Saturday, November 15, 2014

Review Buku Adamkhoo - I am Gifted So are You

Adamkhoo tumbuh menjadi seorang remaja biasa. Bahkan ia dianggap sebagai remaja yang tidak berbakat, lambat, dan bodoh. Adamkhoo pernah dikeluarkan dari sekolah kemudian di pindahkan ke sekolah lain. Sekolah baru tidak membuat prestasi Adamkhoo berubah, di akhir masa sekolah dasar, Adamkhoo gagal dalam ujian kelulusan dan ditolak oleh 6 sekolah lanjutan yang masuk dalam daftar pilihan orang tua. Akhirnya Adamkhoo masuk di sekolah ping yi secondary school yang nyaris tak banyak orang tahu.
Paragraf di atas merupakan bagian kecil dari buku ini, yang ditulis oleh seorang miliuner muda, pengusaha, penulis buku-buku terlaris dan pembicara paling dinamis dan penuh kekuatan di Asia. Ia memegang  gelar kehormatan dalam Bisnis Administrasi, praktisi, dan pelatih ahli berlisensi dalam neuro linguistic programming (NLP) di the society of NLP, USA. Dan penulis buku ini adalah Adamkhoo. Ya Adamkhoo.
Buku karya Adamkhoo yang berjudul i am gifted so are you menceritakan tentang perjalanan hidupnya yang berawal dari Adamkhoo yang hanya seorang remaja biasa menjadi Adamkhoo yang luar biasa. Setelah mengikuti program Super teen, yang dilaksanakan pada masa libur sekolah, Adamkhoo berubah menjadi seorang remaja yang bergairah, termotivasi untuk mendapatkan nilai A pada mata pelajaran di sekolah, dan bersemangat untuk masuk ke sekolah lanjutan ternama dan bergengsi. Merasa bisa, Adamkhoo pun sesegera mungkin melakukan tindakan dengan tujuan mencapai hasil yang diinginkan. Bagian terakhir dari bab I tertera sebuah tulisan yang membuat pembaca semakin tertarik untuk melahap habis buku ini,. “Jika Saya bisa, Anda juga bisa”.
Kesuksesan yang diraih Adamkhoo, tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Adamkhoo butuh semangat tinggi, dan disiplin diri untuk mewujudkan semua cita-citanya. Terlebih pada saat ia masih di bangku sekolah. Butuh proses untuk mencapai kesuksesannya. Nah, bab II dari buku ini, Adamkhoo menulis tentang Proses Sukses Belajar. 
Pada Bab Proses sukses belajar berisi tentang langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai kesuksesan dalam belajar. Dimulai dengan mengetahui strategi belajar yang tepat. Di sini juga dijelaskan mengenai 9 langkah untuk belajar sukses yang diawali dengan Menentukan Tujuan yang jelas. Dengan menetapkan tujuan, otak akan mengunci dan mulai berpikir cara untuk mencapai tujuan tersebut. Langkah kedua adalah dengan Perencanaan dan Penjadwalan. Ketiga yakni dengan melakukan aksi yang konsisten. Tidak ada penundaan atas rencana serta jdwal yang telah dibuat. Lalu 4 langkah selanjutnya adalah penerapan Strategi Super Learning yang akan di bahas dalam bagian dua. 4 langkah tersebut adalah Power Reading, Mind Mapping, Keajaiban penerapannya, persiapan ujian, dan ujian.
Bab ketiga adalah Anda Siap untuk Sukses. Bab ini membahas tentang dahsyatnya hasil yang diperoleh jika dapat memegang kendali terhadap diri sendiri. Dimulai dengan mengubah kerangka berpikir pemenang dan pecundang. Kerangka berpikir seorang pecundang adalah sebanyak 95% yang BERHARAP berhasil, bagi mereka tidak berhasil pun tidak apa-apa, mereka hanya bersedia melakukan apa yang mereka suka, mereka membuat alasan, menyalahkan orang lain, dan membela diri. Sedangkan kerangka berpikir seorang pemenang adalah Hanya 5% yang pasti berhasil, keberhasilan adalah suatu keharuasan, mereka akan melakukan apapun yang harus dilakukan, dan bertnaggung jawab atas apa yang terjadi. Setelah mampu mengendalikan kerangkan berpikir maka dilanjutkan dengan mengendalikan dan melakukan yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Saya Yakin Bisa Terbang, Maka Saya Bisa!. Ini adalah bahasan untuk bab 4 buku ini. Bab ini membahas tentang Mengubah keyakinan negatif terhadap kemampuan diri sendiri menjadi keyakinan positif. Yakin Bisa. Keyakinan akan mengarahkan aksi atau tindakan yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Seiring dengan aksi yang dilakukan maka muncul pula potensi-potensi yang dibangkitkan hingga 99%. Dua hal tersebut akan membawa keyakinan menjadi nyata. Yakni hasil yang diinginkan. Di bab ini juga, tak lupa Adamkhoo menyelipkan 5 tip keyakinan yang dimiliki oleh siswa-siswa yang sukses yang pertama: untuk mengubah sesuatu saya harus berubah dulu. Tidak ada kegagalan, hanya sebuah timbal balik dari apa yang telah dilakukan. Jika yang lain bisa, Saya Juga Bisa!. Belajar adalah bermain. Fleksibilitas membuat anda dapat mengendalikan.
