2018 : Tentang Kegagalan dan Pengalaman Berharga

Hhhhhh...
Ambek an dulu.
Nafas dulu.

Agak berat sebenarnya melepas 2018 karena ada resolusi 2018 yang belum tercapai. Padahal, resolusi tersebut hanya dan cuma satu-satunya di tahun 2018. Parah kan?

Tapi mau bagaimana lagi. Waktu sudah berlalu. Mau menyesal pun tiada guna. Pikirku, yang harus aku lakukan adalah tetap maju melangkah, melakukan yang terbaik demi mewujudkan resolusi yang aku buat sendiri.

Di sisi lain, ada hal spesial yang terjadi di 2018. Yakni Allah kembali memberikan aku dan suami amanah seorang bayi perempuan yang menggemaskan. Alhamdulillah.

Oya hampir lupa. Rasanya, di tahun 2018 ini juga, ada banyak sekali pengalaman pelajaran hidup yang aku dapatkan. Ada pengalaman yang membawa tawa bahagia, ada pula pelajaran yang membawa serta tangis berderai air mata.
Aku tahu bagaimana rasanya hamil saat kuliah.
Aku tahu bagaimana rasanya hamil tua tapi masih pergi keluar kota sendirian.
Aku tahu bagaimana rasanya naik kendaraan umum saat hamil muda hingga trimestes ketiga.
Dan
Aku tahu bagaimana rasanya kerja sementara sedang hamil.
Dan sebagainya.

Bagi aku, pengalaman-pengalaman di atas adalah yang pertama kali aku rasakan serta tentu berharga dalam hidup aku. Aku berharap, pengalaman-pengalaman tersebut bisa membuat aku lebih berhati-hati dalam menilai seseorang, tidak mudah nge-judge orang, apalagi nyinyir. Naudzubillah.

Dah, semoga ya, aku berharap banget, di tahun 2019 besok. Resolusi-resolusiku tercapai. Dan semoga kalian juga demikian, Teman. Aamiin..


Berasuransi Karena Musibah yang Terjadi di Musim Hujan


Hai,
Sudah masuk musim hujan, ya. Kalau kata BMKG nih, musim hujan berlangsung dari bulan Oktober 2018 hingga Maret 2019. Jadi masih lama, masih banyak waktu buat main hujan.



Iya, ada rasa senang saat hujan datang. Kalau dulu, waktu aku masih jojoba, jomblo jomblo bahagia, hujan merupakan masa yang enak dipakai untuk berkarya. Mulai dari berkarya di atas kertas hingga berkarya di atas bantal alias molor. Bhahaha.

Namun, disamping senang, juga ada rasa khawatir. Mengingat bencana alam atau musibah yang biasanya hadir mengiringi saat datangnya musim hujan. Ah iya, semoga kita terhindar dari bencana alam atau musibah di musim ini, Aamiin.

Seperti yang terjadi beberapa waktu yang lalu di daerah tempat tinggalku. Waktu itu hujan lebat, angin kencang sekali, atap-atap rumah ada yang miber alias beterbangan hingga banyak pohon tumbang. Kala itu, suasananya memang menakutkan.

Alhamdulillah, tidak ada korban manusia dari kejadian ini. Namun beberapa kendaraan rusak karena tertimpa pohon tumbang.

Salah satu kendaraan yang tertimpa pohon adalah mobil milik Teman Suami yang sedang parkir di bawah pohon di depan tempat wisata keluarga.  Atap mobilnya penyok hingga mengenai kursi mobil lalu kaca-kaca mobil juga pada pecah. Kasihan.

Kata teman suami:"Nggak apa-apa, yang penting aku sama keluarga selamat". Ah iya bener, itu memang paling utama.
"Ini mah gampang, tinggal klaim asuransi kendaraan saja" terangnya.

Oalah...pantas saja, ternyata kendaraannya sudah diasuransikan.

Dari pengalaman teman suami, aku dan suami seakan mendapat hidayah. Makcling gitu. Kami pun sepakat untuk mencari asuransi bagi mobil kami.
Jalan-jalan keluarga dulu

Ada nada sumbang dari salah dua anggota keluarga maupun beberapa teman kami saat mengetahui kami ingin mencari asuransi mobil. Yang mereka katakan rata-rata seperti ini:"Jangan, buang-buang uang".
Atau begini:
"Nggak usah ah, nggak perlu juga, kan kita bisa lebih hati-hati, biar nggak terjadi kecelakaan atau kehilangan".
Untuk pendapat yang kedua, aku nggak diam saja. Jadi aku jawab begini:"Kadang  sudah hati-hati juga ikut jadi celaka akibat perbuatan seseorang yang tidak hati-hati saat berkendara".
Setelah aku jawab gitu, dia yang berpendapat seperti itu, langsung diam saja.

Tapi, berubung kami sudah mantap untuk mencari asuransi mobil, kami pun tidak terpengaruh nada sumbang tersebut. Yaaa setiap orang punya pendapat masing-masing tho. Bagi pemilik nada sumbang tersebut memiliki asuransi bukanlah hal yang penting. Sementara bagi kami, aku dan suami, memiliki asuransi mobil itu penting. Karena kami  tidak tahu pasti masa depan itu seperti apa. Kami bukan seperti mbah mijan yang bisa tahu bahwa syahrini akan segera dilamar reino barrack. *lah.

Awalnya kami mencari dari tanya-tanya ke teman-teman yang sudah pakai asuransi mobil. Hanya saja, kami belum menemukan yang pas bagi kebutuhan kami. Mau datang ke kantor-kantor asuransi, biar bisa mendapat penjelasan secara langsung saja, kami tak kunjung bisa. Karena apa? Nggak sempat sempat, Esmeralda.

Lalu, tiba-tiba, salah satu teman bilang begini ke kami:
"Aku dulu juga seperti kalian, bingung cari asuransi tapi aku nggak sempat mau cari informasi ke kantor-kantor penyedia asuransi, trus aku ke situs Futuready, diberi tahu temanku juga sih. Alhamdulillah langsung ketemu penyedia asuransi yang sesuai kebutuhanku".

Tidak pakai menunda lama, waktu lagi senggang di rumah, leyeh-leyeh gitu, aku manfaatkan untuk mengunjungi situs Futuready pakai Gawai. Aku penasaran, seperti apa sih situs Futuready ini.

Futuready

Alhamdulillah, rasa penasaranku langsung terjawab di tampilan awal Futuready.com. Bahwa Futuready adalah SUPERMARKET Asuransi Online Berlisensi OJK.

Jujur, waktu aku baca dua kata terakhir, berlisensi ojk, ada geletar-geletar rasa aman gitu di dada. Berasa dilindungi kapten Yoo Si Jin *hahay

Selain sudah memiliki lisensi OJK, Futuready juga merupakan bagian dari AEGEON yakni salah satu perusahaan asuransi terbaik di dunia yang berbasis di Den Hag, Belanda.

Lalu, sebagaimana Supermarket, di Futuready ini terdapat macam-macam PENYEDIA ASURANSI lho yang mana dikelompokkan menjadi 4 seperti gambar di bawah ini:

Tapi menurut aku sih, Futuready ini bukan sekedar Supermarket Asuransi Online. Karena apa? Futuready juga menyediakan artikel-artikel terkait dengan kesehatan, kendaraan, perjalanan dan tentu saja terkait juga dengan Asuransi. Tentu hal ini membantu banget bagi orang yang awam soal asuransi seperti aku ini. Aku bisa menambah wawasan, lalu memahami soal asuransi dengan baik, sebelum mengambil keputusan untuk memilih penyedia asuransi kendaraan yang mana. Lalu mau memilih jenis asuransi kendaraan yang bagaimana, yang all risk atau TLO.

Aku pun nencoba menggunakan Fitur 'CARI ASURANSI' untuk mobil. Dan Futuready berhasil menemukan 23 Penyedia Asuransi yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan. Setiap Penyedia Asuransi dilengkapi dengan daftar bengkel yang bekerjasama dengan penyedia asuransi tersebut hingga alamat lokasi dan sebagainya. Lengkap.




