10 Alasan Mengapa Aku Mewajibkan Diri untuk Blogwalking

Beberapa bulan terakhir ini, aku menyediakan waktu khusus untuk blogwalking yakni sehabis subuh dan siang saat si kecil tidur. Kalau kuota lagi perkasa perkasanya, biasanya sehari aku  bisa blogwalking maksimal 30-35 blog.  Tapi kalau kuota lagi letoy, yaaa sehari paling banter cuma bisa mengunjungi 10 blog saja.

Kegiatan yang aku lakukan tersebut tentu saja ada udangnya *halah. Yaaa, apalagi kalau bukan untuk eksis *jujur kacang ijoe amat sih lu mak*. Hehe,  Seneng gitu rasanya, kalau pas ngetik nama 'inda chakim' di searching langsung ke detect  gitu dan buanyak pula. Ada dimana mana. *lalu merasa terkenal*. Katrok memang *emang*.

Selain untuk meng-eksiskan nama inda chakim, tentu saja ada banyak manfaat yang aku dapat dari berkunjung ke blog kawan kawan blogger. Apa saja itu ?.

1. Dapat ilmu baru
Sebelum kenal dengan si bewe ini, aku benar benar nggak paham dengan yang namanya alexa rank, da, pa, domain, job review, adsense, seo, dan lain sebagainya, Ya aku pikir dulu ngeblog cuma nulis nulis nulis lalu publish. Udah gitu doank. Tapi setelah aku meninggalkan jejak jejak bidadari yang turun dari genteng ke blog temen temen blogger, aku jadi kenal dengan istilah istilah tersebut. Kenal loh ya, belum paham 100%. Masih dalam tahap belajar. Jadi tolong dibantu ya temen temen, *prok prok prok.

Nggak hanya dapet ilmu soal ngeblog, kadang juga dapet ilmu soal parenting, masak, fotografi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Berburu ide.
Kalau isi pikiran lagi penuh dengan sarang laba laba, aku biasanya memilih untuk bewe saja. Nah di situ kadang aku nemu aneka macam ide. Ada ide buat masak, ide membuat mainan untuk si ken, atau ide buat update blog.

3. Berburu rejeki
Nama bekennya memonetize blog, kalau nggak salah sih, nggak salah tulisannya maksud eikeh. Tapi nggak salah kan ya ? *iyain ajah.
Ini lagi tren deh kayaknya, apa mungkin sudah dari dulu cuma akunya aja yang baru nyadar kali yak *sepertinya sih begitu* *hiks*.

Iya, akhir akhir ini aku sering banget lihat *sambil gigit jari* update status temen temen blogger soal dapet kiriman ini untuk direview, atau dapet bayaran segini dari ngereview dan lain sebagainya. Ini menunjukkan bahwa ngeblog bisa dijadikan sebagai salah satu jalan untuk berburu rejeki. Dan aku rasa jalan berburu rejeki lewat ngeblog ini akan terus berlanjut dan semakin terbuka lebar, mengingat semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat dunia akan akses internet. Jadi bagi yang masih gigit jari seperti aku ini, yuk segera lepaskan tu jari dari gigi dan mulailah menulis. Semangat.

4. Latihan untuk berani menuliskan pendapat
Sejak aku membaca kalimat begini "Rugi blogwalking kalau cuma jadi silent reader", aku pun mulai mengubah kebiasaanku yang dulu hanya jadi camen rider eh silent reader menjadi nebar komentar dimana mana. Jujur waktu awal awal ninggalin komen, rasanya dagdigdug kembang kuncup gitu, takut. Takut komentar yang aku tulis kagak nyambung, Kalau nggak nyambung kan eikeh jadi malu donk yak. Tapi berubung naluri emak emak anti rugi muncul, walhasil perasaan takut itu aku tendang jauh jauh.

5. Latihan membaca cepat
Untuk menghindari komentar yang nggak nyambung, aku mewajibkan diri untuk benar benar membaca blogpost yang aku kunjungi. Meskipun di blogpost tersebut ada fotonya sekalipun. Awal mulanya sih lama gitu rasanya. Baca satu blogpost aja bisa sekian menit, Tapi lama kelamaan menjadi lebih cepet. Mak sret mak sret mak sret selesai. Paham maksud tulisan lalu tinggal komen deh.

6. Latihan mencerna tulisan dengan cepat
Nah ini sejalan dengan membaca cepat tadi ya. Awalnya memang butuh waktu lama juga untuk mencerna tulisan apalagi yang ada kata ilmiahnya, Tapi seiring berjalannya waktu *aseg, aku jadi sedikit bisa menganalisis tulisan dengan cepat. Termasuk tulisan yang materinya sedikit berat.

7. Memperbanyak kosa kata
Kalau dibandingkan tulisanku sekarang dengan yang dulu saat belum kenal blogwalking, tentu saja lebih berwarna yang sekarang, kalau nggak percaya, silahkan susuri deh blog aku *modus*. Hehe.

Iya, ditulisanku sekarang ada banyak ekspresi yang bisa aku tampilkan lewat kata kata. Nggak hanya pembukaan tuing tuing tuing penutup selesai. Tapi ada ekspresi tegas, lugas, menggelitik dan ekspresi yang bikin oramg kudu muntah. Selain itu juga, penambahan kosa kata tersebut nggak hanya bermanfaat di dalam tulisan saja, melainkan juga di kehidupan aku sehari hari. Iya, kadang kata kata ilmiah dunia ngeblog itu nggak sengaja *kadang juga sengaja* aku pakai saat komunikasi dengan orang lain terutama dengan orang yang memandang profesiku sebelah mata. Rasanya keren gitu. Beneran *lebay kumat.

