dan tau kan yang menang siapa ?. tentu saja si ken. Emaknye pura pura kalah aja.

Begitu juga saat main mobil-mobilan. Si ken bawa mobil, aku juga bawa mobilku sendiri. Kadang kami bermain adegan kebut kebutan sambil dubbing gitu. "waduh, sepertinya bensinnya habis, ayo kita isi dulu ken". Misalnya begitu.

Si emak ikut ken naek motor motoran

Kalau si ken nari, aku juga ikut nari. Main lompat lompat di kasur, aku juga kadang kadang ikut. Dengan ikut bermain maka kantuk pun akan hilang dengan sendirinya.

2. Sambil denger musik
Biasanya yang aku pakai musik kesukaan aku. Jadi bisa sambil nyanyi. Dan tentu saja bukan musik melow selow helloowww. Tapi musik yang full power. Semangat gitu. Alhamdulillah, saat aku mendengarkan musik kesukaanku, si ken nggak pernah protes. Makasih ya nak.

3. Sambil ngesosmed
Ini cuma ngesosmed aja, nggak pakek ngeblog apalagi blogwalking bisa bisa eikeh langsung bobok cantik atuh.

4. Bikin kopi pahit
Karena kopi biasa nggak terlalu manjur, jadi kadang aku bikin kopi hitam trus gulanya seiprit aja. Lumayan bikin melek sih. Pahit soalnya.

5. Sambil ngemil
Salah satu penyebab datangnya kantuk karena tenaga sudah hampir koid, trus laper trs perut minta diisi namun tak kunjung diisi. Jadi biar ngantuknya pergi, perutpun harus segera diisi. Camilan boleh, ditambah minum juga boleh, bayarnya belakangan. *lah, emangnya warung*.

6. Makan cabe
Ini saking ngantuk tak tertahankan, jadi ya nyeklus cabe aja. Pakek gorengan juga boleh, ditambah mie rebus rasa soto malah makin sip. Tapi kalau kelamaan langsung nyeklus cabe aja, dijamin langsung melek.

Ya begitulah beberapa jurusku menghalau ngantuk saat menemani si ken bermain. Kalau kalian punya jurus rahasia juga nggak saat menemani si kecil bermain ?. Apa ?. Jurus rahasia kalian makan beling ?. Wow..kalian memang zuper zekali. Dahsat. :D

Kejadian Amaryllis Merupakan Pelajaran Berharga Bagi Kita

Beberapa hari ini, media sosial tengah digemparkan dengan rusaknya kebun bunga amaryllis di Yogyakarta. Dikabarkan juga bahwa kebun bunga tersebut rusak karena ulah beberapa pengunjung yang melakukan aksi berfoto selfie atau welfie yang tidak pada tempatnya. Dan aksi oknum tersebut pun seperti biasa menuai hujatan yang bisa dibilang serem sih. Ada yang bilang bodoh, atau nggak punya otak dan sebagainya. Serem kan ?. Ho oh.

Jujur, saat melihat foto beberapa oknum yang berselfie ria di amaryllis tersebut sempat membuat aku terpana sih. Koq bisa-bisanya melakukan aksi selfie seperti itu yak. Apa nggak takut gatel gitu. Sapa tau ada ulat bulu yang bercokol di batang amaryllis tersebut. Kan bisa berabe jadinya. Mungkin mereka nggak mikir sejauh itu yak. Pokoknya hasil foto selfienya cakep gitu. Biar mirip seperti pose syahrini yang itu tuh. Mungkin begitu.

Setiap orang memang ingin mendapatkan hasil foto yang keren cakep indah mempesona ulala, tapi ya keinginan tersebut tak bisa dijadikan sebagai alasan untuk berpose tidak pada tempatnya. Karena apa ?. Pasti akan ada dampak negatifnya. Ada korbannya. Entah itu lokasi yang digunakan untuk berpose itu rusak, atau malah nyawa yang melayang, seperti kejadian beberapa waktu yang lalu, seorang pendaki harus kehilangan nyawa saat ia berfoto di daerah terlarang.

Kejadian yang terjadi di kebun bunga amaryllis ini merupakan pelajaran berharga buat kita semua antara lain :

1. Meskipun niat kita ingin mendapatkan hasil foto yang keren atau ingin menyajikan foto yang indah, tetap jangan abaikan rambu rambu yang ada. Misalnya, saat ada larangan tertulis untuk tidak berfoto di lokasi ini, maka kita harus mematuhi hal tersebut. Begitu juga saat tidak ada larangan tertulis, maka yang kita lakukan adalah meraba-raba ke dalam hati kita apakah yang kita lakukan ini benar atau tidak. Pantas atau tidak. Merusak alam atau tidak. Dan lain sebagainya.

2. Jika kita melihat orang yang berfoto tidak pada tempatnya, seperti berfoto di antara bunga-bunga, maka berusahalah untuk memberitahukan kepada orang tersebut bahwa apa yang mereka lakukan salah. Jika ini tidak mungkin, maka bisa dengan cara memberitahukan kepada petugas setempat.

3. Kejadian amarilys ini juga menjadi masukan bagi pengelola wisata, misal kebun bunga, agar nantinya dapat menyediakan lokasi lokasi khusus untuk berfoto, memperbanyak larangan larangan tertulis atau menugaskan beberapa orang untuk memantau para pengunjung kebun bunga, serta memberikan sanksi tegas bagi siapa saja yang melanggar peraturan yang berlaku di lokasi wisata kebun bunga tersebut.

Semoga kejadian amaryllis ini menjadi yang terakhir. Semoga kita benar benar bisa mengambil pelajaran dari kejadian amaryllis ini. Semoga tidak ada lagi yang rela merusak alam demi mendapatkan hasil foto yang maksimal. Semoga. amin. Namun jika masih ada yang berbuat begitu, maka siap siap saja mendapatkan umpatan caci maki para netizen yang kejamnya teramat dahsyat bak tornado.

Happy November Rain

Beberapa waktu yang lalu, rasanya rindu sekali dengan suara rintik air hujan. Dengan aroma tanah saat tersentuh hujan dan kesegaran yang datang setelahnya. Rindu sekali.

Namun di balik rasa rindu tersebut, terselip rasa sedih. Sedih karena tak bisa menikmati rintik air hujan. Sebab biasanya, saat hujan tiba kami harus melakukan sesuatu. Membawa dan meletakkan ember di sana dan di situ juga harus mengeringkan lantai yang itu juga yang ini. Karena apa ?. Bocor dimana-mana cyiinnn. Dan bocor yang paling parah adalah bagian teras rumah. Yeayyyy *Loh.