Bab 5, Anda Memiliki Otak Jenius, dari buku ini berisi tentang beberapa hal yang membahas tentang otak bahwasanya kapasitas otak adalah tidak terbatas. Rata-rata otak terdiri dari 1 triliyun neuron yang mana hubungan antar neuron tersebut menentukan kecerdasan seseorang. Maksudnya, sering-seringlah melatih otak, dengan begitu neuron-neuron akan saling berhubungan antar satu sama lain sehingga akan membuat seseornag menjadi semakin cerdas. Bab ini juga membahas tentang memaksimalkan kerja otak dengan menggunakan otak kiri dan otak kanan. Misalkan saat mengerjakan PR di rumah bisa diiringi dengan mendengarkan musik. Musik yang direkomendasikan Adamkhoo adalah Musik Baroque (salah satu cabang musik klasik yang digubah seandar tahun 1700-1800). Dengan mengikutsertakan otak kanan dalam kegiatan tersebut, membuat si otak kanan memiliki aktivitas sehingga tidak mengganggu kerja otak kiri.
Power Reading untuk mendapatkan informasi. Bab ini berisi tentang Power reading itu sendiri. Yakni dengan mengumpulkan kata-kata kunci yang berada di dalam buku atau merangkum intisari dalam bentuk ide dan kata-kata kunci. Kunci power readingi adalah mengurangi jumlah jeda gerakan mata pada saat membaca sehingga membaca dapat lebih cepat. Mata anda harus berhenti sesaat untuk mengambil informasi antara ¼ sampai dengan 1 detik. Semakin banyak berhenti, semakin lama waktunya, berarti semakin lambat cara anda membaca. Adamkhoo menuliskan beberapa kebiasaan yang memperlambat cara membaca  yakni membaca dengan bibir, suara dalam kepala, membaca berulang-ulang kata-kata yang sama, membaca per kata, dan jangkauan mata yang kecil. Selanjutnya, pada bab ini, Adamkhoo juga berbagi mengenai teknik Power Reading  untuk meningkatkan kecepatan membaca dan pemahaman si pembaca. Pertama, Gunakan sebuah pensil sebagai penuntun. Kedua, Amati pokok pikiran dan lingkarilah kata-kata kunci. Tingkatkan jangkauan mata untuk membaca lima sampai tujuh kata sekaligus pada satu waktu. Latihlah dengan mendengarkan musik irama cepat pada saat membaca. Baca bab dari bagian belakang ke bagian depan. Tetap dorong dan terus kuatkan diri. Tak lupa di bab ini, Adamkhoo juga memberikan latihan kecil untuk melatih Power Reading anda.
Kemudian Bab 7, Mind Mapping: Alat utama untuk membuat catatan,  membahas tentang catatan linier yang biasa digunakan oleh siswa dengan Mind Mapping yang akan dibahas di bab ini. Adamkhoo mengatakan bahwa catatan linier yang digunakan oleh siswa tidak memberikan kontribusi dalam daya ingat siswa. Karna terlalu banyak kata-kata tidak penting di catatan tersebut yang seharusnya tidak perlu diserap oleh otak. Mind Mappingi ini mengajarkan siswa untuk membuat catatan sejelas mungkin dan kreatif. Misalnya kata-kata kunci yang ditelah dikumpulkan dari suatu catatan, diberi variasi berupa ukuran font yang besar kecil, atau bisa memainakn berbagai macam warna, atau bisa juga dengan memberikan sedikit karikatur sederhana. Dengan begitu membaca catatan tidak lagi akan terasa membosankan dan yang terpenting mudah untuk diserap otak serta diingat. Adamkhoo juga menyelipkan beberapa latihan kecil di bab ini.