8. Nambah teman
Ini nggak selalu sih yah. Nggak selalu dengan meninggalkan jejak di blog langsung bisa nambah teman. Entah itu teman di twitter, google plus, fb, ig, dan lain sebagainya. Jadi anggap ini sebagai bonus. Nggak usah berkecil hati jika yang disambangi tak membuka pintu pertemanan. Toh sudah banyak dapet manfaat kan dengan berkunjung ke sana. Santai sajalah. Yang penting kan bisa numpang ngeksisin nama di sana *uhuy.

9. Nambah pengunjung blog
Sama halnya dengan poin 8. Jangan bersedih hati apalagi gundah gulana jika yang dikunjungi tak berkunjung balik. Nggak masalah. Yang penting mah sudah dapet ilmu daannnn bisa numpang nama. Cihuy.

10. Mencari atau menemukan jawaban atas kegelisahan yang melanda *uhuk*.
Kalau sedang kedatangan andi lau, antara dilema dan galau, gegara problematika kehidupan *pret, atau kalah lomba *hiks, biasanya gairah ngeblogku langsung surut seketika. Blogwalking pun rasanya malas juga. Tapi tetep aku usahain sih. Meskipun tidak sesemangat biasanya. Pada saat itu kadang aku nemu pencerahan di salah satu atau salah dua blog yang aku kunjungi. Beneran. Membuat aku merenung dan berpikir bahwa apa yang sedang aku alami ini seharusnya tidak membuat aku mengeluh, tak bersemangat, menyerah, atau bahkan protes kepada-Nya. Amazing bukan. Ya begitulah. Blogwalking juga bisa mencerahkan hati yang tengah gundah gulana mere kabina bina.

Hem, banyak ternyata yak yang bisa dan sudah aku peroleh dari blogwalking. Nggak nyangka bisa sebermanfaat ini. Rasanya semakin betah gentayangan di blog temen temen dan pengen bisa blogwalking ke blog temen temen lebih banyak lagi. Semoga bisa dan yow semangat.

Kalau kalian gimana nih?. Dapet banyak manfaat juga kan dari blogwalking ?. Share dimari yak !. Oke. Sip sip.

23 comments:

  1. Betul banget.. Dulu saya susah BW karena laptop error, ga bisa buka semua blog. Sekarang bw via hape, ternyata enak :D

    ReplyDelete
  2. Setuju. Tapi saya jarang juga blogwalking juga. Susah nyediakan waktunya

    ReplyDelete
  3. Syamaaaakk aku juga suka bewe...rasanya kyk beneran ktemu adep adepan ma empunya blog klo ada interaksi gituuu

    ReplyDelete
  4. Waaah ternyata banyaak ya manfaat Blogwalking. Klo aku merasa banget BW itu semacam silaturahim dunia maya. banyak yg jadi kenal n dekat krn BW

    ReplyDelete
  5. Aku belum bisa rajin BW, mba, fakir kuota, hehe
    Tapi pasti ada saatnya aku BW tapi ga dipatokin berapa blog. Yang pengen dibaca aja. Dan emang bener banget, selain dapet temen, dapet pengetahuan juga.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mak, aku jg bw kalok kuota lg perkasa2nya, kalok udh mau koid, ya bwnya libur, hehe

      Delete
  6. BW emang banyak manfaatnya yah mbak :)
    saya kalo lagi di kantor dan gak banyak kerjaan saya rajin BW dan bisa puluhan blog teman-teman bisa saya kunjungi, tapi kalo sedang di rumah biasanya agak-agak pelit mau BW ke banyak blog *dasar emak-emak doyan gratisan* hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. eikeh jg suka gratsan mak, biasanya nempel ke wifinya suami..hehe

      Delete
  7. Aku pun sukaaa banget BW, seneng aja gitu ngintip2 tulisan temen dan kepo2 mereka lagi pada ngapain aja hehehe....

    Kalo lama gak BW hatiku suka terasa gersang gitu lah...
    *mulai drama*

    ReplyDelete
    Replies
    1. aw aw teh erry suka ngintip..awas bintitan loh teh, :D

      Delete
  8. betullll banget, BW itu penting jadi banyak temen dan jadi tambah pegetahuan, bonusnya blog kita juga jadi rame

    ReplyDelete
  9. Iya, aku suka bewe suka ngepoin postingan blogger lain sambil nyari ide sama nyari temen tentunya hehehe...

    ReplyDelete
  10. baru beberapa minggu ini ada waktu rada longgar untuk ebberes blog dan rajin blogwalking.

    ReplyDelete
  11. Dija sekarang udah jarang blogwalking...
    udah mulai sibuk di sekolah

    Tante masih rajin blogwalking ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gk apa2 dija, la wong kegiatan dija aja seabrek gt, sekolah, balet pula,
      tante mau donk diajarin balet *emak2lufa berat badan :)...

      Delete
  12. Baru hari ini bisa blogwalking huhu tugas bentar lagi uas sih :)
    Makasih yaa artikelnya menarik, boleh minta follback ga?

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

About Me

Halo Assalamu'alaikum, Aku Inda, guru tk. Aku  ibu dari dua bocil, ken dan yumna, yang suka menulis, suka kulineran, jalan-jalan...