Rencana Mengunjungi Wisata-wisata Alam Indonesia yang Terkenal di Dunia Setelah Lulus Kuliah

Hai,

Apa nih yang akan kamu lakukan kalau berada di tempat wisata alam seperti foto di bawah ini ?.
Bukit Paropo Silalahi
Sumber gambar indonesia.tripcanvas.co

Kalau aku,
Emmm....
Hanya duduk.
Duduk saja.
Lalu.....
Menyebarkan pandangan sejauh jangkauan mata.
Merasakan sapaan angin.
Menghirup murninya udara.
Seraya berucap syukur alhamdulillah
Telah diberikan kesempatan menikmati ciptaan-Nya yang super duper indah.
Puas duduk duduk.
Aku berdiri lalu mulai melangkahkan kaki menapaki jalan sambil sesekali melempar pandangan.
Jauh
Jauh
Lalu...

Woy sadar woy
Ngayal koq keterusan.
Hehe.

Maklum, hampir dua tahun ini, aku tidak menjamah ((JAMAH)) aneka wisata alam. Serius. Hari-hari aku diisi dengan aktivitas sebagai ibu rumah tangga, kuliah, dan bantu suami ngumpulin pundi-pundi buat biaya kuliahku.

Rencana Travelling Setelah Lulus Kuliah

Sebenarnya, selama dua tahun ini, jauh di lubuk hati aku yang terdalam, ada geletar-geletar sebuah rasa, rasa rindu bersua dengan alam raya yang hening, jauh dari bising, dan menenangkan. Hanya saja aku tidak tega mengungkapkan keinginanku ini kepada suami tercinta. Aku khawatir suami bakal ngalamin yang namanya pusing pala barbie gara-gara mikirin cita-cita dan keinginanku yang sehompimpa alaihom gambreng. Jadi ya sudahlah. Aku memilih untuk memendamnya saja. Sembari minum air.
Itu mah berenang, Mak.
Oh iya.

Untuk meringankan kerinduanku akan jalan-jalan mengunjungi wisata alam, maka yang aku lakukan adalah blogwalking ke blogpostnya blogger-blogger traveller. Seneng kalau main ke blog mereka. Seringnya nih, sambil baca tulisan mereka, aku suka membayangkan sedang diajak jalan-jalan sama mereka sambil dijelasin ini itu. Nah yang lebih cucoknya lagi, aku sering banget berlama-lama mandangin foto-foto hasil jepretan mereka. Lalu aku mengira-ngira seperti apa ya hawa dan suasana disana. Sesekali, aku bicara dalam hati : "Semoga bisa pergi".
Doain ya.

Tapi tapi, rupanya hal itu tidak cukup membuatku tangguh memendam keinginanku. Karena apa ? Aku pernah keceplosan euy. Alhamdulillahnya nih, keceplosan ini, mendapat tanggapan yang baik dari pak suami. "Ya udah, Muma lulus kuliah, kita jalan-jalan".
YES
ULALA

Trus aku pun nanya, "Jalan-jalan kemana emangnya ?".
"Bikin list aja dulu" jawab suami.
"Oke siap".
Lalu aku berbunga-bunga. Yihaaaa.

Soal bikin list mah gampang. Aku sudah punya rencana dari kapan tahun. Mungkin awalnya aku ingin mengunjungi wisata-wisata alam Indonesia yang terkenal di Dunia. Setelah itu baru deh ke wisata alam lainnya. Untuk dapat data soal destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan asing, aku sengaja berburu data di bps.go.id.

Lalu, INILAH.......

Tempat Wisata Alam Indonesia yang Terkenal di Dunia.

1. BALI
Bali masih memegang posisi pertama. Wisatawan asing yang menginap di hotel non berbintang di Bali pada tahun 2016 sebanyak 1.476.258. Wajar sih ya, karena memang Bali sudah dikenal di mata dunia. Selain itu, pariwisata di Bali pun sudah baik sejak lama. Bahkan sekarang makin berkembang dan berhasil menghadirkan wisata-wisata alam yang baru dan tak kalah ciamik dari Pantai Kuta. Salah satunya seperti wisata-wisata alam di Bali Barat . Bali juga sudah dilengkapi dengan infrastruktur yang baik dan terawat.