Iya, bukan seperti bocor lagi melainkan seperti air terjun. Grojog Grojog Byor. Kalau melihat grojogan begitu, Si Ken langsung pengen mandi di situ. Dikira shower kali yak. Hadeehh. Jadi kalau hujan turun kami tak bisa memandangi hujan di teras rumah melainkan hanya di dalam rumah saja.


Alhamdulillah sebelum bulan November datang, akhirnya ibu pemilik rumah kontrakan yang kami tinggali ini bersedia memperbaiki bagian teras. Yipppiiee. Seneng. Jadi hujan kali ini, tidak seperti yang lalu, kami bisa menikmatinya di teras rumah. Sembari ngeteh dan ngobrol santai. Dan Si Ken bisa merasakan air hujan yang jatuh langsung ke telapak tangannya. Bahagia itu sederhana bukan ?.


Yuk Berburu Produk Bermerk di Cuci Gudang Akhir Tahun

dapat dipungkiri bahwa memiliki dan menggunakan salah satu produk bermerk secara otomatis dapat memunculkan rasa percaya diri bagi pemakainya. Kemudian apabila percaya diri sudah terbangun, maka performa pun juga semakim maksimal. Oleh sebab itu, sebaian besar orang memasukkan aneka macam produk bermerk ke dalam list belanja mereka. 

Aku juga begitu sih. Ada beberapa list produk bermerk yang ingin aku miliki seperti Yongki Komaladi dan Dian Pelangi. Namun apa daya. Harganya bikin dompet terpana. Kalau sudah begitu salah satu solusinya adalah menunggu moment akhir tahun saja. 

Iya, biasanya di moment akhir tahun, kita bisa menemukan tulisan 'diskon' tersebar dimana-mana. Bahkan tulisan tersebut tertera hampir di semua produk. Kece kan. Nah hal yang sama juga dapat kita temui di MatahariMall.com.


Yup, MatahariMall.com yang merupakan e-Commerce No. #1 di Indonesia, memiliki program yang namanya cuci gudang akhir tahun. Jadi nanti kita bisa berburu produk-produk bermerk di situ. Senengnyaaaa.

Nah sebelum cuci gudang akhir tahun dimulai, nggak ada salahnya donk aku ambil kuda-kuda. Siap-siap gitu. Persiapan pertama tentu saja menentukan  produk apa yang aku butuhkan. Setelah menentukan produk yang aku butuhkan maka langkah selanjutnya adalah memilih merk yang memproduksi produk  tersebut. Oleh karena aku butuh dress baru maka pilihanku jatuh ke Dian Pelangi. Sementara untuk tas atau sandal, aku memilih Yongki Komaladi. Setelah membuat persiapan tersebut maka langkah selanjutnya adalah sering-sering 'nongkrong' di MatahariMall.com. 

Ada banyak alternatif nongkrong di MatahariMall.com yakni dengan cara mendaftar  sebagai member MatahariMall.com atau mengikuti beberapa akun media sosial MatahariMall.com. Dengan begitu kita tidak akan ketinggalan informasi soal cuci gudang akhir tahun dan produk-produk bermerk apa saja yang mendapat diskon. 

Kemudian untuk melihat produk bermerk yang kita inginkan caranya cukup mudah hanya tinggal masuk halaman muka, dan pilih menu atau bisa langsung mengetik brand/merk yang dimaksud di kolom pencarian. Maka muncullah seperti ini...


Tuh banyak pilihannya kan ?, cakep-cakep dan diskon cyiiiinnn asoy dah ah. Cuci gudang belum dimulai aja MatahariMall sudah ngasih diskon produk bermerk yang aku incar. Baek bener.




Jadi gimana ?. Kalian mau ikut berburu produk bermerk juga kan di cuci gudang akhir tahun MatahariMall.com?. Sip. Bikin persiapan dari sekarang aja dengan langsung meluncur ke MatahariMall.com. Buat list produk apa saja yang kalian incar. Nah begitu cuci gudang dibuka kita langsung bisa 'bet-bet-bet'. So mari kita manfaatkan moment cuci gudang akhir tahun sebaik mungkin. Jangan sampai terlewatkan loh yah. Inga' inga' ting. 

NB :
Sale tergila, SUPERBOL, sudah dimulai looh. Tanggal 10-12 Desember. Dan diskonnya...UWOW BANGET. Jadi jangan lupa untuk langsung cus ke MatahariMall.com yak. Yuhuuuuu.


10 Alasan Mengapa Aku Mewajibkan Diri untuk Blogwalking

Beberapa bulan terakhir ini, aku menyediakan waktu khusus untuk blogwalking yakni sehabis subuh dan siang saat si kecil tidur. Kalau kuota lagi perkasa perkasanya, biasanya sehari aku  bisa blogwalking maksimal 30-35 blog.  Tapi kalau kuota lagi letoy, yaaa sehari paling banter cuma bisa mengunjungi 10 blog saja.

Kegiatan yang aku lakukan tersebut tentu saja ada udangnya *halah. Yaaa, apalagi kalau bukan untuk eksis *jujur kacang ijoe amat sih lu mak*. Hehe,  Seneng gitu rasanya, kalau pas ngetik nama 'inda chakim' di searching langsung ke detect  gitu dan buanyak pula. Ada dimana mana. *lalu merasa terkenal*. Katrok memang *emang*.

Selain untuk meng-eksiskan nama inda chakim, tentu saja ada banyak manfaat yang aku dapat dari berkunjung ke blog kawan kawan blogger. Apa saja itu ?.

1. Dapat ilmu baru
Sebelum kenal dengan si bewe ini, aku benar benar nggak paham dengan yang namanya alexa rank, da, pa, domain, job review, adsense, seo, dan lain sebagainya, Ya aku pikir dulu ngeblog cuma nulis nulis nulis lalu publish. Udah gitu doank. Tapi setelah aku meninggalkan jejak jejak bidadari yang turun dari genteng ke blog temen temen blogger, aku jadi kenal dengan istilah istilah tersebut. Kenal loh ya, belum paham 100%. Masih dalam tahap belajar. Jadi tolong dibantu ya temen temen, *prok prok prok.

