Monday, January 25, 2016

Cara Praktis Membimbing Anak untuk Giat Menabung

Senangnya melihat pertumbuhan si buah hati dari hari ke hari yak. Sebagai orangtua, kita tentu ingin memberikan segala sesuatu yang terbaik untuk anak-anak kita. Namun memperhatikan anak bukan sekadar memenuhi kebutuhannya saja lho. Ada pula pelajaran hidup berharga yang patut kita tanamkan sedini mungkin. Salah satunya adalah cara menabung.

Jika kita sudah memperkenalkan cara menabung pada anak sejak dini, niscaya nih antinya anak-anak akan tumbuh menjadi pribadi yang cerdas mengelola keuangan. Tidak perlu bingung mencari cara untuk mengajarkan si kecil menabung, kita tinggal melakukan beberapa hal sederhana berikut ini :

Memberikan Uang Jajan Secukupnya.
Jika orangtua sudah memberikan uang jajan harian untuk si kecil, maka tanamkan pemahaman bahwa ia tidak bisa membeli sesuatu yang harganya lebih mahal dari uang jajan hariannya. Jadi, sesuatu yang harganya cukup mahal hanya dapat diperoleh dengan cara giat menabung. Kita, orangtua bisa membantu anak si kecilmemilah mana barang yang harus dibeli dan mana yang tidak walaupun si kecil menggunakan uang tabungannya sendiri.


Belikan Celengan untuk Si Kecil

Sumber gambar
Ada banyak pilihan celengan berbentuk lucu yang bisa kita berikan kepada si kecil. Berikan celengan tersebut sembari mengajarkannya untuk rajin menyisihkan uang jajannya. Ketika uang di dalam celengan sudah banyak, kebutuhan-kebutuhan sekolah si kecil pun bisa dipenuhi dari uang tabungan tersebut. Buah hati kita pasti akan bangga jika dapat membeli sesuatu dari hasil tabungannya sendiri.


Ajarkan Anak untuk Berbelanja Secara Hemat
Sesekali tidak ada salahnya untuk mengajak buah hati kita menjelajahi situs MatahariMall. Karena MatahariMall tempat belanja online terbesar yang menyiapkan aneka kebutuhan rumah tangga maupun kebutuhan anak secara lengkap. Si kecil bisa belajar berhemat secara modern dengan memilih barang-barang yang harganya terjangkau ketika berbelanja online.


Mengajak Si Kecil Membuka Tabungan Di Bank
Beberapa tahun ini sudah banyak bank yang menyediakan program tabungan khusus anak. Dengan biaya saldo minimal yang tidak terlalu besar serta bebas biasa administrasi, si kecil pun akan memahami kalau menyimpan uang di bank adalah pilihan yang tepat dan aman. Kumpulkan sisa uang jajan hingga memenuhi celengan kemudian gunakan uang di celengan tersebut untuk saldo awal tabungan si kecil.


Ternyata tidak sulit kan mengajarkan si kecil untuk menabung sejak dini?.Dengan sedikit ketelatenan dan perhatian, memiliki buah hati yang cermat mengelola keuangan tak lagi sekadar jadi impian.

74 comments:

  1. saya juga pake celengan di rumah buat anak belajar nabung

    ReplyDelete
  2. aah ga sabar nunggu ahza bisa diajarin nabung,,
    kayanya saya mau beli celengan bentuk ayam atau kelinci seperti yang dulu saya punya deh :)

    ReplyDelete
  3. Ngasih celengen lucu plg manjur tuh..sampe anak2 nyari koin trs, spy cepat penuh katanya :D

    ReplyDelete
  4. Anakku gak aku ajari menabung ... tapi dari kecil gak suka jajan ... sampai sekarang jadi gak suka jajan dan uang jajannya disimpen aja

    ReplyDelete
  5. anakku punya celengan plastik yg gede bgt, begitu liat ada uang di atas lemari (kembalian belanjaan) dia ambil utk ditabung katanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung otomatis gt ya mak, liat uang langsung inget celengan, siippp

      Delete
  6. Anak-anakku punya celengan sendiri2...emaknya juga, tapi kalo punya emaknya sering di cuthiki...hihi ketahuan deh.. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. sini daku babtu nyuntiki mbak ika, nnti bagi dua yak *bisik bisik

