Cara Mudah Memperbaiki Gagang Pel yang Rusak

Mamis, 

Rasanya agak gimana gitu kan ya, pas kita lagi semangat menggebu ingin bikin rumah jadi kinclong ngecling, ingin ngepel sebener benernya ngepel nggak asal lantai basah doang, eee ternyata alat pelnya nggak bisa. Soalnya rusak. Gagangnya tiba-tiba lepas. Padahal kemaren kelihatan gagah gitu gelantungan di tembok. Alat pel rasa tarzan. La koq giliran mau dipakai eee jadi begidet. Dah, kan bikin Sebel gitu kan. Sebel sebel kudu ngangkat barbel. Hiyat ciyat.

Selain bikin mood bersih bersih memudar. Pikiran pun melayang ke dompet. Karena siap-siap isinya bakal berkurang buat beli alat pel yang baru. Duh gaswat. Secara aku nggak nyiapin dana buat pengeluaran dadakan kan. Jadi, sebisa mungkin, pikiran soal beli yang baru aku kandangkan nih. Aku alihkan ke mikirin solusi. Gimana caranya tetap bisa ngepel tanpa beli pel baru. 
Segitunyaaaa.....
Yok i. Hemat cyiinnn. Jaman sekarang kalok nggak hemat bisa mati. *lah... 

Sebenernya bisa aja sih nggak pakai alat pel kalau mau ngepel. Pakai cara tradisional aja. Ngepel pakek gombal alias kain bekas trus tinggal pakai tangan atau kaki. Cuma kurangnya, kita nggak bisa membersihkan kolong kolong tempat tidur dengan sempoa eh sempurna. Karena nggak nyampek kan. Mau angkat-angkat, mindah-mindah kasur juga nggak mungkin. Bukan agung hercules ini. Ya tho ?. Jadi untuk solusi yang ini skip aja. 

Ada solusi lain nggak ? Ada. Bikin alat pel sendiri. Cuma pastinya nggak canggih. Soalnya cuma bondo aka modal tongkat kayu trus ambil gombal trus trus dicancang alias diikat di tongkat kayu tadi. Udah. Jadi. Ini juga bisa menjangkau yang sulit dijangkau tangan. Tapi ya gitu. Suka lepas lepas. Jadi nyancangnya harus bener bener kuat dan bener. 

Solusi yang lain masih ada ? Adalah. Perbaiki gagang pel yang rusak. 

Oya, kerusakan yang aku maksud disini adalah gagang pel yang terlepas dari kepalanya. Bukan rusak dalam artian peyok atau keropos ya, Mamis. 

Nah ada dua cara memperbaiki gagang pel rusak yang sudah pernah aku pratekkan. 

Cara Pertama
Satukan tongkat pel dan kepalanya dengan lakban. Dibebet gitu. Berkali kali. Sampai terasa sudah kencang. Selesai. 


Namun sayangnya cara ini nggak tahan lama pakai banget. Karena gampang copot. Iyalah yah. Lakban biasa kalau kena air yaaaa bakal hilang sifat lengketnya. 
Makanya, kalau
ketempelan, ((KETEMPELAN)).
siram aja pakai air yak. *lohloh 😉

Cara kedua
Direkatkan pakai isolasi serba guna. Beres. Atau kalau biar lebih greget boleh deh didouble perekatnya pakek isolasi bening seperti cara kedua setelah direkatkan sama isolasi serba guna. 

Nah cara kedua ini durasinya lebih lama dari cara yang pertama. Agak awet. Gagang pelnya nggak cepat copot seperti yang pertama. 

Lumayan lah yah. Daripada lumanyun karena harus ngerogoh kocek. Ya nggak ? Iyup. Lagipula kalau masih bisa diperbaikin ya perbaiki aja dulu kan. Sampai sekiranya nggak bisa diperbaiki lagi alias sudah rehek, ambrol paripurna. 

Tapi nanti kalau ada rejeki lebih, kayaknya aku bakal beli baru deh Mamis, yang agak canggih gitu, biar kegiatan ngepel berasa lagi joget india. Santai memudahkan. Karena cara memperbaiki gagang pel yang rusak ini tentu nggak akan bertahan lama. Selama cinta nunggu rangga. Gitu. 😄😄😄

9 comments:

  1. aku pernah dipaku Mak ken wkwkwk tapi bertahannya juga ga lama ya sudah dengan berat hati beli lagi huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Entar dah klok udin gk bs diatasin pakek selotip lagi aku mau nyobak pakek cara dikau teh bella...nuhun caranya...😘

      Delete
  2. Pokoknya selama masih bisa dipaku, dilakban, atau dikasih apapun belum ganti pel baru. Saya di rumah juga begitu hahaha

    ReplyDelete
  3. Hahaha ... Samaan kita, Mbak. Ntar kalo udah sekarat gak ada cara lain lagi. Baru dibuang trus beli baru

    ReplyDelete
  4. Wah, kudu dicatat dan dicamkan baik-baik nih, gagang pel aku suka rada rapuh soalnya hahaha.

    ReplyDelete
  5. Sumpah ini penting banget infonya, kebetulan ada pel yang copot bikin gengges kalau nyapu lantai. Mbak thanks ya i heart you!

    ReplyDelete
  6. Emak-emak emang harus kreatif biar bisa selalu irit. Kalau urusan gagang pel patah, saya serahkan aja ke suami, ntar dia yang utak-atik biar jadi baik lagi. Saya sih tinggal pakai lagi setelah diperbaiki

    ReplyDelete
  7. Kaena aku yang di seharian di rumah, maka segala macam kerusakan barang menjadi tanggung jawabku. Meski sejujurnya aku nggak ada ide buat perbaiki. Kadang diskusi sama anak-anak. Siapa yang bisa memperbaiki. Terserah mau dilakban, ditali, dipaku, yang penting masih bisa dipakai lagi.

    ReplyDelete
  8. Makasih tipsnya . Emang suka sebel gagang pel patah padahal lap pelnya masih bagus

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Follow by Email

Mengulas Berbagai Manfaat dan Penggunaan Popok Confidance

Jadi beberapa waktu yang lalu, emak curhat kalau belakangan ini beliau susah sekali berjalan terutama setelah tidur. Menurut dokter, hal in...