Monday, November 30, 2015

Cara Menghilangkan Kantuk Saat Menemani Si Kecil Bermain

Menghadapi Si 'Kinestetik' Ken tak jarang membuatku keok. Kapasitas energinya yang cukup besar benar benar mendukung aktivitasnya yang hampir tak ada jeda. Mencelat kesana kemari. Lompat lompat di kasur. Manjat meja tv, motor, bahkan manjat emaknye. Dikau kate emakmu ini pinaaanggg kali ya ken. Emakmu ini kan bagaikan gitar spanyol *huwek.

Jika diibaratkan baterai, Si Ken baterai energizer dan emaknye baterai yang habis dipanasin di atas genteng. Kerembuk kerembuk. Maklumlah yah. Kan tenaga emaknye sudah dipakek buat masak, bersih bersih rumah, dan konser di kamar mandi.

Tak jarang saat menemani si ken bermain aku didatangi teman dari lelah, namanya kantuk. Ngantuk teramat sangat. Rasanya ni mata seperti digandoli batu kali. Mbok ya sing gandol itu batu akik atau berlian gitu yak *hahaayyy.

Akan tetapi meskipun dilanda kantuk teramat sangat, aku berusaha untuk tidak terlelap. Aku tak boleh lengah mengawasi si ken yang aktifnya warbiyasak. Menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Oleh sebab itu aku memiliki jurus handal untuk menghalau kantuk saat tengah menemani si ken bermain.
1. Ikut bermain
Kalau ikut bermain begini kadang aku mencoba untuk memposisikan diri sebagai teman bermain si ken. Saat si ken menata puzle, aku juga ikut menata puzleku sendiri. Kadang kita malah lomba cepet-cepetan. Dan tau kan yang menang siapa ?. tentu saja si ken. Emaknye pura pura kalah aja.

Begitu juga saat main mobil-mobilan. Si ken bawa mobil, aku juga bawa mobilku sendiri. Kadang kami bermain adegan kebut kebutan sambil dubbing gitu. "waduh, sepertinya bensinnya habis, ayo kita isi dulu ken". Misalnya begitu.

Si emak ikut ken naek motor motoran

Kalau si ken nari, aku juga ikut nari. Main lompat lompat di kasur, aku juga kadang kadang ikut. Dengan ikut bermain maka kantuk pun akan hilang dengan sendirinya.

2. Sambil denger musik
Biasanya yang aku pakai musik kesukaan aku. Jadi bisa sambil nyanyi. Dan tentu saja bukan musik melow selow helloowww. Tapi musik yang full power. Semangat gitu. Alhamdulillah, saat aku mendengarkan musik kesukaanku, si ken nggak pernah protes. Makasih ya nak.

3. Sambil ngesosmed
Ini cuma ngesosmed aja, nggak pakek ngeblog apalagi blogwalking bisa bisa eikeh langsung bobok cantik atuh.

4. Bikin kopi pahit
Karena kopi biasa nggak terlalu manjur, jadi kadang aku bikin kopi hitam trus gulanya seiprit aja. Lumayan bikin melek sih. Pahit soalnya.

5. Sambil ngemil
Salah satu penyebab datangnya kantuk karena tenaga sudah hampir koid, trus laper trs perut minta diisi namun tak kunjung diisi. Jadi biar ngantuknya pergi, perutpun harus segera diisi. Camilan boleh, ditambah minum juga boleh, bayarnya belakangan. *lah, emangnya warung*.

6. Makan cabe
Ini saking ngantuk tak tertahankan, jadi ya nyeklus cabe aja. Pakek gorengan juga boleh, ditambah mie rebus rasa soto malah makin sip. Tapi kalau kelamaan langsung nyeklus cabe aja, dijamin langsung melek.

Ya begitulah beberapa jurusku menghalau ngantuk saat menemani si ken bermain. Kalau kalian punya jurus rahasia juga nggak saat menemani si kecil bermain ?. Apa ?. Jurus rahasia kalian makan beling ?. Wow..kalian memang zuper zekali. Dahsat. :D

7 comments:

  1. tenaga anak kecil emang kadang bikin emaknya kagum yah mbak? anak saya juga sama, kalo udah main kayaknya susah banget mau berhenti :)
    kalo anak saya udah asyik main,biasanya saya temenin dan ikut main, tapi kalo udah lebih satu jam dianya masih aktif main, biasanya tugas penjagaannya saya serahin pada papanya dan saya mulai melakukan aktivitas yang saya senangi (nonton) atau bobo-bobo cantik, hahaha (emak macam apa pula kau ira??)

    ReplyDelete
  2. paling efektif emang sambil main bareng mbak..

    ReplyDelete
  3. Sambil ngemil asik banget tuh.. bagi dong Mak.. #eh

    ReplyDelete
  4. iya aku juga lebih manjur cara no 1 yaitu ikut bermain..

    ReplyDelete
  5. Main bareng sih paling enaknya mbak, sekalian menghilangkan penat melihat anaknya bermain. Seneng gitu bawaanya :))

    ReplyDelete
  6. Ngopi nggak mempan, tetap zzzz. Biasanya nememin anak belajar sambil ngesosmed & ngeblog.

    ReplyDelete
  7. Waduh kalau makan cabe thok ga kuat mak..wkwk...
    Tapi yang lain...masih sanggup.

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)