Jenis Makanan yang Dihindari dalam Memberikan MPASI

Semua orang tentu ingin menjadi orang tua yang baik kepada buah hatinya. Hal ini menuntut orang tua untuk memahami secara pasti mengenai nutrisi yang didapatkan oleh si buah hati. 

Nah, selain asi tentu orang tua harus tahu mengenai menu MPASI 6 bulan atau makanan pendamping asi. Orang tua haruslah tau bahwa MPASI diberikan kepada bayi saat usianya mencapai 6 bulan. 

Namun dalam mengaplikasikan makanan pendamping ini, terkadang masyarakat Indonesia sering melakukan kesalahan mengenai menu apa yang diberikan kepada si buah hati. 

Jadi sebenarnya menu apa saja yang disarankan untuk dihindari diberikan kepada si buah hati ? Kira-kira mengapa menu tersebut tidak diperbolehkan diberikan kepada si buah hati ? 

Sebagai orang tua yang baik, anda haruslah memiliki pengetahuan dasar seperti ini. Oleh karena itu yuk simak sedikit ulasan dari aku mengenai menu-menu yang dihindari selama memberikan makanan pendamping kepada si buah hati.

Hindari jenis MPASI ini untuk buah hati

Dalam memilih menu untuk buah hati, harus memperhatikan beberapa jenis MPASI ini yang sebaiknya tidak diberikan kepada bayi di bawah usia satu tahun. 

Jenis MPASI yang pertama adalah jus. Jus yang dimaksud disini adalah segala macam bentuk jus seperti jus buah atau jus sayur. Jus yang memiliki kandungan serat dan nutrisi yang rendah apabila dibandingkan dengan buah atau sayur yang dipotong atau dihaluskan. Terlebih lagi jus jika terlalu lama berada dalam mulut bayi dapat menyebabkan lubang pada gigi bayi yang baru mulai tumbuh. 

Jenis MPASI kedua yang disarankan tidak diberikan kepada buah hati adalah susu sapi dan madu. Tentu ini merupakan catatan untuk bayi dibawah satu tahun. Pada dasarnya memang susu sapi tidak sesuai dengan kebutuhan nutrisi dari bayi. Memberikan susu kepada bayi justru dapat meningkatkan resiko kekurangan zat besi. Sedangkan madu dapat menimbulkan botulisme pada bayi. Botulisme merupakan kondisi keracunan serius yang disebabkan oleh racun bakteri colistridun botulinum. Racun yang dihasilkan bakteri ini dikenal sebagai salah satu racun yang paling kuat. Oleh karena itu walaupun tergolong masih langka, botulisme termasuk kondisi serius yang mengancam nyawa loh. Jadi kita tentu tidak mau memberikan resiko ini kepada buah hati kita bukan. 

Jenis MPASI terakhir yang disarankan untuk tidak diberikan kepada bayi dibawah 1 tahun adalah jenis biji-bijian dan makanan keras berukuran kecil semacam popcorn, kacang, atau permen. Hal ini dikarenakan jenis makanan seperti ini dapat menimbulkan bayi tersedak. Hindari memberikan makanan cepat saji yang ada di pasaran dan makanan kemasan pada bayi. Hal ini dikarenakan biasanya makanan cepat saji ataupun makanan kemasan memiliki kandungan MSG yang tidak baik untuk buah hati. Tentu akan jauh lebih baik memberikan makanan olahan sendiri menggunakan bahan segar dan bebas pengawet atau bahan aditif lainnya. makanan hasil olahan sendiri sebenarnya juga bisa disiasati dengan  menyimpannya dalam lemari pendingin kemudian dipanaskan kembali saat akan diberikan kepada si buah hati.

Menjadi orang tua cerdas yang mempelajari MPASI

Pada akhirnya menjadi orang tua yang baik adalah menghindarkan jenis-jenis MPASI tersebut untuk diberikan kepada buah hati. Kita tentu tidak ingin memberikan resiko kepada buah hati karena MPASI yang salah bukan. Jadi sebagai orang tua yang baik, mulailah mempelajari jenis-jenis makanan yang disarankan untuk diberikan kepada buah hati dan jenis-jenis makanan yang disarankan untuk dihindari diberikan untuk buah hati.

Suami Tidak Romantis ? Begini Cara Membuat Suami yang Tidak Romantis Jadi Romantis.


Hai 

Kamu sudah pernah nonton film eifel i am in love 1 belum ? Tahu nggak, film itu berhasil mengubah pandangan aku tentang definisi cowok keren loh. 

Sebelumnya, definisi cowok keren versi aku tu, yang seperti Taksido Bertopeng, ganteng, baik, dan sakti. Nah, setelah nonton film eifel i am in love, definisi cowok keren versi aku berubah menjadi begini, bahwa cowok keren itu yang seperti tokoh Adit di film tersebut, yang tinggi, yang jago olahraga, yang cuek cuek cool kas, yang penampilannya cihuy, dan ada romantis manis manisnya gitu. Loh koq, ganteng nggak masuk definisi cowok keren ? Nggak sih, Adit kan nggak ganteng. Kalau ganteng-gantengan mah, adit kalah ganteng dari pemeran Suliwa di film Angling Darma.*hiyat ciyat. 

Dah, jadi ketahuan nih diriku angkatan berapa. *hahay. 

Seiring bergulirnya waktu *ceile. Pandanganku tentang cowok keren pun berubah. Nggak lagi soal citra fisik dan sebagainya, melainkan lebih kepada kepribadiannya. Ya, cowok keren itu yang punya kepribadian jos markojos. Dan aku bersyukur akan hal ini. Nggak kebayang deh, kalau definisi cowok keren versi aku waktu masih masa ababil (abg labil) itu, aku jadikan patokan atau kriteria dalam mencari pendamping hidup. Bakal berabe. 

Etapi ada satu definisi cowok keren versi ababilku dulu yang masih nyangkut sampek sekarang. Yakni soal romantis manis-manis gitu. Namun sayangnya, hal ini belum aku jumpai di diri suami. Ya, suamiku tipe cowok yang nggak romantis, hampir nggak ada manis-manisnya. Karena manisnya ada di aku semua. Bhahahaha. *overpede. 

