Ramadan Ekstra : Tips Belanja Online Hemat Selama Bulan Ramadan


Hai, Kamu.
Apa kabar, nih ?
Baik-baik saja kan ?
Dah, semoga kita selalu diberikan kesehatan ya sama Allah. Terutama di hari-hari menjelang Ramadhan datang.


Yup.
Ramadhan tinggal menghitung hari.
Syukur alhamdulillah karena kita masih diberikan kesempatan untuk bertemu dengan bulan suci Ramadhan lagi. Berharap, semoga Ramadhan kali ini lebih baik dari Ramadhan sebelumnya.
Amiin.

Oya, ngomong-ngomong, kamu sudah bikin persiapan belum, nih ? Persiapan buat menyambut bulan suci Ramadhan tentunya ? Seperti kebutuhan dapur ? Daftar menu sahur dan buka puasa ? Biaya buat mudik ? Buat lebaran ? Dan sebagainya. Udah belum ? Kalau aku, baru nyiapin yang buat mudik doank. Selain itu, belum. Padahal banyak ya, yang perlu disiapin dan pastinya bakal bikin pengeluaran jadi Ekstra atau lebih banyak dari bulan biasanya. Tapi, nggak masalah lah yah. Selama pengeluaran ekstra ini, membuat kita sukses saat menjalani ibadah di bulan suci Ramadhan dan satu lagi, uang buat pengeluaran ekstranya ada, bukan hutang. hihihi.
Soal pengeluaran Ekstra pas bulan ramadhan hingga lebaran, memang sudah tidak bisa kita hindarkan lagi.
“Dari tahun ke tahun mah gitu”.
Nah dengan kondisi yang sama begini setiap tahunnya, seenggaknya, kita sudah punya prediksi lah ya soal perkiraan biaya Ekstra yang dibutuhkan selama Ramadhan hingga lebaran. Prediksi ini bisa dijadikan sebagai batas maksimal pengeluaran kita. Dengan melakukan hal itu, pengeluaran kita memang Ekstra, tapi nggak sampai membludak, apalagi sampai hutang-hutang. 

Selain membuat batas pengeluaran ekstra, ada hal lain nih yang bisa kita lakukan juga. Apa coba ? Biasanya, selama bulan Ramadhan hingga lebaran itu, pasti ada momen dimana kita bisa mendapatkan barang dengan harga yang Ekstra atau lebih murah dari biasanya alias Diskon-diskon Bikin Mamak Happy Uyeah. Nah kita bisa memanfaatkan momen itu sebaik mungkin. Lumayan kan, bisa bikin kita hemat sekian rupiah.

Baca juga : THR anak ditabung atau dihabiskan ?

Trus, senangnya lagi nih, momen-momen itu bisa kita jumpai dimanapun. Nggak hanya di dunia nyata, di dunia per-online-an juga ada.
“Kalau di dunia lain gimana, Kakak ? Ndak tau euy, coba tanya Roy Kiyoshi yak *hahay.

Nah, salah satu e-commerce yang sekarang jadi langganan aku adalah Tokopedia. Iya, beneran, aku punya akun di Tokopedia, nama akun Inda Chakim, dan hampir setiap bulan aku belanja di Tokopedia. Baik belanja produk untuk dipakai sendiri atau belanja produk untuk aku jual lagi ke orang-orang sekitar aku. Untungnya, lumayan banget buibu. Hahaha.

Selama jadi konsumen tetap di Tokopedia, ada manfaat-manfaat yang aku dapatkan. Selain harganya lebih murah, tokopedia juga bertabur promo. Promo-promo inilah yang berhasil bikin kantong aku aman bahkan menggembung karena banyak dapat untung dari hasil aku jualan produk yang ada di Tokopedia. Cucok kan ?. Dan aku pun akan melakukan hal yang sama di bulan Ramadhan ini yakni tetap belanja di Tokopedia biar sukses menjalani Ramadan yang Ekstra.

Nah biar kamu juga bisa merasakan kebahagiaan yang sama seperti yang aku rasakan waktu belanja di Tokopedia, nih aku share ke kamu tips kece belanja di Tokopedia terutama saat bulan Ramadhan nanti.  

Tips belanja online hemat kebutuhan bulan Ramadan Ekstra di Tokopedia :


1.     Bandingin dulu nih harga setiap toko online yang ada di Tokopedia
Karena apa ? Tokopedia kan punya segambreng toko online berkualitas, jadi ya memungkinkan banget nih bagi kita buat membandingkan harga berbagai produk kebutuhan dengan lebih mudah. Caranya gimana ? Gampang, cukup cari produk yang kita butuhkan di kolom pencari trus klik trus muncul dah seabrek bahkan ribuan produk dengan berbagai harga yang siap untuk kita beli. Nah biar pengeluaran belanja online kita lebih hemat saat Ramadan nih, cukup kita pilih produk dengan harga tepat dan spesifikasi yang pas serta sesuai dengan kantong doraemon kita.

2.     Pilih-pilih produk berkualitas dari produsen lokal
Kata orang, biar bikin Ramadan Ekstra, maka harus selalu pakek barang branded dengan harga selangit. Kalau aku mah ? Nggak gitu. Bagi aku, yang penting nyaman dipakai terutama saat melakukan ibadah di bulan suci Ramadhan. Nah soal nyaman, nggak harus selalu branded kan ? Produk dari produsen lokal juga bisa bikin nyaman juga koq. Asli. Trus soal produsen lokal, Tokopedia, e-commerce dengan produk terlengkap memiliki koleksi  berbagai produk hasil kreasi produsen lokal tapi yang mau nyarik yang brand terkenal dunia juga ada koq di Tokopedia. Nah dengan memilih atau membeli produk dari produsen lokal kita bisa hemat pengeluaran belanja juga kan ? Ya apa iya ?. 

