Skip to main content
#MemesonaItu

Tahapan Membuat Mainan dari Barang Bekas yang Bermanfaat dan Aman bagi Si Kecil

Hai Mamis,

Ibu mana sih yang nggak jatuh cinta sama senyum dan tawa si kecil ? Semuanya suka, semua ibu jatuh cinta dengan senyum tawa putra putrinya. Termasuk Aku. Yup. Seperti itu.

Bagiku, senyum dan tawa si kecil ken adalah candu. Iya, candu banget. Sebab itulah aku, berusaha untuk membuat si kecil ken selalu  tersenyum dan tertawa. Dan caraku untuk mewujudkan itu  adalah, tentu, dengan membuat aneka macam mainan untuknya.

Namun, seiring berlarinya waktu. Aku tidak lagi membuat mainan hanya karena untuk menghadirkan senyum dan tawa si kecil. Melainkan ada satu hal. Iya ada hal lain yang membuatku semakin bersemangat membuatkan si kecil mainan. Yakni, karena ada banyak manfaat yang bisa si kecil dapatkan dari aktivitas bermain itu sendiri. 


Tahapan Membuat Mainan 

dari Barang Bekas untuk Si Kecil

  • Persiapan : Ide Mainan yang Bermanfaat untuk Si Kecil

Ada beberapa hal yang aku lakukan sebelum membuat mainan untuk si kecil :

Pertama : membaca tentang dunia anak. Salah satunya tentang kecerdasan majemuk anak.

Namun untuk ini, aku tak hanya membacanya saja, melainkan juga mengikuti tes online sederhana untuk mengetahui setiap tingkat kecerdasan majemuk si kecil. Dan berikut hasil tesnya :

Kedua : memilih kecerdasan mana yang perlu atau yang ingin aku stimulus.

Berdasarkan hasil tersebut, maka ada beberapa kecerdasan yang harus distimulus donk ya. Misalnya, kecerdasan yang ingin aku stimulus adalah kecerdasan linguistik (komunikasi) dan kecerdasan interpersonal (sosial).

Ketiga : mencari ide mainan yang sesuai dengan poin kedua

Berburu ide mainan yang dapat membantu untuk menstimulus linguistik si kecil. Misalnya, membuat trek balapan mobil.

Dengan panggung ini, aku bisa memancing atau menstimulus si kecil untuk membuat cerita versinya sendiri. Menanyakan berbagai macam hal. Menambah kosa katanya juga menstimulus sisi sosialnya. 

Keempat : menyiapkan bahan untuk membuat mainan.

Sebagian besar nih ya, mainan yang aku buat, terdiri dari barang bekas. Seperti kardus bekas susu formula, botol plastik bekas kemasan bedak, botol air mineral, hingga kertas-kertas yang tak terpakai. Jadi bisa dibilang mainan yang aku buat aman karena berasal dari limbah rumah tangga sendiri. Akan tetapi, meskipun begitu, aku tetap harus memastikan bahwa barang bekas yang akan aku jadikan mainan, benar-benar AMAN untuk si kecil.

  • Kriteria Barang Bekas yang Aman untuk Bahan Membuat Mainan


Soal AMAN, aku punya kriteria sendiri nih untuk barang bekas yang akan aku jadikan sebagai bahan membuat mainan. 

Pertama, harus bersih. 
Kedua, tidak ada bagian yang tajam. 

Kalau sudah lulus ini, baru deh aku mulai membuat mainan.

  • Cara Membuat Mainan Track Balapan Mobil
Bahan :
1 kardus bekas air siap minum/mie instas. 
4 kardus susu formula
Isolasi
Double tip
Gunting

Cara membuat :
Gunting kardus bekas air mineral kemasan gelas lalu dibentuk memanjang. 
Bungkus sisi kardus air mineral yg sudah digunting tadi dengan isolasi/lakban. Agar terhindar dari pinggiran kardus yang tajam.
Gunting bagian atas kardus sufor. Lalu bagi dua tepat di bagian cover dan belakang. Yang digunting jangan di bagian samping.

Letakkan di atas kardus bekas air mineral kemasan gelas lalu direkatkan dengan duble tip. Dan jadilah seperti ini. 
TARAAAAAA.................



Cara bermain :
Karena mainan ini untuk menstimulus linguistik dan interpersonal si kecil. Jadi yaaaa, cara bermainnya tidak hanya balapan dua mobil saja. Melainkan juga bisa ditambahkan dengan menambah kosa kata si kecil, membuatnya lebih komunikatif, dan mau main bersama.



  • Agar Si Kecil Nyaman Saat Bermain.