Nggak hanya dapet ilmu soal ngeblog, kadang juga dapet ilmu soal parenting, masak, fotografi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Berburu ide.
Kalau isi pikiran lagi penuh dengan sarang laba laba, aku biasanya memilih untuk bewe saja. Nah di situ kadang aku nemu aneka macam ide. Ada ide buat masak, ide membuat mainan untuk si ken, atau ide buat update blog.

3. Berburu rejeki
Nama bekennya memonetize blog, kalau nggak salah sih, nggak salah tulisannya maksud eikeh. Tapi nggak salah kan ya ? *iyain ajah.
Ini lagi tren deh kayaknya, apa mungkin sudah dari dulu cuma akunya aja yang baru nyadar kali yak *sepertinya sih begitu* *hiks*.

Iya, akhir akhir ini aku sering banget lihat *sambil gigit jari* update status temen temen blogger soal dapet kiriman ini untuk direview, atau dapet bayaran segini dari ngereview dan lain sebagainya. Ini menunjukkan bahwa ngeblog bisa dijadikan sebagai salah satu jalan untuk berburu rejeki. Dan aku rasa jalan berburu rejeki lewat ngeblog ini akan terus berlanjut dan semakin terbuka lebar, mengingat semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat dunia akan akses internet. Jadi bagi yang masih gigit jari seperti aku ini, yuk segera lepaskan tu jari dari gigi dan mulailah menulis. Semangat.

4. Latihan untuk berani menuliskan pendapat
Sejak aku membaca kalimat begini "Rugi blogwalking kalau cuma jadi silent reader", aku pun mulai mengubah kebiasaanku yang dulu hanya jadi camen rider eh silent reader menjadi nebar komentar dimana mana. Jujur waktu awal awal ninggalin komen, rasanya dagdigdug kembang kuncup gitu, takut. Takut komentar yang aku tulis kagak nyambung, Kalau nggak nyambung kan eikeh jadi malu donk yak. Tapi berubung naluri emak emak anti rugi muncul, walhasil perasaan takut itu aku tendang jauh jauh.

5. Latihan membaca cepat
Untuk menghindari komentar yang nggak nyambung, aku mewajibkan diri untuk benar benar membaca blogpost yang aku kunjungi. Meskipun di blogpost tersebut ada fotonya sekalipun. Awal mulanya sih lama gitu rasanya. Baca satu blogpost aja bisa sekian menit, Tapi lama kelamaan menjadi lebih cepet. Mak sret mak sret mak sret selesai. Paham maksud tulisan lalu tinggal komen deh.

6. Latihan mencerna tulisan dengan cepat
Nah ini sejalan dengan membaca cepat tadi ya. Awalnya memang butuh waktu lama juga untuk mencerna tulisan apalagi yang ada kata ilmiahnya, Tapi seiring berjalannya waktu *aseg, aku jadi sedikit bisa menganalisis tulisan dengan cepat. Termasuk tulisan yang materinya sedikit berat.

7. Memperbanyak kosa kata
Kalau dibandingkan tulisanku sekarang dengan yang dulu saat belum kenal blogwalking, tentu saja lebih berwarna yang sekarang, kalau nggak percaya, silahkan susuri deh blog aku *modus*. Hehe.

Iya, ditulisanku sekarang ada banyak ekspresi yang bisa aku tampilkan lewat kata kata. Nggak hanya pembukaan tuing tuing tuing penutup selesai. Tapi ada ekspresi tegas, lugas, menggelitik dan ekspresi yang bikin oramg kudu muntah. Selain itu juga, penambahan kosa kata tersebut nggak hanya bermanfaat di dalam tulisan saja, melainkan juga di kehidupan aku sehari hari. Iya, kadang kata kata ilmiah dunia ngeblog itu nggak sengaja *kadang juga sengaja* aku pakai saat komunikasi dengan orang lain terutama dengan orang yang memandang profesiku sebelah mata. Rasanya keren gitu. Beneran *lebay kumat.

8. Nambah teman
Ini nggak selalu sih yah. Nggak selalu dengan meninggalkan jejak di blog langsung bisa nambah teman. Entah itu teman di twitter, google plus, fb, ig, dan lain sebagainya. Jadi anggap ini sebagai bonus. Nggak usah berkecil hati jika yang disambangi tak membuka pintu pertemanan. Toh sudah banyak dapet manfaat kan dengan berkunjung ke sana. Santai sajalah. Yang penting kan bisa numpang ngeksisin nama di sana *uhuy.

9. Nambah pengunjung blog
Sama halnya dengan poin 8. Jangan bersedih hati apalagi gundah gulana jika yang dikunjungi tak berkunjung balik. Nggak masalah. Yang penting mah sudah dapet ilmu daannnn bisa numpang nama. Cihuy.

10. Mencari atau menemukan jawaban atas kegelisahan yang melanda *uhuk*.
Kalau sedang kedatangan andi lau, antara dilema dan galau, gegara problematika kehidupan *pret, atau kalah lomba *hiks, biasanya gairah ngeblogku langsung surut seketika. Blogwalking pun rasanya malas juga. Tapi tetep aku usahain sih. Meskipun tidak sesemangat biasanya. Pada saat itu kadang aku nemu pencerahan di salah satu atau salah dua blog yang aku kunjungi. Beneran. Membuat aku merenung dan berpikir bahwa apa yang sedang aku alami ini seharusnya tidak membuat aku mengeluh, tak bersemangat, menyerah, atau bahkan protes kepada-Nya. Amazing bukan. Ya begitulah. Blogwalking juga bisa mencerahkan hati yang tengah gundah gulana mere kabina bina.

Hem, banyak ternyata yak yang bisa dan sudah aku peroleh dari blogwalking. Nggak nyangka bisa sebermanfaat ini. Rasanya semakin betah gentayangan di blog temen temen dan pengen bisa blogwalking ke blog temen temen lebih banyak lagi. Semoga bisa dan yow semangat.

Kalau kalian gimana nih?. Dapet banyak manfaat juga kan dari blogwalking ?. Share dimari yak !. Oke. Sip sip.

Tips Cepat Hamil Setelah Kuret

Tips Cepat Hamil Setelah Kuret ini adalah langkah-langkah yang aku lakukan sendiri setelah kuret. Dan alhamdulillah 3 bulan setelah kuret aku hamil lagi. Penyebab aku kuret adalah blighted ovum. Kehamilan kosong. Kantong ada tapi janin tidak berkembang.

