Saturday, February 13, 2016

Aksi Ibu Rumah Tangga Menjaga Lingkungan Hidup

Senang rasanya saat mengetahui masih banyak orang di negeri ini yang peduli dengan lingkungan hidup. Yaaa, meskipun masih lebih banyak yang tidak peduli sih. Tapi aku optimis, suatu saat nanti, negeri ini akan didominasi oleh orang-orang yang sadar dan peduli akan kelestarian  lingkungan hidup.

Rasa optimisku ini tentu saja ada dasarnya. Dasarnya adalah Orang-orang yang peduli lingkungan hidup tersebut yang tergabung dalam suatu komunitas, lembaga atau secara individu, nampak begitu bersemangat dan gencar  mengenalkan, menularkan, dan mengajak masyarakat untuk sadar serta turut menjaga dan melestarikan lingkungan.

Cara mereka, orang-orang yang peduli lingkungan hidup, mengemas ajakan tersebut pun sangat apik. Seperti mengadakan kegiatan jalan sehat yang diakhiri dengan menanam seribu pohon. Atau mengadakan lomba mendaur ulang barang bekas, atau seperti yang dilakukan oleh blogger kece mas Bowo Susilo ini, yang mengadakan giveaway bertemakan lingkungan hidup di blognya.

Salut banget dengan semangat mereka. Semangat yang berhasil membuat sekian orang tergerak untuk melakukan hal yang sama. Salah satunya adalah aku.

Sebagai seorang ibu rumah tangga, aku pun juga ingin turut serta menjaga lingkungan hidup sekitarku. Dan caraku adalah :

Menghemat penggunaan listrik.
Selain mematikan listrik di siang hari dan memakai listrik seperlunya saja, aku juga tidak menyetrika bajuku maupun baju orang rumah. Aku lebih memilih untuk merapikan baju pada saat proses pengeringan, penjemuran hingga saat baju-baju tersebut dilipat lalu dimasukkan ke dalam lemari.









Mencuci tanpa deterjen.
Aku mengganti deterjen dengan laundry ball yang komponen di dalamnya tidak mengandung bahan kimia. Dengan begitu, tidak akan merusak ekosistem air.




Daur ulang barang bekas.
Ada beberapa barang bekas yang aku ubah menjadi barang yang bisa digunakan lagi di rumah. Seperti dasterku yang sudah bolong dimana-mana dan kolor si ayah yang begitu dipakai langsung melorot alias sudah molor. Dua benda tersebut aku ubah menjadi keset kaki.



Ada juga kaos yang sudah tidak terpakai, karena sudah mbrudul atau molor, aku ubah menjadi tas untuk belanja, atau sarung bantal.





Sementara botol-botol bekas minyak telon, bedak, hingga bekas air mineral, aku ubah menjadi mainan untuk si kecil ken.




Menularkan kecintaan akan lingkungan hidup kepada anggota keluarga.
Dan fokus utamaku saat ini adalah menularkan hal tersebut kepada si kecil ken. Dengan cara :
1. Mengajak si kecil ken membereskan atau meletakkan mainan yang sudah selesai ia mainkan pada tempatnya. Hal ini sebagai langkah awal untuk membiasakan si ken meletakkan sesuatu tepat pada tempatnya. Salah satunya yakni membuang sampah pada tempatnya.



2. Mengenalkan pemandangan pemandangan indah kepada si kecil ken. Pemandangan indah yang makin tampak mempesona sebab bersih. Tak ada sampah dimana-mana.



Itulah beberapa aksi yang bisa aku lakukan, sebagai ibu rumah tangga. Mungkin tak seberapa, bahkan mungkin tak terlihat hasilnya secara signifikan. Daripada apa yang dilakukan oleh mereka yang aku sebutkan di atas tadi. Yang berhasil menggebrak nurani untuk turut beraksi menjaga lingkungan hidup. Salut untuk mereka dan semoga mereka tetap bersemangat menjaga lingkungan hidup serta semangat menularkan rasa peduli akan lingkungan hidup kepada seluruh warga negeri ini. Amin.

***

24 comments:

  1. Saya pernah mencuci pake laundry ball gitu mbak Inda, tapi sekarang lupa naro dimana yah :D

    ReplyDelete
  2. thanks info lombanya mba, kalo saya hal kecil yg dilakukan misahin sampah plastik..biar diambil pemulung

    ReplyDelete
  3. Keren, nih.
    Klo aku, nyetrika seperlunya, Mba.
    Baju yangg dipake di rumah kalo ga kusut ya ga disetrika :)

    ReplyDelete
  4. Wah aku baru denger nyuci tanpa detergen...cobain ah...tp apek ga mb?