Oya sewaktu aku mengeksplorasi Futuready ini, ada 4 manfaat yang aku rasakan.
Pertama, MUDAH
Iya, Futuready memberikan kemudahan untuk mencari Penyedia Asuransi yang aku dan suami inginkan. Penjelasan yang ada di Futuready mengenai Asuransi jiga MUDAH dipahami dan sebagainya.
Kedua, PRAKTIS.
Iyup, berbekal jari jemari dan gawai saja, sudah bisa mencari hingga belanja asuransi.
Ketiga, SESUAI
Di Futuready ada banyak sekali Penyedia Asuransi. Jadi kita bisa menemukan penyedia asuransi yang sesuai dengan kebutuhan.
Keempat, AMAN
Berlisensi OJK cyiiinnn.

Nah setelah aku mengeskplorasi Futuready, langkah selanjutnya adalah aku akan memberitahu suami. Kami akan memutuskan bersama-sama soal Penyedia Asuransi untuk mobil kami. Alhamdulillah, keinginan kami untuk belanja asuransi untuk mobil kami akan segera terwujud berkat bantuan Futuready.

Jadi, buat Kalian nih, Teman-teman aku tercinta, kalau mau cari-cari informasi atau bahkan belanja Asuransi, bisa mengunjungi Futuready.


Ke Mesir, Tak Hanya Berlibur Tetapi Juga Belajar Sejarah


Siapa bilang Mesir tidak cocok dijadikan pilihan untuk berlibur? Negara ini sangat menggairahkan dan menggoda untuk dikunjungi lho. Terlebih bagi Aku atau mungin juga Kamu yang menyukai tantangan dalam cuaca dan iklim yang panas. Mesir juga memiliki penawaran menarik dalam hal kuliner, negara ini memiliki ciri khas rasa yang sangat kuat dengan sensasi rasa yang tidak bisa Kamu lupakan. Untuk berkunjung ke daerah ini, Kamu bisa memulainya dari sekarang. Menyusun dan menentukan hari dan tanggal untuk pergi berlibur ke negara ini. Gunakan maskapai Emirates untuk mengantar Kamu hingga tiba di Mesir.
ke mesir pakai traveloka

Di Mesir, Kamu bisa mempelajari banyak hal. Mulai dari sejarah peradaban manusia, khususnya peradaban Mesir, kebudayaan dan kuliner khas Mesir, gaya hidup dan kebiasaan masyarakat Mesir, hingga pergi ke titik-titik pariwisata yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga, rekan kerja, bahkan orang terkasih. Mengunjungi Mesir, jangan lupa juga untuk bertandang ke bagian timur laut Afrika. Disana terdapat peninggalan peradaban kuno Mesir yang terkenal seperti Piramida Giza dan Sphinx. Mungkin Kamu sering mendengar istilah Sphinx ini, terlebih di film-film yang berlatar Mesir, Sphinx selalu menjadi primadona, namun tidak ada salahnya jika berkunjung ke Mesir, Kamu melihat, menyentuh dan berfoto di depan Sphinx. Peninggalan peradaban Mesir kuno banyak dinilai sebagai pemandangan terbaik di dunia. Sebab tak hanya cantik, pemandangan di Mesir akan membuat Kamu takjub dan berkeinginan kembali ke masa lalu.

ke mesir pakai traveloka

Lalu mengapa kita harus memilih Emirates saat pergi berlibur ke Mesir? Emirates memiliki banyak kelebihan yang menguntungkan. Misalnya bagi Kamu yang memulai perjalanan di Afrika, maka diizinkan membawa dua buah tas berat dengan maksimal berat tas masing-masing dua puluh tiga kilogram untuk kelas ekonomi, sementara kelas utama dan bisnis Kamu diperbolehkan membawa tas dengan berat masing-masing tiga puluh dua kilogram. Maka perlengkapan lengkap untuk menghadapi cuaca panas di Mesir bisa dibawa seluruhnya di dalam tas.

ke mesir pakai traveloka

Berkunjung ke Mesir tak lengkap juga rasanya bila tidak menyempatkan diri untuk datang dan menikmati keindahan Sungai Nil. Sungai ini termasuk menjadi saksi sejarah peradaban Mesir hingga saat ini. Dahulu, banyak kapal pesiar Mesir melakukan pelayaran dengan melewati sungai yang menawan ini, untuk mencapai kota-kota yang ada di Mesir. Menjelajahi Sungai Nil bisa dilakukan di malam hari maupun di siang hari, sebab dipandang dari waktu yang berbedapun, Sungai Nil akan tetap menawan dan cantik. Salah satu kendaraan yang bisa Kamu gunakan adalah Kapal Felucca. Kapal ini merupakan kapal layar yang melegenda, sebab telah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu. Meskipun banyak kekurangan dan tidak senyaman saat Kamu melakukan pelayaran dengan menggunakan kapal pesiar yang mewah, namun Kapal Felucca akan memberikan sensasi masa lalu yang sangat luar biasa.

ke mesir pakai traveloka

Untuk menambah wawasan sejarah tentang Mesir, jangan lupa juga untuk berkunjung ke Museum Mesir. Museum ini memiliki koleksi benda antik mencapai 120 ribu buah. Mulai dari artefak, makam Tutankhamen, serta royal mummy room yang berisi dua puluh tujuh mumi dari zaman kerajaan Firaun. Jadi siapa bilang berlibur ke Mesir itu tidak menarik? 

Pengalaman Membuat Kedai Kopi Kekinian dengan Budget di Bawah 10 Jutaan

Beberapa waktu yang lalu, teman kuliahku ada yang tanya soal berapa budget yang harus disiapkan untuk membuat kedai kopi seperti kedai kopi yang aku dan suami rintis. Karena, rencananya, dia mau buat kedai kopi juga bareng teman-temannya. Usaha bersama gitu, katanya. Aku ditawarin gabung, tapi aku bilang nggak bisa. Aku memilih untuk share pengalaman membuat kedai kopi kekinian dengan budget di bawah 10 jutaan.


Sebelumnya, ide membuat kedai kopi ini berasal dari suami. Dilatarbelakangi dengan suami yang melihat kantor baru tempat ia bekerja begitu ramai, dan semakin ramai pada hari tertentu. 

Suami sering mendapatkan pertanyaan dari tamu-tamu kantor, dimana warung terdekat yang menyediakan minuman, gorengan hingga rokok. Sementara warung yang menyediakan hal tersebut cukup jauh dari kantor. Dengan kondisi seperti ini, suami pun melihat adanya peluang atau pintu rejeki. Tinggal mencari tempat atau lahan kosong yang disewakan saja. 

Nah kebetulan juga di samping kantor ada tanah kosong. Bak gayung bersambut, alhamdulillahnya nih, aku dan suami diperbolehkan menggunakan lahan kosong tersebut oleh pimpinan kantor suami tanpa perlu membayar uang sewa.

membuat kedai kopi kekinian di bawah 10 jutaan
bersih-bersih dulu sebeum buka kedai

Sebenarnya, aku sempat sangsi dengan ide dan ajakan suami untuk membuat kedai kopi kekinian. Aku belum siap nerima resiko yang mungkin bisa terjadi. Aku khawatir rugi trus gulung tikar. Tapi suami bilang gini: "Tenang aja, nggak usah takut sama risiko rugi, kan ayah sudah pernah usaha gini, jadi bismillah aja, insyaAllah dapet untung, dan berkah".
"Aamiin" kataku.
Ucapan suami, bikin aku jadi ingat quotenya Marissa Mayer, presiden & CEO Yahoo!. Kata beliau gini:
"Jika Anda bisa meredam perasaan takut dalam mengambil risiko, hal-hal yang menakjubkan bisa terjadi." ~ Marissa Mayer
Ada benernya juga tho. Jadi ya sudah ide dan ajakan suami, aku okein aja. Sapa tau ada hal-hal menakjubkan yang bisa terjadi. Seperti misalnya, Jualan Kopi bisa naik haji, gitu. Aamiin.

Selanjutnya, budget.
Nah, karena ide membuat kedai kopi kekinian ini bisa dibilang dadakan, walhasil budget untuk membuat kedai ini pun seadanya. Alhamdulillah, dari hasil mengumpulkan dua tabungan dan meminjam tabungan si kecil, budget yang terkumpul hampir 10 jutaan atau dibawah 10 jutaan.

Nah dengan budget segitu, gimana caranya kami bisa membuat Kedai Kopi Kekinian?

