Baca Ini Dulu, Sebelum Beli Kolam Renang Plastik untuk Anak

Mamis, 

Sejak resmi menyandang status sebagai mamak-mamak. Sepertinya, saat itulah, naluri ke-emak-anku juga muncul dengan gemilang. ((GEMILANG)). Salah satunya yaitu, suka banget ngekepin duit dari hal-hal yang berbau 'sekedar pengen', 'laper mata', atau 'khilaf mata'.

Nah, dengan naluri begitu, aku jadi lebih mikir kalau mau beli apa-apa. Trus ujung-ujungnya nggak jadi beli gitu kan ya ? Iya sih. *hahay. Tapi yaaa nggak gitu juga kali ah. Ada yang jadi koq. Tentunya setelah pertimbangan yang dalam. Sedalam cinta patkay sama adik cang e. Bhahaha.

Yang jadi bahan pertimbangan aku nih, biasanya, dari segi harga. Teteup nomor satu lah yah kalok soal harga. Hihi. Trus yang kedua dari bahannya. Dan terakhir manfaatnya.

Soal manfaat, sering aku praktekkan saat aku mau beli kebutuhan untuk si kecil. Secara kan ya, bocah kan cepet gede. Pertumbuhan dan perkembangannya kilat banget booo'. Bocah udah bolak balek beli baju. Emaknya cuma beli satu. Itupun cuma daster semriwing. Karena ada bagian ventilasi yang cukup besar di area ketiak daster. Isis cyin. 😄. Begitu pun dengan mainan bocah. Oleh sebab itu, sebelum beli kebutuhan buat bocah aku selalu mempertimbangkan segi manfaat. Bisa diexplore, atau dipakek buat apa aja nih. Gitu. Ribet yak. Ya gitu deh.

Meskipun ribet, tapi cihuy koq, Mamis. Maksudnya ? Yaaa minimal kemampuan analisis kita terasah lah yah. Ceileee. Trus bisa mengasah sisi bernaungnya ide-ide kreatif kita. Serta pengaturan keuangan keluarga yang jadi amat aman terkendali.

Jadi waktu bapak bocah usul ingin membelikan kolam renang plastik buat bocah. Aku pun melakukan hal-hal yang aku sebutin di atas tadi. Telusuri satu-satu. Harga sudah oke. Bahan juga yok i. Tinggal manfaat : "Kira-kira, kolam renang plastik ini bisa dimanfaatkan apalagi selain buat mandi atau main air yak ?".
Dah, mikir-mikir, akhirnya ketemu dah. Ting. Dan berikut aneka ide memanfaatkan kolam renang plastik anak. 

1. Sebagai tempat mandi
Ini sudah pastilah yah. Buat mandi, buat main air. Eh tapi aku pernah sih minjem kolam renang plastik bocah buat nampung air waktu ada 'pemadaman' air pdam bergilir.

2. Main mandi bola
Ini tinggal beli bolanya aja sih yah. Bola plastik yang warna warni itu. Murcek cing cing ping alias murah koq, Mamis. 45 ribuan sudah dapet 100 bola. Tapi belinya di toko mainan yang harga grosir ya, Mamis. Biar dapet harga miring. Uyeaahh.

3. Ayunan atau jungkat jungkit.
Kalau yang ini, munculnya waktu udah beli sih. Itupun idenya bukan dari aku. Tapi dari bocah. Main ini berhasil bikin bocah plus aku selaku emak bocah tertawa cekikikan.

Ide memanfaatkan kolam renang plastik anak


4. Tempat sembunyi
Sama dengan yang nomor 3. Dan idenya pun dari bocah juga.
Aneka ide memanfaatkan kolam renang plastik anak
Yeaayyy ketemu'
Sebenarya aku mau bikinin rumah beratap kolam renang plastik. Tapi bocah nggak mau. Kata bocah : "Buat sembunyi, Mah". Yaudah deh. Jadi tempat sembunyi bocah deh kalok kami lagi main petak umpet keluarga dimana yang jaga selalu bapak bocah. 🤣

Itulah beberapa ide untuk memanfaatkan secara maksimal kolam renang plastik anak. Semoga ini, dapat membantu bagi Mamis, yang mungkin ingin membelikan kolam renang plastik untuk anak tapi masih kepentok pentok. Terutama kejedot di kalimat "selain buat mandi, trus buat apa lagi ?". 

