Skip to main content

TIPS untuk Membersihkan Kamar Mandi dengan Alat maupun Bahan-bahan Natural yang Aman bagi Kesehatan Tubuh

Hai, Kamu. 
Iya, Kamu.
Pernah nggak terlintas dipikiranmu soal gini nih, "Kamar mandi aku ini sudah benar-benar bersih belum, ya ? Jangan-jangan masih ada yang nyelip-nyelip nih di sela-sela tehel alias lantai kamar mandi. Kalau yang nyelip cacing mah gampang tinggal disiram doank biar jatuh ke aliran air. 
La kalau yang nyempil kuman bakteri dan teman-temannya gimana ? Susyaahhh...".

Aku pernah mikir seperti itu. Kalau nggak salah waktu  si pemilik kulit sensitif yakni suami dan bocah mulai mengeluhkan gatal-gatal di badan atau di kaki mereka setelah selesai mandi. Iya. Selesai mandi mereka malah gatal gatal. Aku heran banget waktu itu. Koq bisa gitu, ya ?. Abis mandi malah gatal-gatal. 

Nah karena aku heran dengan apa yang dialami suami juga bocah. Aku pun nyobak tanya-tanya ke teman-teman grup di wa. Yaaa siapa tau ada yang pernah punya pengalaman seperti aku gini. Kan bisa ngasih solusi. Tapi sayangnya sebelum mereka ngasih solusi, terlebih dahulu mereka menanyakan hal yang sama seperti ini : "Ah jangan-jangan kamar mandimu lama nggak kamu bersihin nih ?". 

Denger pertanyaan gitu, sontak aku bilang gini : "Enak aja, lawong baru aku kuras aku bersihin koq kinclong markinclong".

Setelah itu mereka ngasih saran buat lebih rajin ngebersihin kamar mandi. "Sehari sekali kalok bisa". 
WATAW
Atau kalau nggak sempat, bisa pakai atau menyewa jasa kebersihan rumah

Jujur. Waktu itu aku masih penasaran. Eta terangkanlah. Koq bisa kejadian ini terjadi padahal kamar mandi sudah dibersihkan. 

Karena penasaran. Aku berburu informasi donk. Ternyata, kejadian seperti yang dialami suami dan bocah, bisa terjadi bukan hanya karena  masih adanya kuman cs yang nyempil. Melainkan bisa juga karena alat dan bahan-bahan yang dipakai untuk membersihkan kamar mandi kurang atau bahkan tidak aman bagi kesehatan tubuh kita. Nggak nyangka deh aku. Kalau hal ini bisa jadi pemicu suami dan bocah yang malah gatal setelah mandi. 

Dari informasi yang aku dapetin itu. Aku berusaha lagi nih cari informasi tentang tips membersihkan kamar mandi dengan memperhatikan alat dan bahan yang dipakai untuk membersihkan kamar mandi. 
Hasilnya aku jentrengin seperti di bawah ini, ya. 
Sengaja. 
Berbagi info yang insyaAllah bermanfaat juga buat Kamu, Teman. 

Adapun TIPS untuk Membersihkan Kamar Mandi dengan Alat maupun Bahan-bahan Natural yang Aman bagi Kesehatan Tubuh Kita maupun keluarga Kita di rumah.

Sumber gambar kliknclean

Pertama-tama kita mulai dengan cermin. Cermin merupakan salah satu ‘perkakas’ atau alat kelengkapan kamar mandi yang cukup sering menjadi kotor. Entah itu terkena cipratan air hingga terkena cipratan sabun atau shampoo. Jika baru  terkena mungkin akan sangat mudah
membersihkannya. 

Namun bagaimana cara membersihkan noda membandel pada cermin kamar mandi ?
Caranya sangat mudah, Kita cukup ambil cuka dapur dan campurkan dengan air. Perbandingannya adalah 1:1, misalnya 100 ml air dengan 100 ml cuka cukup Kita campurkan dan masukkan ke dalam wadah. Jika Kita memiliki botol semprotan Kita bisa menggunakannya karena akan memudahkan pekerjaan Kita.
Nah jika sudah semprotkan cairan tersebut ke cermin Kita, lalu seka dengan menggunakan kaos bekas tidak terpakai, atau kertas koran.
Hanya saja jika menggunakan kertas koran biasanya akan tertinggal sisa-sisa kertas yang mengharuskan Kita bekerja dua kali. Cairan campuran cuka dapur dan air ini juga dapat Kita gunakan untuk membersihkan ubin, hingga berbagai macam kerak-kerak sabun di permukaan kamar mandi Kita. Kita akan mendapati keramik maupun permukaan kamar mandi menjadi bersih seperti sediakala.

Hal yang Kita bersihkan selanjutnya adalah saluran air. Jika Kita jarang membersihkan saluran air, pipa-pipa saluran air Kita akan berkerak kan nih dan akibatnya adalah air sulit mengalir hingga bisa mampet total. Cara membersihkannya amatlah mudah. Kita cukup beli baking soda, dan masukkan serbuk baking soda Kita ke dalam saluran air secukupnya. Nah diamkan selama beberapa saat, dan kemudian siramkan campuran cuka dapur dan air (yang seperti di atas tadi) ke dalam saluran tersebut. Alternatifnya Kita juga bisa menyiramkan air biasa ke dalam saluran tersebut jika Kita tidak
memiliki cuka dapur.

