Saturday, April 2, 2016

Cara Menjaga Pencernaan Si Kecil Tetap Sehat

Menjaga kesehatan pencernaan itu amatlah penting. Tidak boleh dinomor sekiankan. Sebab menjadi yang kedua aja sulit. Apalagi nomor sekian. #Eyak.

Secara langsung kondisi pencernaan mempengaruhi daya tahan tubuh kita. Oleh sebab itu, aku, sebagai emak cihuy, berusaha untuk selalu menjaga kesehatan pencernaan si kecil ken. Biar si ken selalu kuat sehat dan kinclong *ting. Tidak gelisah seperti yang dialami si ken beberapa waktu lalu.

Iya, beberapa waktu lalu si ken sempat mengalami susah buang air besar. Kira-kira sampai 4 hari-an. Lama kan ?.  Saat itu, si ken begitu gelisah. Ia juga nampak tak bersemangat. Tak banyak aktivitas yang ia lakukan. Lesu sekali. Tak tega rasanya melihat si ken yang seperti itu. Andai saja apa yang dialami si ken bisa aku ambil alih. SET.

Aku pun meraba-raba. Kira-kira point mana yang luput dari perhatianku. Sehingga membuat si ken mengalami susah buang air besar seperti itu.

Point-point itu sendiri merupakan Cara yang aku lakukan untuk Menjaga Pencernaan si kecil ken agar tetap sehat dan lancar jaya. Dan point-point tersebut antara lain :

1. Konsumsi sayur mayur
2. Menyiapkan camilan untuk si kecil berupa Buah atau agar-agar
3. Minum air putih
4. Minum susu fermentasi seperti yakult
5. Dan olahraga teratur

Setelah melakukan check list tersebut. Merenung. Meraba-raba. Dan numpang bertapa di goa hantu. Akhirnya aku menemukan dua point yang luput dari perhatianku. Yakni olahraga teratur. Dan bolos minum susu fermentasi. Sedangkan yang lainnya, seperti makan nasi ditemani lauk dan sayur, buah, minum air putih, berendam saat mandi, sudah dilakukan si kecil ken.

Belakangan ini si ken memang jarang sekali melakukan olahraga kesukaannya. Yaitu berlari ke sana-kemari. Sebab hujan hampir tak pernah bolos menyambangi daerah tempat tinggal kami. Rajin bener dah pokoknya. Tapi Alhamdulillah. Disyukuri aja.

Namun soal stok susu fermentasi di rumah yang kosong tentu saja tentu saja bukan karena hujann. Melainkan karena lufa. Lupa beli.

Koreksi selesai. Tinggal beraksi. Si ayah berangkat beli yakult. Sementara aku ngajak si ken main kejar-kejaran di dalam rumah. Sesekali, saat si ken leyeh-leyeh, aku menggerakkan kaki si ken seperti sedang mengayuh sepeda. Serta mengelus perut si ken dengan gerakan berlawanan arah jarum jam.

Tidak sampai menunggu sehari setelah si ken minum yakult dan olahraga ringan serta melakukan senam sederhana. Alhamdulillah si ken akhirnya berhasil buang air besar dengan lancar. Setelah untup-untup selama kurang lebih 4 hari. #LaluAkuSujudSyukur #AirMataBahagiaMenetesSeketika.

Itulah cerita dan cara aku menjaga kesehatan pencernaan si kecil ken. Kalau kalian gimana ? Pernah mengalami hal itu juga nggak? Cara kalian ngatasinnya gimana ? Share di sini yak. Biar manfaat untuk kita semua. Yuk Monggo.

8 comments:

  1. Anak ku agak susah makan sayuran. Maunya tertentu kayak wortel. Buah pun begitu

    ReplyDelete
  2. Anak anak memang harus dibiasakan makan buah buahan dan sayur agar nanti besarnya tetap suka makan buah dan sayur

    ReplyDelete
  3. Yah... saya sudah jarang olahraga.

    ReplyDelete
  4. Aku juga panik kalau anak nggak Bab mba. Ketjup adek Ken :)

    ReplyDelete
  5. Kalau anakku malah kayak burung mba kekenyangan pasti pup jadi tiap hari always pup hehehe.

    ReplyDelete
  6. yakult tuh bagus asal kita gak algi diare. Annaku sering banget kembung tapi makan yakult jadi gak kembung lagi

    ReplyDelete
  7. Jadi pengen bikin agar2 nutrijel, dah lama ngak bikin :-)

    ReplyDelete
  8. Agar agar ternyata juga penting ya buat pencernaan
    Enak nih, palagi yang jeli nutrijel dibentuk hewan hewan , pasti bikin lahap

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)