Ide Bisnis Tanpa Modal yang Berpotensi Berhasil

Akhir tahun 2017 menjadi waktu yang sangat cocok untuk memulai membangun sebuah bisnis lantas mengembangkannya. Prospek yang ada di tahun ini memberikan banyak sekali hal yang menjanjikan karena memang trend pasar yang selalu bergerak dengan cepat. Perkembangan ekonomi yang berjalan saat ini juga sangat pesat sehingga secara linear berdampak pula pada persaingan yang sangat ketat. Namun jangan khawatir karena hal tersebut tidak akan menjadi penghalang Kamu yang benar-benar memiliki keinginan untuk memulai sebuah usaha. Kreativitas harus diciptakan dengan bungkus yang sangat menarik untuk dapat memenangkan persaingan tersebut. Selain itu, beberapa elemen penting dalam usaha seperti relasi, pengalaman, tenaga kerja, lokasi, dan modal menjadi hal yang benar-benar harus dipikirkan dengan matang.

Modal tampaknya dianggap sebagai satu-satunya penghalang yang membuat banyak sekali orang akhirnya memutuskan untuk mundur dari rencana bisnis yang sudah direncanakan dengan sangat matang. Persoalan modal dianggap sebagai satu-satunya penyebab mutlak gagalnya mereka dalam merintis sebuah usaha. Hal tersebut tentunya tidak benar karena zaman sekarang memiliki banyak sekali kemudahan dalam mengakses modal dengan sangat mudah. Pinjaman online langsung cair bisa dijadikan sebagai salah satu solusinya. Di lain pihak, banyak calon pebisnis yang bingung cara mengakses pinjaman tersebut dan tidak pernah percaya pada pinjaman tunai tanpa agunan. Padahal cara mendapatkan modal dengan cara ini bisa menjadi batu loncat bagi Kamu untuk dapat mewujudkan impian menjadi seorang pebisnis yang sukses. Setelah mendapatkan modal tersebut lalu ide bisnis apa yang kemudian memiliki potensi keberhasilan yang besar? Jangan bingung atau galau. Pada kesempatan kali ini secara khusus Aku akan membahas mengenai beberapa ide bisnis yang cocok digunakan sebagai pilihan.

1.    Usaha waralaba sangat cocok untuk pemula
Belum memiliki pengalaman dan modal yang terbatas tidak lantas membuat Kamu mundur dari pertarungan hidup ini, bisnis waralaba akan menjadi tempat Kamu belajar banyak hal mulai dari manajemen bahan, manajemen modal, dan lain-lain dan bahkan bisa dijadikan sebagai tempat pertama membangun sebuah relasi. Nah, bisnis waralaba ini tentunya tidak akan menyulitkan Kamu karena pemilik atau owner dari brand tersebut akan memberikan bimbingan sampai betul-betul berani terjun berjualan di lapangan. Mental juga akan diasah dalam tahap ini. Sebagai seorang pemula, hal-hal yang berkaitan dengan bisnis yang sangat rumit dan memusingkan wajib untuk dihindari. Lakukan bisnis-bisnis kecil dulu lalu pada masa yang akan datang sudah tentu mental lahir batin Kamu akan siap membangun bisnis yang lebih besar daripada yang sekarang.

2.    Usaha dengan menjual jasa
Cara ini menjadi cara yang sangat jitu untuk Kamu yang tidak ingin memusingkan dampak yang akan terjadi jika dalam sehari tidak ada konsumen yang datang. Tidak seperti bisnis kuliner berupa makanan yang dalam sehari bisa saja basi, usaha jasa menjadi hal yang sangat menarik dilakukan karena sangat mudah dan koefisien kerugiannya bahkan mendekati nol. Kondisi pertumbuhan masyarakat yang sangat cepat ini membuat ketersediaan jasa terasa kurang. Nah, usaha yang bergerak di bidang jasa yang mungkin bisa Anda lakukan adalah dengan membuka jasa laundry misalnya. Jenis usaha ini sangat cocok dibangun di tempat yang berdekatan dengan kampus dengan pangsa pasar mahasiswa yang sibuk. Jasa ini selalu dibutuhkan karena setiap tahunnya akan ada penerimaan mahasiswa dan belum tentu pada tahun tersebut mahasiswa lama sudah lulus. Hal ini tentunya menjadi peluang yang sangat besar untuk Kamu. Hanya dengan tempat yang sempit saja semisal ruangan berukuran 3 meter kali 3 meter, Kamu dengan mudah akan meraup banyak sekali keuntungan.

