Skip to main content
#MemesonaItu

Cak Budi, Sosok Inspiratif yang Dibutuhkan Negeri Ini


Aku bersyukur. Sangat bersyukur. Bahwa negeri ini masih memiliki sosok-sosok yang baik hati. Salah satunya yaitu Cak Budi. 

Kalian kenal Cak Budi kan ? Kalau belum, baiklah, akan aku perkenalkan kepada kalian. Karena, aku sedikit kenal dengan Cak Budi. Tentu saja bukan kenal langsung, melainkan kenal dari stalking akun IG @cakbudi_ .

Dan dari nonton acara Kick Andy pada 26 Januari 2017 lalu. Cak Budi, juga istri, menjadi salah satu bintang tamu di acara tersebut yang mengangkat tema : "Menebar Asa Kaum Papa". 


Cak Budi adalah seorang pegiat sosial dari Malang. Meskipun kehidupan Cak Budi bersama keluarga bisa dibilang sederhana. Namun tidak menyurutkan niat Cak Budi, yang mendapatkan dukungan dari keluarga, untuk membantu orang-orang yang tidak mampu. Terutama lansia. 

Sumber dana yang dipakai Cak Budi untuk kegiatan sosial ini berasal dari kantongnya sendiri. Bantuan yang diberikan Cak Budi pun kadang berupa paket sembako, kadang juga berupa uang tunai. 

Kadang, Cak Budi juga mendokumentasikan kegiatan sosialnya. Tidak semua. Hanya beberapa saja. Kemudian ia posting di akun IG miliknya. Hal ini dilakukan Cak Budi bukan karena pamer. Melainkan untuk menginspirasi orang lain, menggerakkan nurani orang-orang untuk tak lupa membantu orang-orang yang tidak mampu. 

Namun, siapa sangka, dari video atau foto yang ia posting di IG nya, tentang kegiatan sosial yang ia lakukan, membuat Cak Budi dikenal banyak orang dan juga mendapat banyak dukungan dari masyarakat luas. Dukungan tersebut kadang berupa informasi tempat tinggal orang-orang yang membutuhkan bantuan atau sering juga berupa uang. 

Dengan dukungan seperti ini, Cak Budi pun mampu melebarkan rentang sayapnya. Untuk lebih banyak membantu orang-orang. Tidak hanya di daerah Jawa Timur, bantuan Cak budi juga mulai di luar Jawa Timur. Selain itu juga, bantuan Cak Budi pun semakin bervariasi. Tidak hanya berupa paket sembako, juga uang tunai, melainkan kadang juga berupa gerobak untuk jualan bahkan bahan bangunan yang digunakan untuk membedah rumah orang yang ia bantu. 

Hhhhh...Acara kick andy hari itu, meninggalkan kesan mendalam buat aku. Bahwa tidak perlu menunggu kaya, untuk bisa membantu orang lain. 


Aku sepakat dengan quote dari Cak Budi. Sepakat banget. Bahwa tak perlu menunggu bisa melakukan ini dulu, bisa mencapai ini dulu, bisa menjadi ini dulu, baru mulai membantu. Tidak perlu begitu. Karena apa ? Kelamaan cyiinn. Eman. Jika niat mulya seperti itu dibiarkan bersemayam lama di hati. Beneran. 

Aku memang tidak sekeren Cak Budi. Jauuuhhhh. Jauh banget. Tapi aku berusaha untuk bisa membantu banyak orang sesuai kemampuanku. 

Misalkan berbagi ide mainan yang aku buat dari barang bekas. 


Berbagi cara memanfaatkan kaos bekas atau kaos kegedean, daster yang bolongnya sudah tidak bisa ditolerir lagi serta celana kolor yang sudah hilang kekolorannya menjadi tas hobo, sarung bantal, juga keset tanpa perlu proses jahit menjahit. 

share tentang car mendaur ulang kaos bekas

Kadang aku juga berbagi pengalaman parenting, khususnya parenting untuk anak dengan kecerdasan kinestetik dominan. Juga berbagi pengalamam di dapur, kehidupan sehari-hari dan lain sebagainya. 

