Ciri Rambut Rontok yang Tidak Wajar dan Cara Mengatasi

Semua orang pasti mengalami kehilangan helai rambutnya setiaphari. Misalnya ketika keramas, menyisir atau menemukan beberapa helai rambut rontok di tempat tidur. Jangan lupa untuk memberikan perhatian khusus jika rambut rontok kamu sudah terlalu parah. 

Ada beberapa ciri-ciri yang bisa kamu perhatikan untuk menilai apakah helai rambut rontok kamu sudah parah atau masih dalam batas normal.

Rambut rontok pada bantal

Ketika bangun di pagi hari dan mendapatkan ada beberapa helai rambut di bantal. Hal  itu bisa menjadi tanda kerontokan rambut kamu sudah terlalu banyak daripada seharusnya.

Saat keramas rontok

Rambut saat keramas rontok sudah hal yang normal. Namun, jika jumlah rambut rontok yang terlalu berlebihan dan bisa menutupi lubang air. Sudah dipastikan masalah kerontokan rambutmu sudah tergolong parah.

Rambut pada sisir

Terakhir jika menemukan rambut dengan jumlah banyak saat disisir, berarti indikator potensial bahwa kerontokan rambut kamu sudah melebihi batas wajar. Hal ini bisa terjadi karena kesehatan rambutmu yang sudah berkurang,sehingga rapuh dan menjadi mudah rontok.

Sebenarnya kenapa rambut kita bisa rontok? Biasanya yang paling sering alami masalah pada rambut yaitu para wanita. Rambut rontok umumnya disebabkan oleh perubahan hormon, faktor keturunan hingga kondisi medis. Lalu bagaimana cara mengatasi rambut rontok yang sudah parah?

  1. Memijat kulit kepala

Saat keramas mulai mencoba cara ini, memijat kulit kepala dapat merangsang sel-sel demis di bawah kulit kepala untuk menumbuhkan rambut.

  1. Minum suplemen minyak ikan

Mengkonsumsi suplemen minyak ikan bisa membantu menjaga kesehatan pada rambut. Karena, minyak ikan mengandung omega-3, asam lemak, anti oksidan dan protein yang bermanfaat meningkatkan dan menyuburkan rambut serta mencegah kebotakan.

  1. Menggunakan shampo khusus rambut rontok

Cara praktis adalah menggunakan shampo khusus rambut rontok yang mengandung bahan-bahan alami seperti jahe dan wijen hitam. Shampo yang memiliki 2 kandungan alami ini diformulasikan khusus untuk membantu mengurangi rambut rontok serta mengembalikan kekuatan alami rambut sehingga lebih sehat, berkilau dan hitam.

Shampo ini terkenal akan 4 perawatan dalam 1 shampo. Selain mampu mengatasi rambut rontok, shampo satu ini juga dapat menutrisi rambut, menghitamkan rambut, menguatkan akar, dan mengatasi rambut lepek.

shampo untuk atasi masalah rambut rontok

Yuk, mulai melakukan perawatan kesehatan rambut kamu dengan menggunakan O’Naomi Black Sesame & Ginger Rejuvenating Shampoo & Hair Treatment secara konsisten. Kamu bisa menemukan shampo O’Naomi di Tokopedia dan E-Commerce lainnya.

Dukung Bisnis Online Lancar, Pilihlah Jasa Pengiriman Barang yang Terbaik

Memilih jasa pengiriman barang yang terbaik, maka terdapat sejumlah hal yang perlu diperhatikan secara baik. Apalagi bagi Anda yang menjalankan bisnis online. Jasa kirim barang sangat dibutuhkan untuk mengirimkan barang pesanan para pelanggan yang lokasinya jauh. Selain itu, memilih jasa kirim barang terbaik pun supaya Anda mengerti layanan serta juga fasilitas yang nantinya didapatkan saat memakai jasa pengiriman itu.

sc. lion parcel

Nah, berikut ini adalah sejumlah tips memilih pilih jasa kirim barang.

Tips Pilih Jasa Pengiriman Barang yang Bagus untuk Bisnis Online

  • Waktu Pengiriman yang Tepat

Di dalam memilih jasa kirim barang terpercaya, Anda harus pertimbangkan tentang waktu pengiriman. Jasa ekspedisi terpercaya, tentunya akan pikirkan benar layanan satu ini. Ketepatan waktu merupakan hal paling diinginkan oleh konsumen supaya segera mempunyai serta mendapatkan barang diinginkan. Apalagi saat Anda akan kirimkan barang sampai ke pelosok yang terpencil. Selain pertimbangkan pula faktor keamanan di dalam proses pengiriman barang, jangan sampai pengiriman cepat tapi barang yang dikirimkan kondisinya rusak.