Super Memory untuk kata-kata. Di bab ini, Adamkhoo kembali menekankan bahwa daya ingat itu harus selalu di latih. Karna dengan begitu kerja memory akan tetap terjaga. Ia juga menulis prinsip memory. Pertama, Visualisasi. Otak berpikir dalam bentuk gambar. Oleh sebab itu, lebih mudah mengingat gambar daripada kata-kata. Maka ubahlah kata-kata ke dalam gambar atau menjadi sesuatu yang dapat divisualisasikan. Kedua, Asosiasi maksudnya yakni menciptakan hubungan antara hal-hal yang perlu diingat. Asosiasi membentuk hubungan antargagasan seperti yang sudah anda bicarakan sebelumnya. Ini menciptakan indeks berurutan dalam otak untuk pemanggilan kembali dengan cepat. Ketiga, Membuat sesuatu menjadi berbeda. Ke-empat, berimajinasi. Warna. Irama. Yang terakhir, Holism.
Bab 9, Super Memory untuk angka. Caranya dengan melakukan Fonetik. Angka diubah ke dalam huruf. Misalkan 5 dengan L, 7 dengan K, 9 dengan b, dan seterusnya. Dengan begitu, jika diminta untuk menghafalkan 4 digit bahkan lebih, akan terasa lebih mudah. Tidak usah bingung untuk mengubah angka menjadi huruf, karna Adamkhoo sudah memberikan tabel angka menjadi huruf berikut dengan penerapannya. 
Pola Memory. Di bab 10 ini, Adamkhoo membahas tentang waktu belajar yang optimal. Setiap 2 jam belajar diselingi dengan istirahat 4-5 menit. Setelah 2 jam belajar relaksasi selama 30 menit. Dengan begitu memory akan bekerja optimal. Menurut Adamkhoo, jika pelajaran tidak diulang kembali dalam waktu 24 jam maka ingatan akan hilang sebesar 80%. Strategi pengulangan yang dijelaskan adamkhoo adalah pengulangan pertama dilakukan 10 menit setelah belajar, pengulangan berikutnya harus dilakukan dalam 24 jam, 1 minggu kemudian, satu bulan dan enam bulan. Dengan begitu ingatan akan tetap stabil. Sehingga dapat mengehemat waktu.
Menguasai Seni Penerapan. Bab 11 ini berisi tentang seni penerapan dalam pelajaran sains dan non sains. Seni untuk pelajaran sains yakni dengan mengumpulkan berbagai macam jenis soal, mempelajari langkah-langkah pemecahan, dan berlatih untuk mendalami. Sedangkan non sains, yakni dengan cara mengidentifikasi pertanyaan yang mungkin, identifikasi tes ketrampilan berfikir, pelajari strategi untuk mendapatkan nilai terbesar dari setiap pertanyaan. Yang terakhir untuk sains dan non sains adalah dengan tambahan cakupan dan variasi. 
Sampailah pada bagian ketiga dari buku ini yakni Kekuatan Mengendalikan Diri Sendiri. Meliputi bab yang berjudul Berani Bermimpi, Motivasi-Meninggalkan Penundaan, Formula Mendapatkan Nilai A, Kebahagian Hidup, Menghimpun Kekuatan dalam Waktu Singkat.
Bab 12, Berani bermimpi: kekuatan cita-cita. Bab ini menekankan pada beberapa hal yang membuat pembaca berani untuk bermimpi. Adamkhoo menuliskan bahwa kesuksesan tidak terjadi secara kebetulan melainkan hasil rancangan. Oleh sebab itu rancanglah hidup masing-masing. Jangan biarkan rasa takut dipermalukan orang yang tidak suka dengan cita-cita anda, membuat anda berkecil hati, bahkan seharusnya hal itu memberi kekuatan. Sesungguhnya cita-cita itu memperkuat sukses. Maka dari itu tetapkan cita-cita maka otak akan menemukan jalan untuk mencapainya. Tuliskan rancangan hidup untuk meraih cita-cita tersebut di buku harian, bahkan buatlah poster. Dengan demikian dapat membuat anda termotivasi dan bersemangat untuk segera mungkin bertindak. 