Pada awalnya aku tidak tahu bahwa kehamilanku ini adalah kehamilan kosong. Karena tanda-tanda kehamilan yang aku alami seperti pada umumnya. Seperti sering buang air kecil, mual, dan ada tanda dua garis juga yang tertera di testpack. Ya, seperti hamil pada umumnya. Oleh sebab itulah aku hanya rutin memeriksakan kehamilanku di bidan saja.

Hal ini terus berlanjut hingga menuju usia kandungan 3 bulan. Ya saat usia kandungan menuju 3 bulan, tiba tiba ada flek (bercak darah) di pakaian dalam yang terus keluar dan tak kunjung berhenti. Karena khawatir, aku memutuskan untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan. Dan dokter pun mengatakan bahwa keluar flek saat hamil adalah hal yang wajar dan biasa terjadi dan flek pun akan berhenti keluar dalam beberapa hari. Akan tetapi jika flek yang keluar tak kunjung berhenti maka kemungkinan ada sesuatu yang terjadi pada kehamilan tersebut. Dan untuk kasusku adalah blighted ovum.

Karena sudah jelas permasalahannya apa, jadi aku dan suami sepakat untuk mengikuti saran dokter agar segera melakukan kuret. Semakin cepat semakin baik.

Setelah melakukan kuret, tentu saja aku ingin hamil secepatnya donk. Meskipun dokter mengatakan bahwa pada umumnya kehamilan akan terjadi lagi setelah 5-6 bulan setelah kuret. Jadi aku berusaha semaksimal mungkin, semampuku untuk mewujudkan keinginanku itu.

Adapun langkah langkah yang aku lakukan adalah :

Disiplin konsumsi obat yang diberikan dokter setelah kuret.
Setelah kuret, aku diharuskan untuk bedrest 3 hari dan disiplin konsumsi obat yang diberikan dokter. Awalnya berat, apalagi harus rajin konsumsi obat. Tapi perasaan enggan bin malas bin aras arasen itu aku singkirkan jauh jauh dan aku ganti dengan "semangat, biar cepet hamil lagi".

Disiplin konsumsi vitamin untuk kandungan
Setelah berakhirnya masa konsumsi obat dari dokter, aku lanjutkan dengan konsumsi vitamin untuk kandungan. Atau bisa juga dengan minum susu untuk persiapan kehamilan.

Konsumsi makanan bergizi dan baik untuk kandungan
Ada banyak makanan yang baik untuk kandungan, seperti kecambah, kacang panjang, kacang hijau, dan aneka macam sayuran lainnya. Begitu juga dengan lauk pauknya, seperti daging, ikan, telur, dan lain sebagainya. Kalau untuk buah lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang karena pisang mengandunga kadar asam folat yang cukup tinggi. Kurangi atau hindari konsumsi makanan instan.

Perhatikan kondisi kesehatan
Yup, perhatikan kondisi kesehatan. Jangan terlalu lelah dan terapkan gaya hidup sehat.

Perhatikan masa subur
Karena di masa ini ada lendir yang membantu perjalanan sperma menuju sel telur. (baca : cara mudah menghitung masa subur tanpa perhitungan kelender).

Berpikir positif
Tak dapat dipungkiri. Ada rasa sedih yang dirasakan setelah menjalani kuret. Dan tak dapat dipungkiri juga, perasaan menjadi lebih sensitif. Iya, aku juga mengalami hal itu. Saat ada yang mengatakan sesuatu yang menurutku membuat perasaanku tak enak, rasanyaaaa, beuugghh, sedih bin hancur bin lalu nangis sesenggukan. Tapi setelah aku pikir kembali, memiliki perasaan sensitif begitu tidak ada untungnya malah akan mengundang yang namanya stress. Jadi sebisa mungkin aku berusaha untuk berpikir positif.

Perbanyak ibadah
Bukan pencitraan apalagi bermaksud untuk riya'. No no no. Saat aku memantabkan hati ingin segera hamil lagi, saat itu juga aku mulai mengoreksi ibadah yang aku lakukan lalu melist ibadah ibadah yang harus aku lakukan. Seperti Memperbanyak istighfar, istiqomah sholat dhuha, perbanyak membaca ayat suci al qur'an, berusaha istiqomah sholat tahajud meskipun lebih sering bolongnya, puasa sunnah senin kamis, sedekah dan silaturahim.
Saat itu, aku hanya berharap, ibadah ibadah yang aku lakukan itu dapat merayu Sang Kholik agar mau menitipkan amanah lagi kepadaku.

Tawakal
Ini adalah puncaknya. Setelah memaksimalkan usaha, aku memilih untuk memasrahkan hajatku kepadaNya. Dialah yang Maha Mengetahui yang terbaik untuk hambaNya. Kapan saat yang tepat dan segala sesuatunya. Kita hanya harus meningkatkan kadar kesabaran saja. Karena, Innallaha ma'asshobiriin.

Ingat, kuret bukan akhir segalanya. La tahzan yow.

***
Baca baca ini juga boleehhh :D

Hamil dan Asma

Menghitung Gerakan Janin Saat Trimester Ketiga

Membaca Ayat-ayat Al Quran Saat Hamil

Overdosis Rumput Siti Fatimah

Cara Mudah Mengetahui Masa Subur

Bener bener nggak nyangka, kalau buku yang aku baca hanya untuk sekedar tahu saja, juga karena buku yang aku incar sudah dipinjam mahasiswa lain, ternyata ilmu dari buku tersebut sekarang berguna banget lhoooo. Tentu saja bukan buku kalkulus mumetikus, apalagi buku harian si dia, bukaaann. Buku itu adalah buku yang membahas soal wanita. Judulnya apa yaaaa ?, lufaaaaaaa *hiks.

Buku tersebut membahas segala hal tentang wanita yang salah satunya adalah soal masa subur. Yup. Masa subur. Entah kenapa, koq ya materi itu yang begitu nyantol di ingatan aku. Udah kayak cantolan jemuran aja. Nyatol banget. Padahal waktu itu aku belum bener bener ada pikiran untuk 'tutup buku, buka terop'. Beluuuummmm. Apa mungkin, waktu itu, jodoh aku yang kepikiran untuk segera menikah yak ?. *Catet, nanti tanya ke si ayah.

Oleh karena pengetahuan soal masa subur masih nyantol banget di kepala, walhasil, saat hari H tiba *eyaakk, aku pun langsung........*degdegdegser*... mempraktekkannya. Hehe. Jadi maluk akuuhh.