  • Biaya Terjangkau

Di dalam pilih jasa kirim barang terpercaya, Anda pun perlu perhatikan tentang biaya pengiriman. Sekarang ini pilih penyedia jasa yang biaya pengiriman kompetitif. Cari informasi mengenai penyedia serta harganya pastinya tak masalah, selain menjadi pembanding, pun buat Anda mampu putuskan jasa dirasa tepat serta sesuai dengan kebutuhan.

Memilih serta memakai layanan jasa kirim barang murah, pastinya tak masalah, tapi pastikan layanan diberikan tak murahan.

  • Layanan Jasa Bervariasi

Pastikan pihak jasa pengiriman barang pun memiliki layanan bervariasi. Variasi disini dibutuhkan sekali untuk nantinya disesuaikan barang yang nantinya dikirim. Jika barang dikirim jumlahnya banyak, serta harus dikirimkan ke luar pulau, maka pengiriman lewat udara sebaiknya Anda pilih. Beda jika alamat kirimannya tak begitu jauh, atau masih di dalam 1 pulau, maka Anda bisa memakai pengiriman jalur darat.

  • Aman di dalam Proses Pengemasan

Meskipun Anda sudah mengemas barang yang nantinya dikirim dengan baik. Biasanya pihak jasa kirim barang terbaik akan lakukan packing ulang supaya barang dikirim aman, serta tak rusak selama perjalanan.

Proses pengemasannya pun cukup beragam, tergantung pada jenis barang yang dikirim.

  • Terdapat Layanan Gratis Penjemputan

Penyedia jasa yang terbaik, ada baiknya sediakan layanan penjemputan barang gratis. Pada hal ini barang yang nantinya dikirim akan dijemput oleh kurir dari penyedia jasa, untuk nantinya dikirim ke alamat yang menjadi tujuan atau dikenal juga dengan door to door. Atau Anda pun bisa memakai layanan yang lainnya, yang disesuaikan kebutuhan, seperti port to door, door to port, ataupun port to port. Jangan lupa untuk memilih jasa yang sediakan asuransi pada barang dikirim. Dengan begitu, Anda akan merasa nyaman dan aman saat mengirimkan barang.

Dari pembahasan di atas, pastinya tak sulit cari jasa pengiriman barang yang terbaik di sekitar. Banyak jasa pengiriman barang terdekat yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Untuk lebih mudah lagi, Anda bisa pilih jasa pengiriman Lion Parcel yang tentunya sudah berikan banyak kontribusi pada hal pengiriman barang.

sc.cekresi

Jika Anda pakai jasanya, tidak perlu untuk merasa khawatir mengenai kondisi barang
dikirimkan, ketepatan waktu pengiriman, dan juga jaminan asuransi barang selama perjalanan. Lion Parcel berikan layanan profesional untuk pengguna-pengguna jasanya. Layanan yang ramah serta tarif pengiriman barang yang murah dapat Anda dapatkan di Lion Parcel.

Yuk Selamatkan Generasi Penerus Bangsa dari Bahaya Rokok

Mombeb, aku mau cerita deh. Jadi beberapa waktu lalu, suami (berprofesi sebagai Kepsek SMP swasta) cerita, katanya waktu lagi jalan ngecek sekolah eee nggak sengaja menemukan 3 siswa merokok di sekolah. Langsung wes 3 siswa itu ditatar. 


Pas ditanya kenapa merokok, mereka kompak jawab karena ikut-ikutan teman main mereka di rumah. Trus ditanya lagi darimana mereka dapat rokok, mereka pun jawab kalau mereka beli rokok di warung yang tak jauh dari sekolah. Sesederhana itu ya alasan mereka merokok. Dan ya semudah itu juga cara mereka mendapatkan rokok.

Sebagai seorang ibu, cerita dari suami ini tentu berharga buat aku. Karena dari cerita tersebut aku bisa mengambil beberapa catatan yang bisa aku gunakan saat mendidik anak-anakku. 

Nah dari cerita suami, ada dua hal yang jadi catatan aku bahwa masih banyak yang belum melek soal dampak negatif dari merokok terutama di kalangan anak-anak dan betapa mudahnya bagi anak untuk bisa mendapatkan rokok.

