Skip to main content

Posts

Showing posts from November, 2015

Cara Menghilangkan Kantuk Saat Menemani Si Kecil Bermain

Menghadapi Si 'Kinestetik' Ken tak jarang membuatku keok. Kapasitas energinya yang cukup besar benar benar mendukung aktivitasnya yang hampir tak ada jeda. Mencelat kesana kemari. Lompat lompat di kasur. Manjat meja tv, motor, bahkan manjat emaknye. Dikau kate emakmu ini pinaaanggg kali ya ken. Emakmu ini kan bagaikan gitar spanyol *huwek.
Jika diibaratkan baterai, Si Ken baterai energizer dan emaknye baterai yang habis dipanasin di atas genteng. Kerembuk kerembuk. Maklumlah yah. Kan tenaga emaknye sudah dipakek buat masak, bersih bersih rumah, dan konser di kamar mandi.
Tak jarang saat menemani si ken bermain aku didatangi teman dari lelah, namanya kantuk. Ngantuk teramat sangat. Rasanya ni mata seperti digandoli batu kali. Mbok ya sing gandol itu batu akik atau berlian gitu yak *hahaayyy.
Akan tetapi meskipun dilanda kantuk teramat sangat, aku berusaha untuk tidak terlelap. Aku tak boleh lengah mengawasi si ken yang aktifnya warbiyasak. Menghindari kejadian yang tidak diing…

Kejadian Amaryllis Merupakan Pelajaran Berharga Bagi Kita

Beberapa hari ini, media sosial tengah digemparkan dengan rusaknya kebun bunga amaryllis di Yogyakarta. Dikabarkan juga bahwa kebun bunga tersebut rusak karena ulah beberapa pengunjung yang melakukan aksi berfoto selfie atau welfie yang tidak pada tempatnya. Dan aksi oknum tersebut pun seperti biasa menuai hujatan yang bisa dibilang serem sih. Ada yang bilang bodoh, atau nggak punya otak dan sebagainya. Serem kan ?. Ho oh. Jujur, saat melihat foto beberapa oknum yang berselfie ria di amaryllis tersebut sempat membuat aku terpana sih. Koq bisa-bisanya melakukan aksi selfie seperti itu yak. Apa nggak takut gatel gitu. Sapa tau ada ulat bulu yang bercokol di batang amaryllis tersebut. Kan bisa berabe jadinya. Mungkin mereka nggak mikir sejauh itu yak. Pokoknya hasil foto selfienya cakep gitu. Biar mirip seperti pose syahrini yang itu tuh. Mungkin begitu. Setiap orang memang ingin mendapatkan hasil foto yang keren cakep indah mempesona ulala, tapi ya keinginan tersebut tak bisa dijadikan …

Happy November Rain

Beberapa waktu yang lalu, rasanya rindu sekali dengan suara rintik air hujan. Dengan aroma tanah saat tersentuh hujan dan kesegaran yang datang setelahnya. Rindu sekali.
Namun di balik rasa rindu tersebut, terselip rasa sedih. Sedih karena tak bisa menikmati rintik air hujan. Sebab biasanya, saat hujan tiba kami harus melakukan sesuatu. Membawa dan meletakkan ember di sana dan di situ juga harus mengeringkan lantai yang itu juga yang ini. Karena apa ?. Bocor dimana-mana cyiinnn. Dan bocor yang paling parah adalah bagian teras rumah. Yeayyyy *Loh.
Iya, bukan seperti bocor lagi melainkan seperti air terjun. Grojog Grojog Byor. Kalau melihat grojogan begitu, Si Ken langsung pengen mandi di situ. Dikira shower kali yak. Hadeehh. Jadi kalau hujan turun kami tak bisa memandangi hujan di teras rumah melainkan hanya di dalam rumah saja.

Alhamdulillah sebelum bulan November datang, akhirnya ibu pemilik rumah kontrakan yang kami tinggali ini bersedia memperbaiki bagian teras. Yipppiiee. Seneng…

Yuk Berburu Produk Bermerk di Cuci Gudang Akhir Tahun

dapat dipungkiri bahwa memiliki dan menggunakan salah satu produk bermerk secara otomatis dapat memunculkan rasa percaya diri bagi pemakainya. Kemudian apabila percaya diri sudah terbangun, maka performa pun juga semakim maksimal. Oleh sebab itu, sebaian besar orang memasukkan aneka macam produk bermerk ke dalam list belanja mereka. 
Aku juga begitu sih. Ada beberapa list produk bermerk yang ingin aku miliki seperti Yongki Komaladi dan Dian Pelangi. Namun apa daya. Harganya bikin dompet terpana. Kalau sudah begitu salah satu solusinya adalah menunggu moment akhir tahun saja. 
Iya, biasanya di moment akhir tahun, kita bisa menemukan tulisan 'diskon' tersebar dimana-mana. Bahkan tulisan tersebut tertera hampir di semua produk. Kece kan. Nah hal yang sama juga dapat kita temui di MatahariMall.com.