Aku berharap, apa yang aku bagi ini, bisa bermanfaat untuk orang yang membutuhkan informasi tersebut. Atau mungkin bisa menghasilkan hormon endorfin setelah membaca tulisanku. Sehingga dapat menimbulkan rasa bahagia ulala.
Bisa membuat temen-temen tertawa bahagia. Alhamdulllah

Meskipun begitu,.... aku,....tetap ingin seperti Cak Budi. Yang benar-benar bisa membantu orang lain. Memberikan dampak positif yang cukup berarti dalam kehidupan orang yang tidak mampu. Ingin. Ingin sekali seperti itu. 

Nah, untuk bisa mengikuti apa yang dilakukan Cak Budi, tidak cukup hanya bermodalkan niat saja. Namun harus memiliki 3 hal sebagai berikut

Tekad bulat
Berbagai aral melintang pernah dihadapi Cak Budi. Seperti pernah dianggap menjual kemiskinan, juga dianggap melangkahi perangkat desa. Namun hambatan tersebut sama sekali tidak menyurutkan niat dan kegiatan sosial yang dilakukan Cak Budi.

Dukungan
Cak Budi mendapat dukungan dari keluarga. Terutama istri.
Belakangan ini, dukungan terhadap Cak Budi pun semakin meluas. Banyak teman, sahabat, bahkan masyarakat luas mendukung kegiatan Cak Budi. 

Internet 4G
Internet 4G memegang peran yang penting. Tanpa internet, kegiatan sosial Cak Budi belum tentu berkembang pesat seperti sekarang ini. Dukungan yang diperoleh Cak Budi juga belum tentu bertambah drastis seperti ini. 

Menurutku, dengan adanya internet 4G ini, segala hal baik akan cepat menyebar. Sebagaimana hal baik yang dilakukan oleh Cak Budi yang mampu menginspirasi dan menggerakkan hati nurani banyak orang, siapapun itu, untuk membantu sesama. Tanpa membeda-bedakan. Tanpa pilah pilih. Semua membantu. Semua dibantu. Indah bukan ? Keberagaman bersatu untuk membantu

Sebagai penutup tulisan ini. Aku akan mengutip pesan Andi F. Noya kepada Cak Budi dalam acara Kick Andy. 
"Cak Budi, Indonesia membutuhkan orang-orang seperti Anda. Teruslah berbuat baik. Teruslah menyebar virus kebaikan. Agar semakin banyak orang yang melakukan perbuatan baik di negeri Kita tercinta ini. Salut untuk Anda". -Andi F. Noya-


Comments

  1. hmm iya jangan menunda sesuatu untuk kebaikan :D

    bener banget

    ReplyDelete
  2. Iya apa yang beliau lakukan di IG itu merupakan sebuah syi'ar ttg sedekah, bukan pamer. Moga kita dimampukan untuk membedakan dua hal ini. Dan semoga beliau juga makin dimudahkan rejekinya.

    ReplyDelete
  3. Yaampun yaampuun yaampun ada tembul tuh di skrinsyutnya wakakkakaa, baru engeh aku
    Tas hobo iki apa toh mb ind, aku baru tauk soalnya

    ReplyDelete
  4. Ayooo Berlomba-Lomba dalam hal kebajikan ...

    ReplyDelete
  5. Semoga semakin banyak bermunculan Cak Budi lainnya. Atau mungkin kita sendiri. Aamiin

    ReplyDelete
  6. Luar biasa, Maak. Sosok yang menginspirasi

    ReplyDelete
  7. Kok aku baru baca2 yg ini sekarang ya mbak :) Good.inspiration from Indonesia! Hal2 kecil yg berdampak besar!

    ReplyDelete
  8. Aku baru tahu. Benar-benar menginspirasi ya mba. erbuat baik saja, tidak perlu menunggu ini itu,,,apalagi menunggu jadi orang kaya.