Setelah aku selesai membuat mainan, selanjutnya adalah.........main-main donk yak. Bukaaannnn. Belum sampai situ. Ada yang harus dipastikan lagi. Yakni soal NYAMAN.

Menghadirkan rasa nyaman saat bermain juga penting loh. Karena apa ? Dengan rasa nyaman saat bermain, maka tentu  si kecil akan lebih happy dan antusias saat bermain. Selain itu juga, maksud dan tujuan dari kegiatan bermain tersebut dapat tercapai. Lalu si kecil pun dengan mudah memetik manfaat dari aktivitas bermain itu sendiri.

Nah untuk menghadirkan rasa nyaman saat bermain, terutama saat bermain di dalam rumah, ada beberapa hal yang aku lakukan :
  1. Memastikan lokasi bermain jauh atau tidak ada sesuatu yang berbahaya misal listrik. 
  2. Menciptakan ruangan yang sejuk alias tidak panas. Dengan cara menyalakan kipas angin atau membuka pintu jendela agar sirkulasi udara terasa lebih baik.
  3. Dan memastikan kondisi si kecil dalam keadaan prima. Tidak nampak ngantuk, lelah apalagi sakit.
***
Eh ngomong-ngomong soal sakit nih, aku paling takut loh kalau si kecil sakit. Terutama demam. Parno gitu. Sebab si kecil pernah mengalami step yang diawali dengan demam tinggi. Jadi, agar hal itu tidak terulang lagi,Karena sudah pasti, maka aku selalu menyiapkan obat penurun panas, termometer,  perlengkapan untuk mengompres, alkohol 75 % hingga bawang merah.

Untuk obat penurun panas, aku memilih Tempra Syrup Paracetamol dengan rasa kesukaan si kecil, rasa anggur.

Mengapa Tempra Syrup ?

  • Karena Tempra Syrup adalah obat untuk menurunkan panas dan meredakan nyeri untuk anak usia 1- 6 tahun. Dan usia si kecil ken berada dalam rentang itu.
"Ada apa aja ya Mah, di Tempra Syrup ini ?".

  • Setiap 5 ml Tempra Syrup mengandung 160 mg paracetamol. Yang mana fungsi dari paracetamol disini adalah sebagai antipiretika pada pusat pengaturan suhu di otak. Jadi bisa dibilang, antipiretika mengirimkan sinyal ke pengaturan suhu di otak untuk menurunkan suhu panas tubuh. 
  • Selanjutnya yaitu, di dalam kandungan tersebut juga terdapat analgetika yang berfungsi meningkatkan ambang rasa sakit. Jadi, dengan adanya analgetika ini, rasa nyeri yang dirasakan si kecil saat demam akan sedikit berkurang.
  • Tempra Syrup memiliki varian rasa yang disukai anak-anak.
Yummyyyy

  • Tempra Syrup mudah didapatkan.

Beli di apotek dekat rumah

  • Diproduksi oleh PT. Taisho Pharmaceutical Indonesia Tbk. Di bawah pengawasan Thaiso Pharmaceutical Co., Ltd. Tokyo Jepang.
Kalau ada Tempra Syrup di rumah. Perasaan aku lebih tenang. Sedia payung sebelum si kecil sakit demam. Begitu.

Nah itu tadi soal obat penurun panas yang aku siapkan di rumah yakni Tempra Syrup. Sekarang, kembali ke laptop. Yihaaa,

***

Jadi seperti itulah tahapan membuat mainan untuk si kecil, dari menentukan ide, hingga memilih bahan. Serta bagaimana membuat aktivitas bermain menjadi nyaman untuk si kecil.

Panjang ya prosesnya ? Lumayan, nggak bikin sampai lu manyun koq *hahay. Tapi, nggak apa-apalah yah. Kan demi anak juga tho, demi senyum merekah di wajahnya, demi manfaat yg bisa si kecil rasakan dari aktivitas bermain, demi si kecil bisa bermain dengan AMAN dan NYAMAN.

Alhamdulillah nih, meskipun terbuat dari barang bekas, selama ini, si kecil nampak enjoy dan happy-happy saja saat memainkan mainan yang aku buat. Alhamdulillah.

~***~

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Tempra yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman dan opini pribadi. Artikel ini tidak dapat menggantikan hasil konsultasi dengan tenaga kesehatan profesional.

