Skip to main content

Posts

Showing posts from September, 2016

Cara Ibu Memberikan Perlindungan Kesehatan Kepada Keluarga

Hai Ada satu nikmat yang seringkali kita lupain nih. Memang tak mencolok apalagi menimbulkan kehebohan. Karena nikmat yang satu ini sudah sering kita dapatkan. Saking seringnya sehingga kita menganggap bahwa nikmat yang satu ini adalah nikmat yang biasa saja, nothing spesial, jadi gampang lupa. Padahaallll nikmat satu ini adalah nikmat yang paling utama dan berharga. Apalagi kalau bukan, nikmat sehat.
Dengan kondisi badan yang sehat, maka kita bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik dan lancar. Kita juga bisa berpikir dengan baik dan cespleng. Serta kita juga bisa merasakan aneka macam rasa selain merasakan rasa sakit di badan. Iya kan ? Yup.
Sebagai seorang ibu juga istri, tentu aku sangat ingin sekali nikmat sehat ini tetap melekat pada si kecil ken juga suami. Oleh sebab itu, aku pun melakukan berbagai macam usaha untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi keluarga kecilku. Adapun usaha yang aku lakukan adalah sebagai berikut :
1. Menjaga asupan makanan untuk keluarga

Cara Merawat Motor Ala Ibu Rumah Tangga

Hai
Motor. Bagi aku, motor adalah partner alias teman setia aku dalam menjalani aktivitasku sehari-hari sebagai seorang ibu rumah tangga yang cihuy bin kece abis ini, halah, hehehe. Hampir semua aktivitas aku pasti melibatkan motor. Dalam satu hari, kira-kira bisa mencapai 3-5 kali interaksiku  dengan  motor. Seperti misalnya belanja kebutuhan dapur di pasar pakai motor. Bayar listrik ke pln pakai motor. Pergi arisan juga pakai motor. Dan lain sebagainya.
Selain sebagai partner, motor juga membantu dalam mensukseskan tugasku sebagai seorang ibu rumah tangga yang siap siaga. Iya, seorang ibu rumah tangga memang diharuskan untuk siap siaga bukan ?
24 jam ?  Yakin ?  Ho oh, iyelah.  Udah kayak satpam kan ?  Iyak, hahahaha.

Misalnya nih saat si kecil sakit, sementara suami tidak ada di rumah, maka aku bisa langsung membawanya ke dokter, pakai motor. Kalau ada tamu yang datang tiba-tiba sementara stok masakan atau camilan tengah kosong gerondangan, aku bisa langsung cus ke warung sembak…

Cara Ampuh Agar Tidak Kalap Saat Dikelilingi Beraneka Macam Promo

Hai
Siapa sih yang bisa cuek dengan yang namanya promo ? Hayo siapa ? Pasti nggak ada yang sanggup menahan pancaran sinar yang berasal dari kata promo. Siapa yang bisa cuek saat mengetahui ada informasi promo acer di MatahariMall atau promo baju-baju branded ? Siapa ? Tidak ada yang bisa deh kayaknya. Apalagi ibu-ibu macam daku. Beugghh. Pasti langsung melipir. Hahayyy. Entahlah yah. Entah dari mana asal muasalnya kepekaan macam begitu. Pokoknya mah kalau mendengar kata promo, pasti telinga langsung peka. Begitu juga dengan mata. Mata pun akan berubah jadi berbinar-binar saat melihat tulisan kata promo. Tetiba ada bintang-bintang di mata gitu. Ting ting ting. Maka pantas saja kalau pikiran dan hati begitu kompak bersatu menggerakkan tangan dan kaki untuk menghampiri sumber suara atau tempat yang memajang kata promo. La yang ngomporin ada dua. Si mata juga si telinga. Kata promo, sangat disukai oleh semua kalangan. Dari ABG hingga lansia. Pria maupun wanita. Semuanya suka dengan kata…