1. Menentukan konsep Kedai Kopi Kekinian sesuai budget
Pada umumnya, terutama di daerah tempat tinggalku, kedai kopi hanya terdiri dari bangku-bangku dan meja-meja panjang saja tanpa memperhatikan desain. Nah kami ingin memperhatikan soal itu meskipun dengan budget yang minim.

Kami memilih konsep desain back to nature yang tertuang pada bahan untuk membuat kedai yang terdiri dari bambu, dan atap rumbia serta pemilihan warna cat tembok.

Untuk kesan kekinian, kami menyelipkan rak buku mini serta tembok-tembok kosong yang dapat dimanfaatkan untuk background foto untuk selanjutnya dapat diupload di Instagram.

2. Berburu tempat membeli bahan untuk membuat kedai kopi kekinian yang murah.
Sebelum membeli bahan, suami melakukan survey di beberapa toko bangunan dan tempat yang menjual kayu dan bambu. Alhamdulillah, ia berhasil menemukan toko bangunan yang lebih murah dari yang lain dengan kualitas yang sama. Dengan melakukan hal ini, kami bisa menghemat budget sampai beberapa ratus ribu rupiah.

3. Membeli atau memanfaatkan barang bekas atau bahan bekas namun masih memiliki kualitas yang bagus.
Di kedai juga terdapat rak buku mini yang isinya sebagian besar buku-buku bekas tapi relevan dibaca di zaman sekarang. Di samping itu juga, kami memanfaatkan kayu bekas atau kayu sisa untuk membuat meja dan kursi untuk kedai dan mengubahnya menjadi rak buku mini.

rak buku dari kayu bekas atau kayu sisa
Rak buku mini dari kayu bekas atau kayu sisa untuk membuat meja dan kursi


4. Ikut membantu tukang bangunan
Kalau sedang luang, suami juga ikut membantu tukang untuk membuat kedai kopi kekinian. Kata suami, disamping bisa mempercepat pengerjaan, Mulai dari ikut membuat meja dan kursi untuk kedai hingga memasang atap.

Nah, seperti itulah pengalaman dan tahapan yang aku dan suami lakukan untuk membuat kedai kopi kekinian dengan budget di bawah 10 jutaan.

Alhamdulillah, dengan budget di bawah 10 jutaan, kedai kopi kekinian impian kami terwujud dengan gemilang.

Hasilnya gimana? Lebih ke rugi atau ke untung? Alhamdulillah, selama 2 tahun belakangan ini, hasil dari kedai bisa kami pakai tidak hanya untuk dapur melainkan juga untuk biaya kuliah aku.

membuat kedai kopi kekinian di bawah 10 jutaan
Disewa untuk kegiatan diskusi rutin

Nah dengan hasil seperti ini,
membuat aku dan suami ingin merambah usaha yang lain lagi.
Tapi usaha kali ini, sepertinya
membutuhkan budget yang agak banyak.
Jadi kami akan melakukan hal ini,
gadai BPKB 2 motor atau kalau masih kurang kami akan
Gadai BPKB Mobil.

Do'akan usahaku yang baru nanti bisa sukses ya, Teman-teman.
Matur nuwun buat yang mendoakan.
Do'a yang baik akan kembali kepada
yang mendo'akan.

Yang Tak Terlupa Saat Ikut Tes CPNS 2018


Akhirnya setelah,...seki...an lama, aku menunggu,...tarakdungces *hahay.

Iyup setelah sekian lama aku menunggu formasi cpns yang sesuai dengan ilmu dan ijazah aku, akhirnya tahun ini formasi itu benar-benar ada. Jujur, begitu aku tahu informasi ini, seketika itu ada yang meletup-letup di dada. Seneng tapiiiiii...campur psimis juga sih..*loh.

Sudah bukan rahasia lagi, kalau pada penerimaan cpns yang lalu-lalu, ada jalur khusus untuk jadi seorang pns. Entah siapa oknum yang menyediakan jalur tersebut, yang pasti kalau mau lewat jalur tersebut harus memiliki budget sekian-sekian. Ketentuan besarnya budget pun berbeda-beda. Ada yang puluhan juta hingga sampai ratusan juta rupiah. Meskipun harus menyediakan budget yang tidak sedikit, tetap saja ada peminatnya. Laris manis tanjung kimpul. Yuhuuuu.

"Tahun ini kayaknya nggak ada yang curang, nggak ada jalur-jalur khusus karena tesnya menggunakan aplikasi yang namanya CAT, Ma. Tidak seperti dulu, dengan cara manual, sehingga rawan terjadinya tindakan curang" Kata suami kepadaku.
'Ah iya, ada benernya juga sih yang dibilang suami' Pikirku gitu. Jadi rasa psimisku (yang sempat terbersit) untuk ikut tes cpns tahun ini, aku hilangkan sedemikian rupa dan aku ganti dengan  tekad bulat ntuk ikut tes cpns tahun 2018 ini. Hiyat ciyat ciyat.

Dan akhirnya aku pun beneran ikut tes cpns provinsi Bali, tepatnya tanggal 17 November lalu. Aku bersyukur karena bisa ikut tes cpns 2018 ini. Asli. Karena apa? Banyak hal atau kejadian-kejadian yang tidak terlupakan saat aku ikut tes cpns 2018 ini.

1. Daftar online di SSCN
Langkah awal sebelum dapat mengikuti tes cpns adalah dengan membuat akun di SSCN dan melengkapi beberapa syarat yang berlaku. Baru setelah itu melakukan pendaftaran offline yakni mengirimkan dokumen ke instansi yang dipilih.


Pada saat mendaftar via online, banyak yang mengalami kendala, Kendala tersebut berupa susah login hingga gagal upload dokumen. Aku sendiri juga mengalami kendala. Waktu itu, aku kesulitan bikin akun. Aku coba beberapa kali tetap gagal. Nah, demi menghindari hal tersebut, aku pun memilih untuk masuk di situs sscn pada saat menjelang subuh dan alhamdulillah langsung sukses. Yeahhhhh.

2. Jadwal tes dan HPL
Dari BKN disebutkan bahwa perkiraan tes  akan dilaksanakan pada akhir oktober. Namun ternyata jadwal-jadwal yang semula sudah diumumkan di BKN makin mundur saja. Hingga akhirnya keluarlah pengumuman mengenai tanggal dan tempat aku tes cpns nantinya.
Nah begitu aku lihat jadwalku ternyata selisih satu hari dengal hpl. *wakwaw. 'Wah bakal nggak jadi nih ikut tes cpns' Pikirku.

Tapi rupanya Allah berkehendak lain. Aku melahirkan di tanggal 4 November. Selisih 13 hari dengan jadwal aku tes cpns. Dengan kondisi begini, bahwa aku sudah lahiran dan juga berangsur-angsur pulih, alhamdulillah, aku bisa berangkat ikut tes cpns di Bali. Yihiiiii...

3. Berangkat tes dengan membawa bayi yang belum selapan (belum berusia 40 hari)
Sebelum berangkat ke Bali untuk tes cpns, sempat terhalang yang namanya kepercayaan orang zaman dulu bahwa sebelum selapan atau belum 40 hari atau lebih tepatnya masih 10 hari, ibu juga si baby tidak diperbolehkan keluar rumah kecuali dalam kondisi tertentu. Walhasil aku dan si baby tidak dizinkan kemana-kemana oleh para tetua.

Tapi, akhirnya diperbolehkan sih (meskipun berat hati) setelah aku sampaikan keterangan dari dokter anak dan dokter kandungan bahwa kami, aku dan si baby, bisa bepergian jauh. 


4. Momen yang bikin hati menderu-deru kesenengan
Jadi waktu aku sudah di lokasi tes, tepatnya di aula udayana makodam. Aku sempat berkenalan dengan beberapa peserta tes cpns juga. Nah salah satu dari mereka ada yang bilang bahwa usiaku seperti baru sekitar 25-an. Padahal aslinya 29 nan. Lumayan, dapet 'korting' 4 tahun. Yeayyyy... Alhamdulillah, di bilang begini aja rasanya happy bangeeet. Sepanjang tes bawaannya nyengir kesenengan mulu dah. Bhahahaha.