Contoh nggak romantisnya suami aku nih, misal seperti momen pernikahan kami. Suami inget tanggal berapa, tapi seperti nggak ada hasrat mau bikin sesuatu yang spesial di momen itu. Tanggapan suami cuma gini saat aku bilang ini hari pernikahan kami, "Alhamdulillah". Udah gitu doank. Sementara aku sudah menyiapkan kado spesial pakek telor buat doi.


Tapi, meskipun tidak ada bibit-bibit romantis di diri suami, bukan berarti pupus sudah harapan ingin diromantisin sama suami. Nggak donk. Masih bisa diusahakan. Caranya ? Kita saja yang menebar bibit-bibit romantis ke suami lalu memupuknya. Niscaya, bibit-bibit romantis manis manis tersebut bakal tumbuh subur di diri suami. Optimis. *hahay. 

Lalu seperti apakah gerangan bibit romantis yang ditanam di diri suami atau bagaimana cara membuat suami yang tidak romantis jadi romantis manis-manis. 

Cara Membuat Suami yang Tidak Romantis Jadi Romantis.

Cukup lakukan satu hal saja. Tapi kudu berulang-ulang dan istiqomah serta mulai dari diri sendiri

Yup, kita mulai diri sendiri. Kalau ingin diromantisin sama suami. Yaaa, kita romantisin duluan. Berkali-kali. InsyaAllah lama-lama suami bakal katut alias ikutan romantis. 

Hal ini bisa kita mulai dari romantis yang sederhana. Seperti, bilang "Hati-hati di jalan" saat suami berangkat kerja. Atau menanyakan kabar saat suami sedang kerja juga oke. Yaaa asal jangan ditambahin dengan pertanyaan 'kamu dimana, sama siapa, semalam berbuat apa ?' saja.
Kangen band kali maaakk ... *hahay.

Kalau pengen diromantisin berupa diberi kejutan gitu, yaaaa kita juga harus ngelakuin hal itu lebih dulu. Nah kalau aku, biasanya, ngasih kejutan berupa barang yang sekiranya lagi dibutuhkan sama suami. Salah satunya seperti ini, ngasih hadiah kejutan berupa sarung di hari pernikahan kami. 

Kejutan di hari pernikahan buat suami tersayang *asoy : )

Kenapa sarung ? Beberapa warna sarung suami sudah agak mbulak alias pudar. Jadi aku memutuskan ngado ini deh di hari pernikahan kami. 

Nah meskipun cuma sarung, tapi jangan salah, ada kejutan lain di dalamnya. Yakni....

Kolaborasi istri dan resik v manjakani whitening
Dalam kotak sarung, afa foto pernikahan
dan resik v manjakani whitening

Jadi bukan sekedar sarung. Tapi kado teristimewa. Bhahaha. 

Meskipun belum menunjukkan hasil signifikan atas usaha yang aku lakukan. Alhamdulillah, aku sudah pernah merasakan beberapa keromantisan kecil. Seperti tiba-tiba dibawakan cilok, bakso, tahu campur kesukaan. Tiba-tiba dibantuin nyuci piring setelah ia meenjalankan bagian tugasnya yakni nyapu halaman rumah, dibantuin jemur baju, dibikinin sarapan hibgga diajak makan di luar dan sebagainya. Dah, gini aja aku udah seneng banget loh. Asli. #receh

Nah itu tadi usaha aku agar suami yang tidak romantis berubah jadi romantis. Kalau kalian gimana? Ada trick lain atau selow aja? Apapun itu, yang paling utama, suami memiliki sifat dan bersikap baik saja,  nggak neko-neko, adem ayem tentrem, serta mampu membuat kita menjadi lebih baik terutama menjadi pribadi lebih baik, itu sudah syukur alhamdulillah. Romantis mah nomor sekian yak.
Yup


Keluarga Harmonis : Kolaborasi Antara Istri dan Resik V Manjakani Whitening Untuk Suami Terkasih



Adakah yang bertujuan menikah untuk kemudian bercerai ? Aku rasa, setiap pasangan menikah, pasti mengharap untuk menjadi keluarga yang harmonis, yang selaras, yang seia sekata, yang rukun, yang adem ayem, yang gemah ripah loh jinawi, sampai maut memisahkan.

Namun, untuk menghadirkan harmoni dalam keluarga, dibutuhkan kerja sama antara suami juga istri. Karena, ini, tidak bisa diusahakan, diperjuangkan, sendirian. 

Menurut aku, alangkah baiknya, apabila keinginan untuk memiliki keluarga yang harmonis, sudah meletup-letup di dada,  jauh hari sebelum menikah. Karena apa ? Dengan begini, kita bisa pasang kuda-kuda atau membuat persiapan. Mulai dari membuat list kriteria calon pendamping yang dapat kita ajak untuk membangun keluarga yang harmonis hingga pengetahuan tentang bagaimana menghadirkan harmoni di dalam keluarga. Iya tho ? Iyup, biar nggak asal, asal ada yang mau ngajak ke pelaminan, ayok aja. *loh. 




Nah trus, kalau sudah ada calon pendampingnya, dan sudah duduk di pelaminan, selanjutnya, apa saja nih yang harus dilakukan untuk menjadi keluarga yang harmonis.


Tip Menjadi Keluarga Harmonis


1. Berusaha menjalin komunikasi yang baik
Sekilas memang terlihat sederhana, namun komunikasi merupakan bagian penting dalam sebuah pernikahan. Karena sari hasil penelitian yang dilakukan oleh sebuah situs gaya hidup Yourtango (dalam Kompas.com) mengungkapkan bahwa kegagalan dalam berkomunikasi membuat hubungan suami istri menjadi terpuruk hingga berujung perceraian. 

2. Saling menerima kekurangan dan kelebihan masing-masing
Meremehkan pasangan, tidak menghargai, bahkan protes atau tidak terima dengan kekurangan pasangan, juga merupakan pencetus dari perpisahan. Seyogyanya, pasangan tidak hanya menerima kelebihan dengan tangan terbuka, melainkan juga harus menerima kekurangan pasangan. 