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah kalau masih ada sosok seperti Cak Budi ya mba. Tapi waktu itu sempat 'ramai ' juga ya. Bahas yang kontra dari kegiatannya. Mnurutku harus lihat dari segi kebaikannya ya

    ReplyDelete
  10. Ini sosok yang sangat insiratif sekali ya mba. Semoga semakin banyak lagi orang-orang yang inspiratif

    ReplyDelete
  11. sejak kasus fortuner n iphone 7 wes mak ken hatiku potek tega sekali Cak budi melakukan itu semua 😂😁 tp y namanya manusia diuji saat harta berlimpah smg tidak ada lg kejadian yg manfaatkan uang sumbangan kita butuh org yg bnr tulus n ikhlas bantu sesama tanpa embek2

    ReplyDelete

Post a Comment

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Popular posts from this blog

Cara Menghaluskan Daging Tanpa Mesin

Idul Adha. Daging dimana-mana. Bingung mau dimasak apa. Akhirnya dibikin bakso saja.
Yup, meluncurlah kami, daku dan suami, ke pasar, bukan hendaak berkeliling keliling pasar, tp hendak menggiling daging kurban jadi adonan. Di rumah, tinggal dibentuk bulat bulat plus bikin kuaahnya saja.

Tiba di tempat giling daging. Beugghhh. Harum semerbak nan memblenek. Yah namanya jg tempat penggilingan daging. Jadi ya gitu ituh.

Kami memilih tempat yang sudah direkomendasikan tukang bakso langganan kami. Di tempat itu, kita bisa request mau adonan yg begini atau yg begitu. Kami sih memilih yg begini aja. Kan buat dikonsumsi keluarga.

Kami harus mengantri, karena banyak yg seperti kami. Bingung mau dimasak apa lagi tuh daging sapi.
Masa menunggu, membuat daku bergumam: "koq gitu?".
Kenapa ?.
Kebersihan tempat bisa dikatakan lumayan lah daripada sebelah2nya. Yg bikin perasaan jadi gimanaaa gitu, karenaaaaaa. Yg handle adonan itu lohhh, laki laki berkaos singlet. Kalau ada yg netes dari ce…

4 Merek Panci Presto Terbaik

Satu atau dua hari sebelum lebaran biasanya para ibu rumah tangga, seperti kita-kita nih, sudah mulai mempersiapkan beraneka macam hidangan yang lezat seperti opor ayam dan ketupat donk ya. Nah untuk menghasilkan opor ayam yang empuk, kita pasti membutuhkan yang namanya panci pressure cooker (presto). Dengan menggunakan panci presto ketika merebus ayam, daging akan cepat matang dan empuk dalam waktu yang singkat. Selain itu penggunaan gas juga akan lebih hemat dan makanan akan menjadi lebih sehat karena gizi yang terkandung dalam ayam akan tetap terjaga. Berikut adalah daftar empat merek panci presto terbaik yang bisa kita dapatkan di online shop banyak diskon MatahariMall.
1. Airlux Panci Presto PC7216 Panci presto berkapasitas 16 liter ini bisa memasak makanan 3-10 kali lebih cepat daripada panci yang biasa kita gunakan. Panci ini dilengkapi dengan safety valve dan safety cover lock yakni lubang pembuangan uap atau udara yang berfungsi sebagai pengaman pada saat panci presto diguna…

Aneka Pilihan Atasan untuk Celana Kulot.

Siapa di sini yang lebih suka memakai celana daripada rok ?, hayooo ngakuuuu *sambil ngacung paling tinggi. Yup, aku begitu. Lebih suka memakai celana daripada rok. Membuat aku lebih mudah bergerak. Entah itu naik motor, memanjat pohon mangga, atau berlari saat dikejar-kejar Aliando, Varel, Rasya dan Al Ghozali *lalu dinyonyorin fans mereka.
Memang, sejak SD hingga SMA, aku sudah terbiasa memakai rok. Namun sepertinya saat-saat itu aku sering mendzalimi rok-rok sekolahku. Robek sana sini cyin. Bagian depan maupun belakang juga bagian kanan dan kiri. Robek. Entah karena jahitan roknya yang kurang rapi nan kuat atau karena langkah kakiku yang beringas. Entahlah.
Begitu lulus SMA, aku benar-benar menyimpan rok-rok ku. Jadi saat kuliah aku jarang memakai bawahan rok. Lebih sering memakai celana jeans, celana aladin, dan celana kulot. Hal yang demikian tersebut berlangsung sampai sekarang, saat aku sudah menjadi seorang ibu yang imut dan lucu juga gemesin *huwek. Ditambah lagi dengan akti…