5. Tes cpns
Ini adalah pertama kalinya aku tes cpns dan pertama kalinya juga mengikuti tes menggunakan CAT ini. Seru sih. Apalagi waktu klik tombol terakhir yang selanjutnya akan muncul skor hasil mengerjakan soal tes. Duuuhhh dag dig duer dezing dezing *hahay.
Satu hal yang aku dapatkan dari tes menggunakan CAT ini bahwa tidak hanya   sekedar mengerjakan soal saja melainkan juga membutuhkan strategi agar bisa mendapatkan skor tinggi atau melebihi passing grade.

Lalu hasilnya gimana?
Alhamdulillah, kurang 17 poin lagi menuju lulus ketentuan passing grade atau kurang mengalahkan 5 orang lagi agar bisa ikut tes selanjutnya atau SKB. Ini artinya bahwa aku tidak lulus, Esmeralda. *hahay.

Ya, meskipun hasilnya seperti itu, tapi aku tetap bersyukur alhamdulillah. Karena ada banyak hal tak terlupakan saat ikut tes cpns 2018 ini. Di samping itu, pengalaman pertamaku ini, bisa aku jadikan referensi untuk ikut tes cpns lagi. Yaaa kali aja tahun depan ada lagi dan aku bisa ikut lagi dan bisa lulus tes juga. Do'akan aku ya, Teman-teman. Matur nuwuuunnn.

Nah, kalian ada yang ikut tes cpns 2018 ini juga nggak? Kalau ada, ceritain donk momen atau hal-hal tak terlupakan saat mengikuti tes cpns 2018 ini.
***

Mengulas Berbagai Manfaat dan Penggunaan Popok Confidance


Jadi beberapa waktu yang lalu, emak curhat kalau belakangan ini beliau susah sekali berjalan terutama setelah tidur. Menurut dokter, hal ini disebabkan karena adanya pengapuran di beberapa bagian tulang emak. Dokter menyarankan agar emak melakukan terapi dan alhamdulillah emak segera menuruti saran dokter. Emak berharap bisa segera kembali seperti semula yang tidak merasa sakit saat berjalan.

Tapi rupanya harapan emak belum bisa tercapai segera. Ya namanya juga terapi tho, butuh waktu, apalagi emak sudah lanjut usia.

Emak sebenarnya tipe orang yang sabar. Nah berubung, kesulitan berjalan ini membuat emak kadang sampai buang air kecil di celana. Apalah daya, namanya kebelet tapi sulit jalan ya seperti itu dah.

Aku menyarankan emak, untuk sementara, sampai kakinya nggak sakit lagi kalau dipakai untuk berjalan terutama saat bangun tidur malam, emak pakai popok dewasa aja.

Nah waktu aku menyebutkan nama popok, emak sempat kaget. Emak pikir, popok itu hanya untuk bayi atau balita saja. Padahal untuk dewasa juga ada. Malah kini popok juga menjadi barang yang dibutuhkan oleh orang dewasa.

Kebutuhan popok bagi orang dewasa ini biasanya disebabkan oleh suatu hal, biasanya, karena kondisi dimana ia seperti bayi atau anak-anak lagi yaitu tidak bisa mengontrol kebutuhan buang air terutama saat sudah menjadi manula atau sedang berada dalam kondisi sakit tertentu. Untuk itulah diciptakan popok terbaik  yang bisa  diandalkan untuk berbagai jenis penggunaan.
 
Confidence merupakan merk popok dewasa yang berkualitas. Dibuat dari bahan kain nyaman, sejuk dan memungkinkan terjadinya sirkulasi udara sehingga area yang tertutup popok akan tetap terasa nyaman. Selain itu daya serap dan tampung untuk air seni dan kotoran sangat besar sesuai dengan ukuran celana dan volume normal urine orang dewasa. Karenanya, popok dewasa Confidence sangat tepat jika pemakainya memiliki kondisi seperti:

Tidak bisa mengontrol pengeluaran urine.
Pada gejala penyakit tertentu, tubuh menjadi terlalu sering mengeluarkan air seni baik di siang maupun malam hari. Bahkan untuk kondisi usia lanjut, hal tersebut menjadi hal yang wajar terjadi. Untuk menanggulanginya agar tetap bisa beraktivitas dengan percaya diri, penggunaan popok celana dewasa sangatlah membantu. Confidence bisa dipakai menggantikan celana dalam dan untuk sementara menampung air seni sehingga tetap bisa beraktivitas.
 
Kondisi sakit.
Mengalami sakit sehingga harus terus berada di atas tempat tidur atau pasca operasi, pastinya akan sulit untuk bisa ke kamar mandi dan melakukan buang air dengan normal. Pada kondisi tersebut, popok Confidence akan sangat membantu untuk kenyamanan dan rasa percaya diri. Yang mana akan tetap merasa kering meski setelah buang air. Selain itu juga tak perlu memaksakan diri untuk ke kamar mandi terlalu sering.
 

Untuk manula.
Selain orang dewasa yang memiliki kebutuhan khusus karena sakit, para manula yang sudah pikun atau kehilangan kecepatannya dalam bergerak juga sangat membutuhkan penggunaan popok dewasa sehari-hari. Dengan menggunakan popok, buang air kecil yang dilakukan tanpa disadari akan tetap tak terlihat oleh orang lain sehingga rasa percaya diri tetap terjaga. Selain itu bagi manula yang sudah tak gesit lagi ke kamar mandi, bisa melangkah dengan perlahan karena sudah ditampung terlebih dahulu oleh Confidence popok dewasa.
 
Setelah aku mengatakan hal tersebut kepada emak, emak bilang bahwa oa mau popok dewasa itu. La daripada ngompol dan emak juga tidak perlu memaksakan kaki yang sedang terasa sakit untuk berjalan ke kamar mandi karena kebelet pipis.

Nah karena emak sudah oke, jadi ya aku mau menyediakan popok dewasa ini di rumah buat emak. Tapi emak bilang kalau rencananya beliau nggak hanya mau pakai di rumah saja melainkan juga bawa atau pakai popok juga waktu bepergian jauh. Kata emak biar tetap percaya diri, nggak khawatir dan nggak gelisah kalau tetiba kebelet buang air kecil di tengah jalan dan tidak bisa diempet alias ditahan lagi. 



Dah, kalau begitu, aku mau beli agak banyaklah biar emak nggak ribet nyarik atau beli popok lagi kalau mau bepergian jauh.  

Inspirasi Semangat di Kampung Berseri Astra Keputih Surabaya

Hai teman apa kabar? Aku harap kamu dalam keadaan yang baik dan bahagia di hari ini. Aamiin.

Hari ini aku mau cerita tentang sebuah kampung yang bikin aku dan juga banyak orang terinspirasi bahkan mungkin kamu juga akan ikut terinspirasi setelah membaca tulisanku ini. Nah yang menginspirasi adalah SEMANGAT yang dimiliki oleh para warga yang tinggal di kampung tersebut.

Lalu seperti apa sih Semangat yang dimiliki oleh warga di kampung tersebut yang mampu menginspirasi banyak orang? Atau apa nama kampung yang memiliki warga dengan karakter seperti itu?

Namanya Kampung Keputih Tegal Timur Baru Surabaya. Sebuah kampung yang terletak di pesisir kota Surabaya. Kampung ini berada di belakang bekas area Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Keputih.

Dulu, seperti yang kita ketahui pada umumnya, kondisi lingkungan kampung-kampung yang berada tak jauh dari lokasi TPA ini, biasanya, memprihatinkan dan kurang tertata. Demikian juga yang terjadi di kampung Keputih ini. Tidak tertata dan mengalami yang namanya sulit air bersih. Untuk air bersih, mereka  baru bisa mendapatkannya setelah merogoh kantong atau dengan cara membeli. Tentu masalah ini malah menambah pengeluaran tho. Sementara kondisi ekonomi mereka, warga kampung Keputih Tegal Timur Baru ini cenderung berada di kelas prasejahtera. Banyak yang berprofesi sebagai buruh harian dan ibu rumah tangga.