3. Berusaha,bersama-sama, mempertahankan komitmen.
Saat ini, begitu banyak lini yang dapat menggempur keutuhan rumah tangga. Mulai dari lini pergaulan, lalu media sosial, hingga lini masa lalu yang belum kelar. *deuh. Salah satu hal yang bisa menjadi tameng adalah komitmen.

4. Menjaga hubungan suami istri dengan mempertahankan nyala cinta dan kasih sayang.💖💖💖
Masihkah mengucapkan panggilan sayang ke pasangan atau bermanja-manja, bermanis-manis, meskipun sudah bertahun-tahun menikah ? Atau memberikan hal yang spesial ke pasangan ? Kalau aku ? Emmmm...kasih tahu nggak ya *hahay. 

Alhamdulillah, sampai saat ini, di usia ke-7 pernikahan aku dan suami, kami masih sama-sama berusaha untuk menjaga nyala cinta dan kasih sayang di antara kami. Caranya pun sederhana. Sekali-kali mengucap panggilan sayang, buatin makanan kesukaan dan juga ini merawat daerah kewanitaan. Selain itu juga dengab merawat daerah kewanitaan, aku bisa terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan karena adanya masalah pada daerah kewanitaan. 

Cara merawat daerah kewanitaan, yang belakangan ini aku lakukan adalah dengan memakai buah bengkoang. Mengapa buah bengkoang ? Karena seperti yang diketahui pada umumnya bahwa salah satu manfaat buah bengkoang yang paling populer adalah dapat digunakan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Termasuk di daerah kewanitaan. Selain memutihkan, mencerahkan, menghilangkan flek-flek hitam, juga dapat mengencangkan kulit.

Ada banyak cara mengkonsumsi buah ini yang bertujuan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Seperti, bisa dimakan langsung, bisa dipakai rujak buah, campuran rujak cingur, atau diambil sari patinya. Namun, karena aktivitas aku sebagai ibu, istri, mahasiswi, juga blogger, aku lebih memilih menggunakan cara yang praktis namun sama sekali tidak mengurangi manfaat buah bengkoang itu sendiri. Cara praktis itu adalah menggunakan Resik V Manjakani Whitening.



Resik V Manjakani Whitening terbuat dari bengkoang pilihan dan buah Manjakani Persia. Salah satu manfaat buah manjakani yang paling terkenal adalah dapat mengencangkan otot-otot kewanitaan. Jadi bisa dibilang, buah bengkoang dan buah manjakani, merupakan perpaduan bahan alam yang apik.

Di samping karena bahan yang terkandung dalam Resik V Manjakani Whitening ada beberapa keunggulan lain yang membuatku mempercayakan produk ini untuk merawat daerah kewanitaanku. Yakni karena aman sebab sudah melewati uji klinis dan uji riset terhadap 200 feminine hygine yang menunjukkan bahwa Resik V Manjakani Whitening memang mampu mengencangkan dan mencerahkan area kewanitaan.

Selain itu, Resik V merupakan merek yang sudah terpercaya dan juga merupakan pioner produk pembersih kewanitaan.


Nah, ada perbedaan yang signifikan saat aku memakai Resik V Manjakani Whitening ini, terutama pada saat melakukan hubungan suami istri. Yakni, aku merasa lebih kesat, kencang, rapat dan percaya diri. Demikian juga menurut suami, sensasi beda katanya *hahay



Oya, Resik V ini ada banyak macamnya, lho. Yang Resik V dengan bahan daun sirih juga ada. Untuk informasi detailnya, bisa intip https://instagram.com/arisanresik atau www.arisanresik.com .

Jadi, seperti itulah tip menjadi keluarga harmonis ala aku dengan bonus sedikit review produk Resik V Manjakani Whitening yang membantu mensukseskan usahaku untuk menjaga nyala cinta dan kasih sayang antara aku dan suami.

Cara Cepat Dapat Jodoh ?


Beberapa waktu yang lalu, ada yang nanya ke aku, cewek single dengan usia sekitar 24-26, gimana caranya biar cepat dapat jodoh kaya aku ?

Nah, ditanya seperti itu, aku langsung nanya diri sendiri, 'Apa iya, aku cepet dapet jodoh ?'. 
Perasaan standar-standar aja. Setelah wisuda, setahun kemudian, baru deh nikah. Nggak kilat juga. Tapi kalau dibandingkan dengan yang nanya ke aku, tentu, aku memang lebih cepat dari dia soal dapat jodoh. 

Aku sendiri, soal lebih cepat dapat jodoh dari si penanya, tidak pernah mempraktekkan trick, tip, maupun cara untuk cepat dapat jodoh. Yaaaa, tau-tau, jodoh aku nyamperin gitu aja, kenalan, temenan, cocok, cari kerja sambil cari restu kedua orangtua, trus nikah. Lagipula sepanjang hidup, aku belum pernah ketemu juga tulisan tentang formula atau cara cepat mendapatkan jodoh. Belum pernah. Asli. Kalian pernah nggak ? 

Setahuku, yang ada itu, adalah cara atau ikhtiar untuk mendapatkan jodoh yang baik. Caranya juga simple banget tinggal minta atau mohon sama Allah saja. Atau kata Ustadz waktu aku mondok dulu,  sisipkan do'a berikut ini dalam setiap do'a kita. 
'Robbana hablana min azwajina wa zurriyyatina qurrota'ayun. Waja'alna lilmuttaqiina imama'. 
Artinya.....
Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami jodoh kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang2 yang bertakwa

Mendapat saran seperti itu dari pak ustadz, sontak aku langsung praktekkin donk. Kalok nggak salah, mulai istiqomah nyisipin do'a itu, waktu aku duduk di kelas 3 sma. Memang, masa-masa itu, kitab kuning yang diajarkan di pondok adalah kitab tentang pernikahan. Tujuannya sebagai bekal, kali aja setelah lulus sma, ada yang langsung nikah. *hahay. 
Cuma itu saja sih yang aku praktekkin. 

Lalu apa donk jawaban dari pertanyaan itu ? Ikutan biro jodoh kali ya. Tapi, meskipun ikut ini, nggak mutlak atau menjamin pasti langsung dapat jodoh. Kan, ada beberapa tahapan yang harus dilalui juga. 