    ReplyDelete
  5. wah keren nih idenya kaos bekas jd sarung bantal, memang IRT harus smart mengolah barang2 tak terpakai jadi bermanfaat lagi ya.. oiya aku jg pernah pakai washing ball tapi rasanya mmg krg nampol *dilema

    ReplyDelete
  6. Bisa gitu yah Mbak baju2 gak kusut pas keluar dari mesin cuci, iih mau coba juga deh nanti. Ehh iyaah, saya juga belakangan mulai nyuci pake laundry ball itu, tp sy masih pakein dikit detergen, msh kebiasaan nyuci itu banyak busa, detergennya jd boosternya gtu aja siih :D
    Mbak Inda kreatif deehh ;)

    ReplyDelete
  7. wahhhh kreatif itu kaosnya dibuat tas, jad terpakai kembali ya, waduh aku nyuci masih pake detergen nih

    ReplyDelete
  8. Kreatif banget dirimu mak,sy baru tau soal laundry ball itu

    ReplyDelete
  9. laundry ball, wah aku baru tau kalo ada pernik cuci mencuci ini deh, duuuuh kemanaaa aja coba. Trus kalo pake itu tinggal direndem trus dikucek ya?
    Tfs mb ^^

    ReplyDelete
  10. Mbak Inda, aku masih pake deterjen. Baru tau malah kalo ada laundry ball. Itu kayak apaaan ya Mbak? Soalnya kalo ngucek pake sabuun doang, kotorannya masih nempel

    ReplyDelete
  11. Sama, Mak, aku juga baru tahu tentang laundry ball.
    Google dulu ahhh...
    Wah, tanpa pakai setrika ya...
    Boleh juga tu

    ReplyDelete
  12. Yg mencuci tanpa detergen itu msh belum bisa, apalagi utk baju sekolahnya anak2, angil ngilangin nodanya di bagian leher dan lengan.

    Kalau tanpa setrika, sdh mulai sih meski msh pilah pilih baju mana yg gak di strika

    ReplyDelete
  13. wah aksinya keren banget mak. bisa tuh ditiru.

    ReplyDelete
  14. pengen coba juga buat tas dari baju-baju yang gak terpakai, dari pada dibuang dan jadi polusi mending dijadiin tas pasti lebih bermanfaat :)

    ReplyDelete
  15. Keren dan kreatif banget deh Mumanya Ken iniiih...
    gudlak ya..lombanya

    ReplyDelete
  16. Ini mah super kreatif, mbaa. Aku suka yang kaosnya itu. Kalau mencuci pakai ball itu aku belum pernah nyoba walau pernah ditawarin :)

    ReplyDelete
  17. liat kaos bisa dijadiin sarung bantal dan tas, langsung pungutin lagi pakaian bekas yang dibuang:)

    ReplyDelete
  18. Suka deh tas daur ulang dari kaosnya. Mau bikin juga ah^^

    ReplyDelete
  19. waaah pendauran ulangnya bisa ditiruuu nih :D
    Kreatif banget!
    Ohiya, menurutku sih masih lbh banyak org yg peduli sama lingkungan kok, cuma banyaknya yg diem hehe

    ReplyDelete
  20. saya kalau nyuci masih suka pakai detergen mbak. kok rasanya saya baru denger ya istilah laundry ball :)

    ReplyDelete
  21. iish ada inovasi baru, bener-benar ini mommy yang banyak idenya. Saya saja sampe takjub ada juga ya mencuci tidak mengandalkan deterjen. Mungkin lebih irit ya mba..hehehe

    ReplyDelete
  22. suka ama tasnya... bisa gitu dari kaos jadi tas hehehe

    ReplyDelete
  23. pakai laundry ball gitu ampuh ya mbak?aku belum pernah coba. Kapan-kapan aku cobain ah

    ReplyDelete
  24. yaampun kreatif banget :D
    yang paling susah bagi aku adalah mengolah sampah, pusing deh, tapi udah mulai mengurangi penggunaan plastik. untuk setrika juga udah jarang, hihihi, paling baju bepergian atau acara formal aja. aku baru tahu kalau ada laundry ball, cuma kok takut nggak bisa bersih ya, baju bekas juga sering aku pakai untuk keset, cuma nggak sampai serapi punya mbak XD

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)