Namun, seiring berjalannya waktu, syukur alhamdulillah, masyarakat kampung ini pun sadar bahwa mereka perlu sebuah tempat tinggal yang lebih baik dari sebelumnya terutama soal ketersediaan air yang dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Maka untuk mewujudkan hal tersebut di atas, beberapa dari mereka memiliki inisiatif untuk meminta bantuan pihak terkait salah satunya meminta PDAM memasang instalasi air di kampung mereka. Namun rupanya, kala itu, usaha mereka belum menuai hasil yang manis. Meskipun begitu semangat dan usaha untuk menjadikan kampung tempat tinggal mereka menjadi lebih baik tetap ada.

Hingga akhirnya, usaha mereka pun berbuah. Bahkan berbuah sangat manis.

Tahun 2012, kondisi lingkungan kampung keputih berangsur-angsur menjadi lebih baik. Lalu, tak lama kemudian, kampung keputih terpilih oleh PT Astra International Tbk bersama Grup Astra wilayah Surabaya, sebagai kampung yang akan dibina untuk menjadi kampung berseri Astra. Manis banget kan buah dari pohon semangat pantang menyerah mereka? Yup.

Oya, kampung berseri Astra ini sendiri merupakan Program Kontribusi Sosial Berkelanjutan Astra yang diimplemetasikan kepada masyarakat. Melalui program ini, nantinya, masyarakat dan Astra dapat berkolaborasi untuk bersama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup para warga di Kampung Berseri Astra.

Pemilihan tersebut tentu sudah melalui beberapa tahapan yang berlaku di Astra yang meliputi:

  • Koordinasi dengan pemerintah daerah
  • Social mapping
  • Penentuan lokasi kampung berseri astra
  • Koordinasi perusahaan group Astra
  • Pembentukan Tim Kampung Berseri Astra. 

Namun selain dari 5 tahapan tersebut, ada satu hal yang membuat Astra mantab memilih kampung keputih tegal timur ini sebagai kampung binaan Astra yakni semangat dan motivasi para warga Kampung Keputih Tegal Timur Baru.

Setelah Astra menjatuhkan pilihan, maka selanjutnya Astra mengajak para warga untuk segera membangun 4 pilar yang ada di program Kampung Berseri Astra. 4 pilar tersebut yakni pendidikan, kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan.

Berkat binaan dari Astra dan semangat warga bekerjasama, bergotong royong, sehingga dalam kurun waktu yang bisa dibilang cukup singkat, secara bertahap, Kampung Keputih Tegal Timur Baru mampu membangun 4 pilar antara lain sebagai berikut:

1. Segi lingkungan
Kampung Keputih Tegal Timur ini nampak begitu asri. Para warga banyak menanam tanaman. Tanaman-tanaman tersebut di tata dengan begitu baik (gambar ada di atas). Kemudian, agar tanaman-tanaman tersebut tumbuh subur, warga pun diajarkan bahkan dibangun rumah kompos. Hal ini dilakukan agar warga benar-benar mahir membuat pupuk kompos sendiri. Sehingga mereka tak perlu mengeluarkan uang untuk membeli pupuk guna merawat tanaman di kampung mereka.
Sumber gambar: allofbrain.blogspot.com

Tak hanya itu, kampung ini juga dilengkapi dengan bank sampah, Water Treatmant Plan,  pusat pembibitan, dan instalasi pengolah air limbah.
Sumber gambar: sinizam.com

2. Segi pendidikan
Oya kampung ini memiliki tempat atau balai pertemuan warga yang juga difungsikan sebagai tempat warga melakukan pertemuan atau menerima binaan atau belajar. Mulai dari belajar tentang menjaga lingkungan, membuat pupuk kompos hingga mendapatkan pelajaran tentang kewirausahaan. Di sini juga tersedia rumah pintar untuk anak-anak lho. Asyik kan?
Sumber gambar: sinizam.com

3. Segi kesehatan
Untuk masalah kesehatan, di Kampung ini sudah tersedia Posyandu dan Astra memberikan alat-alat kesehatan yang dapat dimanfaatkan oleh posyandu sehingga posyandu dapat melakukan tugasnya dengan baik dan maksimal. 

4. Segi kewirausahaan
Astra juga memberikan ilmu kewirausahaan kepada para warga. Dari binaan atau ilmu kewirausahan yang sudah diperoleh warga, melahirkan aneka macam usaha warga di kampung ini, mulai dari usaha menjual pupuk kompos, bibit pohon, dan menjual hasil tanaman berupa produk minuman hingga jamu.

Usaha-usaha ini dan ditambah dengan bank sampah yang dikelola dengan baik tentu membantu ekonomi para warga. Penghasilan mereka pun menjadi bertambah. 

Nah dengan binaan  berupa pelatihan juga pendampingan dan bantuan dari Astra serta kemauan dan semangat warga yang luar biasa untuk menjadikan Kampung Keputih Tegal Timur Baru ini menjadi lebih baik, maka tak heran jika beberapa prestasi diperoleh kampung ini antara lain:

Pada tahun 2013, kampung ini menjadi pemenang lomba kampung hijau dalam kategori pemula lingkungan berbunga.
Tahun 2014, Walikota Surabaya Tri Rismaharini menganugerahkan Keputih untuk kategori Partisipasi masyarakat terbaik Green and Clean Kategori Berimbang.
Tahun 2015, penghargaan untuk Pengelolaan Lingkungan Terbaik Green and Clean Kategori Maju se-Surabaya.
Dan beberapa penghargaan lainnya
Sumber gambar: sinizam.com

Sebuah perjalanan panjang dan tentu tak semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak hambatan yang harus mereka, warga Kampung Keputih Timur Baru, hadapi. Bahkan mereka sudah menemui hambatan di awal perjuangan. Namun mereka tetap berusaha semangat pantang menyerah. Dan semangat ini pun tak pernah berubah manakala Astra datang untuk membantu mereka mewujudkan mimpi untuk menjadikan kampung mereka lebih baik dari sebelumnya. Mereka tetap berusaha menjaga dan merawat serta tetap semangat berusaha untuk menjadikan Kampung Keputih Timur Baru menjadi lebih baik dan makin baik dari sebelumnya. Semangat seperti ini adalah Semangat ala Indonesia. Semangat yang menginspirasi anak bangsa.
Nah, melihat karakter warga Kampung Keputih Timur Baru yang semangat berusaha seperti ini serta Astra yang membina dan membantu secara maksimal, maka aku optimis, Kampung ini dapat meraih mimpi selanjutnya untuk menjadi Kota Wisata di tahun 2020. Aamiin.

Jadi, itulah semangat warga kampung Keputih Tegal Timur Baru Surabaya yang mampu menginspirasi aku, juga banyak orang. Lalu bagaimana dengan kamu, Teman? Terinspirasi dengan semangat mereka juga, bukan? Semangat yang luar biasa.

***
Kampung Berseri Astra
https://www.satu-indonesia.com/kampungberseriastra/

Semangat Pantang Menyerah Berbuah Berkah.
https://www.satu-indonesia.com/home/artikel/detail/109/semangat-pantang-menyerah-berbuah-berkah

Kampung Berseri Astra, Dari Tempat Sampah Hingga Jadi Jawara Lingkungan
http://m.santrinews.com/Fokus/6323/Kampung-Berseri-Astra-Dari-Tempat-Sampah-Hingga-Jadi-Jawara-Lingkungan

Jambrut di Dalam Tumpukan Sampah

http://allofbrain.blogspot.com/2017/12/jambrut-di-dalam-tumpukan-sampah.html?m=1

Tip Tepat Memilih Smartphone Bekas ala Emak-emak

Smartphone bekas lebih banyak dipilih orang dibandingkan dengan yang baru, pasalnya harga yang bekas itu jauh lebih murah. Tetapi kalau diibaratkan nih, membeli smartphone yang bekas itu seperti membeli kucing di dalam karung. Kita tidak akan mengetahui dengan pasti kondisi smartphone bekas yang sebenarnya. Bodi smartphone bisa saja mulus tetapi kita tidak tahu didalamnya apakah semulus bagian luarnya. Supaya tidak kecewa karena memilih smartphone bekas yang salah, maka sebaiknya yuk kita praktekkan tip di bawah ini:

Dengan Mengetahui Spesifikasi Tahan Berapa Lama
Di dalam setiap tahunnya standar spesifikasi smartphone akan semakin meningkat. Pastinya kamu menginginkan mempunyai smartphone yang awet dan juga tetap dapat memenuhi kebutuhan untuk jangka waktu yang cukup lama.