Jadi ya, soal cepet nggaknya dapat jodoh itu, nggak ada tricknya, nggak ada formulanya, rahasia Allah mah kan ya.

Oleh karena aku nggak punya jawaban dari pertanyaan di atas itu, jadi aku tanya ke kalian aja ya temen-temen. Sapa tau kalian punya atau tahu cara cepat dapat jodoh. Biar untuk selanjutnya, aku sampaikan ke si penanya. Matur nuwun, temen-temen.



6 Restoran di Jogja yang Ramah Anak


Teman, kalian sudah punya rencana untuk mengisi libur akhir tahun, belum ? Kalian mau mengisinya dengan santai-santai di rumah, staycation, pulang kampung atau traveling ? Yuk dibikin dari sekarang. Biar matang, gitu. 

Kalau aku, alhamdulillah, sudah punya rencana untuk mewarnai libur akhir tahun . Dan rencana libur akhir tahunku kali ini, berbeda dari sebelumnya. Bakal lebih seru pastinya, karena apa ? Karena bakal kumpul sama keluarga besar atau temu keluarga besar yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Yihaaaa....

Meskipun masih beberapa bulan lagi, aku sudah terbayang-bayang lho keseruan apa saja yang bakal terjadi. Ngobrol-ngobrol, bercanda-canda, dan ngejahilin ponakan-ponakan. Bhahaha. 

Oya, kami sudah sepakat, bahwa Jogja akan menjadi lokasi temu keluarga besar kami. Kami juga sudah sepakat untuk menginap dimana. Nah, yang belum sepakat itu, soal dimana lokasi temu keluarga besar. 

Sepupuku, yang kebetulan tinggal di Jogja, sudah memberikan list tempat yang sekiranya bisa dipakai untuk melaksanakan kegiatan temu keluarga besar ini. Ia membuat list ini, berdasarkan hasil review atau referensi tempat-tempat makan atau referensi makanan yang terpercaya Dan aku rasa, list yang dibuat oleh sepupuku ini, sudah memenuhi usulan dari beberapa anggota keluarga. Seperti, tempatnya asyik, makanannya enak, tidak menuntut kita untuk segera pergi setelah makan, dan ramah anak.


Ada 6 list tempat di Jogja yang asyik untuk kegiatan kumpul keluarga, sekaligus makan-makan, dan ramah anak. 6 tempat tersebut antara lain sebagai berikut :

6 Restoran di Jogja yang Ramah Anak 

1. Nanamia Pizzeria
Nanamia Pizzeria, asyik ya nama restorannya. Nah, restoran yang satu ini nawarin menu-menu Italia gitu. Seperti pasta, spaghetti, dan macroni. Akan tetapi meskipun menu yang dibuat adalah menu Italia, namun, soal rasa, sudah disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia.

Bagi yang suka salad, di sini juga menyediakan salad dengan sayur dan buah yang segar. Nama saladnya Insalata Di Tonnom merupakan salad segar dengan topping ikan tuna. Emmm...yam yam. .

Soal tempat gimana ? Nah, soal tempat ni ya, Alhamdulillah, restoran ini memiliki konsep yang cucok yakni konsep seperti pesta kebun. Jadi, dengan konsep seperti ini, tentu bakal asyik kalau mengajak anak-anak. Duduk-duduk di rumput, guling-guling juga bisa. Trus dari informasi yang didapat sepupuku, di sini juga bisa menggelar pesta ulang tahun juga.

Selain itu juga, anak-anak bisa menggambar dibuku gambar yang sudah disediakan. Dijamin deh anak-anak pasti menyukainya. Ada banyak menu makanan dan minuman yang disukai anak-anak juga loh.
Berlokasi di : Jalan Tirtodirupan no.1, Mantrijeron.
Buka dari : 11:00-23:00 Wib.

2. Warung Bumi

Warung bumi. Mendengar namanya saja, kita sudah bisa membayangkan seperti apa konsep dari warung bumi ini. Yup, warung bumi ini memang alam banget. Secara, lokasi dari warung ini terletak di tangah area Bumi Langit Institute yang mana di tempat ini, adanak juga bisa dibawa untuk terjun ke alam. Mulai dari bercocok tanam hingga memeras susu sapi. Selain itu juga, ada kegiatan tur kelililng kebun, dan membuat donat ubi ungu yang kalau jadi bisa dimakan atau dinikmati oleh anak-anak.

Warung bumi sendiri memilki bentuk bangunan joglo khas Yogyakarta. Suasananya pun nyaman dan asri sekali.

Untuk menu makannya relatif sama dengan kebanyakan menu di rumah makan. Ada ayam goreng sambal, urap-urap, dan roti bakar yang disajikan khusus untuk para pengunjung.
Berlokasi di : Jalan Imogiri Mangunan KM.3, Desa Giriloyo.
Buka dari : 09:00-16:00 Wib.

3. Il Tempo Del Gelato

Gelato. Siapa sih yang nggak suka dengan menu yang satu ini ? Apalagi kalau gelatonya itu berupa gelato Matcha, Oreo, Banana Chocolate seperti ini? pasti semua orang suka ya, termasuk anak-anak. Harganya juga terjangkau yakni mulai dari dua puluh ribuan saja.

Il Tempo Del Gelato ini memiliki interior ruangan yang terkesan adem. Tumpukan batu bata yang tersusun rapi untuk dindingnya. Menambah kesan apik nan klasik. Cocok untuk tempat kumpul-kumpul sama teman, keluarga lengkap dengan bocah-bocah. *hahay

Berlokasi di : Jalan Prawirotama no.53, Brontokusuman, Mergangsan.
Buka dari : 10:00-23:00 Wib.

4. Warung Kopi Klotok

Warung kopi klotok, tapi menunya tidak didominasi kopi dan makanan pendampingnya saja. Melainkan juga menyediakan menu masakan tradisional yang khas Jogja. Seperti minuman teh hangat, sayur lodeh dengan sego bogana khas Jogja, serta ada pisang goreng juga.