Comments

  1. ya ampuun mbak kreatif banget itu sampe bikin sirkuit ha ha ha .. dan si ganteng ini pasti senang mainnya.. mbak aku juga pernah lihat anak teman, duhh yang suka berantakin mainan .. ada tips gak mbak tentang itu? siapa tahu nanti kalo sudah punya anak, jadi ilmu buat aku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahhh, kalok soal itu mah, ....
      Masih jd pr jg bwt aku mbak, hahayyy,
      Si ken jg suka gt, mainannya bertebaran dimana2. Walhasil kalok jln di dlm rumah udh seperti jln di kebun ranjau..
      Jd maaf ya mbk, blm punya solusi soal itu, hehe

      Delete
  2. Coba ah..Bikin sirkuitnya, bahannya sederhana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya mbk, cm kardus sufor aja,
      Selamat mencoba, :)

      Delete
  3. Wah seru ya buat track mobil-mobilan gitu...

    ReplyDelete
  4. Mbaaak.. aku boleh nyontek idenya nggak? Tapi aku pengen buatin garage parkir yang nggak ngabisin banyak tempat, tapi truk besar muat nggak ya di jalur parkirnya? hahahay..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Truknya dibikinin parkiran sendiri aja mbk ran, :)

      Delete
  5. Kalau mbak Inda chakim emang kreatif, sering ada DIY mainan anak. Nah, ini solusi banget buat yang minim budget, selain itu juga merangsang kreativitas anak ke depannya. Sehat selalu ya jagoannya.

    ReplyDelete
  6. Ibunya telaten nih bikin mainan kreatif buat anak, anak jadi senang riang gembira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbk ev alhamdulillah, si ken happy waktu main ini, :)

      Delete
  7. Itu kreatif banget ya Bikin prosotan buat mobil-mobilnya...

    Mudah2an anak makin senang dan makin kreatif aja ya...

    ReplyDelete
  8. Wah...ga jadi loakin karton2 bekas deh. Makasih ya idenya...

    ReplyDelete
  9. suka banget liat ken kalo lagi main sama DIY buatan mba Inda... hmmm tertarik nyobain bikin track balapannya. seru nih mba kelihatannya. mumung di rumah ada kardus2 yang ga kepake... siap mencontekkkk :-)

    ReplyDelete
  10. Waw, keren ini idenya. Coba buat juga aaah. Bahannya sangat dekat dengan kita ya mbak. Di rumah ada banyak hehehe.

    ReplyDelete
  11. anak-anak pasti betah tuh main dengan sirkuit bikinan sendiri :) Makin kreatif juga jadinya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhmdulillah betah mbk, lumayan lama mainnya, :)

      Delete
  12. Keren niiih ... Bundanya kreatif pake banget. Ntar aku cb buat utk ponakan ah. Tfs ya mbaak :)

    ReplyDelete
  13. Track nya kece, dari pada beli yang terbuat dari plastik juga ya mbak, belum tentu aman buat anak. Nah kalo Tempra ini kayaknya favorit ibu-ibu yang selalu sedia di rumah, karena aku pun juga siapin obat penurun demam ini mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos mbk, wajib pokoknya ya mbk nyiapin obat penurun panas di rumah

      Delete
  14. Pengen nyoba ah tes kecerdasan onlinenya.. TFS mba.. Selamat main, Ken ��

    ReplyDelete
  15. Pengen coba bikin sirkuit juga ah, secara si adik udah mulai sukamainan hot wheels :)

    ReplyDelete
  16. Seru banget Mbk itu sirkuit mobilannya, ikutan mau buat juga ya, makasih sharingnya

    ReplyDelete
  17. Murah meriah ini mainannya.. kalau beli mah ratusan ribu..

    ReplyDelete
  18. Wah, ide mainannya keren mbak. Seru tuh, kebetulan anak2ku suka main hot wheels juga jadi bisa pakai alternatif bikin jalanan dari kardus tuh. Makasih sharingnya ya mbak

    ReplyDelete
  19. Waah... jadi deh track mobilannya. Bisa betah deh main mobilan seHarian.
    Hemat dan cerdas nih bundanya Ken

    ReplyDelete
  20. Infonya bermanfaat sekali, jadi harus tau kecerdasan apa yg mau distimulus baru bkin mainannya ya mba..
    Nice post ��

    ReplyDelete
  21. Jadi pengen bikin juga sama anak2. :D

    ReplyDelete
  22. Keren. :D Bikin mainan edukasi bareng anak memang super manfaatnya. :)

    ReplyDelete
  23. Kalki dan Kavin juga suka banget main mobil-mobilan jadi cara buat track mobil balap dari bahan-bahan bekas kardus susunya mau saya terapkan di rumah. Kebetulan saya ada kardus susu bertumpuk-tumpuk juga, udah ditumpuk aja gitu di dapur hehehe

