Nasi Goreng Daun Jeruk Versi Ayah

Kalau ditanya apa makanan favorit aku nih, maka aku akan menjawab dengan lantang bahwa aku suka kamyu..kamyu..kamyu..di hatiiiku *halah, aku suka nasi goreng. eehhhhmmmm. yum. Akan tetapi meskipun aku pecinta nasi goreng, aku males betul kalau diminta bikin nasi goreng sendiri. Apalagi kalau pakai bumbu asli. Bukan bumbu jadi. Duuuhhh. tak suka tak suka tak suka.

Harus ngupas bawang merah putih dulu. Trus ngelapas tangkai cabe. Dicuci. Diiris kecil kecil biar gampang nguleknya. Diulek. Ulek terus sampek halus. Kalau belum halus, ulek lagi. Kalau belum halus juga ?. Letakkan si cobek. Pergi ke warung. Beli bumbu jadi *uhuy. La mau gimana lagi. Udah capek. Perut laper. Ngeluarin tenaga yang tinggal seuprit pula. Beuugghh. Bisa pingsan mah diriku kalau kayak gitu. *lebay.

Lain halnya dengan si ayah. Pantang bagi si ayah menggunakan yang namanya bumbu jadi di aneka masakannya. Kata si ayah sih kurang mengigit di lidah. Gitu. Untuk membuktikan apa yang ia katakan, ia pun membuatkan aku se-wajan nasi goreng daun jeruk. Yang mana nantinya nasi goreng itu akan dibandingkan dengan nasi goreng bumbu jadi buatan aku. Dan hasilnya adalah tentu saja saya....
saya kalah telak. Lebih enak nasi goreng buatan dia. ternyata sodara sodara. Padahal tanpa penyedap rasa loh. Tapi rasanya nampol polll.

Resep nasi goreng daun jeruk buatan si ayah bisa dibilang mudah. Karena bahan bahannya bisa ditemukan di tempat kita menyimpan berbagai macam buumbu dapur *yaiyalah, masak nemu di daput tetangga ?. Hehe. Lalu apa saja nih bahan yang dibutuhkan dan bagaimana cara membuatnya. Cus cus cus di bawah ini yak ?.

Bahan bahannya.
Bawang merah
Bawang putih
Cabe
Terasi yang sudah digoreng
Garam
Gula
Kecap
Daun jeruk segar
Jangan lupa nasinya ya.

Bahan pelengkap
Telur Ceplok.

Cara membuat
Haluskan bawang merah putih dan cabe. Tambahkan terasi, garam, dan sedikit gula pasir. Sisihkan.
Cincang bawang putih.
Panaskan minyak goreng.
Tumis bawang putih hingga harum. Kata si ayah, ini akan membuat bau nasi goreng begitu menggoda. Serta menambah cita rasa gurih gurih enak di nasi goreng tersebut.
Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Lalu masukkan juga daun jeruk yang sudah disobyek sobyek *halah.
Tumis hingga harum.
Setelah bumbu harus masukkan nasi. Campur rata dengan bumbu memakai api kecil. Kalau pakai api besar, nasi bagian bawah akan nempel di wajan.
Tambahkan kecap.
Cicipi. Dirasa rasa. Apa yang kurang. Jika kurang garam, ya tambahkan garam. Jika kurang manis, tambahkan daku, hehe, maksudnya tambahkan kecap. Jika nggak tau kurangnya apa, itu tandanya and mulai lafaaaarrr. hehe. Pokoknya dicicip cicip. Dirasa rasa lah ya. Sesuai selera.
Selesai.
Tambahkan telur ceplok di atasnya. Dan sikaaaaattttttttt.

Langsung ludes loh se wajan. Dan yang ngeludesin adalah saya. Hahaayyy. Nggragas bener. Lafer cyin laferr. Enak pula. Bener bener nampol. Daun jeruk menambah kesegaran nasi goreng dan wanginya menggugah selera. Beneran enak. 1000 rius. Bener bener membuat nasi goreng ala emak2 lagi males menjadi kalah telak. Huuuuuu.

"Sering sering ya yah" kataku.
"Yaaaahhhh" jawab si ayah pasrah. Hahahahahaaaaa.

Kira kira penampakannya seperti ini. Maaf ya hasil fotonya maknyonyor banget. Keburu lafer. Hehe. InsyaAllah lain kali akan lebih baik lagi. Nggak asal cekrek aja.

Selamat mencoba yak. Resep Nasi Goreng Daun Jeruk ala Ayah Ken. Yuhuuuuuu.

11 comments:

  1. Saya gak biasa sarapan// *Pasti naya apa hubungannya?*
    Hubungannya adalah saya jadi laffaarr lihat postingan makanan pagi-pagi gini.. hahah

    ReplyDelete
  2. aduhh leh uga mak nasgor nya

    saya mau coba ah.. secara bikin nasgor pake bumbu jadi juga gagal muluk -___-

    ReplyDelete
  3. Ihhh unik kali ya rasanya mak, penasaran juga )

    ReplyDelete
  4. Wih kreatippp rasanya semriwing ga ni mb?

    ReplyDelete
  5. Daun jeruknya yang jeruk purut atau daun jeruk nipis mbak? Jadi pengen nyobain.

    ReplyDelete
  6. hooo okedeh dicoba pake daun jerukk

    ReplyDelete
  7. Waw waw waw pake daun jeruk dan terasi? Pasti aromanya menggetarkan jiwa raga ini ... andai dekat kita, Mbak ... sudah saya serbu nasgornya :)

    ReplyDelete
  8. Seperti bisa di coba nih mba resepnya :D

    ReplyDelete
  9. pasti aromanya menggoda :)
    kenapa aromanya menggoda?? karena saya suka dengan aroma daun jeruk, hehe :)

    ReplyDelete
  10. Duh, kayaknya enak banget itu..... eh tapi gue belum pernah masak nasi goreng pake daun jeruk ._. biasanya cuma versi standar anak-anak kos hehehe

    ReplyDelete
  11. Jadi penasaran juga sama rasanya hihihi :D

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Tips Lancar Berpuasa di Bulan Ramadan bagi Penderita Sesak Nafas

 Assalamu’alaikum, Dear, Mombeb. Apa kabar? Aku do’akan semoga kamu selalu dalam kondisi sehat dan bahagia aamiin ya robbal’alamiin. Doa...