Thursday, September 29, 2016

Cara Merawat Motor Ala Ibu Rumah Tangga

Hai

Motor. Bagi aku, motor adalah partner alias teman setia aku dalam menjalani aktivitasku sehari-hari sebagai seorang ibu rumah tangga yang cihuy bin kece abis ini, halah, hehehe. Hampir semua aktivitas aku pasti melibatkan motor. Dalam satu hari, kira-kira bisa mencapai 3-5 kali interaksiku  dengan  motor. Seperti misalnya belanja kebutuhan dapur di pasar pakai motor. Bayar listrik ke pln pakai motor. Pergi arisan juga pakai motor. Dan lain sebagainya.

Selain sebagai partner, motor juga membantu dalam mensukseskan tugasku sebagai seorang ibu rumah tangga yang siap siaga. Iya, seorang ibu rumah tangga memang diharuskan untuk siap siaga bukan ?

24 jam ? 
Yakin ? 
Ho oh, iyelah. 
Udah kayak satpam kan ? 
Iyak, hahahaha.


Misalnya nih saat si kecil sakit, sementara suami tidak ada di rumah, maka aku bisa langsung membawanya ke dokter, pakai motor. Kalau ada tamu yang datang tiba-tiba sementara stok masakan atau camilan tengah kosong gerondangan, aku bisa langsung cus ke warung sembako terdekat pakai motor. Tuh, mantebb kan ? Iyup, cepet lagi. Wuusssss. 

Nah, lebih dari dua hal yang aku sebutin di atas, motor juga membuatku lebih hemat. Hemat transport wara wiri ke sana ke sini. Juga menghemat pengeluaran untuk belanja kebutuhan dapur dengan belanja di pasar pagi. Dengan belanja kebutuhan dapur di pasar pagi. Aku bisa mendapatkan harga yang murah. Hemat banget kan jadinya. Kantong dasterku pun aman. Anti jebol. Hahayyyy.

Karena kontribusi *aseg, yang cukup banyak dari si Jupi (panggilanku buat motor aku) aku pun harus balas budi donk ya dengan cara merawat si motor dengan baik dan sepenuh hati, halah.

Cara merawat motor ala ibu rumah tangga seperti aku ini tentu saja tidak seperti ahlinya motor. Cara yang aku lakukan adalah cara yang amat sederhana. Minimal, bisa mempertahankan kondisi motor tetap prima lah yah. Tetep layak dipakai.

Nah adapun caranya adalah sebagai berikut :
1. Cek kondisi  ban motor
Paling mudah memang ngecek yang kelihatan mata ya. Seperti nge-cek ban ini nih. Kalau kelihatan kempes tinggal diisi angin. Kalau gerigi bannya sudah mulai hilang alias tipis, tinggal ganti ban dengan yang baru.
  
2. Pekalah terhadap kenyamanan saat mengendarai motor
Rasa nyaman, sekilas memang kelihatan sepele kan ya. Tapi ini penting loh. Rasa nyaman mengindikasikan bahwa semua bekerja sebagaimana mestinya. Rem bekerja dengan baik, tarikan gas motor juga nggak berat, skok motor nggak mati, dan lain sebagainya.

Jadi kalau merasa nggak nyaman, dan tahu bagian mana yang membuat motor menjadi tidak nyaman dikendarai, maka segeralah diservice atau dicek di bengkel langganan dan terpercaya. Ingat jangan dianggap remeh yah, apalagi dikesampingkan. Karena berbahaya.

3. Service berkala dan rutin ganti oli
Ini juga aku lakuin. Dan rutin loh. Sebulan sekali. Di sini, aku bisa mengutarakan ketidaknyamanan yang aku rasakan waktu berkendara. Setelah itu aku minta tukang service nya memperbaiki motor aku. Sesuai dengan yang aku utarakan. Dan tak lupa juga ganti oli.


Simple bukan ? Itulah Cara merawat motor ala Ibu rumah tangga seperti aku ini. Meskipun kita tidak terlalu paham dan tahu tentang motor nih womans, tapi kita tetap harus peduli dengan kondisi motor. Jangan maunya makek aja tapi tidak mau merawat. Begitu ibu-ibu ? Yes yup sipp.

Sumber gambar : blibli.com



5 comments:

  1. jadi ibu juga harus bisa merawat motor yaaaa bukan cuman bisa masaaaak

    ReplyDelete
  2. Sayangnya aku cuman bisa make mba wkwkkw boro2 pengen ngerawat nyuci aza males minta ampyunnnn

    ReplyDelete
  3. wah aku malah belom bisa motoran nih huhuhu
    padahl klo dah punya anak bisa buat anter school, ban motor laanang pak suami malah bolak balik bocor *permasalahan komplek

    ReplyDelete
  4. saya yang parah Mba, kerja di tempat pembiayaan kendaraan tapi sampe saat ini belum punya kendaraan sendiri (biasanya nebeng sama suami atau naik angkot/ojek) makanya gak pernah tahu tuh gimana perawatan kendaraan. kalo ditanya bagian-bagian motor pun mungkin belum semuanya saya tahu, huhuhu :(

    ReplyDelete
  5. Service berkala 200km jangan lupa buibu

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)