Yup, MatahariMall.com yang merupakan e-Commerce No. #1 di Indonesia, memiliki program yang namanya cuci gudang akhir tahun. Jadi nanti kita bisa berburu produk-produk bermerk di situ. …

10 Alasan Mengapa Aku Mewajibkan Diri untuk Blogwalking

Beberapa bulan terakhir ini, aku menyediakan waktu khusus untuk blogwalking yakni sehabis subuh dan siang saat si kecil tidur. Kalau kuota lagi perkasa perkasanya, biasanya sehari aku  bisa blogwalking maksimal 30-35 blog.  Tapi kalau kuota lagi letoy, yaaa sehari paling banter cuma bisa mengunjungi 10 blog saja. Kegiatan yang aku lakukan tersebut tentu saja ada udangnya *halah. Yaaa, apalagi kalau bukan untuk eksis *jujur kacang ijoe amat sih lu mak*. Hehe,  Seneng gitu rasanya, kalau pas ngetik nama 'inda chakim' di searching langsung ke detect  gitu dan buanyak pula. Ada dimana mana. *lalu merasa terkenal*. Katrok memang *emang*.Selain untuk meng-eksiskan nama inda chakim, tentu saja ada banyak manfaat yang aku dapat dari berkunjung ke blog kawan kawan blogger. Apa saja itu ?.1.Dapat ilmu baru
Sebelum kenal dengan si bewe ini, aku benar benar nggak paham dengan yang namanya alexa rank, da, pa, domain, job review, adsense, seo, dan lain sebagainya, Ya aku pikir dulu ngeblog …

Tips Cepat Hamil Setelah Kuret

Tips Cepat Hamil Setelah Kuret ini adalah langkah-langkah yang aku lakukan sendiri setelah kuret. Dan alhamdulillah 3 bulan setelah kuret aku hamil lagi. Penyebab aku kuret adalah blighted ovum. Kehamilan kosong. Kantong ada tapi janin tidak berkembang. Pada awalnya aku tidak tahu bahwa kehamilanku ini adalah kehamilan kosong. Karena tanda-tanda kehamilan yang aku alami seperti pada umumnya. Seperti sering buang air kecil, mual, dan ada tanda dua garis juga yang tertera di testpack. Ya, seperti hamil pada umumnya. Oleh sebab itulah aku hanya rutin memeriksakan kehamilanku di bidan saja.Hal ini terus berlanjut hingga menuju usia kandungan 3 bulan. Ya saat usia kandungan menuju 3 bulan, tiba tiba ada flek (bercak darah) di pakaian dalam yang terus keluar dan tak kunjung berhenti. Karena khawatir, aku memutuskan untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan. Dan dokter pun mengatakan bahwa keluar flek saat hamil adalah hal yang wajar dan biasa terjadi dan flek pun akan berhenti keluar dala…

Cara Mudah Mengetahui Masa Subur

Bener bener nggak nyangka, kalau buku yang aku baca hanya untuk sekedar tahu saja, juga karena buku yang aku incar sudah dipinjam mahasiswa lain, ternyata ilmu dari buku tersebut sekarang berguna banget lhoooo. Tentu saja bukan buku kalkulus mumetikus, apalagi buku harian si dia, bukaaann. Buku itu adalah buku yang membahas soal wanita. Judulnya apa yaaaa ?, lufaaaaaaa *hiks.Buku tersebut membahas segala hal tentang wanita yang salah satunya adalah soal masa subur. Yup. Masa subur. Entah kenapa, koq ya materi itu yang begitu nyantol di ingatan aku. Udah kayak cantolan jemuran aja. Nyatol banget. Padahal waktu itu aku belum bener bener ada pikiran untuk 'tutup buku, buka terop'. Beluuuummmm. Apa mungkin, waktu itu, jodoh aku yang kepikiran untuk segera menikah yak ?. *Catet, nanti tanya ke si ayah.Oleh karena pengetahuan soal masa subur masih nyantol banget di kepala, walhasil, saat hari H tiba *eyaakk, aku pun langsung........*degdegdegser*... mempraktekkannya. Hehe. Jadi malu…

