Skip to main content
#MemesonaItu

Serba-serbi Ragam Jenis dan Harga Speaker Mobil

Hai 
Ngomongin interior mobil yuk. 

Interior mobil serasa tidak lengkap tanpa adanya perangkat audio lengkap yang terdiri dari pemutar CD atau Flash disk dengan speaker aktif disisi-sisi mobil. Apalagi jika kamu adalah anak muda yang menyukai berbagai jenis musik, pastinya interior yang satu ini adalah interior wajib bukan hanya di mobil namun juga di rumah atau kamar kamu. Speaker sangat menentukan hasil keluaran suara dari data audio yang disalurkan oleh CD player. Speaker yang baik adalah speaker yang dapat mengeluarkan suara yang pas dengan frekuensi suara yang tidak memekakkan telinga. Harga speaker mobil terkadang juga menjadi acuan kualitasnya, speaker yang murah biasanya mengeluarkan suara terlalu nyaring sehingga menyakiti telinga yang mendengarnya.

speaker mobil murah dan berkualitas di bukalapak
Speaker mobil murah berkualitas di Bukalapak

Speaker sendiri adalah sebuah alat elektronika yang terdiri dari magnet, membran dan kumparan yang saling terkait. Berikut ini adalah fungsi dari masing-masing bagian speaker :
   
  • Kumparan, berfungsi untuk mengubah getaran listrik menjadi medan magnet. 
  • Magnet, berfungsi untuk menghasilkan getaran pada membran. 
  • Membran , berfungsi untuk menghasilkan suara yang dapat kita dengar dari getarannya.  

Di pasaran, sering kita jumpai jenis speaker aktif dan speaker pasif. Bagaimana pemilihannya untuk interior mobil kita ? Berikut ini adalah perbedaan keduanya sehingga kita dapat menentukan jenis speaker mana yang paling tepat kita gunakan :
   
1. Speaker pasif 
Speaker pasif adalah jenis yang paling banyak ditemukan. Jika seorang penjual hanya menyebutnya dengan speaker, maka itu adalah speaker pasif. Speaker pasif tidak memiliki amplifier sebagai penguat suara di dalamnya. Jadi speaker aktif hanya dapat menerima getaran suara dengan sinyal yang kuat.   

2. Speaker aktif 
Speaker ini sudah memiliki amplifier yang tertanam di dalamnya sehingga memerlukan kabel tambahan untuk menghidupkan amplifier.  


Sedangkan jenis-jenis dan harga speaker mobil murah berkualitas berdasarkan frekuensi yang dihasilkan adalah:   
Tweeter 
Menghasilkan suara frekuensi tinggi yaitu 2kHz - 20kHz, harganya berkisar Rp. 50 ribu.   

Mid-Range 
Menghasilkan suara frekuensi menengah yaitu 300Hz - 5kHz, harga 1 set berkisar Rp 1 juta.   

Woofer 
Menghasilkan suara frekuensi rendah yaitu 40Hz - 1kHz, harga 1 set berkisar Rp. 2,5 juta.   

Sub-woofer 
Menghasilkan suara frekuensi sangat rendah yaitu 20Hz - 200 Hz.   

Full Range Speaker 
yang dapat menghasilkan suara dengan frekuensi dari sangat rendah ke tinggi.  


Biasanya para mekanik audio mobil akan menggunakan semua jenis speaker untuk menghasilkan suara yang sempurna. Harga yang dipatok untuk 1 set audio mobil berkisar di angka Rp. 2 juta.  

Jika kita ingin melengkapi mobil kita dengan audio speaker yang berkualitas dan dipasang oleh tenaga mekanik yang handal, ada baiknya kita melakukan survey bengkel audio mana yang dapat dipercaya. Tanyalah pada keluarga atau rekan kantor yang pernah menghias interior mobilnya dengan peralatan audio lengkap. Kemudian luangkanlah waktu sekitar 6 jam sehingga pengerjaan pemasangan interior mobil tidak terburu-buru dan hasilnya maksimal.  

Harga speaker mobil serta biasa jasa pemasangannya memang mencapai angka yang cukup mahal yaitu Rp 2 - 3 juta rupiah. Namun kepuasan yang diberikan setelah audio speaker terpasang akan dapat kita nikmati selama jangka waktu yang cukup panjang asalkan perangkat audio tersebut tidak mengalami kerusakan. Karenanya rawatlah dengan cara rajin membersihkan mobil dari debu yang dapat mengotori perangkat audio. Mintalah garansi kepada bengkel audio untuk memudahkan kita apabila ada kerusakan sesaat setelah pembelian.