Menurutku caranya cukup mudah. Tidak perlu memakai perhitungan kalender, atau pakai alat cek masa subur. Cukup dengan mengecek lendir vagina saja. Iya lendir di vagina.

Caranya, ambil lendir dari vagina dengan dua jari saja yakni jari telunjuk dan jempol. Setelah itu, arahkan jari telunjuk ke atas, dan jempol ke arah bawah secara bersamaan dan perlahan. Lihat elastisitas lendir. Jika sulit terputus, maka bisa dikatakan sebagai belum masuk masa subur. Namun jika mudah putus, berarti sudah masuk dalam rentang masa subur.

Jadi bagi yang sedang promil, monggo dicoba yak. Dan semoga berhasiiiilllll. Berhasil berhasil hore. :D

***

Baca ini ini juga boleh. Boleh bangeeetttt :D.

Hamil dan Asma
Menghitung Gerakan Janin Saat Trimester Ketiga
Membaca Ayat-ayat Al Quran Saat Hamil
Overdosis Rumput Siti Fatimah

Aneka Mainan dari Botol Kemasan

Aku lagi suka koleksi sesuatu nih.. sesuatu yang ada dihatimu..sesuatu yang ada dihatiku *malah menyonyo. Hehe. Iya aku lagi suka koleksi. Bukan koleksi tas, apalagi koleksi brondong manis *oh no*. Tapi koleksi botol kemasan minyak telon, bedak, sampho, sabun, dan lain sebagainya. What ?.. Koleksi botol. Ho oh. Botol plastik.

Hampir di seluruh sudut rumah, ada yang namanya botol plastik. Bertebaran dimana-mana. Dan jumlahnya pun terus bertambah. Sebagian botol plastik itu aku kasih ke tukang loak, dan sisanya aku jadikan sebagai mainan buat si ken.

Kalau botol bekas bedak, aku ubah jadi mobil-mobilan. Kemudian, botol minyak telon aku ubah jadi perahu kincir. Dan botol kemasan air mineral aku ubah jadi jam pasir ala ala syalala.

Alhamdulillah, ken mau memainkan mainan yang sangat amat sederhana ini. Seneng rasanya. Beneran. Terima kasih ya nak. Emakmu ini jadi brebes mili, hahayyyy.

Yang pengen bikin bikin juga. Memanfaatkan kembali barang yang tidak terpakai. Langsung cus dimari aja yak. Yuhuuuu, Terima kasiiihhh.

Membuat Perahu Kincir dari Botol Kemasan Minyak Telon
Membuat Jam Pasir Ala ala Ulala
Membuat Mobil-mobilan dari Botol Kemasan Bedak



Belajar dari Masterchef Professional Australia

Kalau si kecil ken lagi tidur, pasti aku manfaatin untuk melakukan kegiatan yang aku suka. Bahasa bekennya me time. Salah satunya adalah nonton Masterchef Professional Australia. Kalau masterchef australia adalah kompetisi untuk para koki rumahan yang memperebutkan gelar masterchef. Sedangkan masterchef professional australia adalah kompetisi para koki yang sudah terjun ke industri makanan untuk memperebutkan gelar masterchef professional serta hadiah $AU 200.000 dan kesempatan keliling dunia untuk memasak dengan para chef terbaik dunia. uwow.

Sayangnya, aku mengikuti acara ini tidak dari awal. Karena apa ?. baru tahu cyiinn. Tapi, alhamdulillah aku masih kebagian nonton beberapa episode terakhir menuju final. Iya. Final.

Final di masterchef professional ini terdiri dari tiga babak. Pertama adalah penemuan, lalu tes tekanan berupa mengikuti resep dari salah satu chef terbaik di dunia yakni Marco Pierre White, dan yang terakhir adalah memasak 3 menu untuk 120 tamu. Tamu tamu tersebut tentu saja bukan masyarakat biasa tapi mereka adalah para chef ternama di australia. Tuuh, busyet banget kan babak finalnya ?. Kalau aku jadi pesertanya mungkin sudah ngompol di celana. hadeehh.

Lalu siapa peserta yang berhasil masuk babak final ?. Mereka adalah Rys, Sarah, dan Rhett. Rys berhasil memenangkan hidangan utama, sementara Sarah memenangkan hidangan penutup, dan Rhett memenangkan hidangan pembuka. Yup, kompetisi berlangsung ketat. Namun ternyata penilaian tak hanya dilihat dari hidangan saja, melainkan juga dilihat dari cara memimpin tim, ketepatan waktu penyajian, tampilan hidangan, dan apa lagi yaaa, lufaaa. Hehe.

Dan akhirnya yang berhasil memenangkan gelar Masterchef Professional adalah Rys, yang ternyata dulunya adalah seorang pecandu narkotika. Ya, Rys berhasil mengalihkan kecanduannya terhadap narkotika dengan memasak di dapur. Ia menemukan passionnya di dunia makanan. Ia tekuni betul. Dan hasilnya adalah Ia berhasil meraih gelar Masterchef Professional.

"Rys yang dulunya seorang pecandu narkotika, kini meraih gelar masterhef professional. Rys yang dulunya hampir menjadi tunawisma, kini bisa memiliki uang sebesar 200.000 dolar. Akhirnya, aku bisa membuat kedua orang tuaku bangga".

Kalimat yang diucapkan Rys tersebut sempat membuat aku terharu. Iya, beneran. Orang yang dulu hidupnya kelam, bisa berhasil menggapai mimpinya. Salut buat Rys. Keren.

Jadi siapapun itu, entah dulu memiliki masa lalu yang kelam atau tidak, jika memiliki niat untuk berubah menjadi lebih baik, dan sungguh sungguh untuk mewujudkan itu, maka pasti dapat merengkuh mimpi. Amin.

Renungan Singkat di Hari Pahlawan

Kala itu, proklamasi telah dikumandangkan. Pada tanggal 17 Agustus 1945. Namun, entah kesambet apa, atau memang sengaja membuat masalah, pada tanggal 27 Oktober 1945, bendera berwarna merah putih biru dikibarkan di hotel Yamato Surabaya (sekarang bernama hotel Majapahit). Kejadian ini tentu saja membuat warga, arek arek Suroboyo getem-getem mangkel karena sekutu tidak menghargai kedaulatan dan emerdekaan yang sudah diproklamirkan. Tak terima dengan hal tersebut, arek arek suroboyo memutuskan untuk melakukan perlawanan. Yang mana perlawanan tersebut berhasil membuat Inggris merasa kewalahan, bahkan sampai meminta bantuan Presiden Soekarno untuk meredakan pertempuran di surabaya.

