Milestone Tumbuh Kembang Si Kecil Tahun 2016

TING

Hai

Bentar lagi kita hitung mundur nih yak. 2016 akan berganti menjadi 2017. Cepet. Nggak kerasa. Tau tau 6 ganti 7, tau tau umur nambah aja, tau tau jadi tambah tua. Busyet dah. *Anti aging mana ? mana anti aging ?.
Ada beberapa hal yang ingin aku lakukan sebelum 2016 berakhir. Salah satunya yaitu mencatat milestone tumbuh kembang si kecil ken (3-4 tahun). Bocah alakazam mak dinuk dinuk.

Alhamdulillah. Tahun ini, tumbuh kembang si ken bisa dibilang cukup pesat ya. Menurut teori eyang Howard Gardner sama mbah Piaget sih emang begitu. Masa-masa si ken ini merupakan golden age. Masa-masa cespleng-cesplengnya bocah. Jago meniru. Idenya makin banyak. Rasa ingin tahunya makin membara. Sepanas bara negara api. Halah. Pokoknya mah perkembangannya cepet banget. Set set set.

Dari sekian banyak perkembangan si bocah yang suka nyuruh aku berubah jadi Satria Bima X ini, ada 3 hal yang paling dominan dan paling menonjol. *Lalu inget lemak di perut. Menonjol menggumpal gumpal.

1. Perkembangan Linguistik

Awal tahun 2016, kosa kata yang dimiliki si ken masih minim. Maklum, si ken sendiri baru mulai bermain kosa kata pada saat usianya lebih dari dua tahun. 2 setengahan deh kayaknya. Atau 2 tahun lebih 3 bulan. Antara itu wes. La pas nya berapa loh ? seribu aja gimana bang ? *Loh.

Jadi sementara, teman-teman sepantaran si ken sudah wes ewes kalau diajak ngobrol, si ken masih asyik dengan kosa katanya sendiri alias masih bubbling.

Nah, sepanjang tahun 2016 ini, sebagai emak yang memiliki kekuatan bulan. *halah. Aku semangat donk memberikan stimulus ke si kecil ken. Stimulusnya apa ? ya sering ngajak ngobrol aja. Dua kali lipat dari sebelumnya. Walhasil aku yang sebelumnya begitu anggun laksana ibu peri yang jarang banget ngomong, berubah jadi mak tuing tuing mak ewet ewet alias cerewet banget. Selain ngajak ngobrol, aku juga rajin muterin si ken lagu-lagu anak-anak. Baik yang lagu anak sini, sampek lagu-lagu anak sono (lagu lagu barat).

Dan emejing. 
Amazing cyiinn.


Iya, itulah maksudnya. Amazing. Aku ngerasa nggak nyangka banget. Bahwa perkembangan si ken bisa sedrastis ini. Si ken tak hanya kaya kosa kata bahasa Indonesia. Tapi ia juga menguasai beberapa kosa kata bahasa inggris. Dan lebih awesome nya lagi nih, si ken mulai bisa diajak ngobrol menggunakan bahasa Inggris. Ya masih obrolan sederhana banget sih. Bangeeett. Tapi, alhamdulillah lah yah. Aku happy. :)

2. Perkembangan Kinestetik

Sejak dulu memang si ken sudah menunjukkan keunggulan di bagian kecerdasan kinestetik. Dan sekarang kemampuan olah tubuh yang dimiliki si ken makin terasah yah. Ken mahir sekali mengikuti gerakan-gerakan breakdance. Kaki kiri silang ke kanan, berdiri tegak di bahu emaknye, ngikutin gaya cheerleaders, dan sebagainya. Bahkan si ken pun memiliki gaya nge-dance sendiri sekarang.
Gaya nge-dance si ken, pasti begini.