Jadi gimana ? nambah donk yak info tentang interior mobil, khususnya speaker mobil ? Yup, alhamdulillah.Nambah pengetahuan lagi. Syukur-syukur bisa dipraktekin. Ya nggak sih ? Ho oh. So sampai jumpa lagi di #infoisiklan yang bermafaat selanjutnya.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghaluskan Daging Tanpa Mesin

Idul Adha. Daging dimana-mana. Bingung mau dimasak apa. Akhirnya dibikin bakso saja.
Yup, meluncurlah kami, daku dan suami, ke pasar, bukan hendaak berkeliling keliling pasar, tp hendak menggiling daging kurban jadi adonan. Di rumah, tinggal dibentuk bulat bulat plus bikin kuaahnya saja.

Tiba di tempat giling daging. Beugghhh. Harum semerbak nan memblenek. Yah namanya jg tempat penggilingan daging. Jadi ya gitu ituh.

Kami memilih tempat yang sudah direkomendasikan tukang bakso langganan kami. Di tempat itu, kita bisa request mau adonan yg begini atau yg begitu. Kami sih memilih yg begini aja. Kan buat dikonsumsi keluarga.

Kami harus mengantri, karena banyak yg seperti kami. Bingung mau dimasak apa lagi tuh daging sapi.
Masa menunggu, membuat daku bergumam: "koq gitu?".
Kenapa ?.
Kebersihan tempat bisa dikatakan lumayan lah daripada sebelah2nya. Yg bikin perasaan jadi gimanaaa gitu, karenaaaaaa. Yg handle adonan itu lohhh, laki laki berkaos singlet. Kalau ada yg netes dari ce…

4 Merek Panci Presto Terbaik

Satu atau dua hari sebelum lebaran biasanya para ibu rumah tangga, seperti kita-kita nih, sudah mulai mempersiapkan beraneka macam hidangan yang lezat seperti opor ayam dan ketupat donk ya. Nah untuk menghasilkan opor ayam yang empuk, kita pasti membutuhkan yang namanya panci pressure cooker (presto). Dengan menggunakan panci presto ketika merebus ayam, daging akan cepat matang dan empuk dalam waktu yang singkat. Selain itu penggunaan gas juga akan lebih hemat dan makanan akan menjadi lebih sehat karena gizi yang terkandung dalam ayam akan tetap terjaga. Berikut adalah daftar empat merek panci presto terbaik yang bisa kita dapatkan di online shop banyak diskon MatahariMall.
1. Airlux Panci Presto PC7216 Panci presto berkapasitas 16 liter ini bisa memasak makanan 3-10 kali lebih cepat daripada panci yang biasa kita gunakan. Panci ini dilengkapi dengan safety valve dan safety cover lock yakni lubang pembuangan uap atau udara yang berfungsi sebagai pengaman pada saat panci presto diguna…

Aneka Pilihan Atasan untuk Celana Kulot.

Siapa di sini yang lebih suka memakai celana daripada rok ?, hayooo ngakuuuu *sambil ngacung paling tinggi. Yup, aku begitu. Lebih suka memakai celana daripada rok. Membuat aku lebih mudah bergerak. Entah itu naik motor, memanjat pohon mangga, atau berlari saat dikejar-kejar Aliando, Varel, Rasya dan Al Ghozali *lalu dinyonyorin fans mereka.
Memang, sejak SD hingga SMA, aku sudah terbiasa memakai rok. Namun sepertinya saat-saat itu aku sering mendzalimi rok-rok sekolahku. Robek sana sini cyin. Bagian depan maupun belakang juga bagian kanan dan kiri. Robek. Entah karena jahitan roknya yang kurang rapi nan kuat atau karena langkah kakiku yang beringas. Entahlah.
Begitu lulus SMA, aku benar-benar menyimpan rok-rok ku. Jadi saat kuliah aku jarang memakai bawahan rok. Lebih sering memakai celana jeans, celana aladin, dan celana kulot. Hal yang demikian tersebut berlangsung sampai sekarang, saat aku sudah menjadi seorang ibu yang imut dan lucu juga gemesin *huwek. Ditambah lagi dengan akti…