Mengenalkan Menulis Ejaan Huruf Hijaiyah Dari Atas Ke Bawah

Hai
Demi mewujudkan cita cita untuk menjadi emak emak yang sholehah dan perkasa, halah, tak lupa, aku mengisi hari-hari si kecil ken di rumah dengan belajar mengaji. Mulai dari mengenal huruf hijaiyah, do'a sehari hari, surat surat pendek, dan belajar mengeja huruf hijaiyah. Alhamdulillah, sejauh ini ken sudah hafal betul dengan nama juga bentuk dari huruf hijaiyah. Dan sekarang ken pun tengah belajar mengeja serta menulis huruf yang ia eja. Kelihatannya mulus bin lancar lancar aja gitu ya ? Nggak donk. Kadang ada dramanya juga sih. Dan drama itu sering terjadi saat akan tidur malam. Si ken kadang nolak saat aku mengajaknya melafalkan doa mau tidur dulu sebelum tidur disertai dengan melafalkan surat surat pendek. Kalau sudah begitu, biasanya yaaa aku ringkas aja deh ritual sebelum tidur yakni hanya membaca doa mau tidur saja. Itu baru hambatan pertama ya, nah hambatan yang terjadi akhir-akhir ini adalah saat si ken, yang berdasarkan inisiatinya sendiri, ingin meniru tulisan ejaan …

Cara Cepat Membuat Daging Empuk

Hai
Daging kurban di kulkas kalian sudah abis belum ? Aku sudah sih. Malah tu daging kurban (kambing) nggak sempet mampir di kulkasku. Soalnya suami memutuskan untuk dihabiskan aja. Hari itu juga. Dijadikan sate semua. Trus dimakan bareng-bareng deh sama sodara. Aku sih oke-oke aja, setuju-setuju aja dengan ide suami. Cumaannn, aku khawatir sate yang akan kami buat nanti tidak bisa menggoyang lidah sodara-sodara kami. Sebab, pengalaman yang lalu-lalu begitu. Bumbu satenya sih enak, mantap surantap, endes markendes. Tapi satenya alot. Wkwkwkwkwk."Tenaaanngg, aku sudah tau caranya bikin daging cepet empuk" Kata suami. Dengan ekspresi meyakinkan. "Beneran" lanjutnya lagi.Hhhhh.Ya weslah. Aku pilih percaya aja deh. So yuk, dieksekusi. Aku pun segera membersihkan daging kambing tersebut. Cuci sampek bersih (hilang darah serta tanah-tanah yang nempel di daging). Soal bau, alhamdulillah, aku nggak perlu ngoyo menghilangkan bau kambing yang khas di dagingnya. Sebab daging …

Surat Cinta Setelah 5 Tahun Nikah dan 8 Tahun Bersama

Hai Masbro
Inget nggak ? Hari ini, hari jadi kita loh. Hari jadi yang disaksiin sama keluarga, orang-orang terdekat kita, juga semesta. Inget nggak ? Pasti lupa.
*sudah biasa begeto*Emm...Nggak terasa ya, udah lima tahun aja nih usia pernikahan kita. Time flies yes ? ho oh. Cepet banget. Perasaan baru kemarin deh, pertama kalinya aku lihat kamu masbro. Pakek jeans bolong-bolong, berkaos biru mbulak, rambut jemburis (mendekati gondrong), bawa pengeras suara, di depan kampus, sambil bilang,
"Hidup Mahasiswa"
"Hidup rakyat"
"Hidup buruh".Sementara hati aku bilang, "Ngapain sih, demo demo nggak jelas". Hahaha. Iya, kita kan dulu memang beda aliran. Tapi siapa sangka yo masbro, dua kutub yang saling berlawanan arah sudut pandang ternyata bisa menyatu juga. Ahay.Penyatuan dua kutub berlawanan itu bukan terjadi begitu aja kan masbro. Pasti ada salah satu kutub yang memiliki daya tarik lebih besar. Dan kutub yang memiliki daya tarik besar itu adalah a…

Wisata Malam Di Kemang

Hai Kemang sebenarnya dulu merupakann lokasi huniah yang hommie, jalan-jalan yang tidak terlalu luas banyak ditumbuhi pohon dan banyak bermukim warga asing atau ekspatriat. Mereka sering berjalan-jalan menyisir jalan Kemang bersama pasangan, anak-anak  atau pun hewan peliharaan. Namun lokasi hunian ini letaknya sangat strategis, sehingga kemudianbanyak bermunculan kafe-kafe , resto, toko buku, butik dan juga para kuliner kaki lima.