      Delete
  7. kedua bocahku, dibelikan celengan, jadi sering buka dompet dan tas mamanya, cari recehan buat dimasukkan celengan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiyaaaahhhhh, antusias bgd ya mbak, sampek kayak gitu, hahayyy

      Delete
  8. Setiap kali anakku dikasih uang saku kakek dan neneknya, saya selalu menerapkannya uangnya ditabung disekolah :) lumayan sedikit-sedikit menjadi bukit

    ReplyDelete
  9. paling suka pake celengan dari tanah liat, hbs dipecah, pecahannya bisa buat mainan

    ReplyDelete
  10. Sejak udah abege, anakku nyimpan uangnya dikelola sendiri. Biasanya kalo pengen sesuatu, datang ke emaknya sambil nyodorin duit tabungannya. Tapi keduanya punya tabungan di bank juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah anak anaknya keren mbak, udh punya tabungan di bank segala, sipppp

      Delete
  11. Saya setuju banged. Melatih anak untuk berani untuk mulai menabung sangat direkomendasikan. Memberikan pengertian kepada sang anak betapa susahnya mencari uang dan harus menghargai uang. Salut artikelnya

    ReplyDelete
  12. Terima kasih sharingnya. Sy sekarang memang sedang melatih anak agar tdk banyak jajan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yippiiiee semangat mbak ummi, dan salam semangat jg bwt si kecil yak :)

      Delete
  13. Biasanya emak-emak bisa ngajarin anaknya hemat, ya Mak ... kan suka jelajah mata di onlineshop2 dan di mall2/pasar2 jadi tahu di mana yang murah, di mana yang mahal ;)

    ReplyDelete
  14. Iiih, makasiii tipsnya maaak.
    Iya nih, Sidqi juga kudu mulai rajin nabung euy

    ReplyDelete
  15. Duh, dulu emak gue ngajarin gue nabung dengan dibeliin celengan ayam. Terus gue disuruh nulis mau buat beli apaan di selembar kertas. Kalau udah beres mau beli apa-apa aja, terus kertas tadi digantungin di leher celengan ayam tadi sebagai pengingat kalau gue nabung punya tujuan.

    Hehehe..
    nice sharing mbak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah boleh jg tuh cara emak dikau yu, boleh ditiru
      tengkiu yak idenya :)

      Delete
  16. Tfs, Mak.

    Arfan nabung pake celengan :)

    ReplyDelete
  17. jadi inget juga masa kecil sering nabung rame-rame di celengan gerabah. Kalo udah penuh (jelang lbaran) baru dipecahin ke lantai..praaang ! Hahaha sueneng dpt duit banyak hahaahhaha

    ReplyDelete
  18. Klo bisa celengannya yg lucu lucu, biar rajin cemplungin duit ke punggung celengannya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. celengan lucu seperti doraemon, atau hello kitty gt y mbak nit, :)

      Delete
  19. Gw dulu nabung nya di masukin kaleng bekas biskuit hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. kaleng biakuit khongguan ya bang cum,
      sekali panen banyak donk yak :P

      Delete
  20. jadi gak sabar menunggu celengan wahyu full supaya bisa menyimpan uangnya di bank :)

    ReplyDelete
  21. wah dari kecil harus udah diajarin nabung ya? :D
    sebelumnya ngga kepikiran

    hehehe
    makasih sharing dan infonya :D

    ReplyDelete
  22. Wahh nanti aku mau coba buat si kecil dehh ^_^
    sekarang dia masih satu tahun kayaknya blm ngerti dah

    ReplyDelete
  23. Terima ksaih sarannya sangat membantu sekali...

    ReplyDelete
  24. Saya mulai membiasakan anak-anak menabung juga, untuk si kaka yg sudah besar uang sakunya mingguan. Dan lebihnya harus di tabung, sean jg sama...harian tp setiap ada lebihnya harus di tabung, dan harus di lebihkan :)

    ReplyDelete
  25. jadi pengen punya celengan ayam dr plered kyk punyaku waktu kecil dulu. dipecahinnya pake palu...ciatt...seru :)

    ReplyDelete
  26. aku juga mulai memberi celengan ke anak-anak mbak.memang menabung sejak dini itu penting banget.