29 Oktober 1945, pertempuran mereda. Tentara Inggris dan Arek arek suroboyo bersepakat untuk melakukan gencatan senjata. Ya benar benar mereda. Mereda saja. Bukan berhenti. Karena masih ada beberapa percikan percikan pertempuran antara arek arek suroboyo melawan inggris. Terus begitu, hingga akhirnya percikan percikan tersebut tersulut oleh tewasnya jenderal mallaby dalam baku tembak dengan arek arek suroboyo di jembatan merah.

Terbunuhnya jenderal mallaby membuat Inggris marah besar dengan pihak Indonesia. Mereka pun mengultimatum agar pihak Indonesia menyerahkan senjata dan berhenti melawan tentara NICA dan AFNEI. Dan ultimatum tersebut berlanjut pada aksi Ricklef "Pembersihan Berdarah" di seluruh sudut kota.

Aksi dan serangan membabi buta tersebut membuat pasukan Inggris berhasil merebut kota dalam waktu 3 hari. Tetapi, meskipun begitu, perlawanan terus berlanjut, dan baru berhenti setelah 3 minggu kemudian.

Ya, 3 minggu. Hal ini menunjukkan betapa hebatnya perlawanan yang dilakukan oleh arek arek Suroboyo. Dan yang lebih luar biasanya lagi. Perlawanan tersebut hanya dibekali dengan beberapa senjata api saja, dan didominasi oleh bambu runcing. Bambu runcing. Sementara pihak Inggris dibekali dengan senjata senjata perang yang sedemikian canggih. Sayangnya senjata senjata tersebut dan pasukan terlatih kalah dengan semangat juang arek arek suroboyo. Pantang menyerah, hingga titik darah penghabisan. Subhanallah. Pertempuran besar besaran tersebut menggugurkan 6000 rakyat Indonesia. 6000 pahlawan Indonesia.

***

Saat membaca beberapa tulisan tentang peristiwa di balik Hari Pahlawan tersebut, sungguh, benar benar membuat aku merinding, darah berdesir, membayangkan peristiwa heroik yang terjadi saat itu. Bahkan mungkin 1 juta kali lebih parah dari apa yang aku bayangkan.

6000 rakyat yang gugur dalam pertempuran besar besaran tersebut. Beribu ribu rakyat menggalang kekuatan untuk mempertahankan kemerdekaan ini. Memberanguskan siapa siapa yang tidak menghargai kedaulatan dan kemerdekaan negeri ini. Iya, siapa saja.

Salut, ah bukan bukan. Lebih tepatnya takjub. Teramat takjub dengan semangat juang mereka, para pejuang bangsa ini. Semangat juang tanah air yang sayangnya saat ini benar benar sudah memudar. Cinta teramat dalam akan tanah air Indonesia sudah terkikis mengempis dan menipis. Entah karena tergerus zaman, atau karena lupa dengan kerasnya perjuangan merebut kemerdekaan negeri ini. Lupa dengan peristiwa peristiwa berdarah yang terjadi saat itu. Dan lupa dengan jasa para pahlawan bangsa ini. Iya, mungkin karena itu.

Ada sebuah kalimat yang sudah sangat sering kita dengar yaitu "Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak lupa akan sejarahnya dan jasa para pahlawannya". Ya, dengan tidak melupakan sejarah, maka semangat untuk mempertahankan kemerdekaan bangsa ini entah bertahan dari jajahan budaya maupun ekonomi, tidak akan pernah meredup bahkan hilang.

Jadi, di moment ini, di Hari Pahlawan ini, mari kita mantabkan hati untuk tak pernah melupakan sejarah juga para pahlawan bangsa ini. Hargai dan hormati apa yang telah para pahlawan lakukan untuk bangsa ini dengan cara mengisi kemerdekaan ini dengan suatu hal yang positif dan bermanfaat.

Terima kasih kami ucapkan, dari hati yang terdalam, untukmu, para pahlawan bangsa ini.
Dan Selamat Hari Pahlawan.

***
Referensi :

https://www.idjoel.com/hari-pahlawan-sejarah-makna-dan-arti-10-november-1945/

Ayo Lawan Kanker Payudara

Iya, ayok, kita lawan kanker payudara. Sekarang. Jangan nanti nanti. Di mulai dari diri sendiri, lalu orang-orang terdekat, sekitar kita, hingga masyarakat luas. Karena, dari beberapa tulisan tentang kanker payudara yang aku baca, kanker payudara  bisa menyerang siapa saja. Iya siapa saja. Siapa saja yang mengalami hal seperti di bawah ini :


Jujur, dulu, aku pikir kanker payudara hanya menyerang orang yang keluarganya memiliki riwayat kanker saja. Namun ternyata aku salah besar. Mengetahui hal tersebut, aku tak boleh indehoy lagi donk. Harus lebih waspada.

Ya, harus lebih waspada. Caranya adalah dengan melakukan SADARI dan mempraktekkan beberapa cara mencegah datangnya kanker di payudara. Seperti infografis yang tertera di bawah ini.


Lebih baik mencegah daripada mengobati kan ?. Lebih baik waspada daripada nantinya menyesal sendiri. Lebih baik deteksi sejak dini dengan melakukan sadari daripada deteksi nanti-nanti tapi sudah stadium segini. Karena dengan deteksi sejak dini, maka insyaAllah, si kanker dapat distop penyebarannya.




Begitulah informasi yang aku dapat dari hasil blogwalking ke salah satu blogger keren, Indah Nuria Savitri , yang sedang disapa oleh kanker payudara. Di dalam postingannya, mbak indah mengatakan bahwa setelah ia menjalani mastektomi, operasi payudara, lalu langkah selanjutnya adalah dengan melakukan beberapa tahapan yang salah satunya adalah kemoterapi untuk menghentikan penyebarannya di tubuh yang lain bahkan mungkin bisa sampai mematikan sel sel kanker payudara tersebut. Dengan demikian, jika dapat mendeteksi kanker payudara sejak dini, maka peluang untuk terbebas darinya amatlah besar. 

Jadi tunggu apa lagi, ayok, kita lawan kanker payudara. Dimulai dari diri sendiri lalu sebarkan ke banyak orang. Semoga dengan melakukan hal ini, kita, orang-orang yang kita cintai, dan semuanya bisa terbebas dari kanker payudara. Amiiinnn. Fight breast cancer. #GoPink. 