Selain itu, penawaran jasa lain yang dibutuhkan oleh banyak orang yaitu cuci motor dan tempat bimbingan belajar. Produksi motor yang sangat banyak menyebabkan dalam satu keluarga tidak hanya memiliki satu motor. Nah, keadaan ini yang harus dimanfaatkan dengan sangat baik. modal yang dibutuhkan pun lumayan kecil yaitu selang untuk air dan sabun untuk membersihkan motor. Selain jasa laundry dan jasa cuci motor, jasa bimbingan belajar juga laku keras. Orang tua yang terlalu sibuk meniti karier sudah tentu tidak memiliki waktu luang untuk membantu anak dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah.
3.    
      Industri kreatif
Ide bisnis yang kreatif tidak selalu dimiliki oleh semua orang namun ternyata diminati oleh banyak sekali kalangan karena dalam menjalankan usaha ini dibutuhkan keahlian di bidang seni yang mumpuni. Kreativitas dengan hasil yang menakjubkan juga hanya bisa dihasilkan oleh orang-orang yang memiliki tangan terampil. Selain itu, kebanyakan usaha ini berawal dari hobi diri sendiri. Nah, maka dari itu sangat penting sekali bagi Kamu untuk mengembangkan hobi yang awalnya iseng-iseng aja menjadi sebuah usaha bisnis yang keuntungannya tidak main-main dengan nominal yang tidak iseng-iseng. Hobi KAmu yang tidak terbayar pun akan berubah menjadi hobi yang dibayar.

Jenis bisnis kreatif yang bisa Kamu tekuni seperti jasa editing photo, jasa fotografer, menjual souvenir pernikahan, menjual undangan dengan berbagai penawaran desain yang dibuat sendiri, photo editor, jasa pembuatan bantal dengan foto keluarga, dan lain sebagainya. Semua ide bisnis sebenarnya bisa menghasilkan uang tergantung cara pengelolaannya.

4.    Bergerak di bidang fashion
Fashion menjadi hal yang tidak ada matinya. Apa maksudnya? Zaman sekarang ternyata fashion menjadi kebutuhan yang benar-benar sangat primer, khususnya di kalangan perempuan. Bisa dipastikan dalam waktu satu bulan, trend fashion tersebut paling lama bisa bertahan lalu digusur dengan sangat mudah dengan trend yang lainnya. Hal ini tampaknya bisa dianggap sebagai peluang atau tantangan. Peluang bahwa nyatanya inovasi fashion yang Kamu miliki bisa menjadi trend setter atau bahkan tantangan karena jika ternyata diri Anda tidak terlalu mumpuni maka akan dengan sangat mudah usaha tersebut gulung tikar. Beberapa siasat sebenarnya bisa digunakan, yaitu dengan menjadikan hasil terampil dari tangan dingin Kamu bagaimana pun caranya menjadi trend setter pada masa itu. Akhir-akhir ini layanan online menjadi hal yang tidak asing lagi bahkan dapat dipastikan bahwa semua orang dari berbagai kalangan menengah ke atas pernah menggunakan layanan ini. Pergi berbelanja beraneka jenis baju tidak harus dengan cara datang ke toko atau butik tetapi bisa dilakukan dengan online saja. Jika salah satu barang pada online store Kamu sukai, maka langkah selanjutnya bisa dengan langsung menghubungi admin dan transaksi akan dilakukan setelah sudah transfer uang. Barang yang Kamu inginkan pun akan di antar sampai rumah Kamu melalui layanan pengantar barang yang sudah disepakati sebelumnya.


Nah, beberapa ide usaha yang sudah disebutkan di atas bisa Kamu jadikan sebagai pertimbangan untuk dapat memilih jenis usaha yang memiliki prospek besar untuk berhasil dan menghasilkan keuntungan yang berkali-kali lipat.

