Saturday, June 25, 2016

Cara Agar Khatam Al-Qur'an Berkali-kali

Duuhh. Cepet banget yak Ramadhan berlalu. Sudah hampir H-10 aja nih. Duuh. Apa kabarnya nih resolusi Ramadhan kalian ? Target hampir tercapai atau masih di tengah jalan ? Yuk buruannn.

Iya aku juga lagi tengah buru-buru nih. Gapai beberapa resolusi Ramadhan yang sudah aku rancang jauh-jauh hari. Nggak banyak dan nggak sulit juga. Cuma butuh semangat istiqomah aja.

Resolusi Ramadhanku mungkin sama dengan kalian. Seputar ibadah sunnah aja sih. Salah satunya adalah ingin bisa khatam al qur'an lebih dari satu kali.

Ramadhan-ramadhan sebelumnya, tepatnya sejak si ken nongol, aku cuma bisa khatam al-qur'an satu kali doank. Nah rencananya sih, Ramadhan kali ini pengen bikin resolusi baru gitu yang lebih menantang semangat buat  memperbanyak ibadah di bulan Ramadhan.

Di samping itu juga, aku ngerasa gimana gitu yah. Masak dari tahun-tahun lalu nggak ada peningkatan ibadah sama sekali. Sementara Allah sudah ngasih nikmat yang berlimpah nan luar biasa kepada aku dan keluarga. Eikeh kan jadi malu sendiri gitu. Malu sama Sang Maha Segalanya. 'Duuhh, kulo nyuwun ngapuro ngge Gusti'.

Kemudian, selain juga karena ngerasa malu bin nggak enak sama DIA, aku juga malu sama ibuk. Ibuk yang wanita karir plus ibu rumah tangga saja bisa khatam qur'an sampai 2 hingga 3 kali. Sedangkan aku, yang cuma ibu rumah tangga saja cuma bisa khatam satu kali. Itu kan maknyonyor banget jadinya. Ho oh kan ?. Jadi aku putuskan Ramadhan kali ini pengen khatam qur'an maksimal 3 kali minimal 2 kali. Gitu amat batasnya yak ? wkwkkwkwk.

Untuk mewujudkan rencanaku ini, aku mempelajari betul apa yang dilakukan ibuk sehingga beliau bisa mengkhatamkan al qur'an berkali-kali. Setelah melakukan pengamatan selama bertahun-tahun (lama amat yak), akhirnya aku menemukan rumusan atau langkah-langkah yang beliau lakukan untuk bisa khatam al qur'an berkali-kali, antara lain sebagai berikut :
● Istiqomah membaca Al-qur'an setiap hari di luar bulan Ramadhan.
Kalau ingin meningkatkan kecepatan berlari, maka sering-seringlah berlatih. Tahapan demi tahapan. Demikian juga dengan membaca Al-Qur'an. Jika ingin kemampuan membaca Al-Qur'an lebih handal dan lancar jaya. Maka sering-seringlah membacanya disertai dengan memahami tajwidnya. Sehingga saat bulan Ramadhan tiba, kita bisa membaca Al-Qur'an dengan lancar jaya. Itulah yang dilakukan ibuk setiap hari. Di luar bulan Ramadhan.

● Membaca Al Qur'an setiap selesai sholat lima waktu.
Ibuk selalu menyempatkan diri membaca Al Qur'an setelah sholat lima waktu. Meskipun hanya selembar atau dua lembar. Terutama pada saat sholat dzuhur maupun ashar. Saat dzuhur beliau terkadang terserang kantuk. Sementara ashar beliau harus menyiapkan makanan untuk berbuka puasa.

● Memperbanyak membaca lembar demi lembar al qur'an saat tenaga full terisi.
Sambil menunggu waktu isya' datang, ibuk memanfaatkannya untuk membaca Al-Qur'an. Demikian juga saat beliau sedang menunggu waktu subuh datang.

● Menciptakan suasana nyaman saat sedang membaca Al Qur'an.
Ibuk memiliki kostum yang khusus dipakai untuk sholat. Bahan pakaiannya adem banget. Sehingga membuat ibuk nyaman saat memakainya. Baik untuk sholat juga untuk mengaji. Selain itu juga, ibuk menyiapkan sebuah meja, kaca mata juga kipas manual. Mengapa kipas manual ? kata ibuk, kalau pakai kipas angin bukan ngilangin panas, tapi malah bikin cepet ngantuk. Gitu. Dan sebagainya.

Alhamdulillah, berkat mempraktekkan langkah-langkah atau cara agar bisa khatam al-qur'an berkali kali versi ibuk, sejauh ini, aku sudah khatam 1 kali, dan sekarang sedang menuju khatam al-qur'an yang kedua kalinya. Alhamdulillah. Lain waktu mungkin bisa aku selingi dengan belajar maknanya. Amin. Semoga masih diberi kesempatan untuk bertemu Ramadhan lagi. Amin lagi.

Nah kalau kalian gimana nih ? Hilal tercapainya Resolusi di bulan Ramadhan sudah nampak kan ? kan kan kan ? Yukkk. Buruaannn. Sebelum Ramadhan melambai lalu pergi berlalu.



3 comments:

  1. Semoga ramadhan ini penuh berkah, ayat2 suci yg kita baca ini lah yg akan memberi syafaat saat nanti di akhirat semoga kita jadi kaum yg "pandai" membaca Al Quran

    ReplyDelete
  2. Mau aja mau khatamain quran pas ramahan kali ini mbak, ga taunya tinggal beberapa juz, tamu datang :3
    hwehh...
    TFS ya mba, artikelnyaa

    ReplyDelete
  3. Saya maksimal satu kali..Nggak bisa lebih. Hiks..

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)