Tuesday, February 9, 2016

Sambal Iwak Klotok

Entah kenapa, musim hujan begini bawaannya baper melulu eh salah ding maksud aku laper bukan baper yak. Baru aja abis makan, beberapa menit kemudian mulut udah ngunyah sesuatu. Parah euy. Apa mungkin karena hawanya adem kali yak.

Makanan yang paling cucok untuk musim hujan begini tentu saja makanan yang anget anget, dan pedes. Iyah. Pedeeesss. Pedes yang nampol. Cabe 10, cabe 11, hajaaarrrrr. Lebih juga boleh. Cabe 15,17, 65, eh itu kan berat badan aku. waduh.

Hampir setiap hari, menu masakan yang aku buat pasti ada sambalnya. Kalau makan tanpa ditemani sambal bagaikan hidup tanpa cinta. Ora napsu blas.

Untuk menu sambal yang aku buat hari ini bisa dibilang varian baru. Biasanya sambal yang aku buat selalu pakai resep sambal si ayah. Seperti sambal terasi, sambal kacang, sambal tomat, sambal bajak, sambal penyet, dan sambal lado ayu tingting *halah.

Eksekusi ide pun dimulai. Sambil komat kamit (muncrat dikit) baca mantra berharap sambal hasil karyaku ini sesuai selera si ayah. amin.

Siapin dulu nih bahan bahannya.
Iwak klotok towo
Bawang merah alias brambang
Cabe rawit 13 buah
Kecap

Cara membuatnya
Setelah semua bahan dibersihkan kecuali kecapnya *yaiyalah. Belah dua cabe rawit dan belah 4 bawang merahnya.
Goreng iwak klotok sampai agak garing.
Goreng cabe dan bawang merah bersamaan.
Letakkan bahan bahan yang sudah digoreng tadi ke ulekan.
Lalu uleg dan tidak usah terlalu halus. Apalagi sehalus kulit aku *pret.
Setelah itu tambahkan kecap. Cicipi. Jika sudah enak, lalu segera disimpan dan dimakan tahun depan. Hehe.

Tidak kusangka, tidak kuduga, ternyata e ternyata, rasanya uenak pwol cyiinnn. Si ayah pun nampak lahap banget makannya. Bahkan hingga upo terakhir. Hehe. Alhamdulillah yah. Langsung ludes. Jadi nggak sempet difoto. Dibayangin aja yah. Hehe. Selamat membayangkan eh selamat mencoba yak. :D

12 comments:

  1. baru denger ada nama iwak klothok :)
    iwak klothok bentuknya yang bagaimana mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semacam ikan asin gt deh kayaknya mbak nandira

      Delete
  2. Glek. ngileeerrr. untung gak ada fotonya bisa makin ngiler ntar hehe

    ReplyDelete
  3. huwaaa ngabibita klo kata orang sunda sih mbak..
    tapi kok ga ada penampakan nya itu iwak klotok...
    hmmm apalagi ada gambarnya yaa. ga ada aja ngiler

    ReplyDelete
  4. apaan toh mba iwak klotok towo?? ga ada fotonya juga jd ga bisa bayangin ;).. Tapi hujan2 memang enaknya makan muluuu.. apalagi aku yg lagi hamil gini.. duuuh, laper trusss ;p

    ReplyDelete
  5. kenapa ga ada fotonya mbak. Penasaran sama iwak klotok

    ReplyDelete
  6. Kok ya pas bangeeet... kemarin sore (Rabu, 10/2) seusai ngaji di TPA Al-Muhtadin bersama Ustadz Taufiq (kami sama-sama berasal dari Jombang) ngobrolin klotok towo :) Maka, saya percaya, resep di atas itu memang enak pwolll...

    ReplyDelete
  7. Iwak klotok? baru denger,,,
    Iwak macam apalagi itu

    ReplyDelete
  8. hmmm...kalau sambel, apa aja yang penting pedes et enaaak :)

    ReplyDelete
  9. aku juga suka bgt sambel, klo makan gak pakai sambel rasanya gak nafsu.. eh baru tau nama iwak klotok, blm terbayang bentuknya

    ReplyDelete
  10. Iwak tuh ikan yah mba? Cuma gatau ikan apaa yg dimaksud hehe pakein foto dong mba biar tau :D

    Aku juga kalo makan mesti ada pedes2nya, kalo ga tuh kaya ada yg kurang yah

    ReplyDelete
  11. baru denger namanya :D
    kapan2 fotoin Kak

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)