Si Kecil Ingin Menjelajah Antariksa ? Ke Tempat Wisata Edukasi Skyworld TMII Saja



Hai Mamis,



Bagi orang dewasa seperti kita nih, pengalaman yang kita dapat, kadang cuma lewat begitu saja diingatan. Makwesss. Lalu lama-lama jadi samar-samar. Karena ketumpuk-tumpuk sama ingatan bayar cicilan panci, wajan, atau wadah yang bukan plastik biasa itu, trus bayar arisan, bayar iuran dan sebagainya. Tapi ada juga sih pengalaman yang susah banget kita lupakan. Biasanya pengalaman yang menyangkut soal hati. *ahyak.



Lain halnya dengan anak-anak, begitu dapat pengalaman baru, langsung aja nyantol diingatan mereka. Apalagi kalau pengalaman itu diberikan kepada mereka dengan cara yang menyenangkan atau mereka senang mendapatkan pengalaman itu. Dah, bakal jadi long time memory.



Lebih dari itu. Ternyata nih Mamis, pengalaman dapat memupuk kecerdasan anak-anak juga. Seperti teori yang diungkapkan oleh Pakar Neurologi, Hebb, yang berbunyi :

Pengalaman-pengalaman dan stimulus yang diberikan pada masa kanak-kanak lebih berpengaruh terhadap kecerdasan daripada pada masa dewasa.



Kebayang kan ya, Mamis. Seberapa penting memberikan pengalaman atau stimulus kepada anak-anak kita. Jadi cuslah yuk ngasih mereka aneka macam pengalaman. Yuk yak. Yukkk.


Si Kecil Ingin Menjelajah Antariksa
Beri pengalaman lewat permainan


Aku pun tengah mengusahakan hal ini, Mamis. Memperkaya pengalaman si kecil ken. Melalui aneka mainan, menunjukkan beberapa video untuk anak-anak, mengajak berinteraksi dengan apa yang ada disekitarku dan si kecil ken dan lain sebagainya.

Dalam usaha tersebut, ada beberapa pengalaman yang aku berikan secara bertahap dan berkesinambungan. Salah satunya yaitu pengalaman mengenal tentang The Solar System atau sistem tata surya.



Awalnya, aku cuma ngenalin si kecil ken dengan yang namanya bintang-bintang. Pakai lagu anak-anak itu loh, Mamis. Twinkle-twinkle little star. Si ken suka banget sama lagu itu. Trus lagu ambilkan bulan, Bu. Lalu lagu nama-nama planet dan sebagainya. Banyak dah.
  
Si Kecil Ingin Menjelajah Antariksa

Nah, sampai di titik ini aku belum 'ngeh" kalau si kecil ken tertarik dengan apapun yang berhubungan dengan luar angkasa. Dongdong kn yak. *wahaha. Hingga akhirnya aku melihat si ken fokus banget nonton boboboi yang episode luar angkasa. Si ken hampir nggak kedip euy. Saking fokus banget nontonnya.



Makin kesini, si ken makin menunjukkan ketertarikannya. Suka gambar roket atau planet-planet. Bahkan akhir-akhir ini ia sering banget mengungkapkan keinginannya untuk ke luar angkasa.



"Mah, Ken mau ke Jupiter, naik roket buesar yang cepat cus".



Atau seperti ini.



"Ken mau ke luar angkasa, naik roket sama angry bird". *lah



Melihat hal itu, diam-diam aku naruh keinginan nih, Mamis. Do'a dalam hati. Semoga suatu hari aku bisa memperkaya pengalaman si ken tentang segala hal yang berhubungan dengan luar angkasa. Tidak melalui gambar, nonton video-video atau mainan saja. Tapi pengalaman yang lebih nyata.



Untuk memberikan pengalaman yang lebih nyata itu, rupanya, di tempat tinggalku belum ada. Tapi aku nggak perlu bermuram hati lah yah karena toh di TMII juga ada. Namanya SKYworld TMII.

 
Fp. Skyworld Indonesia TMII

Aku sudah cukup lama mantengin informasi soal SKYworld TMII ini. Karena apa ? Beda aja gitu dari tempat-tempat wisata edukasi antariksa lainnya. Kalau di SKYworld lebih variatif. Selain itu juga, di SKYworld juga ada kegiatan atau aktivitas yang bisa diikuti oleh anak-anak.