3. Perkembangan Intrapersonal

Tahun sebelumnya dan awal tahun 2016, si ken juga sudah menunjukkan bahwa ia memiliki bibit parfum minyak nyong nyong eh maksud eikeh bibit intrapersonal. Ia memiliki keinginan yang kuat. Ia tahu apa yang ingin ia lakukan. Dan dengan gigih akan mempertahankan keinginannya. Walhasil, pada masa-masa itu, si ken susah banget diajak kompromi. Kalau maunya ini ya ini. Padahal emaknye lebih suka yang itu. Soalnya lebih murah. Hahayyy.

Tapi sekarang, ndilalah si ken bisa banget diajak kompromi. Ia sudah mulai menunjukkan kemampuannya dalam mengendalikan keinginannya. Jadi sekarang, kalau kita (antara aku dan ken) punya kesepakatan begini, ya udah, si ken akan melakukan kesepakatan itu. Tanpa lagi ada drama di antara aku dan dia. *halah.

4. Perkembangan Interpersonal

Di rumah, si ken dikenal sebagai anak yang cuek bebek uwek uwek. Bahkan pernah tetangga (yang jembek i) menyebut si ken sebagai anak yg nggak jowo (naudzubillah), gegara tu tetangga nggak digubris sama si ken. Sekarang ? semua disapa sama si ken. Ia pun mau menanggapi kalau diajak ngobrol. Meskipun jawaban si ken masih suka-suka. Pertanyaannya ini jawaban si ken itu, Tapi, bagi aku, itu sudah alhamdulillah bangeettt.

5. Perkembangan Logika Matematika

Paham konsep juga simbol, : )

Di awal tahun, si ken sudah kenal dengan beberapa simbol angka matematika juga dengan makna dari si simbol angka. Nah sekarang kemampuan si ken akan hal ini juga meningkat. Si ken sudah bisa menghitung sampai 100. Kadang-kadang malah pakek bahasa inggris. Ia juga sudah mulai paham dengan operasi penjumlahan sederhana. Baru sebatas 1 sampai 5.

Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Alhamdulillah. Wa syukurillah. Aku bersyukur banget kepada Sang Pemilik Kehidupan. Yang karena kehendak, juga ridho dariNya lah, si ken bisa berkembang pesat seperti ini. Dan aku berharap, semoga tahun 2017 nanti, si ken dianugerahi kesehatan. Agar tak ada halangan lagi untuk mengembangkan kemampuan si kecil ken. Amin amin ya robbal'alamin.

Lalu resolusi perkembangan si kecil ken tahun depan gimana ? Nggak ah, nggak ada resolusi buat si ken. Ngalir aja. Metode belajar yang aku pakek di rumah kan, metode bermain sambil belajar. Bukan belajar sambil bermain. Jadi nggak ada target.

So, goodbye 2016 and Welcome 2017.

4 comments:

  1. Ken seumuran sama Alfi ya Mbak, tapi si Alfi perkembangan logika matematikanya belum sepesat Ken. Tapi tetap alhamdulillah ya

    ReplyDelete
  2. anak2 itu emg cepet kok mbak perkembangannya... aku pernah ditegur ama dokter anakku, krn pas umur 1.5 thn fylly ngomongnya msh dikit... eh sama kayak ceritamu, abis ditegur dokternya, suami lgs rajin ajak a=ngobrol anaknya, dan cm 1 bulan doang, kosakatanya meningkat cepet.... mlh skr ceriwisnya ampun2an... :D.. aku jg g suka bikin target2 gitu ke anak... takut merekanya ntr tertekan.. biar ajalah berjalan apa adanya.. perkembangan masing2 anak toh beda kan ya :)

    ReplyDelete
  3. wah amntap mbak, sampai ingat sedetail gitu hasil perkembangan anak, mungkin karena sering ditulis di blog ya

    ReplyDelete
  4. belajar dari lagu katanya emang paling ampuh mba

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

About Me

Halo Assalamu'alaikum, Aku Inda, guru tk. Aku  ibu dari dua bocil, ken dan yumna, yang suka menulis, suka kulineran, jalan-jalan...