Dengan Membeli Barang BNOB
Carilah smartphone bekas yang masih ada didalam keadaan BNOB atau Brand New Open Box atau barang baru tetapi segel kotak dusnya sudah dibuka. Untuk mencari barang BNOB ini maka kita bisa mencarinya melalui iklan baris online. Barang BNOB ini jika dibandingkan dengan yang baru akan lebih murah, tetapi jika dibandingkan smartphone bekas akan lebih mahal.

Dengan Membeli Barang “Old Stock”
Cobalah untuk mencari smartphone bekas dalam kondisi “Old Stock” atau stok lama. Biasanya barang old stock ini tidak bergaransi dan untuk model smartphone flagship tipe lama yang dahulunya itu berharga mahal.
 
Dengan Mencari Barang yang Masih Bergaransi
Jika ada cobalah mencari smartphone bekas yang masih bergaransi, dan jika bisa mencari yang garansinya itu masih lama dan baru digunakan hanya beberapa bulan saja.

Pilih yang Wajar Harganya
Smartphone bekas biasanya memiliki harga bekas yang akan dijadikan patokan, tetapi perlunya diwaspadai jika harga patokan tersebut jauh dari harga patokan
Itulah beberapa tips supaya gaji cukup memenuhi kebutuhan 1 bulan. Selain itu masih ada tips yang lainnya seperti dengan memilih sistem transaksi yang aman, dengan menjadi pembeli yang pintar, dengan mengecek kondisi fisik, mengecek kelengkapan dan semua fungsinya, dan yang lainnya.

Cara Ampuh Melembutkan Rambut


Bagi seorang wanita, seperti kita nih, memiliki rambut yang sehat dan indah adalah menjadi salah satu kebahagiaan tersendiri. Karena rambut merupakan salah satu tanda bahwa tubuh sehat juga. Di samping itu, rambut juga, bagi beberapa wanita dianggap dapat menunjang penampilan. Oleh sebab itu, memiliki rambut yang indah dan halus alias tidak kasar akan menambah rasa percaya diri. Sehingga tak perlu heran lah ya jika banyak wanita yang berbondong bondong pergi ke salon untuk melakukan perawatan dan memperindah rambutnya.

Namun sayangnya, meski telah dikeluarkan anggaran yang tidak sedikit, kadang tetap saja permasalahan rambut masih muncul seperti rambut kasar. Sehingga hal ini akan membuat beberpa dari kita nih, merasa tidak percaya diri. Eit tapi, sebenarnya, kita tidak perlu khawatir karena ada banyak cara melembutkan rambut yang ampuh.
Berikut beberapa cara ampuh melembutkan rambut yang aku rangkum dari beberapa artikel diantaranya yaitu :

Menggunakan Madu

Cara menggunakannya adalah rambut terlebih dahulu dikeramas, lalu madu dioleskan pada seluruh bagian rambut. Kemudian diamkan beberapa saat dan bilas rambut dengan menggunakan air hingga bersih.

Menggunakan Pisang
Cara menggunakannya adalah satu atau dua buah pisang diambil lalu dikupas bersih. Kemudian daging pisang dihaluskan atau diblender, lalu adonan pisang itu diratakan ke seluruh permukaan rambut secara merata dan diamkan selama 10 hingga 15 menit. Kemudian bilas rambut dengan menggunakan air hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tambahkan madu murni sebanyak 3 hingga 5 sdm kedalam adonan pisang.

Menggunakan Alpukat
Cara menggunakannya adalah 1 buah alpukat diambil dan pilihlah alpukat yang sudah benar benar masak. Kemudian alpukat dikupas dan bijinya dipisahkan. Daging buah alpukat diblender dengan menggunakan air secukupnya, lalu adonan digunakan sebagai masker untuk rambut. Kemudian diamkan beberapa saat lalu bilas hingga bersih.

Menggunakan Minyak Kelapa
Cara menggunakannya adalah minyak kelapa diusapkan mulai dari pangkal hingga ujung rambut. Lakukan pijatan secara perlahan dan diamkan selama 10 hingga 15 menit. Lalu bilas dengan menggunakan air dan sampo hingga bersih.

Itulah beberapa cara ampuh melembutkan rambut. Keempat cara diatas selain ampuh juga merupakan cara yang aman karena menggunakan bahan bahan alami sehingga tidak akan menimbulkan efek samping.


Resep Membuat Kaldu Bubuk Non MSG Homemade


Sumber: cookpad
Akun Siska Mei

Pemicu kanker adalah dari apa yang kita konsumsi sehari-hari. Makanan atau masakan yang tidak sehat adalah hal yang akan memicu kanker dalam tubuh. Bukan hanya dari cara memasaknya yang salah namun juga karena bahan yang digunakan untuk memasak dapat memicu kanker.

Salah satu bahan yang sering digunakan untuk memasak yang dapat memicu kanker adalah kaldu yang terkandung MSG. kaldu yang memiliki rasa begitu gurih itu memang enak jika ditambahkan ke masakan. Masakan akan menjadi lebih lezat. Namun sayangnya hal tersebut justru sangat berbahaya untuk tubuh. Untuk menghondari hal yang tidak diinginkan maka segeralah ganti kaldu kita dengan kaldu bubuk non MSG memang ada juga produsen yang menjual kaldu bubuk non MSG. Tetapi membuatnya sendiri di rumah juga tidak ada salahnya. Berikut resep membuat kaldu bubuk non MSG sendiri di rumah.

  • Memilih Bahan Yang Benar Untuk Dijadikan Kaldu
Sebenarnya bukan hanya daging ayam dan sapi saja yang bisa dijadikan kaldu. Namun bahan lain seperti jamur dan kacang-kacang juga bisa dijadikan kaldu. Namun kali ini kita membuat resep daging yang biasa dibuat yaitu daging ayam dan sapi. Nah, untuk menggunakan daging ayam dan sapi juga tidak asal memilih. Agar nanti mudah untuk dimasak. Jika kita memih daging ayam maka pilihlah ayam bagian dada. Jangan pilih bagian daging ayam yang terdapat kulit, agar mudah diolah ketika dibuat kaldu. Kemudian untuk daging sapi, kita pilih yang tanpa serat-serat agar lebih mudah juga diolah.


  • Siapkan Bahan Tambahan

Ketika membuat kaldu daging merah atau ayam, kita juga membutuhkan bahan lainnya agar rasanya lebih lezat dan juga lebih bergizi. Kita bisa gunakan bahan seperti daun bawang, bawang putih dan merah, kentang dan juga wortel. Bahan tersebut kita potong-potong kemudian dihaluskan. Kenapa memilih bahan tersebut? Karena bahan tersebut mengandung gizi yang baik dan cocok dicampur dengan kaldu.  Wortel misalnya mengandung vitamin yang baik untuk mata. Kentang juga sumber energi sehat yang baik untuk menunjang aktivitas sehari-hari.


  • Haluskan dan Sangrai Semua Bahan

Setelah kita siapkan bahan-bahan di atas kita bisa menghaluskan semua bahan di atas. Kita potong-potong dulu daging ayam atau sapi kemudian masukkan ke dalam blender yang khusus untuk mengolah daging. Setelah hampir halus. Kita potong-potong kentang, wortel, daun bawang, bawang merah dan putih. Setelah itu masukkan pada gilingan daging. Lalu haluskan lagi hingga semua benar-benar halus dan teraduk jadi satu.

Setelah semua bahan halus dan tercampur jadi satu, siapkan wajan panas. Lalu sangrai hingga matang. Disarankan nih untuk menggunakan api besar. Gunakan api kecil atau sedang ketika menyangrai karena menghindari kegosongan. Kita juga jangan meninggalkannya, kita harus mengaduknya terus ketika menyangrai. Dikarenakan menyangrai tidak menggunakan minyak sehingga akan mudah gosong jika tidak diaduk terus.


  • Keringkan Kaldu

Setelah disangrai, proses selanjutnya adalah mengeringkannya di dalam oven yang bersuhu sekitar 170 derajat tergantung dari panasnya oven kita. Kemudian kita juga harus mengeringkannya di oven selama kurang lebih 25 menit atau sampai 35 menit. Jika sudah, lalu bisa kita angkat dan giling lagi hingga halus. Jika belum mendapatkan tekstur yang lembut, dan halus. Kita bisa menyangrainya lagi dan masukkan lagi dalam oven. Hingga mendapatkan tekstur halus barulah kaldu bubuk non MSG jadi.