    ReplyDelete
  27. Aku setuju mba, mengajarkan tentang keuangan sejak dini. Gak ada salahnya sejak kecil anak sudah mengenal dan mempunyai uang sendiri

    ReplyDelete
  28. Cara simpel ngajarin anak menabung dgn beliin celengan lucu buat dia.. Trus tiap hari kudu didampingi saat masukin uang ke celengan sambil kasih masukan terus ke dia bahwa uang kalo dikumpulin sedikit2 lama2 jadi banyak bisa buat beli macam2 barang..

    ReplyDelete
  29. Boleh juga nih mb artikel tentang parenting. Bisa diterapkan ke adikku yang masih kecil biar gedhenya rajin nabung kayak kakaknya *ehh

    ReplyDelete
  30. Iya, celengan emang efekti banget, Mak.
    Anak-anak juga terlatih disiplin. Tiap ada uang udah tau harus dikemanai. Makasih dah sharing, Mak^^

    ReplyDelete
  31. anak-anak aku sudah punya tabungan juga di bank. nanti uang sakunya sehari0hari disisihkan. kalau sudah agak banyak baru di tabung ke bank

    ReplyDelete
  32. Terus terang saya tidak pernah diajari atau dibiasakan menabung. Tetpi karena di SD dulu ada kegiatan menabung maka saya dikasih uang khusus untuk menabung.
    Beli hanya berpesan :"Jangan ceh-ceh duit" artinya jangan buang-buang duit untuk sesuatu yang tak bermanfaat.
    Terima kasih tipsnya
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  33. jadi inget waktu kecil dulu pernah punya celengan. Suka diisi sih, tapi kalau pengen jajan malah dikorek-korek pake jepitan rambut hahaha *bukan conton yang baik*

    ReplyDelete
  34. Hmm, iya aku juga lagi ngajari anak-anak nabung. :) Jadi inget PR buka rekening mereka di bank.

    ReplyDelete
  35. thanks tipsnya mbaaa...perlu segera diterapkan niih..

    ReplyDelete
  36. Saya juga beliin celengan plastik buat Rayyaan :D

    ReplyDelete
  37. Samaa mba, anak-anak ku kubelikan celengan ayamayaman efeknya sih, gak nemu receh lagi dah... Giliran mau buat kerokan aja nuker ke warung haha..

    ReplyDelete
  38. Samaa mba, anak-anak ku kubelikan celengan ayamayaman efeknya sih, gak nemu receh lagi dah... Giliran mau buat kerokan aja nuker ke warung haha..

    ReplyDelete
  39. cara paling sederhana ngajarin anak menabung ya lewat celengan, soalnya saya dulu kayak gitu. Punya celengan kucing dan penuh uang receh. seneng deh :)

    ReplyDelete
  40. Yg komen rameeee, krincing krincing...serame uang koin kalo dimasukkan di celengan baru hihihi.

    ReplyDelete
  41. Iya bener tipsnya. Aku dah mraktekin pada anak2ku

    ReplyDelete
  42. karena sering dibelikan celengan yang dari tanah liat, jadi rajin nabung deh :D

    ReplyDelete
  43. nice tip mba
    http://hatidanpiliranjernih.blogspot.com

    ReplyDelete
  44. Kaina juga seneng bgt klo nabung ke celengannya.. terus malah minta uang koin mlulu jadinya hehee

    ReplyDelete
  45. Waah kebetulan aku juga lagi blajar nabung sama adek nih. semoga gaada yg dicuil2 lagi :D

    ReplyDelete
  46. Syukurlah anakku gak suka jajan tapi tabungannya juga nggak ada. Jarang minta duit heheee

    ReplyDelete
  47. Aku dulu kecil pakai celengan tanah liat susah kalu mau di korek korek jd harus nunggu penuh

    ReplyDelete
  48. salah satunya juga mungkin gak nuruti semua kemauan anak ya, mbak. aku belum pengalaman sih, tp niatnya dari pengen ajari nabung meski pake celengan kayakaku dulu koleksi celengan ayam dan kucing yang bisa dipecah :)

    ReplyDelete
  49. Akupun ngasi anak-anak celengan d rumah. Tapi mereka sebenernya beum bener-bener ngerti tentang konsep uang. Kalo nabung di celengan sukanya uang koin aja. Seru kali ya masukin koin satu-satu. hehe. Makasi sharingnya ya Maaaak

    ReplyDelete
  50. Duh mbaaa saya seriusan jadi pengen punya anak, pengen ngajarin nabung hehe, waaa makasih tipsnya mba :)

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)