Referensi :
http://tabloidnova.com/Kesehatan/Wanita/Siapa-Yang-Berisiko-Lebih-Tinggi-Terkena-Kanker-Payudara
http://www.femina.co.id/isu.wanita/kesehatan/8.fakta.penting.tentang.kanker.payudara/005/005/183
http://health.liputan6.com/read/2316906/5-makanan-ini-bisa-picu-kanker-payudara?p=1
https://www.dokter.id/berita/10-cara-mencegah-kanker-payudara

Terlambat Bicara Bukan Berarti Nggak Bisa Bicara

Orang mah kadang suka asal kalau ngasih pendapat. Si Anu begini Si Itu begitu, tanpa tahu atau kenal betul dengan si anu atau si itu. Asal nyeplos aja. Kalau menghadapi orang model gitu memang butuh kesabaran extra. Soalnya kata-katanya itu looohh, bikin hati geremet geremet.

Iya, aku pernah bertemu dengan orang yang seperti itu dan perkataannya berhasil bikin aku pengen makan pete banyak banyak trus aku kasih orang itu jurus maut nafas nagaku, HAH HAH HAAAAHHHHH. Biar nyahok. Gimana nggak kezel, la wong si ken dibilang bisu, nggak bisa bisa ngomong. Hadeehhhh.

Sebagai emak penegak kebenaran *dengan kekuatan bulan akan menghukummu, aku berusaha menjelaskan kepada orang orang tersebut bahwa si ken tidak demikian, bukan tidak bisa ngomong, atau bisu. Si ken cuma terlambat bicara karena dia adalah tipe anak kinestetik.

Secara umum, ciri-ciri tipe pembelajar kinestetik itu seperti ini nih :
Suka menyentuh, merasakan, dan memegang sesuatu.
Rentang perhatian pendek.
Menyukai kegiatan yang membuatnya terus bergerak dan bekerja.
Lebih memilih untuk menunjukkan daripada menjelaskan sesuatu.
Mereka dapat mempelajari sesuatu dengan tangan secara lebih baik, suka mencoba segala sesuatu sendiri.

Kalau dilihat di point kedua, itulah salah satu alasannya mengapa si ken yang merupakan anak kinestetik terlambat bicara. Bukan karena emaknye kagak pernah ngajak ngobrol nih ?. Ow ow ow, tentu saja tidak. Mungkin kalau mulutku ini mesin, udah protol segala bautnya, saking seringnya berusaha ngajak si ken ngobrol, nyanyi, bacain cerita, menjelaskan ini itu saat jalan jalan, nonton tv, dan lain sebagainya. Tapi ya gitu, begitu buku cerita aku buka, tidak berapa lama kemudian, si ken sudah kabur. Begitu juga saat aku ajak ngobrol, si ken nampak nggak peduli sama sekali dan sibuk dengan showroom mobilnya. Cuek bebek dah pokoknya. Lain halnya kalau aku ajak main ayun ayunan, jungkat jungkit, renang, dan mencoba beberapa wahanan outbond, si ken semangat bukan main. Langsung berani dan bisa.

Tapi alhamdulillah, sekarang aku sudah nggak seperti ngomong sama tembok lagi soalnya si ken sudah mau ngobrol, ngomong ini itu, bahkan kalau ngomong seperti pakek nada. Lucu. Akhirnyaaaa. Kerja keras berbuah muanis. Semanis akyu *huwek.

Jadi sekarang, alhamdulillah, nggak ada lagi yang bilang ken bisu atau nggak bisa bicara. Tapi kalau masih ada yang bilang si ken begitu, beuugghh, siap siap aja nyisanak, bakal aku sihir jadi mak lampir *wuuss.

Referensi :
www.parenting.co.id

Baca juga :

Si Kecil Terlambat Bicara
Menyapih Si Kecil
Mengenalkan Gaya Hidup Sehat Untuk Si Kecil
Mengarahkan Hobi Anak Agar Gemar Membaca
Belajar Mengelompokkan Bentuk

Meningkatkan Kecintaan Budaya Indonesia Adalah Misi Sumpah Pemuda Selanjutnya

Ada rasa sedih dan prihatin, saat saya membaca atau menonton berita tentang tawuran antar pelajar, tawuran antar supporter bola, berita tentang beberapa tindak kriminal yang dilakukan oleh sekelompok atau seorang pemuda, dan lain sebagainya. Iya, sedih dan prihatin. Karena apa yang mereka lakukan sama sekali tidak mencerminkan semangat sumpah pemuda yang bertumpah darah satu, tumpah darah Indonesia. Yang berbangsa satu, bangsa Indonesia. Dan yang berbahasa satu, bahasa Indonesia. Bersatu bersatu dan bersatu. Bukan malah sebaliknya.


Perilaku yang demikian itu, bukan hanya tidak mencerminkan semangat sumpah pemuda akan tetapi juga merupakan perilaku yang tidak termasuk budaya yang dianut bangsa ini. Seperti budaya sopan santun, ramah tamah, gotong royong, berbudi pekerti luhur, dan lain sebagainya. Tidak ada perilaku budaya negeri ini yang menyelesaikan masalah dengan kekerasan, bahkan dengan pembunuhan.Yang ada adalah menyelesaikan masalah dengan cara kekeluargaan, musyawarah, atau menganut aturan norma dan hukum yang berlaku di negeri ini. 

Memang, negeri ini tengah dibanjiri oleh masuknya budaya-budaya dari luar. Dan budaya-budaya luar yang masuk tak semuanya sesuai dengan budaya yang berlaku di negeri ini. Malah mungkin ada yang dapat memecah belah negeri ini, terutama memecah belah para pemuda dan pemudinya. Seharusnya para pemuda pemudi bukan malah sibuk dengan diri sendiri atau kelompok saja, lalu tawur sana tawur sini, tapi seharusnya para pemuda pemudi sibuk dengan bahu membahu, bersatu padu membangun negeri ini. 

Iya, membangun negeri ini. Itulah tugas selanjutnya para pemuda dan pemudi saat ini.  Melanjutkan misi sumpah pemuda untuk bersatu padu mempertahankan kemerdekaan yang telah diraih oleh para pemuda pemudi dulu. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kecintaan akan budaya negeri sendiri. Mulai dari seni, bahasa, adat istiadat, perilaku budaya, keelokan alam dan lain sebagainya.