Restoran di Jogja yang ramah anak-anak ini juga memiliki konsep outdoor yang memungkinkan para pengunjungnya makan di tepi sawah. Dah, kalau gini mah anak-anak bakal suka.

Berlokasi di : Jalan Kaliurang KM.16, Pakembinangun.
Buka dari : 07:00-22:00 Wib

5. Roaster and Bear

Ada banyak menu makanan dan minuman khas Indonesia banget. Seperti grilled seafood dengan sambal terasi atau sambal matah. Dibanderol dengan harga delapan puluh lima ribu rupiah saja. Ada juga Thai Tea trus aneka smoothies warna-warna yang pasti bakal disukai anak-anak.

Nah, tempat ini juga bisa dibilang ramah anak-anak. Karena dekorasi ruanganya yang sweet dan kalem. Apalagi ada boneka beruangnya yang berukuran besar yang disediakan di sisi sudut restoran.
Jadi, anak-anak pasti bakal seneng banget deh. Bisa bermain dengan para boneka besar. Selain itu, setiap kali anak-anak memesan makanan, pelayan akan menempatkan sebuah boneka kecil nan imut di depannya.
Berlokasi di : Jalan P.Mangkubumi no.52, Gowongan.
Buka dari : 07:00-23:00 Wib.

6. Gubug Makan Mang Engking Castle

Gubug makan mang engking di Bantul, ini memiliki sajian menu seafood dengan bumbu yang diracik dari citarasa lengkap ala Nusantara. Ada banyak juga menu sayur sayuran yang menyegarkan dimasak dengan direbus atau dibuat oseng-oseng. Ada menu udang goreng tepung juga lho. Gini mah, biasanya anak-anak doyan yak.

Lucu dan uniknya lagi dari restoran di Jogja yang satu ini adalah, bangunannya yang mirip seperti kastil yang ada di Eropa atau Negeri Dongeng. Pasti anak-anak terutama anak perempuan bakal menyukainya.
Berlokasi di : Jalan Sorogan no.13, Ngestiharjo, Kasihan
Buka dari : 10:00-21:00 Wib.
Nah, itu tadi 6 restoran di Jogja yang ramah anak. Tahu tempatnya kece-kece begini, kayaknya bakal aku kunjungin semua deh kalau ke Jogja nanti.

A Place To Remember : Pantai Masa Kecil



Teman, aku rasa, setiap orang, pasti punya suatu tempat yang penuh dengan kenangan. Terlepas itu kenangan sedih atau bahagia, yang pasti setiap kali berada atau bahkan hanya dengan melihat foto tempat tersebut, seketika, ada slide-slide kenangan masa lalu yang muncul di depan mata. 

Nah, itu juga yang aku rasakan saat mendatangi pantai yang satu ini.  

A Place To Remember : Pantai Masa Kecil



Namanya pantai rening. Pantai ini adalah salah satu tempat dimana aku menghabiskan masa kecilku. Pantai rening memiliki lahan pasir pantai yang luas juga memiliki batu karang yang besar serta banyak pohon kelapa. Oya di sana juga ada sebuah muara kecil, yang mempertemukan air laut dan air sungai. 

Dulu, kalau bapak pulang dari rantau, sebulan sekali, aku dan adek juga Ibuk, diajak pergi ke pantai rening. Di sana, ada banyak hal yang biasa kami lakukan. Kadang, kami menjadikan pasir pantai sebagai kanvas untuk menggambar atau menulis. Kadang, aku dan adekku, hanya berlari-lari di pantai yang berpasir hitam, atau hanya menyusuri bibir pantai untuk mencari kerang yang beraneka bentuk, ukuran, dan warna, hingga berdansa dengan ombak. Setelah melakukan aktivitas-aktivitas di atas, kami pun berkumpul, duduk di pasir, menikmati suasana pantai, sambil menyantap jajanan yang dibawa ibuk. 

Sayangnya, rutinitas pergi ke pantai saat bapak pulang dari rantau an, tidak bisa terus dan selalu kami lakukan. Terakhir kali kami ke sana adalah saat momen yang menegangkan itu terjadi. Ya, momen dimana aku tenggelam di pantai. Karena peristiwa itu, serta ibuk yang memiliki firasat yang tidak enak soal kami dan pantai rening, membuat kami tidak pernah lagi pergi ke sana. Dilarang sama ibuk. 

Beberapa tahun berlalu. 

Aku mencoba kembali (setelah berkali-kali) untuk menanyakan soal 'bolehkah aku pergi ke pantai rening' kepada ibuk. Namun aku tak menyangka bahwa kali ini jawaban ibuk adalah seperti ini, "Boleh, ke sana saja, sudah nggak apa-apa insyaAllah". 
Aku pun girang bukan kepalang. 

Tiba di sana, bersama suami juga si kecil ken, aku dikejutkan dengan pemandangan baru dari pantai rening yang kondisinya amat jauh berbeda dari masa kecilku dulu. 
Dulu, ini berupa gundukan karang besar.
Sekarang, jadi seperti ini karena abrasi
.
Sumber gambar : tripadvisor

Memang, aku pernah mendengar dari orang-orang bahwa rening mengalami abrasi, karang-karang besar menghilang, luas pantai menjadi sempit dan ada makam muslim yang juga turut terkena abrasi. Namun aku tak terlalu menanggapi cerita tersebut. 
Dulu, lahan pantai luas banget.
Sekarang, seperti ini, karena abrasi.

Dan, begitu aku tahu secara langsung kondisi pantai rening, rasanya, ...... 
seperti ada barang berharga yang hilang. 
Sedih. 
Bahkan sekedar untuk melihat pemandangan rening saat masa kecilku dulu pun tak bisa. Karena tak ada foto. Karena saat itu, kami belum memiliki kamera yang bisa mengabadikan momen dan pemandangan berharga. 

Maka dari itu, saat aku mengunjungi pantai rening (setelah bertahun-tahun tidak kesana), aku pun mencoba mendokumentasikan pemandangan yang tersisa di sana. Sayangnya, waktu itu, kamera yang aku pakai kurang mumpuni. Sehingga hasil jepretanku pun hanya begitu saja, dan sama sekali tidak menunjukkan keelokan pantai rening. Iya, alhamdulillah, masih tersisa serpihan keindahan di sana. 