Tidak hanya warga sekitar yang senang menyisir jalan Kemang, tapi kemudian pengunjung berdatangan dari segala wilayah untuk menikmati kafe, resto, toko buku yang unik, butik baju yang menyediakan baju-baju tidak biasa, salah satunya ada yang special baju India. Karena memang wilayah Kemang ini asyik buat jalan-jalan santai, angkutan umum tidak banyak, hanya ada dua jenis angkutan umum. Itu pun berbeda arah, sehingga tidak menganggu dengan sistem angkutan yang sering ngetem menunggu penumpang.
Kelebihan lainnya di Kemang, jarak satu kafe ke kafe lain atau dari…

Beli Pulsa Elektrik Termurah di Kudo

Jaman sekarang nih, pastinya tuh, kita ingin membeli segala sesuatunya dengan harga yang murah. Karena memang hampir semua orang menginginkan hal tersebut. Apalagi kalau membeli segala sesuatunya dengan harga yang murah tentu ini akan menghemat pengeluaran kita bukan ? iyalah yah. Yup. Nah salah satu yang diinginkan oleh banyak orang adalah membeli kebutuhan pokok dengan harga yang murah. contoh seperti membeli makanan, bayar listrik, bayar air dan kebutuhan lainnya. Namun namanya kebutuhan tentu tergantung dari diri sendiri. Jika kita berlebihan dalam mengkonsumsi air tentu tagihan air bulanan akan besar nantinya. Begitu juga dengan kebutuhan lainnya.
Begitu juga dengan listrik. Biasanya ini yang sering menjadi perbincangan banyak orang. Karena ada saja yang mengeluh mengapa tagihan bulanan listrik di rumah besar banget. Mungkin kita tidak berpikir apa saja yang sudah kita lakukan di rumah. Bisa jadi karena kita menggunakan ac 24 jam dan barang elektronik lainnya yang akhirnya dapat…

#BelajarAsyik : Mengenal Huruf Hijaiyah

Hai Beberapa waktu yang lalu, aku mendapat beberapa komentar yang cukup menggelitik yes. Inti dari komentar itu pun sama yakni seperti ini :"Sinau nulis ae rek, dunyoooo wae, wes isok ngaji ta (belajar nulis aja ini, ilmu dunia aja yang diajarin), sudah bisa ngaji belum ?".
Mendengar perkataan tersebut, sontak aku pun menjawab " Ngge sudah buk, belajar ngaji di rumah saja, sama saya saja, alhamdulillah sudah hafal huruf hijaiyah, nama berikut bentuknya, sekarang belajar npmengeja huruf hijaiyah, cobak ken, ibuk blabla pengen tau" ucapku.
Sayang, keinginan mengajak si ken bekerja sama membuktikan perkataanku itu tak disambut oleh ken. Ia tetap fokus dengan kegiatannya, Sementara aku, agak merasa gimanaaaa gitu. Baper cyiin. Hahaha.
Seiring berjalannya waktu, lama-lama, aku nggak ambil pusing lagi dengan perkataan orang-orang yang menilai bahwa orangtua, terutama aku, hanya mengenalkan ken pada ilmu duniawi saja. Nggak peduli. Karena aku nggak demikian. Aku tetap k…

Romantis Itu Tak Selalu Amazing dan So Sweet

Beberapa hari yang lalu, sahabat aku nih (yang sudah seperti sodara), menceritakan tentang kejutan yang ia terima dari sang suami. Kejutan itu dalam rangka merayakan anniversary mereka yang ke-5. Jadi pada hari yang bertepatan dengan anniversary mereka itu, tiba-tiba ada sebuah taksi yang berhenti di depan rumah mereka. Taksi tersebut disiapkan untuk menjemputnya dan mengantarkannya ke suatu tempat. Suatu tempat yang spesial yang sudah disiapkan oleh suami sahabatku itu. Tiba di sana, sahabatku itu pun terkejut bukan main (campur seneng seneng terharu). Karena di tempat tersebut sudah ada suaminya beserta sebuah kue dengan pernik angka 5 di atasnya. Manis banget kan kejutannya ?. Iyup semanis kue-kue bikinan masterchef yang pasti bikin ngiler. Jadi kamu ngiler nih maksudnya ? Iyak, maklumin yak, namanya juga manusia. Jadi ya begitu deh faktanya, aku memang ngiler alias pengen ngalamin itu juga cyiinnn. Jujur amat yak.
Hahahaha.Iyah, saya mah gitu orangnya. Jujur kacang ijoe. Tbh, sem…