Ya, menurutku, banyak anak yang belum paham soal bahaya merokok. Contoh nyatanya di tempat tinggalku ini deh. Mereka sesantai itu merokok. Mereka merokok cuma karena mengikuti teman mereka. Saat ditanya bahaya merokok pun mereka hanya melongo alias nggak tahu bahayanya apa. 

Tapi Mombeb ada juga sih, yang sudah tahu bahaya merokok namun tetap saja melakukan itu. Ya mungkin karena mereka cuma sekadar tahu tapi belum paham, belum sadar akan bahaya merokok. Mereka belum paham dan sadar akan hal ini bisa jadi karena belum pernah bertemu secara langsung dengan orang yang mengalami sakit kanker tenggorokan atau sakit paru-paru sebab merokok. 

Lalu mengenai kemudahan untuk mendapatkan rokok nih ya yakni mereka bisa beli rokok batangan yang harganya ramah di kantong mereka. Misalkan harga rokok perbatang 2 ribuan sedangkan uang saku mereka 10 ribu. Nah dengan uang saku segitu pasti bisa banget donk buat beli rokok. Kemudahan lainnya yakni mereka bisa beli rokok di warung atau toko mana saja. 

Setelah tahu fakta tersebut, terpikir untuk cari informasi soal jumlah perokok anak. Dan ya asli, bikin kaget, sih. Gimana nggak kaget, la wong data dari Global Youth Tobacco Survey dan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) menyebutkan bahwa prevalensi perokok anak di negeri ini yakni 10.70%. Kalau dihitung-hitung nih, jika jumlah anak sekitar 70 juta jiwa, maka jumlah perokok anak sekitar 7 juta jiwa. Ya Allah banyak bangeeetttt. Ini mah bener-bener negara ini DARURAT PEROKOK ANAK.

Mombeb, yang makin bikin sedih tuh jumlah perokok anak ini meningkat terus setiap tahun. Kalau pun turun, itupun tidak signifikan. Duh, Gusti. Kalau sudah separah ini, seharusnya, pemerintah segera turun tangan untuk mengurangi jumlah perokok anak. Ya, tho? Yup.

Koq pemerintah yang harus segera turun tangan? Bukannya bisa dimulai dari diri sendiri dan lembaga-lembaga yang peduli soal perokok anak? 

Cara Sederhana Melindungi Anak-anak dari Bahaya Rokok 

Eits, jangan salah, aku sudah beraksi koq. Dan Alhamdulillah sudah membuahkan hasil yakni suami berhenti merokok setelah punya anak. Sekarang pun aku rajin bilang ke anak-anakku untuk menjauhi asap rokok. Karena aku nggak mau anak-anakku terkena efek dari menghirup asap rokok.

Artikel di alodokter menyebutkan bahaya asap rokok jika terhirup anak-anak. Bahaya tersebut meliputi dapat membuat anak lebih mudah sakit, meningkatkan risiko pneumonia atau bronkitis, anak sering batuk, mengi, dan sesak napas, juga dapat memicu serangan asma atau memperburuk gejalanya, bahkan dapat menghambat tumbuh kembang anak terutama berat dan tinggi badan, menimbulkan infeksi telinga, menyebabkan telinga tuli sebagian, dan sebagainya. 

Menurutku, nggak hanya aku yang melakukan ini, memberikan edukasi ke orang sekitar akan bahaya rokok bahkan melarang secara terang-terangan. Aku yakin sudah banyak koq yang melakukannya. Kamu gini juga kan, Mombeb? Aku yakin sih kamu juga sudah melakukan ini. 

Trus nih ya, suamiku, yang juga mantan perokok aktif juga rajin memberikan edukasi ke siswa. Bahkan 3 siswa yang kedapatan merokok di sekolah tersebut dipantau bener sama suami. 

Lembaga-lembaga yang peduli soal ini pun sudah beraksi juga. Salah satunya yakni Yayasan Lentera Anak. 

Pejuang yang Melindungi Generasi Penerus Bangsa dari Bahaya Rokok

Yayasan Lentera Anak adalah yayasan yang juga bergerak di bidang perlindungan hak anak melalui edukasi, advokasi, pemberdayaan, dan studi tentang anak, mencatat faktor yang mempengaruhi anak merokok, yaitu internal dan eksternal. Lentera Anak ini bisa dibilang aktif banget berjuang melindungi anak dari bahaya rokok.