2. NTB

Kalau aku, begitu lihat kata NTB langsung inget dengan wisata alam pantai senggigi dan pantai kuta. Tapi diantara wisata-wisata alam yang indah di di NTB, aku sangat ingin mengunjungi Gunung Rinjani. Selain karena ingin menikmati hembusan angin yang segar, aku juga bisa bertemu dengan teman kuliahku yang tempat tinggalnya tidak jauh dari Rinjani.
Gunung Rinjani
Gambar dr Beritagar.id

3. Kepulauan Riau
Dari data BPS, penginapan di Kepri baru mulai menggeliat di tahun 2006. Jumlah ini semakin meningkat setiap tahun. Hal jni membuat Kepri di tahun 2016 menduduki peringkat ketiga. UWOW.

Wisata alam di kepri itu sendiri ada buanyak. Salah satunya yakni Pulau Anambas.

Pulau Anambas – Kepri
Gambar dari Traveloka 


4. DI Yogyakarta
Selain wisata sejarah, adat budaya, Yogyakarta juga memiliki banyak wisata alam seperti Pantai Sinden, Curug Luweng Sampang, Gumuk Pasir Parangkusomo dan masih banyak lagi. Kalau aku, pengen banget ke air terjun Kedung Kandang. Cakep banget pemandangannya. Udah kayak lukisan aja. 

Air Terjun Kedung Kandang
Sumber gambar pesonaindonesiaofficial

5. NTT
Beberapa waktu lalu, aku baca-baca blogpost teman blogger yang menceritakan perjalanannya ke Labuan Bajo. Disana, bukan hanya Komodo yang menjadi daya tarik, akan tetapi wisata alam disana juga tidak kalah apik. Salah satunya ini nih Gili Laba.
Gili Laba
Sumber Gambar dari travel.kompas.com



6. Jawa Timur

Bromo, adalah salah satu wisata alam yang banyak dikunjungi wisatawan asing. Daya tarik Bromo sendiri adalah menikmati menit-menit detik-detik matahari terbit yang selalu sukses bikin penikmatnya berdecak kagum nan terpesona.
Gunung Bromo
Sumber Gambar dari Traveloka

Ada banyak sekali wisata alam di Jawa Timur. Seperti Ranu Kumbolo, Kawah Ijen, Taman Nasional Baluran, Coban Rondo, dam sebagainya. 

7. Sumatera Utara
Dulu, waktu SD, kalau diceritakan atau baca sendiri tentang cerita Danau Toba, aku suka penasaran seperti apa wujud dari Danau Toba. Sayangnya masa itu, tidak semudah sekarang untuk mencari informasi yang diinginkan. Jadi yaaa hanya bisa menerka-nerka saja.
Danau Toba
Sumber Gambar dari anekatempatwisata.com

Begitu tahu foto Danau Toba, aku langsung takjub donk. Karena melebihi ekspektasi aku. Bagus banget. Dikelilingi dengan pepohonan pula.

Untuk mencapai lokasi Danau Toba dari Kota Medan itu sendiri diperlukan waktu 4-5 jam lewat darat. Tapi dari berita yang aku baca, pemerintah akan membangun jalur kereta dari Kota Medan menuju Lokasi Danau Toba. Sehingga waktu tempuh pun akan lebih cepat. Alhamdulillah. Aku ikut senang dengan kabar ini.

Selain Danau Toba, di Medan sendiri ada beberapa pilihan wisata alamnya juga. Salah satunya Cagar Alam Sibolangit. 
Cagar Alam Sibolangit
Sumber Gambar dari Cintaihidup.com

Geser dikit dari Medan, ada Arung Jeram Sungai Wampu dengan jarak tempuh 1.5 – 2 jam dari Medan.
Arung Jeram Sungai Wampu
Sumber gambar indonesia.tripcanvas.co

Ada kawah putih dolok tinggi raja yang membutuhkan waktu tempuh 3-4 jam dari Medan.
Kawah Putih Dolok Tinggi
Sumber gambar indonesia.tripcanvas.co

Nah itulah list wisata alam yang terkenal di dunia dan ingin aku kunjungi juga setelah aku lulus kuliah nanti. Kapan lulusnya ? Semoga bisa secepatnya. Amiin. Doain.

Rincian Biaya Pesan Paket Pesawat+Hotel

Setelah bikin list, sekalian nih aku bikin saja rincian perkiraan biaya travelling sekeluarga. Biar langsung bisa aku setor ke suami. List sekaligus rinciannya. *asoy dah. 