Saat Si Kecil Diberikan Kebebasan Mengeksplorasi Tembok di Rumah

Hai Pertama kali aku memberikan si kecil ken pensil warna itu saat ia berusia, kurang lebih, 9 bulan. Dan coretan pertamanya ia goreskan di sebuah buku gambar bekas milik adek sepupunya.
Setelah berusia 1 tahun, si ken tak lagi melakukan kegiatan mencoret-coret kertas karena ajakanku, melainkan ia sudah memiliki inisiatif sendiri. Bukan lagi mencoret-coret kertas. Namun ia lebih memilih untuk MENCORET CORET TEMBOK.
Wakwaw
Awalnya aku tidak mendukung hal ini. Aku lebih suka apabila si ken menggambar pada tempatnya. Seperti buku gambar atau kertas maupun kanvas. Alhasil saat si ken mulai mendekat tembok rumah dengan membawa pensil, pulpen, atau spidol, aku malah heboh sendiri sambil bilang :"Jangan nak, jangan, nanti temboknya kotor". Dan tentu saja,kejadian tersebut akan berakhir dengan drama. Si ken nangis, emaknye juga jadi mbrebes mili. Hiks.
Style ibu, beda dengan style si ayah. Yup, si ayah malah kebalikan dari aku. Ia membiarkan si kecil ken mengeksplorasi tembok di rum…

Sukses Membuat Dapur Tetap Ngepul Bersama Qwords

Roda kehidupan terus berputar. Adakalanya di atas, kadang juga di bawah. Dengan durasi waktu tak tentu. Karena yang tahu hanya Sang Pemilik Waktu, Allah Swt.
Saat roda kehidupan berada di bawah, tidak selalu akan berdampak pada rapuhnya jiwa atau kesedihan yang berlarut-larut. Kadang cobaan yang datang malah membuat seseorang keluar dari zona nyaman, lalu beraksi, mencari solusi, berbuat sesuatu. Sebab merasa percuma dan tak ada gunanya berlarut-larut bermuram durja.
Itulah yang juga tengah aku lakukan. Cobaan ekonomi yang sudah lumayan lama menerpa keluarga kecilku, membuatku keluar dari zona nyaman dan memilih untuk menghadapi si cobaan pantang menyerah. Dengan cara melakukan apa yang bisa aku lakukan. Mulai dari membuka jasa pengetikan, menerima olah data statistik dan desain undangan murah meriah. Jualan online juga pernah, jual pulsa juga. Macam-macam. Apapun itu yang penting halal. Alhamdulillah, bisa sedikit membantu ekonomi keluarga. Meskipun hanya bersifat bulanan dan mus…

Membuat Mainan dari Kardus Bekas Susu Formula

Hai Kalian punya barang bekas nggak ? Sini kasih ke aku. Stok barang bekas, terutama kardus, di rumah aku sudah hampir habis. Tinggal 2 kardus bekas susu formula sama 2 kardus sepatu. Dan rencananya dua kardus sepatu itu aku mau ubah jadi mobil-mobilan buat si ken. Noh, abis deh. Hiks.

Nah untuk kardus susu formula sendiri mau aku ubah juga jadi mainan buat si ken. Mainan apakah gerangan ? Mainan Puzzle.
Sebenarnya dulu pernah bikin sih. Pakai kardus susu formulanya si ken untuk usia 1 hingga 3 tahun. Berubung sekarang susu formulanya si ken sudah ganti chil school, dan berubung ada giveaway dari mbak Asysyifa juga tentang #diywithacipa , jadi pengen bikin deh.
Cara bikinnya gampang banget dan nggak memerlukan waktu yang lama pluuuussssss bahan buat bikin mainannya pun ada di sekitar kita alias nggak usah beli-beli.
Alat dan Bahan membuat mainaan puzzle Kardus bekas susu formula Lem  Gunting Penggaris Pensil

Cara membuat mainan puzzle  Gunting bagian-bagian kecil kardus bekas susu fo…