Cara Agar Tangan Tidak Terasa Panas Setelah Memegang Cabe

Cabe. Menduduki urutan kedua (setelah garam) dari aneka macam bahan masakan yang wajib ada di dapurku. Makan tanpa cabe rasanya hidup ini tak berarti *halah. Makan jadi kurang greget gitu. Asli.

Aku dan si ayah memang pecinta cabe. Bikin telor dadar aja pakai 3 buah cabe (pakek karet 3). Trus 10 cabe untuk bikin nasi goreng. Dan 15-20 cabe untuk bikin sambel. Tuh. Banyak kan ? Nyonyor-nyonyor dah.

Berurusan dengan cabe ini, tak hanya membuat bibir jadi seperti angelina jolie. Akan tetapi juga membuat tangan panas. Kalau sudah begini aku nggak berani bersentuhan dengan si kecil menggunakan tangan yang kanan (tangan yang aku pakai ngulek plus nyolek sambel).

Pernah si ayah ngasih saran untuk pakai minyak keletik (minyak goreng) untuk menghilangkan/menghindari sensasi panas setelah memegang cabe. Berhasil sih. Tapi luama. Pernah juga disuruh si ayah megang beras. Atau cuci tangan pakai sabun. Hingga cuci tangan pakai kawat cuci piring. Dan hasilnya nggak mempan cyiiinnn. Masih aja panas krenyes-krenyes. Pyuuuhhh.

Nah kemarin, ceritanya aku pengen bikinin si ayah nasi goreng maknyonyor. Setelah ngulek bumbu untuk nasi goreng maknyonyor ini (cabe 15), aku iseng cuci tangan pakai air hangat bekas mandi si ken. Sim salabim abra kadabra. Ternyata tanganku nggak terasa panas sama sekali. Duh senengnyoooo. Akhirnya ketemu juga cara agar tangan tidak terasa panas setelah memegang cabe.

Kalau kalian pernah merasakan sensasi panas krenyes-krenyes setelah bersentuhan dengan cabe nggak? Trus cara kalian ngilanginnya gimana ? Share dimari yak. Makasih prens.

6 comments:

  1. Wow senang banget ada partner penyuka cabe Mba Inda hehehe lah qu dirumah yang suka cabe sendirian, suami anti bgt yg namanya cabe alhasil ngulek bwt sendiri deh klo nyambel dan ga seru jontor sendirian hahaha.
    Aqu si blm pernah mba sampe 15 biji gtu jd masih aman tangannya hehehe

    ReplyDelete
  2. Saya sering nih begini kalau kena cabe, tangan jadi panas dan solusi satu-satunya biarin aja ampe hilang sendiri panas. Tapi dengan adanya info ini, saya bakalan coba mempraktekkannya.

    ReplyDelete
  3. ooo pake air hangat ya mbak? oke deh bisa dicoba ini. kalo saya biasanya nguleng-uleng beras. adem sih

    ReplyDelete
  4. Baru tauuu..bisa dicoba iniih, aku jg ngerasa panas tapi ngga kapok2 ya, nyambel lagi

    ReplyDelete
  5. cuci tangan pakai santan kelapa juga manjur menghilangkan panas habis megang cabe Mbak inda :) tapi air hangat lebih murah dan gampang didapat dibanding santan sih :)

    ReplyDelete
  6. Yeah, tahunya pakai minyak kata orang2, Mbak, untuk menghilangkan panas karena cabe :)

    Btw, doyan pedas banget ya, Mbak, sampai telor dadar aja dikasih 3 biji cabe, aku ngasih 1 aja jarang hehe

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

About Me

Halo Assalamu'alaikum, Aku Inda, guru tk. Aku  ibu dari dua bocil, ken dan yumna, yang suka menulis, suka kulineran, jalan-jalan...