Mengabadikan Serpihan Keindahan Pantai Masa Kecil
dengan Smartphone Idaman


Teman, rasanya, aku tak bisa mengabaikan sisa-sisa keindahan di pantai rening begitu saja. 
Jadi, sebelum sisa-sisa keindahan itu hilang, mengingat abrasi yang setiap tahun mengikis pantai rening bisa mencapai kurang lebih 3 meter, aku berharap saat kembali ke sana lagi, aku sudah memiliki smartphone yang punya kriteria sebagai berikut :

1. Aku mau punya smartphone yang dual kamera, 
soalnya bisa bikin foto yang aku ambil bakal jadi cakep banget. Trus aku juga mau kameranya itu sudah dilengkapi dengan kemampuan yang bisa bikin efek bokeh gitu. 

2. Aku mau smartphone yang storagenya gede, karena apa ? 
Rencananya, misi ini tidak hanya akan kulakukan di pantai masa kecilku atau pantai rening saja, melainkan di semua objek wisata Bali Barat. Aku ingin sekali mengabadikan lalu mempromosikan wisata-wisata di sini, biar banyak pengunjungnya, lalu ekonomi masyarakat Bali Barat pun akan membaik. Nah, maka dari itu, aku butuh smartphone yang storagenya gede. 
3. Aku mau smartphone yang performanya handal. 
Mengingat misi yang aku sebutkan di poin nomor dua. Jadi, rencana lanjutannya nih, setelah ambil foto or video tempat wisata, aku nggak hanya akan mengenalkan wisata di Bali Barat lewat foto trus upload di media sosial. Tapi aku juga ingin mengenalkan melalui Blog juga Youtube. Nah, untuk melakukan hal ini, aku butuh banyak aplikasi pendukung kan. Maka dari itu, aku mau smartphone yang performanya handal, nggak ngadat juga nggak rewel waktu sinyal lagi naik turun. 
4. Aku mau smartphone yang penampilannya oke. 
Yang membantuku memunculkan rasa percaya diri saat memakainya. Secara, aku orangnya nggak pede an. Apalagi saat melakukan sesuatu di tempat yang ramai. 


Dan teman, alhamdulillahnya nih, saat ini, aku sudah tahu smartphone yang sesuai dengan kriteriaku itu. Kamu tahu nggak aku dapat info darimana ? Dari berkunjung ke akun media sosial para blogger traveler, seperti Nurul Noe, Primastuti Satrianto dan Prima Hapsari. Aku juga main ke akun medsos blogger yang terkenal dengan niche parenting dan kuliner yakni HM Zwan serta blogger famous yakni Pungky. Aku suka dengan hasil jepretan mereka. Bagus-bagus. 

Nah setelah aku telusuri, ternyata mereka memakai smartphone yang sama. Namanya, HUAWEI NOVA 3i

Teman, aku jadi penasaran, koq bisa-bisanya mereka memakai smartphone yang sama ya ? Emang apa tho keistimewaan Huawei Nova 3i ini, sampai-sampai digandrungi gitu sama para blogger kece ? Ah, makin penasaran. 

Dari informasi yang aku kumpulkan tentang smartphone Huawei Nova 3i, aku pun bisa menarik kesimpulan bahwa amatlah wajar para blogger memilih Huawei Nova 3i sebagai partner kerja mereka. Karena apa ? 

QUAD AI KAMERA

Karena Huawei punya Quad AI Kamera. 
Dengan spesifikasi berupa kamera belakang ganda 16 MP + 2 MP dengan aperture f/2.2. Huawei juga sudah dilengkapi dengan artificial intelligence. Inilah yang membuat Huawei Nova 3i mampu menghasilkan foto yang cantik, jernih dan bisa menghadirkan efek bokeh. 

Keistimewaan kedua karena Huawei Nova 3i punya storage yang besar yakni 128 GB. Dengan kemampuan begini, para blogger tak perlu risau bahkan tak perlu terlintas pikiran "Duh, overload kapasitas nggak ya kalau banyak motret" atau "Mudah-mudahan masih bisa untuk instal aplikasi buat kebutuhan ngeblog' dan sebagainya. 

Keistimewaan ketiga, Huawei Nova 3i ini juga memiliki POWERFUL PERFORMANCE. Tentu hal ini sangat diidamkan oleh para blogger, dimana nggak perlu khawatir smartphone bakal lola saat menggunakan banyak aplikasi atau saat jaringan internet naik turun. Nggak perlu risau lagi soal itu, la wong buat gaming aja, Huawei Nova 3i ini mampu. 



Keistimewaan keempat, karena Huawei Nova 3i ini, memiliki PREMIUM DESIGN. Jadi dengan memiliki hp yang punya desain penampilan yang cakep, secara otomatis, dapat memunculkan energi positif berupa rasa percaya diri. Energi ini tentu penting buat blogger. Terutama saat blogger tengah berada di tengah keramaian. Misal sedang mengulik informasi yang bermanfaat untuk para pengunjung blog atau mengabadikan momen berharga bagi dirinya dan pengunjung blog tentunya.  

Nah, jadi nggak heran lah yah mengapa para blogger mastah memilih Huawei Nova 3i sebagai partner ngeblog mereka. Secara, Huawei memiliki segitu banyak keistimewaan. Termasuk harga yang terjangkau. Karena, Huawei Nova 3i ini merupakan Smartphone termurah di kelasnya dengan storage 128GB.

Teman, karena para blogger mastah memilih Huawei Nova 3i, maka dengan mantab aku juga memilih Huawei Nova 3i sebagai partner untuk menjalankan misiku, terutama misi ingin mengabadikan serpihan keindahan di pantai masa kecil dengan smartphone idaman sebelum keindahan itu menghilang terkena abrasi lagi. Mohon doanya ya, Teman. Semoga harapanku ini tercapai. Aamiinn. Matur nuwun. 




