Aneka Masakan Menu Tradisional dan Kiat Memasaknya Agar Cepat Matang

Masyarakat Indonesia tentu tidak akan pernah kehabisan ide untuk menyajikan menu terbaik di rumah sebab aneka masakan khas siap dieksekusi sendiri. Indonesia yang merupakan negara kepulauan memiliki beragam kuliner khas sehingga bisa dijadikan sumber inspirasi dalam menyajikan menu di rumah.

Menyajikan menu istimewa tidak melulu menghadirkan menu dari bahan mahal, sebut saja seperti daging merah, seafood, dan lain sebagainya. Bahan murah dan seadanya jika diolah dengan benar akan menjadi masakan enak. Menu tradisional dari berbagai daerah di tanah air memang dikenal termasuk menu yang membuat siapa saja kerepotan di dapur.

Alasannya adalah: 
Pemakaian rempah yang cukup banyak dan ketika diracik pun tidak bisa sembarangan supaya enak.
Pemakaian daging yang butuh waktu lama untuk dijadikan empuk.
Kerap memakai santan sehingga ribet memarut kelapa dan mengambil santannya. Dan lain sebagainya.


Bagi siapa saja yang belum terbiasa mengolah menu-menu tradisional dijamin akan kelabakan, terlebih jika minim persiapan. Maka idealnya sebelum mengeksekusi salah satu menu tradisional untuk disantap keluarga sendiri usahakan sudah menyusun aneka persiapan. Ketika sudah paham bagaimana trik mengolah menu tradisional di dapur otomatis waktu memasak pun akan menjadi lebih singkat. Sisa waktu yang dimiliki bisa dipakai bebersih dapur atau istirahat sejenak sebelum tiba jam bersantap bersama keluarga.

Trik Agar Memasak Menu Tradisional Semakin Singkat.
Banyaknya langkah dalam mengolah satu diantara aneka masakan tradisional bisa membuat waktu berkutat di dapur sangat panjang. Maka jadikan lebih singkat dengan beberapa trik di bawah ini :

1.Jika memakai daging gunakan panci presto.
Daging merah seperti kambing ataupun sapi tentu memerlukan proses memasak yang lama, selain itu juga ada daging ayam kampung. Supaya tidak boros gas dan waktu di dapur lebih singkat gunakan panci presto. Panci satu ini dirancang memaksimalkan proses memasak makanan agar masak sempurna dan merata sehingga bisa dijadikan solusi.


2.Sediakan bumbu basah sendiri di kulkas.
Ada kalanya ketika memiliki waktu luang biasakan untuk dipakai membuat bumbu basah, paling tidak mencampur antara bawang merah, bawang putih, ditambah ketumbar ataupun kemiri. Keempat rempah ini kerap dipergunakan saat mengolah daging dan menjadi rempah khas untuk hampir semua masakan tradisional. Supaya cepat haluskan dengan blender memakai minyak bukan air, saat dibutuhkan tidak perlu lagi meracik bumbu tinggal ambil di kulkas.


3.Siapkan semua bahan di malam sebelumnya.
Menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan juga efektif mempersingkat waktu memasak di dapur untuk pembuatan menu tradisional. Akan tetapi pastikan memilih bahan berkualitas sebab bisa jadi supaya bisa disiapkan malam sebelum esok pagi diolah maka bahan tersebut dibeli sehari sebelum diolah. Anda bisa mulai mengiris daging yang akan digunakan, melaminasi daging ataupun ikan dengan bumbu selama semalam penuh, dan memotong aneka sayur sebagai bahan pelengkap, Besok paginya tinggal dimasak dan dijamin waktunya lebih pendek.


4.Merebus daging bisa dilakukan malam sebelumnya.
Sebelum mengolah menu tradisional yang cenderung ribet, maka pastikan sudah merebus daging yang akan diolah di malam sebelumnya. Mengingat proses merebusnya lama maka kita bisa meninggalkan daging di panci rebusan untuk aktifitas lain. Namun jangan sampai terlupa, sehingga besok paginya daging sudah agak lunak dan cepat masak. Gunakan daging berkualitas, belanja online bisa dijadikan pilihan untuk diantarkan dengan ojek online sehingga memasak aneka masakan tradisional lebih praktis.

1 comment:

  1. aku belum punya panci presto mak Ken jadi klo masak daging lamanya menguras keringat hahaha *lebay :p semoga next punya niy panci doain y mak Ken yang solehah biar kesampean :p

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Follow by Email

Keluarga Harmonis : Kolaborasi Antara Istri dan Resik V Manjakani Whitening Untuk Suami Terkasih

Adakah yang bertujuan menikah untuk kemudian bercerai ? Aku rasa, setiap pasangan menikah, pasti mengharap untuk menjadi keluarga yang h...