    ReplyDelete
  24. bagus jalan mobilnya...duh saya mah ga rajin bebikinan mainan

    ReplyDelete
  25. Mbaa, keren mainannya^^ bisa mevvah yaa dengan kardus jugaa... anak2 happy emaknya jugaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya mbk, emaknya juga happy, ;)

      Delete
  26. Wah kreatif bgt ya si mama yg satu ini �� keren buatannya nih. Anak mbak pasti bangga punya mama hebat gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbk Nurul, dikau jg kece,
      Masih apalah2 mah aku mbk, masih buanyaaakkk yg kudu eikeh pelajari lg nih,

      Delete

Post a Comment

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Popular posts from this blog

Cara Menghaluskan Daging Tanpa Mesin

Idul Adha. Daging dimana-mana. Bingung mau dimasak apa. Akhirnya dibikin bakso saja.
Yup, meluncurlah kami, daku dan suami, ke pasar, bukan hendaak berkeliling keliling pasar, tp hendak menggiling daging kurban jadi adonan. Di rumah, tinggal dibentuk bulat bulat plus bikin kuaahnya saja.

Tiba di tempat giling daging. Beugghhh. Harum semerbak nan memblenek. Yah namanya jg tempat penggilingan daging. Jadi ya gitu ituh.

Kami memilih tempat yang sudah direkomendasikan tukang bakso langganan kami. Di tempat itu, kita bisa request mau adonan yg begini atau yg begitu. Kami sih memilih yg begini aja. Kan buat dikonsumsi keluarga.

Kami harus mengantri, karena banyak yg seperti kami. Bingung mau dimasak apa lagi tuh daging sapi.
Masa menunggu, membuat daku bergumam: "koq gitu?".
Kenapa ?.
Kebersihan tempat bisa dikatakan lumayan lah daripada sebelah2nya. Yg bikin perasaan jadi gimanaaa gitu, karenaaaaaa. Yg handle adonan itu lohhh, laki laki berkaos singlet. Kalau ada yg netes dari ce…

4 Merek Panci Presto Terbaik

Satu atau dua hari sebelum lebaran biasanya para ibu rumah tangga, seperti kita-kita nih, sudah mulai mempersiapkan beraneka macam hidangan yang lezat seperti opor ayam dan ketupat donk ya. Nah untuk menghasilkan opor ayam yang empuk, kita pasti membutuhkan yang namanya panci pressure cooker (presto). Dengan menggunakan panci presto ketika merebus ayam, daging akan cepat matang dan empuk dalam waktu yang singkat. Selain itu penggunaan gas juga akan lebih hemat dan makanan akan menjadi lebih sehat karena gizi yang terkandung dalam ayam akan tetap terjaga. Berikut adalah daftar empat merek panci presto terbaik yang bisa kita dapatkan di online shop banyak diskon MatahariMall.
1. Airlux Panci Presto PC7216 Panci presto berkapasitas 16 liter ini bisa memasak makanan 3-10 kali lebih cepat daripada panci yang biasa kita gunakan. Panci ini dilengkapi dengan safety valve dan safety cover lock yakni lubang pembuangan uap atau udara yang berfungsi sebagai pengaman pada saat panci presto diguna…

Aneka Pilihan Atasan untuk Celana Kulot.

Siapa di sini yang lebih suka memakai celana daripada rok ?, hayooo ngakuuuu *sambil ngacung paling tinggi. Yup, aku begitu. Lebih suka memakai celana daripada rok. Membuat aku lebih mudah bergerak. Entah itu naik motor, memanjat pohon mangga, atau berlari saat dikejar-kejar Aliando, Varel, Rasya dan Al Ghozali *lalu dinyonyorin fans mereka.
Memang, sejak SD hingga SMA, aku sudah terbiasa memakai rok. Namun sepertinya saat-saat itu aku sering mendzalimi rok-rok sekolahku. Robek sana sini cyin. Bagian depan maupun belakang juga bagian kanan dan kiri. Robek. Entah karena jahitan roknya yang kurang rapi nan kuat atau karena langkah kakiku yang beringas. Entahlah.
Begitu lulus SMA, aku benar-benar menyimpan rok-rok ku. Jadi saat kuliah aku jarang memakai bawahan rok. Lebih sering memakai celana jeans, celana aladin, dan celana kulot. Hal yang demikian tersebut berlangsung sampai sekarang, saat aku sudah menjadi seorang ibu yang imut dan lucu juga gemesin *huwek. Ditambah lagi dengan akti…