Pilih Mana Ya ? KB Suntik Atau Pil

Sejak haidh pertama setelah melahirkan, aku (dan disetujui oleh suami) memilih untuk nggak menggunakan KB suntik atau KB dengan mengkonsumsi pil. Karena apa :

Pertama, Aku masih ngeri-ngeri disko kalau ketemu sama yang namanya jarum suntik. Heran kn ? Sama aku juga heran sama diri aku sendiri #Loh. Padahal aku sudah merasakan disuntik kan ya. Waktu mau nikah sama melahirkan. Tapi tetep aja, parno. Apalagi setelah dapet komentar dari temen2, kalau suntik KB itu sakit. Soalnya jarumnya gede.

Kedua, Aku asmawati. Aku mengkonsumsi obat hampir setiap hari. Ini baru obat asma. Belum lagi yang lain. Jadi aku tak ingin menambahkan penghuni baru lagi di tubuhku dengan pil KB.

Ketiga, Konon katanya, Pakai KB itu bikin gemuk. Iya nggak sih ? Bener nggak ?. Tapi dari orang-orang sekitar aku yang pakai KB, memang menunjukkan hal seperti itu.

Keempat, menurut pengamatan alaihim gambreng aku nih. Orang yang menggunakan KB pil, siklus haidhnya lebih cepat kembali seperti semula, saat sudah berhenti mengkonsumsi KB Pil. Sementara yang menggunakan suntik, lebih lama. Tapi ini masih belum aku cari sih penjelasan yang lebih ilmiah. Jadi masih abu-abu yes.

Dari beberapa kasus yang terjadi dan dialami oleh orang-orang sekitar aku. Orang yang menggunakan KB pil lebih cepat hamil begitu berhenti mengkonsumsi pil KB. Sementara yang menggunakan KB suntik, lebih lama. Tapi soal ini, wallahu'alam yes. Rahasia Allah. Kun fayakun. :)

Nah, itulah beberapa alasanku memilih untuk tidak ber-KB. Dan hanya menggunakan KB alami saja, KB kalender dan KB dengan 'pengaman'.

Namun, akhir-akhir, terlintas hasrat ingih ber-KB alami. Karena, eikeh sudah nggak telaten cyiiinnnn dan nggak sempet. Soalnya aktivitas aku sekarang padet bin rapet. Alhamdulillah yes. Sementara KB alami membutuhkan ketelatenan, disiplin, dan endebrey endebrey yiha. ;)

Lah trus gimana ?

Dilemaaaaa.

Kalau menurut kalian gimana nih teman2. Yang paling asyik pakai KB yang mana sih ? Share dooonkkk.

3 comments:

  1. Aku ga pake KB dan Pil mak Ken ga boleh sama suami jadi ga bisa share pengalaman hehehe...

    ReplyDelete
  2. aku pernah pakai semua jenis KB, mulai dari pil, suntik, implan, sampai sekarang IUD. Masing-masing punya kelebihan dan tentu saja ada juga kekurangannya.

    Kalau pakai pil, ini mesti telaten banget. Minum rutin di jam yang sama, gak boleh terlewat satu hari pun. Apalagi kalau pilnya yang 20-30 ribuan hehe... Soal gendut kalau minum pil, waktu itu saya pakai pil KB khusus ibu menyusui, harganya lumayan sekitar di atas 80 ribu per lembar pil. Gak gendut sih, cuma tetap mesti telaten. Telat 6 jam, langsung minum 2 wkwkwk

    Kalau pakai suntik, aku cuma 2 kali. Itu pun yang 3 bulanan. Sayangnya waktu itu air susuku langsung sedikit. Akibatnya, anakku yang kedua jadi kurang gizi karena air susunya yang tiba-tiba jadi sedikit ini. Kalau menurutku, kalau sedang menyusui sebaiknya jangan pakai KB suntik. Btw, Ini iya, bikin gendut.

    KB Implan. Sebenarnya ini cocok buat yang gak telaten. Males minum obat tiap hari atau takut sama jarum gede seperti Mami ken, impan salah satu pilihan KB yang cocok. Cuma karena ini masih jenis kb hormonal, waktu itu aku sempat gak cocok. Pakai implan, haid jadi terganggu dan malah tumbuh kista di rahim. Sampai 6 bulan gak haid. Panik donk... kirain halim haha. Pas diperiksa ternyata numpuk jadi kista. Akhirnya implan dibuka, dan obatnya minum pil KB.

    Dari pengalaman 3 KB di atas, sekarang pilihan terakhir nih, pakai IUD. Ngeri waktu pertama kali dipasang, dan juga nanti pas dicabut. Pas dipasang agak ngilu sih, tapi pulang dari dokter masih bisa jalan-jalan hihi. Sekarang haid tiap bulan lancar dan banyaaaak. Menjelang haid, kalau yang aku alami nih, kadang suka kerasa pegal di pinggang dan bagian bawah terasa disayat-sayat. Tapi gak ada masalah sih sebenarnya. Asal rutin kontrol dan yakin kalau posisi IUD masih di tempatnya. Kontrolnya juga hanya 1 & 6 bulan pertama, dan kalau ada keluhan. Kontrol hanya berupa pemeriksaan dengan USG.

    Hayo... bingung kan mau pilih yang mana? Maaf ya jadi numpang curhat di sini hihihi


    ReplyDelete
  3. senangnyaaaa, makasih bgd ya mbk oriiiinnnnn, tengkiu tengkiuuuu

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Follow by Email

Jenis Makanan yang Dihindari dalam Memberikan MPASI

Semua orang tentu ingin menjadi orang tua yang baik kepada buah hatinya. Hal ini menuntut orang tua untuk memahami secara pasti mengenai nu...