Pengalaman Pertama Bikin Donat Rasa Endolita Tekstur Sinyorita


Jadi, sejak Ken sekolah, aku mulai rajin lagi belajar masak. Tapi kali ini, yang aku pelajari, khusus bikin cemilan, jajanan buat bekal sekolah Ken. Secara Si Ken tipe bocah yang 'nantangin banget' soal makan alias agak pilih-pilih. Nggak semua yang aku masak, dilahap sama ken. Kadang dilahap habis, kadang diicip, bahkan pernah dilihat doank. Heuheu. 

Di samping si ken tipe anak yang pilih-pilih soal makan, si ken juga punya tenggorokan yang sensitif. Salah makan dikit, radang tenggorokannya bakal muncul dengan gemilang. *hadehhh. 
Oleh sebab itu, aku semangat banget belajar bikin cemilan jajanan buat bekal sekolah ken. 

Sebenarnya, di sekolahnya ken, sudah disiapkan cemilan dan makan siang untuk para siswa. Hanya saja, dari informasi ibu guru kelas, ken jarang mau makan cemilan atau makan siang yang disiapkan di sekolah. Gitu. 

Selama ini, sekitar 3 bulanan kayaknya, ada beberapa cemilan yang sudah aku bikin. Seperti bola-bola ayam crispy, tahu kress, agar-agar, jelly, puding, stick kentang dan telor crispy. Simple-simple kan ? Yup. Bisanya baru itu, yang bikin puding malah gagal berkali-kali awalnya. Padahal ya caranya gampang, cuma aku aja yang nggak mahir. Hiks. Kadang, cemilan-cemilan yang aku buatkan itu, ada yang dimakan abis, ada juga yang masih sisa banyak. 

Nah, kemarin, entah aku kesambet apa atau obatku lagi abis, tetiba aku pengin bikin donat buat bekal ken. Browsing-browsing dah di mbah google dan berjumpalah aku dengan cookpad. Di situ banyak sekali resep bikin donat dengan bahan tepung terigu, maizena, dan ragi instan (fermipan). Karena di rumah cuma ada bahan-bahan itu. Aku lupa beli kentang. *tepokjidat.

Baca-baca resep. Pilih resep yang bahan-bahannya sudah tersedia di rumah. Trus aku praktekin deh. 

Bahan-bahan bikin donat itu apa aja ? 
Tepung terigu (aku pakek merk cakra)
Maizena
Mentega
Ragi instan
Gula pasir
Garam
Air hangat suam suam kuku

Cara bikinnya gimana ?
Masukkan semua bahan lalu dicampur merata. Masukkan air hangat sedikit demi sedikit sambil tetap diuleni sampai kalis. Setelah itu tutup baskom yang berisi adonan donat yang sudah kalis dengan lap kain bersih. Jangan yang kotor ya, entar adonannya ternoda. *apacobak *hahay. Tunggu sampai 30 menit, atau adonan mengembang. 

Nah berubung aku awam banget soal adon-adonan, walhasil aku nggak tahu gimana adonan itu mengembang atau nggak. Aku pikir yaaaa ngelihatnya dari ukuran adonan yang semula makciut jadi makgedombyar. Jadi aku tungguin terus tu adonan sampek lebih dari 30 menit namun ternyata adonannya nggak menunjukkan pengembangan atau perubahan ukuran yang signifikan. Jadi aku pikir ya, adonan donat aku gagal secara paripurna. Hiks. 

Aku pun cerita ke suami soal ini. Setelah dengerin aku cerita, suami pun langsung meluncur ke dapur buat ngecek. Tutup kain dibuka, trus adonannya ia colek-colek, lalu suami pun berkata : "Ini udah ngembang, Mah". 
"Beneran ?" Ujarku nggak percaya. 
"Iya, coba dicolek, pasti beda dari adonan yang tadi". 
Aku pun ngikutin perkataan suami, dan...
"Ah iya, beda ya..hahhaha berhasiill..." ujarku kegirangan dan nggak jadi baper. 

Untung ada mantan pakar bikin roti alias suami yang belum berangkat kerja, bisa dicekin deh. Kalau nggak ada suami, deh, bakal seharian nungguin tu adonan yang nggak menunjukkan perubahan ukuran yang berarti. 

Jadi dari pengalaman ini, aku bisa tahu bahwa untuk mengetahui adonan mengembang atau nggak bisa juga diketahui dari tekstur adonan, bukannya hanya dilihat dari perubahan ukuran adonannya saja. 

Setelah tahu kalau adonan mengembang, tepuk-tepuk atau tinju-tinju adonan tadi, biar apa ? Lupa dah biar apa, entar deh aku kasih tau nama akun orang yang ngeresepin. Trus bentuk bulat-bulat adonan, tunggu lagi sampai mengembang. Setelah itu, bentuk bulatan bulatan donat tadi menjadi seperti bentuk donat. Kemudian goreng deh. Mateng mateng mateng. Tiriskan. Jadi deh, donat ala ala ulalala. 
Donat mini menul menul

Alhamdulillah, percobaan pertama, bisa dibilang berhasil lah yah. Rasanya manis gurih. Teksturnya renyah di luar empuk di dalam *ceile. Wkwkwkwkw. 

Oya, untuk resep yang lebih cucok, detail, kalian bisa langsung berkunjung ke akun empunya resep dengan nama Dina Poe atau kalian bisa salin url berikut ini : 
https://cookpad.com/id/resep/5817134-donat-maizena?via=search&search_term=donat%20maizena


Selamat mencobaaaaa. InsyaAllah anti gagal, rasanya endolita, teksturnya sinyorita.

Tips Anti Gagal Memilih Baju Muslim Pria Untuk Orang Tersayang

Halo halo Mamis,
Sini deh, aku pengin cerita nih, sekaligus mau tanya juga sih ke Mamis.

Jadi gini, kemarin itu, teman aku curhat, Mamis. Katanya, dia pengin ngasih surprise gitu buat suaminya tepat di hari pernikahan mereka. Rencananya dia ingin memilih baju muslim pria buat suaminya.