Aneka Mainan dari Botol Kemasan

Aku lagi suka koleksi sesuatu nih.. sesuatu yang ada dihatimu..sesuatu yang ada dihatiku *malah menyonyo. Hehe. Iya aku lagi suka koleksi. Bukan koleksi tas, apalagi koleksi brondong manis *oh no*. Tapi koleksi botol kemasan minyak telon, bedak, sampho, sabun, dan lain sebagainya. What ?.. Koleksi botol. Ho oh. Botol plastik.Hampir di seluruh sudut rumah, ada yang namanya botol plastik. Bertebaran dimana-mana. Dan jumlahnya pun terus bertambah. Sebagian botol plastik itu aku kasih ke tukang loak, dan sisanya aku jadikan sebagai mainan buat si ken. Kalau botol bekas bedak, aku ubah jadi mobil-mobilan. Kemudian, botol minyak telon aku ubah jadi perahu kincir. Dan botol kemasan air mineral aku ubah jadi jam pasir ala ala syalala.Alhamdulillah, ken mau memainkan mainan yang sangat amat sederhana ini. Seneng rasanya. Beneran. Terima kasih ya nak. Emakmu ini jadi brebes mili, hahayyyy.Yang pengen bikin bikin juga. Memanfaatkan kembali barang yang tidak terpakai. Langsung cus dimari aja yak.…

Belajar dari Masterchef Professional Australia

Kalau si kecil ken lagi tidur, pasti aku manfaatin untuk melakukan kegiatan yang aku suka. Bahasa bekennya me time. Salah satunya adalah nonton Masterchef Professional Australia. Kalau masterchef australia adalah kompetisi untuk para koki rumahan yang memperebutkan gelar masterchef. Sedangkan masterchef professional australia adalah kompetisi para koki yang sudah terjun ke industri makanan untuk memperebutkan gelar masterchef professional serta hadiah $AU 200.000 dan kesempatan keliling dunia untuk memasak dengan para chef terbaik dunia. uwow. Sayangnya, aku mengikuti acara ini tidak dari awal. Karena apa ?. baru tahu cyiinn. Tapi, alhamdulillah aku masih kebagian nonton beberapa episode terakhir menuju final. Iya. Final. Final di masterchef professional ini terdiri dari tiga babak. Pertama adalah penemuan, lalu tes tekanan berupa mengikuti resep dari salah satu chef terbaik di dunia yakni Marco Pierre White, dan yang terakhir adalah memasak 3 menu untuk 120 tamu. Tamu tamu tersebut t…

Renungan Singkat di Hari Pahlawan

Kala itu, proklamasi telah dikumandangkan. Pada tanggal 17 Agustus 1945. Namun, entah kesambet apa, atau memang sengaja membuat masalah, pada tanggal 27 Oktober 1945, bendera berwarna merah putih biru dikibarkan di hotel Yamato Surabaya (sekarang bernama hotel Majapahit). Kejadian ini tentu saja membuat warga, arek arek Suroboyo getem-getem mangkel karena sekutu tidak menghargai kedaulatan dan emerdekaan yang sudah diproklamirkan. Tak terima dengan hal tersebut, arek arek suroboyo memutuskan untuk melakukan perlawanan. Yang mana perlawanan tersebut berhasil membuat Inggris merasa kewalahan, bahkan sampai meminta bantuan Presiden Soekarno untuk meredakan pertempuran di surabaya. 29 Oktober 1945, pertempuran mereda. Tentara Inggris dan Arek arek suroboyo bersepakat untuk melakukan gencatan senjata. Ya benar benar mereda. Mereda saja. Bukan berhenti. Karena masih ada beberapa percikan percikan pertempuran antara arek arek suroboyo melawan inggris. Terus begitu, hingga akhirnya percikan p…

Ayo Lawan Kanker Payudara

Iya, ayok, kita lawan kanker payudara. Sekarang. Jangan nanti nanti. Di mulai dari diri sendiri, lalu orang-orang terdekat, sekitar kita, hingga masyarakat luas. Karena, dari beberapa tulisan tentang kanker payudara yang aku baca, kanker payudara  bisa menyerang siapa saja. Iya siapa saja. Siapa saja yang mengalami hal seperti di bawah ini :

Jujur, dulu, aku pikir kanker payudara hanya menyerang orang yang keluarganya memiliki riwayat kanker saja. Namun ternyata aku salah besar. Mengetahui hal tersebut, aku tak boleh indehoy lagi donk. Harus lebih waspada.
Ya, harus lebih waspada. Caranya adalah dengan melakukan SADARI dan mempraktekkan beberapa cara mencegah datangnya kanker di payudara. Seperti infografis yang tertera di bawah ini.

