Skip to main content

Posts

Showing posts from September, 2017

Aneka Masakan Menu Tradisional dan Kiat Memasaknya Agar Cepat Matang

Masyarakat Indonesia tentu tidak akan pernah kehabisan ide untuk menyajikan menu terbaik di rumah sebab aneka masakan khas siap dieksekusi sendiri. Indonesia yang merupakan negara kepulauan memiliki beragam kuliner khas sehingga bisa dijadikan sumber inspirasi dalam menyajikan menu di rumah.
Menyajikan menu istimewa tidak melulu menghadirkan menu dari bahan mahal, sebut saja seperti daging merah, seafood, dan lain sebagainya. Bahan murah dan seadanya jika diolah dengan benar akan menjadi masakan enak. Menu tradisional dari berbagai daerah di tanah air memang dikenal termasuk menu yang membuat siapa saja kerepotan di dapur.
Alasannya adalah:  Pemakaian rempah yang cukup banyak dan ketika diracik pun tidak bisa sembarangan supaya enak. Pemakaian daging yang butuh waktu lama untuk dijadikan empuk. Kerap memakai santan sehingga ribet memarut kelapa dan mengambil santannya. Dan lain sebagainya.

Bagi siapa saja yang belum terbiasa mengolah menu-menu tradisional dijamin akan kelabakan, te…

7 Alat Masak Produk Home dan Living Bisa Membuat Masakan Ibu Seperti Masterchef

Mamis,
Aku mau membuat sebuah pengakuan nih.
Bahwa sebenarnya Aku itu tidak pandai memasak. Hiks.
Mamis, pernah masak ceker ayam nggak ? Bagian kuku cekernya Mamis hilangkan tho ? Nah aku nggak loh, Mamis. Aku nggak tahu dan nggak peka juga sih bahwa seharusnya kuku ceker harus dihilangkan. Bukan malah dibiarin utuh. Parah kan ?.
Trus, Mamis pernah bikin sayur dan lupa naruh garam ? Nah aku pernah begitu. Sering. Selain itu, aku juga hampir nggak pernah bikin masakan yang mengandalkan rempah-rempah. Karena pasti rasanya bukan malah enak. Tapi berasa jamu. Haiyaaahhhh.
Maka dari itu, aku berusaha banget biar bisa masak. Aku juga rajin memperkaya pengetahuan aku tentang mengolah bahan yang mau dimasak. Biar kejadian kuku ceker yang masih utuh itu tak terulang lagi.
Beberapa usaha yang aku lakukan adalah mengumpulkan resep masakan. Baik dari google, blogpost teman-teman blogger atau timeline fb. Yaaaaa....meskipun ujungnya hanya begini, simpan dulu lalu entah kapan praktiknya. Bhahah…

Cara Membuat Papan Tulis Putih (Whiteboard) dari Barang Bekas

Mamis, Sebagai ibu, kadang kita dituntut untuk mampu melakukan kreasi ini itu, bereksperimen tentang ini atau itu, atau membuat terobosan begini atau begitu. Demi memberikan yang terbaik untuk keluarga.Nah, alhamdulillahnya nih, kita bisa menjalani tuntutan tersebut dengan baik. Lebih banyak berhasilnya daripada gagalnya kan Mamis ? Iyup.Kreasi, eksperimen atau terobosan yang kita buat pun terkadang hasil dari pikiran kita sendiri, atau kadang juga berasal dari googling atau nonton youtube. Tanpa perlu kursus terlebih dahulu. Eee tau-taunya bisa aja mah. Mungkin ini adalah salah satu anugerah yang Allah kasi buat kita. Dan harus kita gunakan sebaik mungkin. Terutama pada saat hal yang tidak kita inginkan terjadi. Seperti apa yang terjadi di keluarga kecil aku nih Mamis yang tengah dikunjungi cobaan bernama ekonomi. Dah, siapa sangka hal ini bakal terjadi cepet banget kan Mamis. Secara nih, waktu awal nikah, aku sama suami tidak menemui kesulitan yang berarti soal ekonomi. Tanpa tanda-…

Jangan Belajar Parenting

Jangan Belajar Parenting Kalau.... ~ Patut disyukuri bahwa sekarang kita hidup di zaman canggih seperti ini. Dimana informasi pun dapat begitu mudah kita dapatkan. Tinggal klak klik klak klik lalu JEBRET. Parenting adalah satu informasi yang amat cepat bisa kita dapatkan. Iyup, ada begitu banyak artikel yang membahas tentang ini. Mulai dari artikel parenting yang dimulai sejak si kecil masih dalam kandungan hingga usia remaja.  Buanyak. Dan begitu beragam. Mengingat pakar parenting pun membludak. Berbanding lurus. Kemudahan mendapatkan informasi parenting membuat sebagian orang juga mudah untuk mengiyakan bahkan ada juga yang langsung mempraktekkannya. Tanpa menimbang-nimbang terlebih dahulu. Apakah parenting dengan cara seperti ini cocok dipraktekkan untuk buah hati yang memiliki karakter seperti ini ? Dengan kondisi seperti ini, apakah bisa mengikuti parenting yang begini ? Dan sebagainya.Penting untuk menyaring ilmu parenting yang diperoleh dengan mudah nan instan tersebut. Sebab b…