Motivasi-meninggalkan penundaan. Yang harus dilakukan pertama kali adalah dengan mengkondisikan otak untuk bertindak sekarang. Selanjutnya Adamkhoo menuliskan beberapa tip lainnya agar melakukan tindakan..sekarang!. Apa saja itu?, pertama dengan membuat komitmen pada diri sendiri. Perbedaan antara menginginkan sesuatu dan memegang komitmen adalah jika anda memegang komitmen maka anda akan melakukan apapun juga untuk meraihnya. Ini berarti hal itu menjadi jauh lebih penting dan jadi prioritas. Kedua, Umukan komitmen anda kepada orang lain seperti orang tua, guru, atau teman. Ketiga, Tinjau kembali tujuan anda terus menerus. Untuk menghindari terjadinya pelencengan di tengah jalan. Terakhir, beri penghargaan pada diri anda delama dalam proses pencapaian tujuan. Misalnya, ketika berhasil mendapat nilai A, perbolehkan diri anda untuk menonton tv atau sekedar jalan-jalan di pantai.
Bab 14, Formula Mendapatkan Nilai A. Formula 1. Konsisten. Adamkhoo sangat mengedepankan konsisten terhadap suatu tindakan yang nantinya dapat membawa pada terwujudnya cita-cita. Di sini adamkhoo mencontohkan konsistensi untuk meraih sukses dalam belajar. Yakni dengan membaca lebih dulu sebelum guru membahasnya, memperhatikan dan bertanya. Segera lakukan pengulangan dalam 24 jam. Selesaikan PR sebelum masuk kelas dan selalu perbaiki kesalahan dalam PR. Formula 2 yakni belajar dari kesalahan. Formula 3 dengan memanfaatkan tes dan tugas-tugas. Formula 4 dengan cara menetapkan cita-cita, strategi dan rencana tindakan, konsistensi, lalu bertindaklah.
Bab 15, Kebahagiaan Hidup Anda. Ada beberapa point penting dalam bab ini. Pertama, Adamkhoo menulis bahwasanya orang yang menguasai waktu maka menguasai hidup. Pada sub bab ini, Adamkhoo memotivasi untuk tidak membuang waktu terbuang sia-sia. Bahkan ia menjelaskan, jika diasumsikan rata-rata waktu yang terbuang per hari sebanyak 6 jam dalam kurun waktu 80 tahun, maka waktu yang terbuang sia-sia sebanyak 20 tahun. Selanjutnya, kekuatan dari prioritas. Waktu yang dimiliki jangan digunakan untuk melakukan kegiatan yang bukan prioritas. Lalu bagaimana merencanakan waktu?. Adamkho memberikan beberapa contoh untuk merencakan waktu. Menurutnya penting untuk merencanakan waktu untuk 1 minggu, 1 bulan, 1 tahun. Dan yang terakhir memeriksa kegiatan esok hari setiap malam yang meliputi waktu khusus untuk yang dialokasikan untuk setiap kegiatan, tetaplah berpegang pada jadwal, rencana untuk penjadwalan ulang maksudnya adalah bagaimanapun anda berpegang pada  jadwal akan muncul hal yang mendesak di luar dugaan yang tidak dapat dihindarkan akibat anda tidak menyelesaikan apa yang sudah direncanakan. Jika tidak ada pilihan, anda harus menjadwal ulang kegiatan berikutnya. Terakhir, beri tanda kegiatan yang telah anda selesaikan.
Selanjutnya, Menghimpun Kekuatan dalam Waktu Singkat. Setelah dijelaskan beberapa tips, strategi, dan segala hal yang berkaitan dengan sukses belajar. Dalam bab ini, Adamkhoo kembali mengajak pembaca untuk berkomitmen demi tercapainya cita-cita masing-masing. Sebagai manusia, Adamkhoo menyadari, bahwa pada umumnya manusia lebih menggunakan emosi dan mengesampingkan logika. Ada banyak hal yang seharusnya dilakukan, namun kita tetap tidak melakukannya karena mengikuti perasaan. Oleh sebab itu, Adamkhoo kembali mengingatkan, Kendalikan keadaan emosi. Jika mampu mengendalikan emosi maka anda dapat mengendalikan hidup anda. Kita dapat memperbaiki keadaan emosi kita menjadi bergairah, termotivasi atau merasa malas, bosan, adalah merupakan suatu perasaan yang kita ciptakan sendiri. Jadi untuk mengubah tindakan dan hasil, maka haruslah belajar mengendalikan pikiran dan cara menggunakan tubuh. Di sini juga dijelaskan bagaimana keadaan emosi diciptakan?. Apa yang menentukan perasaan kita pada momen tertentu?. Keadaan emosi kita ditentukan oleh pikiran dan cara kita menggunakan tubuh. Cara menggunakan tubuh mempengaruhi keadaan anda. Oleh sebab itu, jika merasa bosan atau malas maka perintahkan diri untuk kembali bergairah, berekpresi wajah penuh semangat, dengan tubuh yang penuh kekuatan dan penuh motivasi.  Yang terakhir, kendalikan pikiran melalui kata-kata seperti saya dapat melakukannya.