Lebih baik mencegah daripada mengobati kan ?. Lebih baik waspada daripada nantinya menyesal sendiri. Lebih baik deteksi sejak dini dengan melakukan sadari daripada deteksi nanti-nanti tapi sudah stadium segini. Karena dengan deteksi sejak dini, maka insy…

Terlambat Bicara Bukan Berarti Nggak Bisa Bicara

Orang mah kadang suka asal kalau ngasih pendapat. Si Anu begini Si Itu begitu, tanpa tahu atau kenal betul dengan si anu atau si itu. Asal nyeplos aja. Kalau menghadapi orang model gitu memang butuh kesabaran extra. Soalnya kata-katanya itu looohh, bikin hati geremet geremet. Iya, aku pernah bertemu dengan orang yang seperti itu dan perkataannya berhasil bikin aku pengen makan pete banyak banyak trus aku kasih orang itu jurus maut nafas nagaku, HAH HAH HAAAAHHHHH. Biar nyahok. Gimana nggak kezel, la wong si ken dibilang bisu, nggak bisa bisa ngomong. Hadeehhhh.Sebagai emak penegak kebenaran *dengan kekuatan bulan akan menghukummu, aku berusaha menjelaskan kepada orang orang tersebut bahwa si ken tidak demikian, bukan tidak bisa ngomong, atau bisu. Si ken cuma terlambat bicara karena dia adalah tipe anak kinestetik.Secara umum, ciri-ciri tipe pembelajar kinestetik itu seperti ini nih :
Suka menyentuh, merasakan, dan memegang sesuatu.
Rentang perhatian pendek.
Menyukai kegiatan yang mem…

Meningkatkan Kecintaan Budaya Indonesia Adalah Misi Sumpah Pemuda Selanjutnya

Ada rasa sedih dan prihatin, saat saya membaca atau menonton berita tentang tawuran antar pelajar, tawuran antar supporter bola, berita tentang beberapa tindak kriminal yang dilakukan oleh sekelompok atau seorang pemuda, dan lain sebagainya. Iya, sedih dan prihatin. Karena apa yang mereka lakukan sama sekali tidak mencerminkan semangat sumpah pemuda yang bertumpah darah satu, tumpah darah Indonesia. Yang berbangsa satu, bangsa Indonesia. Dan yang berbahasa satu, bahasa Indonesia. Bersatu bersatu dan bersatu. Bukan malah sebaliknya.


Perilaku yang demikian itu, bukan hanya tidak mencerminkan semangat sumpah pemuda akan tetapi juga merupakan perilaku yang tidak termasuk budaya yang dianut bangsa ini. Seperti budaya sopan santun, ramah tamah, gotong royong, berbudi pekerti luhur, dan lain sebagainya. Tidak ada perilaku budaya negeri ini yang menyelesaikan masalah dengan kekerasan, bahkan dengan pembunuhan.Yang ada adalah menyelesaikan masalah dengan cara kekeluargaan, musyawarah, atau me…

Luka Sebab Kena Puntung Rokok Menjadi Atheroma

Beberapa bulan lalu, Si ayah tak sengaja lewat depan rumahmu *malah nyanyi, hehe. Maksud daku, jari kelingking si ayah tak sengaja terkena puntung rokoknya orang. Bukan yang sudah mati, tapi puntung rokok yang masih merah menyala teng teng. Begitu kena langsung nyooss.Awal mulanya, si ayah tak terlalu peduli dengan luka yang diakibatkan puntung rokok tersebut. Santai seperti di hawaiii. Hula hula gitu. Namun lama kelamaan ternyata luka tersebut berubah menjadi sesuatu. Menghitam dan membentuk bukit. Kalau dicolek, terasa kenyal, seperti ada air di dalamnya. Kata si ayah, kadang cenut cenut, kadang juga gatal. Tak tahan, akhirnya si ayah memutuskan untuk mencubles benjolan tersebut pakai jarum yang sudah dipanaskan, dan hasilnya adalah...... makin paraaahhh.Iya, makin parah. Benjolan tersebut memang tidak bertambah tinggi namun melebar. Daaannn, terasa gatal sekali. Lebih gatal dari sebelumnya. Kalau kesentuh, kata si ayah sakitnya tuh di sini di sini dan di sini.Tak tahan melihat benj…