3.     Cari toko online yang paling dekat dengan tempat tinggal kita.
Saat belanja online, biaya yang tak boleh terlupakan adalah biaya ongkos kirim (ongkir). Karena apa ? Ongkos kirim bisa menjadi salah satu faktor yang bikin pengeluaran membengkak. Jadi, kita memang kudu itang itung dulu nih. 'Kalau harganya segini kira-kira ongkirnya berapa ya ? Wah ternyata lebih mahal nih jatohnya ketimbang beli produk dari toko ini meskipun harganya lebih mahal dari toko yang bikin ongkirnya mahal itu'. So alangkah baiknya pilih toko online yang lokasinya paling dekat dengan lokasi kita untuk mengurangi ongkir berlebihan. Enaknya nih, di Tokopedia, kita bisa jadi roy kiyoshi, soalnya kita bisa tahu lokasi toko online secara detail, daerah mana ? Kota apa ? Jadi kita dapat pilih toko online dengan lokasi yang nggak bikin pengeluaran kita menggendut. 

4.      Pilih cara bayar belanja online yang tepat
Salah satu yang bikin kesengsem mamak mamak seperti aku ini adalah kemudahan waktu berbelanja online di Tokopedia. Kemudahannya nih dalam hal cara pembayaran. Jadi di Tokopedia nih ada berbagai metode pembayaran yang dapat kita pakek mulai dari Saldo Tokopedia, transfer bank, kartu kredit, cicilan, sampek mbayar mbayar melalui minimarket. Dengan kita memilih metode pembayaran yang sesuai dengan kondisi keuangan kita nih tentu dapat menghemat pengeluaran saat berbelanja online. Sepengalamanku nih, kalok mbayar pakek saldo Tokopedia, nggak kenak potongan maksudnya nggak ada biaya tambahan. Trus kalok mbayar pakek atm, itu ada biaya tambahannya cuma nggak sebanyak biaya tambahan waktu mbayar di minimarket. Gitu. 

5.     Pilih metode pengiriman paling efisien
Soal pengiriman ini, kadang bikin aku dag dig dug. Apalagi kalok udah telat sehari. Duh, bakal bolak balik ngecek resi aku mah. Soalnya, pernah nih, aku ngalamin yang namanya paket tak sampai sampai yang ternyata setelah diselidiki, kurir ngirim paketnya ke alamat yang salah. Sedih. Karena kejadian itu, aku nggak mau lagi dah pakek jasa pengiriman itu. Nah, kalau belanja di Tokopedia nih, ada banyak pilihan jasa pengiriman, mulai dari pengiriman secara konvensional hingga kurir instan melalui jasa transportasi online. Dalam memilih metode pengiriman ini, kita dapat membandingkan biaya ongkos kirim terbaik diantara metode pengiriman yang ada untuk menghemat belanja online kita dan tentunya jasa pengiriman yang udah cucok soal pengiriman barang di daerah tempat tinggal kita.

6.     Buibu, manfaatin promo dan diskon semaksimal mungkin yak. 
Promo atau diskon ngasih pengaruh yang uwow nih untuk menghemat pengeluaran kita dalam berbelanja online. Nah cucoknya, bulan Ramadan kali ini, Tokopedia ngasih kesempatan baru bagi kita nih selaku pembeli dalam menikmati bulan Ramadan. Dengan apa ? Tentunya, dengan rangkaian promo sepanjang bulan Ramadan yang bisa kita gunakan untuk buat Ramadan kali ini makin Ekstra.

Oya ada satu lagi nih, yang pengin aku share ke kamu. Kabarnya nih, tanggal 25 Mei nanti, ada program EKSTRA di Tokopedia yang dapat membuat Ramadan Ekstra kita menjadi lebih Ekstra. Ekstra apa nih ? Ekstra bahagia donk, pastinya. Karena apa ? Pada tanggal 25 Mei nanti, di Tokopedia, akan ada festival belanja online “Black Friday”.  Seperti apa info lengkapnya ? Kamu bisa langsung klik ini : info Ramadan Ekstra di Tokopedia.

Kebayang kan, gimana serunya festival ? Apalagi ini adalah festival belanja online pula. Trus trus, kira-kira, ada kejutan apa ya di festival belanja online Black Friday” di tanggal 25 Mei nanti di Tokopedia ? Tentunya, kejutan yang bakal buat pengalaman belanja online di bulan Ramadan Ekstra ini jadi lebih special

Ah, jadi penasaran nih. Ya udah, yuk kita tandai tanggal 25 Mei di kalender kita masing-masing atau pasang alarm deh pas tanggal segitu. Biar nggak ketinggalan. Cus, Bergegas.

2 comments:

  1. Emang biasanya pengeluaran jelang Ramadan dan lebaran tuh ekstra banyak yaa. Tapi semoga berkah deh. Belanja yg manfaat aja ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  2. iya bangeeet.. pengeluaran ekstra selalu ada tiap tahun pas lebaran. Tapi sudah 2x lebaran pengeluaran ekstranya lari ke uang daftar ulang sekolah anak-anak.. huhuhu..

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Tips Lancar Berpuasa di Bulan Ramadan bagi Penderita Sesak Nafas

 Assalamu’alaikum, Dear, Mombeb. Apa kabar? Aku do’akan semoga kamu selalu dalam kondisi sehat dan bahagia aamiin ya robbal’alamiin. Doa...