Diantara list tersebut, rencananya, kami akan mulai dari Indonesia yang paling barat yakni Medan. Aaakkkk seru nih pastinya. *Langsung kebayang durian ucok. hihi

Karena sudah memutuskan mau mulai travelling dari mana, selanjutnya aku survey harga tiket juga hotel di Medan. 
Nah sekarang, enaknya nyari tiket dulu ? Atau hotel dulu ?
Tapi lama ah kalau seperti itu. 
Secara kan kadang pas tiketnya sudah dapet eeee giliran hotelnya yang nggak dapat karena sudah penuh. Atau sebaliknya, giliran hotelnya dapat eeeee tiketnya yang kosong. 

Aku pun curhat dengan temanku mengenai hal ini, namanya Himmah. Kebetulan, dia juga cukup sering melakukan travelling sekeluarga. Jadi yaaa, aku berharap, kali aja dia punya solusi atas permasalahanku ini. Dan solusi dari teman aku adalah : "Coba aja pakai Traveloka. Aku, kalau kemana-mana sama keluarga juga pakai traveloka" ujar temanku itu. 
                
Pesan Paket Pesawat+Hotel Secara Bersamaan

Setelah dapat saran itu, aku langsung meluncur ke Traveloka. Ternyata e ternyata, benar apa yang disampaikan teman aku bahwa di Traveloka bisa pesan paket pesawat+hotel secara bersamaan. Yeay praktis euy. Mudah dan benar-benar saving my time.

pesan paket pesawat+hotel di traveloka
Sekali mendayung dua pulau terlampaui
Dapat tiket pesawat plus hotelnya juga
Di samping itu juga, ternyata pesan paket pesawat+hotelsecara bersamaan lebih hemat dibanding pesan terpisah, hematnya bisa sampai 20% tanpa kode promo apapun.
Pyuuhhh. Legaaa. 
pesan paket pesawat+hotel di traveloka
Potongannya banyak benerrrrrr.
Sukaaaaa

Selanjutnya aku meluncur ke pembayaran donk ya. Pengen lihat seperti apa saja metode pembayaran yang ditawarkan di Traveloka. Dan lagi-lagi aku giring eh girang nih. Karena apa ? Metode pembayarannya mudah. Nggak njelimet bin ribet. Aku Cuma perlu meluncur ke UANGKU Balance lalu pilih mau transfer lewat bank apa.


Dah, Traveloka emang pengertian banget. Terutama buat mamak mamak macam aku ini. Hahay. 

Jadi kalau Kamu mau travelling kemana gitu atau ke salah satu list wisata yang aku buat, aku saranin pesan paket pesawat+hotel secara bersamaan yak. Biar Kamu juga bisa mendapatkan harga yang nyaman di kantong dan merasakan kemudahan seperti aku. Jangan lupa. Inga’ inga’ ting. 

7 comments:

  1. Baca tulisan Mbak, bikin bener-bener pengen traveling keliling Indonesia.. tapi maunya gratis.. haha

    Setidaknya maunya cari barengan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bisa travelling gratis ya, Mbak. Amiin

      Delete
  2. Semoga kesampaian cita-citanya ya Mbak...keliling Nusantara. Aamiin:)

    Saya beberapa list di atas sudah..karena memang tinggal berpindah untuk sekolah dan ikut suami pindah tugas kerja. Tapi masih banyak yang belum juga...
    Dan sepertinya pakai layanan seperti Traveloka akan membantu menghemat dana yaaa...Keren nih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbk, potongannya banyak, bisa sampek 20%

      Delete
  3. Hai kakak, duh keren nih punya planning seperti ini. Eh, salah satu nya masuk juga yah area Paropo.hehee, bisa donk nnti ketemu kalo ke Sumatera Utara yah , kak.

    ReplyDelete
  4. Trust me, Mbak. The power of dua itu bener loh. Aku dulu gak pernah punya impian bakal melihat segelintir Indonesia

    Aku suka berucap " Mudah-mudahan bisa ya kesana " Alhamdulillah, Allah kabulkan beberapa impianku

    Mudah-mudahan apa yang mbak Inda impikan terwujud ... Aamiin

    ReplyDelete
  5. Nggak salah deh milih destinasi wisata diatas buat agenda liburan :D

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Pengalaman Pertama Bikin Donat Rasa Endolita Tekstur Sinyorita

Jadi, sejak Ken sekolah, aku mulai rajin lagi belajar masak. Tapi kali ini, yang aku pelajari, khusus bikin cemilan, jajanan buat bekal s...