Jenis Makanan yang Dihindari dalam Memberikan MPASI

Semua orang tentu ingin menjadi orang tua yang baik kepada buah hatinya. Hal ini menuntut orang tua untuk memahami secara pasti mengenai nutrisi yang didapatkan oleh si buah hati. 

Nah, selain asi tentu orang tua harus tahu mengenai menu MPASI 6 bulan atau makanan pendamping asi. Orang tua haruslah tau bahwa MPASI diberikan kepada bayi saat usianya mencapai 6 bulan. 

Namun dalam mengaplikasikan makanan pendamping ini, terkadang masyarakat Indonesia sering melakukan kesalahan mengenai menu apa yang diberikan kepada si buah hati. 

Jadi sebenarnya menu apa saja yang disarankan untuk dihindari diberikan kepada si buah hati ? Kira-kira mengapa menu tersebut tidak diperbolehkan diberikan kepada si buah hati ? 

Sebagai orang tua yang baik, anda haruslah memiliki pengetahuan dasar seperti ini. Oleh karena itu yuk simak sedikit ulasan dari aku mengenai menu-menu yang dihindari selama memberikan makanan pendamping kepada si buah hati.

Hindari jenis MPASI ini untuk buah hati

Dalam memilih menu untuk buah hati, harus memperhatikan beberapa jenis MPASI ini yang sebaiknya tidak diberikan kepada bayi di bawah usia satu tahun. 

Jenis MPASI yang pertama adalah jus. Jus yang dimaksud disini adalah segala macam bentuk jus seperti jus buah atau jus sayur. Jus yang memiliki kandungan serat dan nutrisi yang rendah apabila dibandingkan dengan buah atau sayur yang dipotong atau dihaluskan. Terlebih lagi jus jika terlalu lama berada dalam mulut bayi dapat menyebabkan lubang pada gigi bayi yang baru mulai tumbuh. 

Jenis MPASI kedua yang disarankan tidak diberikan kepada buah hati adalah susu sapi dan madu. Tentu ini merupakan catatan untuk bayi dibawah satu tahun. Pada dasarnya memang susu sapi tidak sesuai dengan kebutuhan nutrisi dari bayi. Memberikan susu kepada bayi justru dapat meningkatkan resiko kekurangan zat besi. Sedangkan madu dapat menimbulkan botulisme pada bayi. Botulisme merupakan kondisi keracunan serius yang disebabkan oleh racun bakteri colistridun botulinum. Racun yang dihasilkan bakteri ini dikenal sebagai salah satu racun yang paling kuat. Oleh karena itu walaupun tergolong masih langka, botulisme termasuk kondisi serius yang mengancam nyawa loh. Jadi kita tentu tidak mau memberikan resiko ini kepada buah hati kita bukan. 

Jenis MPASI terakhir yang disarankan untuk tidak diberikan kepada bayi dibawah 1 tahun adalah jenis biji-bijian dan makanan keras berukuran kecil semacam popcorn, kacang, atau permen. Hal ini dikarenakan jenis makanan seperti ini dapat menimbulkan bayi tersedak. Hindari memberikan makanan cepat saji yang ada di pasaran dan makanan kemasan pada bayi. Hal ini dikarenakan biasanya makanan cepat saji ataupun makanan kemasan memiliki kandungan MSG yang tidak baik untuk buah hati. Tentu akan jauh lebih baik memberikan makanan olahan sendiri menggunakan bahan segar dan bebas pengawet atau bahan aditif lainnya. makanan hasil olahan sendiri sebenarnya juga bisa disiasati dengan  menyimpannya dalam lemari pendingin kemudian dipanaskan kembali saat akan diberikan kepada si buah hati.

Menjadi orang tua cerdas yang mempelajari MPASI

Pada akhirnya menjadi orang tua yang baik adalah menghindarkan jenis-jenis MPASI tersebut untuk diberikan kepada buah hati. Kita tentu tidak ingin memberikan resiko kepada buah hati karena MPASI yang salah bukan. Jadi sebagai orang tua yang baik, mulailah mempelajari jenis-jenis makanan yang disarankan untuk diberikan kepada buah hati dan jenis-jenis makanan yang disarankan untuk dihindari diberikan untuk buah hati.

Suami Tidak Romantis ? Begini Cara Membuat Suami yang Tidak Romantis Jadi Romantis.


Hai 

Kamu sudah pernah nonton film eifel i am in love 1 belum ? Tahu nggak, film itu berhasil mengubah pandangan aku tentang definisi cowok keren loh. 

Sebelumnya, definisi cowok keren versi aku tu, yang seperti Taksido Bertopeng, ganteng, baik, dan sakti. Nah, setelah nonton film eifel i am in love, definisi cowok keren versi aku berubah menjadi begini, bahwa cowok keren itu yang seperti tokoh Adit di film tersebut, yang tinggi, yang jago olahraga, yang cuek cuek cool kas, yang penampilannya cihuy, dan ada romantis manis manisnya gitu. Loh koq, ganteng nggak masuk definisi cowok keren ? Nggak sih, Adit kan nggak ganteng. Kalau ganteng-gantengan mah, adit kalah ganteng dari pemeran Suliwa di film Angling Darma.*hiyat ciyat. 

Dah, jadi ketahuan nih diriku angkatan berapa. *hahay. 

Seiring bergulirnya waktu *ceile. Pandanganku tentang cowok keren pun berubah. Nggak lagi soal citra fisik dan sebagainya, melainkan lebih kepada kepribadiannya. Ya, cowok keren itu yang punya kepribadian jos markojos. Dan aku bersyukur akan hal ini. Nggak kebayang deh, kalau definisi cowok keren versi aku waktu masih masa ababil (abg labil) itu, aku jadikan patokan atau kriteria dalam mencari pendamping hidup. Bakal berabe. 

Etapi ada satu definisi cowok keren versi ababilku dulu yang masih nyangkut sampek sekarang. Yakni soal romantis manis-manis gitu. Namun sayangnya, hal ini belum aku jumpai di diri suami. Ya, suamiku tipe cowok yang nggak romantis, hampir nggak ada manis-manisnya. Karena manisnya ada di aku semua. Bhahahaha. *overpede. 

Contoh nggak romantisnya suami aku nih, misal seperti momen pernikahan kami. Suami inget tanggal berapa, tapi seperti nggak ada hasrat mau bikin sesuatu yang spesial di momen itu. Tanggapan suami cuma gini saat aku bilang ini hari pernikahan kami, "Alhamdulillah". Udah gitu doank. Sementara aku sudah menyiapkan kado spesial pakek telor buat doi.


Tapi, meskipun tidak ada bibit-bibit romantis di diri suami, bukan berarti pupus sudah harapan ingin diromantisin sama suami. Nggak donk. Masih bisa diusahakan. Caranya ? Kita saja yang menebar bibit-bibit romantis ke suami lalu memupuknya. Niscaya, bibit-bibit romantis manis manis tersebut bakal tumbuh subur di diri suami. Optimis. *hahay. 

Lalu seperti apakah gerangan bibit romantis yang ditanam di diri suami atau bagaimana cara membuat suami yang tidak romantis jadi romantis manis-manis. 

Cara Membuat Suami yang Tidak Romantis Jadi Romantis.

Cukup lakukan satu hal saja. Tapi kudu berulang-ulang dan istiqomah serta mulai dari diri sendiri

Yup, kita mulai diri sendiri. Kalau ingin diromantisin sama suami. Yaaa, kita romantisin duluan. Berkali-kali. InsyaAllah lama-lama suami bakal katut alias ikutan romantis. 

Hal ini bisa kita mulai dari romantis yang sederhana. Seperti, bilang "Hati-hati di jalan" saat suami berangkat kerja. Atau menanyakan kabar saat suami sedang kerja juga oke. Yaaa asal jangan ditambahin dengan pertanyaan 'kamu dimana, sama siapa, semalam berbuat apa ?' saja.
Kangen band kali maaakk ... *hahay.