Seperti apa perjuangan Lentera Anak untuk Kesehatan Generasi Penerus Bangsa? Nih aku jentrengin yak. 

  • Lentera Anak melibatkan 2.281.200 kaum muda dan 70 organisasi dari berbagai kota di Indonesia dalam kampanye antirokok. 
  • Lentera Anak juga telah melakukan pendampingan kepada anak, kaum muda, dan orang tua tentang kesehatan remaja di 95 sekolah dan 34 ruang publik terbuka ramah anak.
  • Lentera Anak mendukung capaian target RPJMN 2024, yaitu penurunan prevalensi perokok anak menjadi 8,7 persen dengan cara turut melakukan berbagai survey dan kajian untuk mendukung advokasi kebijakan tentang pelarangan iklan; promosi dan sponsor rokok; pelarangan penjualan rokok batangan; serta penegakan kawasan tanpa rokok dan pengaturan rokok elektronik.
  • Tahun 2017, mengumpulkan lebih dari 11.000 surat dari anak dan kaum muda dari seluruh Indonesia untuk Presiden yang mengirim pesan urgensi perlindungan anak dari adiksi rokok.
  • Pada 2018, bersama siswa dari 90 sekolah di lima kota, yaitu Padang, Mataram, Kota Bekasi, Tangerang Selatan dan Kab. Bogor berhasil mengedukasi dan mengajak warung-warung di sekitar sekolah untuk tidak menjual rokok kepada anak dan menurunkan 150 spanduk iklan rokok dari warung-warung di sekitar sekolah.
  • Pada 2019, Lentera Anak bersama berbagai organisasi dan KPAI berhasil mendesak Audisi Djarum Badminton untuk menurunkan logo dan brand image Djarum pada kegiatan audisi badminton yang melibatkan anak yang sudah dilakukan sejak 2015.
  • Pada 2020, Lentera Anak memantau ada 16 kota/kabupaten yang telah melarang iklan rokok di wilayahnya dan media pun mulai memberikan dukungan terhadap berbagai kampanye tentang pengendalian tembakau.
  • Tahun ini adalah tahun kelima Lentera Anak mengadvokasi proses revisi PP 109/2012 tentang pengamanan zat adiktif. 
salah satu dari segambreng perjuangan Lentera Anak

Kalau boleh jujur, setelah merinci perjuangan Lentera Anak untuk melindungi anak-anak kita dari bahaya rokok, sungguh, rasa haru membuncah sedemikian rupa. Lalu seketika rasa terima kasih yang teramat sangat pada Lentera Anak menyeruak begitu saja. Terima kasih karena sudah peduli, terima kasih karena sudah mau berjuang untuk anak-anak generasi penerus bangsa. Terima kasih banyak Lentera Anak. 

Mombeb, apa yang sudah kita lakukan, dan juga perjuangan Lentera Anak yang seluar biasa itu, rupanya, belum bisa mengurangi jumlah perokok anak secara signifikan. Makanya pemerintah, selaku pembuat kebijakan, harus segera bertindak. 

Pentingnya Revisi PP 109/2012

Dari Kemkes menyebutkan bahwa pemerintah perlu merevisi Peraturan Pemerintah (PP) 109/2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau bagi Kesehatan. Dalam Kompas, Ketua Yayasan Lentera Anak Lisda Sundari juga memiliki pendapat yang senada dengan Kemkes. Salah satu alasannya karena tujuan dari dibuatnya PP ini tidak tercapai secara maksimal. Sebab jumlah perokok anak makin meningkat. Selain itu, menurut Lisda, PP tersebut tidak bisa mengikuti perkembangan zaman. Seperti belum ada peraturan soal rokok elektrik yang sekarang tengah beredar merajalela. 

Aku idem banget sama pendapat para ahli. Memang ada yang perlu direvisi. Menurut aku, salah satunya yang perlu direvisi nih, Pasal 17 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 109 Tahun 2012 Poin 1 yang berbunyi "Gambar dan tulisan peringatan kesehatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 15 dicantumkan pada setiap Kemasan terkecil dan Kemasan lebih besar Produk Tembakau".

Berdasarkan fakta di lapangan nih, anak-anak beli rokok batangan bukan yang kemasan. Sedangkan peringatan kesehatan hanya ada di kemasan rokok saja. Boleh donk ya kalau peringatan kesehatan ini dicantumkan juga di rokok batangan atau kalau bisa jangan dibolehin deh jual rokok batangan. Duuhh. 