Meningkatkan kecintaan hasil karya seni anak negeri :
Kalau soal hasil karya seni juga bahasa bisa kita tingkatkan dengan ikut serta memakai dan mempromosikan hasil karya seni anak negeri. Entah promosi melalui media sosial, ataupun blog, atau saat sedang datang ke acara tertentu. Ajaklah orang orang sekitar kita untuk mencintai produk anak negeri.



Meningkatkan kecintaan adat istiadat yang berlaku di daerah masing masing.
Caranya adalah dengan turut andil menyemarakkan kegiatan adat yang berlaku di daerah masing-masing. Atau bisa juga dengan mendokumentasikan kegiatan tersebut lalu share ke media share yang dimiliki. 



Meningkatkan kecintaan perilaku budaya atau kearifan budaya lokal yang dianut negeri ini.
Dengan cara mempraktekkannya. Lalu mengajak orang orang sekitar kita untuk turut serta melestarikan perilaku budaya negeri ini. Seperti gotong royong dan tolong menolong membantu korban asap, atau menjadi relawan untuk bencana gunung merapi atau bahu membahu mengkampanyekan hemat energi, go green, dan lain sebagainya. Jika perilaku budaya yang demikian ini masih banyak yang menganut dan mempraktekkannya, maka peluang untuk memecah belah negeri ini amatlah kecil.




Meningkatkan kecintaan akan keelokan alam negeri ini.
Kalau yang ini mungkin sudah tercover dengan baik oleh dinas pariwisata maupun pihak swasta yang bergerak di bidang pariwisata dan travelling, ditambah lagi dengan dukungan dari para traveller yang tak segan membagi pengalamannya ke media sosial ataupun blog mereka masing-masing.




Meningkatkan kecintaan budaya dengan ikut gerakan sejuta data budaya.
Iya, kita juga bisa ikut berpartisipasi dalam Gerakan Sejuta Data Budaya ini yang bertujuan untuk mengumpulkan kekayaan data budaya Indonesia yang mana data tersebut akan dikumpulkan akan didaftarkan ke World Intellectual Property Organization (WIPO) sebagai bentuk perlindungan budaya dari klaim, serta untuk kepentingan penelitian selanjutnya. Atau  bisa juga dengan melakukan kampanye budaya secara online seperti yang dilakukan oleh Sobat Budaya.

Jadi untuk para pemuda dan pemudi bangsa ini, ayo, mari singsingkan lengan baju, bahu membahu, bersatu padu mempertahankan kemerdekaan dan membangun negeri ini. Negeri kita ini kaya kawan. Lebih tepatnya kaya raya. Bukan hanya dari segi sumber daya alamnya saja. Melainkan juga dari segi budaya yang tersebar di seluruh negeri ini. Iya, ada lebih dari 300 budaya yang ada di sini. Kaya raya bukan ?. Lalu relakah kita membiarkan kekayaan itu semua hilang begitu saja ?. Entah itu tenggelam dihantam arus budaya luar atau diklaim oleh negara lain. Tentu saja kita tidak ingin hal itu terjadi. Maka dari itu, tunggu apa lagi, segera nyalakan semangat sumpah pemuda yang mengalir di darah kalian, wahai para pemuda, dan ayo beraksi. 


Referensi :
http://www.sejutadatabudaya.com
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Suku_bangsa_di_Indonesia

Luka Sebab Kena Puntung Rokok Menjadi Atheroma

Beberapa bulan lalu, Si ayah tak sengaja lewat depan rumahmu *malah nyanyi, hehe. Maksud daku, jari kelingking si ayah tak sengaja terkena puntung rokoknya orang. Bukan yang sudah mati, tapi puntung rokok yang masih merah menyala teng teng. Begitu kena langsung nyooss.

Awal mulanya, si ayah tak terlalu peduli dengan luka yang diakibatkan puntung rokok tersebut. Santai seperti di hawaiii. Hula hula gitu. Namun lama kelamaan ternyata luka tersebut berubah menjadi sesuatu. Menghitam dan membentuk bukit. Kalau dicolek, terasa kenyal, seperti ada air di dalamnya. Kata si ayah, kadang cenut cenut, kadang juga gatal. Tak tahan, akhirnya si ayah memutuskan untuk mencubles benjolan tersebut pakai jarum yang sudah dipanaskan, dan hasilnya adalah...... makin paraaahhh.

Iya, makin parah. Benjolan tersebut memang tidak bertambah tinggi namun melebar. Daaannn, terasa gatal sekali. Lebih gatal dari sebelumnya. Kalau kesentuh, kata si ayah sakitnya tuh di sini di sini dan di sini.

Tak tahan melihat benjolan di tangan si ayah. Rasanya gemes banget. Pengen tak cubles cubles *sadiiss. Mungkin inilah alasan si ayah untuk segera pergi ke igd puskesmas. Takut daku cubles. Hehe.

Nggak donk, bukan karena itu. Lebih tepatnya adalah sebab kebetulan. Kebetulan waktu itu si ayah nganter siswa ke puskesmas, nah sambil nunggu, si ayah iseng ke igd. Saat itu kata si ayah memang lagi sepi jadi si ayah langsung bisa konsultasi ke dokter jaga. Dan hasil konsultasinya adalah benjolan tersebut termasuk aterom, sejenis kista yang muncul akibat penyumbatan pada kelenjar keringat. Aterom disebabkan oleh infeksi, trauma (luka), dll. Kalau si ayah mungkin disebabkan karena trauma (luka bakar puntung rokok). Dan dokter pun mengatakan bahwa benjolan tersebut harus segera dioperasi sebelum bertambah lebar dan semakin banyak akarnya. Si ayah menyetujui perkataan dokter tersebut. Ia pun segera dioperasi. Operasi kecil saja.

Alhamdulillah sekarang luka bekas operasi kecil si ayah berangsur angsur membaik. Benang benang fibrin sudah mulai bekerja menutup luka tersebut. Alhamdulillah.

Pelajaran yang bisa diambil adalah ;
1. Jangan menganggap remeh luka bakar sebab puntung rokok
2. Jangan mengotak atik luka




Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Follow by Email

Mengulas Berbagai Manfaat dan Penggunaan Popok Confidance

Jadi beberapa waktu yang lalu, emak curhat kalau belakangan ini beliau susah sekali berjalan terutama setelah tidur. Menurut dokter, hal in...