Kalau pengen diromantisin berupa diberi kejutan gitu, yaaaa kita juga harus ngelakuin hal itu lebih dulu. Nah kalau aku, biasanya, ngasih kejutan berupa barang yang sekiranya lagi dibutuhkan sama suami. Salah satunya seperti ini, ngasih hadiah kejutan berupa sarung di hari pernikahan kami. 

Kejutan di hari pernikahan buat suami tersayang *asoy : )

Kenapa sarung ? Beberapa warna sarung suami sudah agak mbulak alias pudar. Jadi aku memutuskan ngado ini deh di hari pernikahan kami. 

Nah meskipun cuma sarung, tapi jangan salah, ada kejutan lain di dalamnya. Yakni....

Kolaborasi istri dan resik v manjakani whitening
Dalam kotak sarung, afa foto pernikahan
dan resik v manjakani whitening

Jadi bukan sekedar sarung. Tapi kado teristimewa. Bhahaha. 

Meskipun belum menunjukkan hasil signifikan atas usaha yang aku lakukan. Alhamdulillah, aku sudah pernah merasakan beberapa keromantisan kecil. Seperti tiba-tiba dibawakan cilok, bakso, tahu campur kesukaan. Tiba-tiba dibantuin nyuci piring setelah ia meenjalankan bagian tugasnya yakni nyapu halaman rumah, dibantuin jemur baju, dibikinin sarapan hibgga diajak makan di luar dan sebagainya. Dah, gini aja aku udah seneng banget loh. Asli. #receh

Nah itu tadi usaha aku agar suami yang tidak romantis berubah jadi romantis. Kalau kalian gimana? Ada trick lain atau selow aja? Apapun itu, yang paling utama, suami memiliki sifat dan bersikap baik saja,  nggak neko-neko, adem ayem tentrem, serta mampu membuat kita menjadi lebih baik terutama menjadi pribadi lebih baik, itu sudah syukur alhamdulillah. Romantis mah nomor sekian yak.
Yup


Keluarga Harmonis : Kolaborasi Antara Istri dan Resik V Manjakani Whitening Untuk Suami Terkasih



Adakah yang bertujuan menikah untuk kemudian bercerai ? Aku rasa, setiap pasangan menikah, pasti mengharap untuk menjadi keluarga yang harmonis, yang selaras, yang seia sekata, yang rukun, yang adem ayem, yang gemah ripah loh jinawi, sampai maut memisahkan.

Namun, untuk menghadirkan harmoni dalam keluarga, dibutuhkan kerja sama antara suami juga istri. Karena, ini, tidak bisa diusahakan, diperjuangkan, sendirian. 

Menurut aku, alangkah baiknya, apabila keinginan untuk memiliki keluarga yang harmonis, sudah meletup-letup di dada,  jauh hari sebelum menikah. Karena apa ? Dengan begini, kita bisa pasang kuda-kuda atau membuat persiapan. Mulai dari membuat list kriteria calon pendamping yang dapat kita ajak untuk membangun keluarga yang harmonis hingga pengetahuan tentang bagaimana menghadirkan harmoni di dalam keluarga. Iya tho ? Iyup, biar nggak asal, asal ada yang mau ngajak ke pelaminan, ayok aja. *loh. 




Nah trus, kalau sudah ada calon pendampingnya, dan sudah duduk di pelaminan, selanjutnya, apa saja nih yang harus dilakukan untuk menjadi keluarga yang harmonis.


Tip Menjadi Keluarga Harmonis


1. Berusaha menjalin komunikasi yang baik
Sekilas memang terlihat sederhana, namun komunikasi merupakan bagian penting dalam sebuah pernikahan. Karena sari hasil penelitian yang dilakukan oleh sebuah situs gaya hidup Yourtango (dalam Kompas.com) mengungkapkan bahwa kegagalan dalam berkomunikasi membuat hubungan suami istri menjadi terpuruk hingga berujung perceraian. 

2. Saling menerima kekurangan dan kelebihan masing-masing
Meremehkan pasangan, tidak menghargai, bahkan protes atau tidak terima dengan kekurangan pasangan, juga merupakan pencetus dari perpisahan. Seyogyanya, pasangan tidak hanya menerima kelebihan dengan tangan terbuka, melainkan juga harus menerima kekurangan pasangan. 

3. Berusaha,bersama-sama, mempertahankan komitmen.
Saat ini, begitu banyak lini yang dapat menggempur keutuhan rumah tangga. Mulai dari lini pergaulan, lalu media sosial, hingga lini masa lalu yang belum kelar. *deuh. Salah satu hal yang bisa menjadi tameng adalah komitmen.

4. Menjaga hubungan suami istri dengan mempertahankan nyala cinta dan kasih sayang.💖💖💖
Masihkah mengucapkan panggilan sayang ke pasangan atau bermanja-manja, bermanis-manis, meskipun sudah bertahun-tahun menikah ? Atau memberikan hal yang spesial ke pasangan ? Kalau aku ? Emmmm...kasih tahu nggak ya *hahay. 

Alhamdulillah, sampai saat ini, di usia ke-7 pernikahan aku dan suami, kami masih sama-sama berusaha untuk menjaga nyala cinta dan kasih sayang di antara kami. Caranya pun sederhana. Sekali-kali mengucap panggilan sayang, buatin makanan kesukaan dan juga ini merawat daerah kewanitaan. Selain itu juga dengab merawat daerah kewanitaan, aku bisa terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan karena adanya masalah pada daerah kewanitaan. 

Cara merawat daerah kewanitaan, yang belakangan ini aku lakukan adalah dengan memakai buah bengkoang. Mengapa buah bengkoang ? Karena seperti yang diketahui pada umumnya bahwa salah satu manfaat buah bengkoang yang paling populer adalah dapat digunakan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Termasuk di daerah kewanitaan. Selain memutihkan, mencerahkan, menghilangkan flek-flek hitam, juga dapat mengencangkan kulit.

Ada banyak cara mengkonsumsi buah ini yang bertujuan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Seperti, bisa dimakan langsung, bisa dipakai rujak buah, campuran rujak cingur, atau diambil sari patinya. Namun, karena aktivitas aku sebagai ibu, istri, mahasiswi, juga blogger, aku lebih memilih menggunakan cara yang praktis namun sama sekali tidak mengurangi manfaat buah bengkoang itu sendiri. Cara praktis itu adalah menggunakan Resik V Manjakani Whitening.



Resik V Manjakani Whitening terbuat dari bengkoang pilihan dan buah Manjakani Persia. Salah satu manfaat buah manjakani yang paling terkenal adalah dapat mengencangkan otot-otot kewanitaan. Jadi bisa dibilang, buah bengkoang dan buah manjakani, merupakan perpaduan bahan alam yang apik.

Di samping karena bahan yang terkandung dalam Resik V Manjakani Whitening ada beberapa keunggulan lain yang membuatku mempercayakan produk ini untuk merawat daerah kewanitaanku. Yakni karena aman sebab sudah melewati uji klinis dan uji riset terhadap 200 feminine hygine yang menunjukkan bahwa Resik V Manjakani Whitening memang mampu mengencangkan dan mencerahkan area kewanitaan.

Selain itu, Resik V merupakan merek yang sudah terpercaya dan juga merupakan pioner produk pembersih kewanitaan.


Nah, ada perbedaan yang signifikan saat aku memakai Resik V Manjakani Whitening ini, terutama pada saat melakukan hubungan suami istri. Yakni, aku merasa lebih kesat, kencang, rapat dan percaya diri. Demikian juga menurut suami, sensasi beda katanya *hahay



Oya, Resik V ini ada banyak macamnya, lho. Yang Resik V dengan bahan daun sirih juga ada. Untuk informasi detailnya, bisa intip https://instagram.com/arisanresik atau www.arisanresik.com .

Jadi, seperti itulah tip menjadi keluarga harmonis ala aku dengan bonus sedikit review produk Resik V Manjakani Whitening yang membantu mensukseskan usahaku untuk menjaga nyala cinta dan kasih sayang antara aku dan suami.
Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Follow by Email

Tip Hemat Biaya Beli Baju Bayi Perempuan

Salah satu hal yang disepakati oleh para ibu zaman dulu dan zaman now adalah pertumbuhan bayi itu cepet banget. Makwes. Baru sebulan ud...