Etapi ada koq bahasan soal ini di PP 109 tahun 2012 soal larangan untuk menjual rokok pada anak di bawah usia 18 tahun. Tapi ya gitu, faktanya di lapangan nih, rokok bisa dibeli siapapun. 

Mombeb, kita sudah tahu betul bahaya rokok bagi kesehatan. Alodokter merinci efek rokok bagi kesehatan yakni dapat menyebabkan gangguan pada kardiovaskular sehingga mengundang penyakit jantung dan stroke, dapat mengganggu perkembangan dan fungsi otak, dapat menyebabkan penyakit mulut dan tenggorokan, penyakit paru-paru, lambung, tulang keropos dan rapuh, penuaan dini, masalah pada organ reproduksi, gangguan psikologis, dan sebagainya. 

Lalu bagaimana dengan anak-anak? Apakah efek dari merokok tersebut juga dialami anak-anak yang merokok? Melansir dari Halodoc, ada beberapa efek yang terjadi pada anak-anak yang merokok. Efek pertama yang bisa dialami anak yang merokok yakni dapat membuat paru-paru berhenti berkembang. Efek kedua yakni dapat mengakibatkan kerusakan gigi. Efek ketiga yakni kesehatan otot dan tulang menurun. Selain efek ini, Kemkes juga merinci bahaya rokok bagi anak. 

Banyak banget ya bahaya merokok bagi kesehatan tubuh. Trus juga bahayanya nggak kaleng-kaleng. Penyakit yang bisa muncul karena merokok bukan tipe penyakit ringan. Parah semua. 

Aku jadi nggak berani membayangkan kalau anak-anak yang masa depannya masih begitu panjang harus terhambat bahkan terhenti karena merokok. Duh jangan sampai deh ya. Aamiin ya robbal'alamiin 

Tahun 2045, negeri ini, diperkirakan akan mencapai generasi emas. Nah untuk mewujudkan hal tersebut, tentunya kesehatan generasi penerus bangsa harus benar-benar diperhatikan. Negeri ini harus keluar dari masa DARURAT PEROKOK ANAK. Jika tidak, rasanya susah untuk mewujudkan target tersebut. 

Oleh sebab itu, yuk kita dukung penuh apa yang dilakukan Lentera Anak dan yang lainnya. Salah satu bentuk dukungan kita yakni dengan turut menyuarakan agar pemerintah segera melakukan revisi PP 109 tahun 2012. Dukungan lainnya yakni dengan aktif mengikuti misi-misi, program-program, dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Lentera Anak. 

Sembari melakukan hal tersebut, kita juga harus tetap konsisten dan semangat ya Mombeb untuk melindungi anak-anak dari bahaya rokok. Semoga usaha yang kita lakukan ini, Mombeb, tidak hanya bisa melindungi anak-anak kita dari bahaya rokok melainkan seluruh generasi penerus bangsa. Semoga negeri ini segera bisa keluar dari darurat perokok anak. Aamiin aamiin ya robbal'alamiin. 

Jadi sekian dulu ya Mombeb cerita kali ini. Sampai ketemu lagi di ceritaku berikutnya. 

Sehat dan bahagia selalu, Mombeb, untuk kita dan semuanya. See yaaaaaaa


Referensi:

https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20220729/4940807/perokok-anak-masih-banyak-revisi-pp-tembakau-diperlukan/

https://id.m.wikisource.org/wiki/Peraturan_Pemerintah_Republik_Indonesia_Nomor_109_Tahun_2012

https://nasional.kompas.com/read/2022/08/19/13222231/perokok-anak-meningkat-revisi-pp-109-tahun-2012-dinilai-perlu-dilakukan

https://www.alodokter.com/sebab-wajib-menjauhkan-buah-hati-dari-asap-rokok

https://www.halodoc.com/artikel/yang-terjadi-jika-anak-kecil-merokok

https://nasional.kontan.co.id/news/ini-tantangan-indonesia-menuju-generasi-emas-tahun-2045

https://www.lenteraanak.org/content/berita_terkini/hari_anak_nasional_regulasi_pemerintah_untuk_menekan_jumlah_perokok_anak_dinilai_masih_kurang

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Ciri Rambut Rontok yang Tidak Wajar dan Cara Mengatasi

Semua orang pasti mengalami kehilangan helai rambutnya setiaphari. Misalnya ketika keramas, menyisir atau menemukan beberapa hela...