Karena beda, tentu harga tiket masuknya juga agak lebih mahal dari tempat wisata edukasi antariksa yang lain. Wajar lah yah.



Kalau soal ini nggak perlu khawatir. Apalagi ini demi menambah pengalaman berharga buat si kecil bukan ? Tapi berubung emak-emak yang sukanya bayar satu dapat dua. Jadi ya tetep aja usaha. Berburu gitu. Bagaimana caranya agar anak happy dan kantong aman. Hehe.



Alhamdulillah, aku sudah tahu ni Mamis. Bagaimana cara mendapatkan voucher diskon tempat wisata Skyworld TMII. Aku share nih yah.



Caranya gampang. Kita tinggal berkunjung saja ke BambiDeal atau bambideal.id . Lalu ketik Skyworld di kolom pencari. JEBRET. Muncul dah. Trus tinggal klik kita sudah dapat tiket masuk Skyworld dengan harga miring. Semula Rp. 60.000 menjadi Rp. 49.000 . 
Voucher Diskon Tempat Wisata di Bambideal
Sumber gambar : Bambideal
Trus trus makeknya gimana ? Cara pakainya mudah koq. Seriusan. CARA REDEEM Voucher Diskon Bambideal yakni bisa dengan menunjukkan voucher via handphone dengan cara klik " unduh " dan menunjukan QR Code dari hasil unduhan file tersebut kepada staff waterbom untuk di scan di pintu masuk. Atau bisa juga dengan cara voucher di print / di cetak di kertas dan diserahkan kepada staff waterbom untuk di scan di pintu masuk.

Jadi seperti itulah cara mendapatkan voucher diskon tempat wisata di SKYworld TMII. Voucher yang bikin tiket masuk ke SKYworld TMII jadi Murah Sekali alias Murce' cing cing ping.



#SekilasInfoPenting



Oya, Mamis. Aku mau berbagi #SekilasInfoPenting nih. Bahwa sekarang, di Bambideal lagi ada PROMO Voucher Diskon untuk tempat wisata yang lagi populer di Jakarta dan dijamin pasti bakal bikin si kecil antusias dan happy, serta penuh manfaat. Karena di wisata ini, tidak hanya dapat melatih motorik si kecil tapi juga dapat dijadikan sebagai tempat belajar bagi si kecil. Mulai dari belajar antri, belajar mandiri, berani, serta lebih kenal bahkan mau belajar olahraga air dan banyak manfaat lainnya. Lalu apa donk nama tempat wisatanya ? Dah, kalau sudah berhubungan dengan air, maka jawabannya apalagi kalau bukan, Waterbom JAKARTA.


Harga tiket masuk ke WATERBOM PIK ini berkisar 200 ribuan. Tapi, kalau beli di Bambideal, kita bisa dapat harga tiket masuk waterbom pik jauh lebih murah, Mamis. Dari harga tiket masuk waterbom pik sebesar Rp. 270.000 menjadi harga tiket masuk waterbom pik murah yakni hanya Rp. 85.000. Mantab banget di jiwa kita kan, Mamis. Hahay.
Voucher Diskon Tempat Wisata Waterbom PIK di Bambideal



Trus, ada lagi nih, kalau Mamis pengen pergi ke tempat wisata apa gitu, atau pengen makan, perawatan atau karaokean. Mamis berkunjung saja ke Bambideal. Sapa tahu, di Bambideal juga tersedia Voucher Diskon Tiket Masuk tempat yang Mamis tuju. Kan lumayan banget bisa dapat tiket masuk dengan harga murah memakai Voucher Bambideal.

#SekianSekilasInfoPenting

Dah, pokoknya do'a-in ya, Mamis. Semoga aku bisa mengajak si kecil ken pergi ke wisata edukasi antariksa, SKYworld TMII. Biar bisa nambah pengalamannya akan segala hal yang berhubungan dengan antariksa. amin.



Makasih bantuan do'anya ya, Mamis. Do'a terbaik juga untuk kalian. Amin.

***


Pengalaman Pertama Bikin Donat Rasa Endolita Tekstur Sinyorita

Jadi, sejak Ken sekolah, aku mulai rajin lagi belajar masak. Tapi kali ini, yang aku pelajari, khusus bikin cemilan, jajanan buat bekal s...