Loh, koq baju muslim pria ?
Nah iya, aku juga tanya seperti itu ke temanku. Biasanya, yang sering kita temui nih, kado buat suami di hari pernikahan itu berupa kemeja, dompet, tas kecil, atau jam tangan kan ya. Lah ini ?
Alasannya teman aku nih Mamis, karena suaminya hanya punya dua biji baju muslim pria. Memang, lemari baju suaminya didominasi sama kaos juga kemeja. Jadi kalau sholat jum'at atau ikut tahlilan gitu, baju muslim pria yang dipakai suaminya ya itu itu saja dan itu itu lagi.

Namun sayangnya nih, ada sedikit keraguan dihatinya. Eh bukan ragu sih, lebih ke khawatir kayaknya. Khawatir kalau nanti suaminya tidak atau kurang suka dengan baju muslim pria pilihannya.

Nah dari sekian macam pilihan buat surprise orang tersayang, menurutku yang paling menantang kalau mau ngasih baju. Karena banyak yang harus dipertimbangkan. Mulai dari seperti apa motif kesukaan, lalu bagaimana model baju favorit, trus ukuran, dan sebagainya.

Oleh karena hal yang aku ceritakan di atas tadi, temanku itu pun meminta saranku mengenai tips anti gagal memilih baju muslim pria untuk orang tersayang.

Sebenarnya, aku sendiri belum begitu ahli soal memilih hadiah untuk suami.  Pernah ngasih tas kecil, eee kata suami barang KW. Trus begitu juga waktu aku belikan jam tangan, kata suami juga KW. Salahku sih, belinya bukan di tempat langganan suami yang memang sudah teruji jual barang-barang ori. Hiks.

Jadi semenjak itu, aku lebih memilih ngado baju, kemeja, hingga daleman hehe. Alhamdulillah sejauh ini, suami oke-oke saja alias nggak ada komentar apa-apa waktu aku ngasih kado baju trus juga sering dipakai koq. Bagi aku, dua hal ini bisa dibilang indikator bahwa orang suka dengan barang yang kita beri. Ya nggak, Mamis ?

Dari pengalaman aku yang pernah memilihkan baju muslim pria buat suami serta dari merangkum beberapa artikel yang berisi tentang memilih kado untuk pasangan, maka aku punya Tips Memilih Baju Muslim Pria Untuk yang Tersayang. Aku jentrengin di bawah yak.

Tips Anti Gagal Memilih Baju Muslim Pria Untuk Orang Tersayang

1. Kenali selera
Poin yang pertama ini bikin aku ingat dengan masa-masa awal kami pacaran. *cuit cuit ciyeeee gubrak. Kira-kira 10 tahun yang lalu. Lama yak ? Iya *hahay.
Nah pada masa itu, aku lumayan sering sih ngasih surprise buat suami. Yaaa maklum lah yah, masih anget-angetnya, jadi agak lebay gitu. Hehe. Mulai dari makanan sampai barang-barang. Sayangnya, rata-rata surprise yang aku kasih kurang berkenan di hati suami. Bukan selera, kata suami gitu. Dah, suami mah begitu itu. Orangnya memang jujur dan langsung nyeplos. Biasanya, setelah suami bilang gitu aku bakal ngambek berhari-hari, bales sms singkat-singkat, angkat telpon tapi nggak ngomong-ngomong. Hahaha. Setelah agak lama dan aku sudah mulai kenal selera suami, alhamdulillah, surprise-an aku disambut dengan senyum sumringah sama suami.
Baju koko pakistan
Source : mataharimall

Baju koko kemeja
source : mataharimall
Nah untuk soal memilih baju muslim pria buat yang tersayang, selera yang harus kita kenali adalah warna favorit. Doi suka warna yang gelap, cerah, atau kalem. Trus model baju muslim pria kesukaannya seperti apa ? Apakah suka dengan model yang kemeja koko, model baju koko pakistan, atau gamis-gamis atau yang gimana ? Mamis, Kalau kita sudah kenal selera orang yang kita beri surprise, orang tersayang atau orang lain insyaAllah gampang koq nyarinya.
2. Pilih bahan yang nyaman
Soal baju, baik mau beli untuk dipakai sendiri atau untuk diberikan kepada orang lain, bahan baju memang harus diperhatikan. Jangan sampai kita beli bahan yang nggak nyaman. Meskipun model atau desain bajunya bagus, tapi bakal bikin males memakainya kalau bahannya nggak nyaman. Tul nggak ?
Salah satu bahan yang nyaman dan sering dipakai untuk membuat baju muslim pria itu adalah kain katun.
3. Ukuran
Ini juga tak kalah penting dari bahan baju. Ukuran kudu wajib diperhatikan. Kalau kegedean mah nggak masalah, karena tinggal dibawa ke tukang jahit, insyaAllah tertangani dan beres. Jadi jangan sampai deh memilih baju buat yang tersayang tapi nggak tahu ukuran.
4. Merk (optional)
Pria terkenal dengan kesukaannya membeli barang ber-merk. Ada merk ada harga ada rupa. "Bagus dan awet", begitu alasan mereka. Koq tau ? Iya suami aku termasuk dalam kelompok ini.
koko merk Cardinal
Source : Mataharimall
Biasanya, mereka punya merk favorit masing-masing. Kita bisa telusuri soal itu.  Syukur-syukur merk yang mereka suka juga memproduksi baju yang kita inginkan seperti baju muslim pria gitu. Soal cara untuk mengetahui produk-produk yang dikeluarkan oleh merk tertentu mah gampang. Banyak e commerce yang menyediakan informasi ini. Salah satunya yakni MatahariMall.
Nah itu tadi sejentreng Tips Anti Gagal Memilih Baju Muslim Pria Untuk yang Tersayang. Simple bin sederhana bukan ?
Jadi monggo dipraktekkin dan semoga membantu serta sukses tentunya. Aamiin. Oya, atau Mamis punya tips sendiri juga nih soal memilih baju muslim pria untuk suami ? Boleh deh dishare di sini. InsyaAllah bakal berguna Mamis dan terima kasih banyak yak.
Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Follow by Email

Jenis Makanan yang Dihindari dalam Memberikan MPASI

Semua orang tentu ingin menjadi orang tua yang baik kepada buah hatinya. Hal ini menuntut orang tua untuk memahami secara pasti mengenai nu...