Terakhir, bagaimana dengan toilet? Lagi-lagi Kita bisa memanfaatkan baking soda dan cuka untuk membersihkan toilet Kita. Caranya pertama-tama Kita taburkan baking soda sebanyak-banyaknya di seluruh permukaan toilet yang Kita inginkan untuk menjadi bersih. Setelah baking soda sudah tersebar merata, Kita bisa langsung menyiramkan cuka dapur yang tidak dilarutkan ke atas serbuk-serbuk baking soda tersebut. Tunggulah beberapa saat untuk kemudian Kita sikat toilet menggunakan sikat apapun yang biasa Kita gunakan untuk membersihkan toilet. Setelah itu jangan lupa bersihkan dengan air.

Kedua zat di atas, cuka dan baking soda, sebenarnya bahan untuk campuran makanan, sehingga relatif lebih aman dibandingkan penggunaan zat kimia buatan pabrik. Selain itu kedua zat tersebut selain dapat membuat permukaan kamar mandi menjadi mengkilap, ternyata juga bisa menghilangkan bau-bau an tidak sedap loh dari kamar mandi Kita. So Kuy Kita coba. Dan selamat mencoba buat Kamu yak !.

Comments

  1. Bahan bahan ada di rumah semuanya. Ane mau coba ah. Ini mudah di lakukan

    ReplyDelete
  2. Rutin membersihkan kamar mandi jadi PR nih buat saya. Apalagi kerak di lantai kamar mandi yang membandel dan susah dihilangkan hanya dengan digosok saja. DIY pembersih lantai dengan baking soda bisa dicoba nih :))

    xoxo,
    honeyvha.com

    ReplyDelete
  3. Boleh juga ini buat dicobain secara mudah buat dipraktekin dan bahannya gampang didapat.

    Coolatmoshpeer.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. wah pas banget, aku lagi 'berniat' mau ngebersihin kamar mandi. semoga tidak berhenti di niat yaa hahaha

    ReplyDelete

Post a Comment

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Popular posts from this blog

Cara Menghaluskan Daging Tanpa Mesin

Idul Adha. Daging dimana-mana. Bingung mau dimasak apa. Akhirnya dibikin bakso saja.
Yup, meluncurlah kami, daku dan suami, ke pasar, bukan hendaak berkeliling keliling pasar, tp hendak menggiling daging kurban jadi adonan. Di rumah, tinggal dibentuk bulat bulat plus bikin kuaahnya saja.

Tiba di tempat giling daging. Beugghhh. Harum semerbak nan memblenek. Yah namanya jg tempat penggilingan daging. Jadi ya gitu ituh.

Kami memilih tempat yang sudah direkomendasikan tukang bakso langganan kami. Di tempat itu, kita bisa request mau adonan yg begini atau yg begitu. Kami sih memilih yg begini aja. Kan buat dikonsumsi keluarga.

Kami harus mengantri, karena banyak yg seperti kami. Bingung mau dimasak apa lagi tuh daging sapi.
Masa menunggu, membuat daku bergumam: "koq gitu?".
Kenapa ?.
Kebersihan tempat bisa dikatakan lumayan lah daripada sebelah2nya. Yg bikin perasaan jadi gimanaaa gitu, karenaaaaaa. Yg handle adonan itu lohhh, laki laki berkaos singlet. Kalau ada yg netes dari ce…

4 Merek Panci Presto Terbaik

Satu atau dua hari sebelum lebaran biasanya para ibu rumah tangga, seperti kita-kita nih, sudah mulai mempersiapkan beraneka macam hidangan yang lezat seperti opor ayam dan ketupat donk ya. Nah untuk menghasilkan opor ayam yang empuk, kita pasti membutuhkan yang namanya panci pressure cooker (presto). Dengan menggunakan panci presto ketika merebus ayam, daging akan cepat matang dan empuk dalam waktu yang singkat. Selain itu penggunaan gas juga akan lebih hemat dan makanan akan menjadi lebih sehat karena gizi yang terkandung dalam ayam akan tetap terjaga. Berikut adalah daftar empat merek panci presto terbaik yang bisa kita dapatkan di online shop banyak diskon MatahariMall.
1. Airlux Panci Presto PC7216 Panci presto berkapasitas 16 liter ini bisa memasak makanan 3-10 kali lebih cepat daripada panci yang biasa kita gunakan. Panci ini dilengkapi dengan safety valve dan safety cover lock yakni lubang pembuangan uap atau udara yang berfungsi sebagai pengaman pada saat panci presto diguna…

Pengalamanku Menggunakan Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Bulan Ramadhan selalu jatuh di musim kemarau. Dimana matahari benderang sepanjang haru. Hawa panas yang dibawa serta oleh matahari, mampu menerebos benteng-benteng pertahanan (rumah) manusia. Semilir angin yang tercipta dari kipas-kipas rotan yang digerakkan oleh tangan, naik dan turun, tak mampu mengusir hawa panas yang datang. Bahkan kipas bertenaga mesin pun tak daapt mengusirnya. Suasana seperti ini, tak ayal, mampu membuat membuat stok cairan tubuh seseorang yang sedang berpuasa menjadi semakin cepat berkurang. Sedikit demi sedikit.
Hilangnya cairan tubuh ini tentu saja berdampak pada kesehatan. Terutama bagi orang yang sedang berpuasa. Karena cairan yang hilang tidak dapat segera diganti.
Nah salah satu tanda bahwa dehidrasi tengah menghampiri kita adalah dapat dilihat atau dirasakan secara langsung dari kondisi kulit kita masinng-masing. Misalnya untuk jenis kulit kering ditandai dengan kulit terasa kakum bahkan mudah terkelupas dan bers…