Bab 17, Hitungan Terakhir. Begitu banyak bab telah terlewati, hingga sampailah pada bab ini. Di sini Adamkhoo memberikan beberapa tips untuk menciptakan lingkungan belajar yang optimal. Tempat belajar yang dipilih untuk belajar seharusnya memiliki karakteristik sebagai berikut: 1. Cukup cahaya. Tempat terang dengan cahaya lampu pijar biasa. 2. Periksa suhu ruangan. Suhu rendah akan membuat lebih terjaga. Suhu optimal otak adala 190c. 3. Bebaskan diri dari gangguan. Seperti televisi, telepon, tempat tidur dan lain-lain. 4. Jangan rakus. Terlalu kenyang akan membuat mata mengantuk. Hindari makan daging merah, gula, tepung terigu sebelum belajar. Karena bahan makanan ini mengurangi kemampuan otak menyimpan informasi. 5. Gunakan musik latar. Lagi-lagi Adamkhoo menyarankan untuk menggunakan musik baroque karena musik jenis ini membuat keadaan rileks atau berada dalam kondisi alpha. 6. Belajar sendiri atau berkelompok. Tak lupa, pada bab ini Adamkhoo menyelipkan contoh jadwal belajar menuju hitungan akhir. 
Terakhir, Bab 18, Pertarungan Terakhir. Jika semua tahapan telah dilalui, maka dalam bab ini Adamkhoo memberikan beberapa saran untuk memposisikan diri dalam keadaan siap. Pertama, dengan datang lebih awal supaya rileks. Kedua, bebaskan pikiran dari ujian. Maksudnya, jangan bicarakan tentang ujian atau bahan pelajaran. Karna akan merusak otak anda. Selain itu perasaan tegang dan adanya materi baru, maka akan menghambat pemanggilang ulang memory yang telah tertata rapi di dalam otak. Ke-tiga, kembali gunakan kekuatan kata-kata seperti ‘ini mudah’, ‘saya bisa’, dan lain sebagainya. Ke-empat, dengan menempatkan diri dalam kondisi siap dan kuat. Sebelum ujian, buatlah diri merasa benar-benar percaya diri, pantnag menyerah dan penuh kekuatan. Kalau perlu, bisa juga diekspresikan dengan mengacungkan tinju di udara sambil berseru ‘aku bisssaaaa’. Kemudian setelah memposisikan diri dalam kondisi siap dna kuat, adamkhoo memberikan saran untuk membaca teks dengan cepat. Karna dapat membantu anda dalam merencanakan pertanyaan mana yang akan dijawab terlebih dahulu dan juga berapa lama waktu yang dibutuhkan pada setiap bagian. Adamkhoo juga mengingatkan untuk meluangkan 15 menit yang daapt digunakan untuk mengireksi kembali jawaban sehingga terhindar dari kecerobohan.  Selanjutnya, Adamkhoo menyarankan untuk melakukan pendekatan terhadap soal. Maksudnya harus mengetahui mana soal yang mudah dan sulit. Jika sudah, maka soal mudah dikerjakan terlebih dahulu, sednagkan yang sulit belakangan. Jangan terpengaruh. Dan terakhir jangan menyerah. Strategi terakhir yang diberikan adamkhoo adalah strategi untuk menguasai soal pilihan-yang bisa menjebak dan strategi menjawab essai. 1. Baca soal dengan kritis. 2. Berikan jawabn anda dulu. Bisa dituliskan di samping soal. 3. Baca semua pilihan. 4. Strategi eliminasi. Kemudian strategi menjawab essai yakni dengan cara buat rencana jawaban dalam 10 menit. Gunakan teknik mind map untuk membuat sketsa rencana. Maka anda akan tau poin-poin apa saja, serta menemukan cara mengatur dan mengelompokkan poin-poin tersebut, yang nantinya dapat dijadikan jawaban dari soal essai.  Akhir kata Adamkhoo, ‘Selamat Berjuang Menuju Kesuksesan, Tetaplah Hidupkan Mimpi Anda’. 




No comments:

Post a Comment

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)