Pertanyaan yang Bisa Ditanyakan di Tanya Dokter Kandungan


Cr. halodoc

Dokter kandungan adalah dokter yang spesialis dalam mendalami tentang ilmu kesehatan sistem reproduksi wanita. Dokter ini juga disebut sebagai ginekologi dan obstetri yang berperan untuk membantu kehamilan, perawatan hingga membantu persalinan. Tentu untuk melakukan tanya dokter kandungan  dapat dilakukan melalui aplikasi Halodoc sehingga ibu hamil tidak perlu khawatir jika merasakan gejala yang ingin dikonsultasikan.

Untuk memilih dokter kandungan maka cari referensi dari teman, kerabat atau dokter umum dan pastikan lebih memilih dokter yang nyaman. Perhatikan juga riwayat kesehatan sehingga dapat memilih dokter dengan keahlian untuk menangani penyakit kronis yang dimiliki. Cermati juga sudut pandang serta keputusan yang telah diambil oleh dokter sehingga ibu hamil akan tenang dan mendapat banyak dukungan.

Berikut adalah pertanyaan yang ditanyakan pada dokter kandungan di kunjungan pertama diantaranya:

  • Menanyakan hasil check up pada hari pertama awal pertama melakukan kontrol dengan dokter kandungan, dengan cara mengecek ukuran lengan maupun tekanan darah yang dapat dilakukan di rumah sakit dan puskesmas.
  • Dokter akan menanyakan terakhir kali mengalami menstruasi dan menghitung usia kandungan dalam hitungan minggu dan dapat mengukurkan ukuran janin sesuai perkiraan berapa lama kehamilan.
  • Terkadang dokter akan menyarankan tes prenatal screening namun biasanya disesuaikan dengan riwayat kesehatan dan umur ibu hamil.
  • Tanyakan dokter berat badan ideal seorang ibu hamil, supaya ibu tidak mengalami obesitas yang dapat mengancam kesehatan janin.
  • Tanyakan keadaan lingkungan saat ini seperti penggunaan pembersih rumah dengan bahan kimia, adanya hewan peliharaan dan jika perlu bawakan alat kosmetik yang selama ini digunakan maupun obat-obatan untuk menentukan baik tidaknya kandungannya untuk ibu hamil dan janin.

Selain itu, ketika melakukan konsultasi dengan dokter kandungan maka tanyakan aktifitas fisik atau jenis olahraga yang dapat dilakukan oleh ibu hamil. Sebagai ibu hamil jangan menganggap rasa aneh pada diri seperti pola tidur yang tidak teratur, mood swing, cemas, stres dan lainnya pada masa kehamilan sehingga dokter akan menyarankan kebutuhan untuk ibu hamil. Dapat juga menanyakan apakah hubungan suami istri dapat dilakukan selama kehamilan dan supaya tidak mengganggu janin. Selain itu pertimbangkan untuk menanyakan suplemen vitamin dan obat yang selama ini dikonsumsi dan obat sesuai resep dari dokter.

Berikut adalah pertanyaan umum yang perlu ditanyakan pada dokter kandungan:

  • Tanyakan berat janin yang diukur setelah berusia 12 minggu dan biasanya melakukan pemeriksaan USG dan mengukur panjang organ yang menggunakan rumus dan menentukan janin berkembang atau tidak.
  • Detak jantung janin akan terlihat ketika memasuki usia 6 minggu melalui USG transvaginal dan USG perut dilakukan pada usia 7 hingga 8 minggu, frekuensi detak jantung normal 120 hingga 160 kali dalam semenit dan meningkat ketika memasuki 10 minggu.
  • Dapat bertanya tentang ada tidaknya kelainan pada kehamilan yang dinilai dari penyakit ibu seperti asma, kelainan maupun tekanan darah tinggi yang 80 hingga 0 persen berjalan baik.

Tanya dokter kandungan mengenai cara melahirkan yang normal dengan mempertimbangkan kondisi pinggul normal, tidak ada larangan pada kondisi dan tidak terdapat kelainan pada jalan lahir. Untuk syarat lahir normal janin adalah tidak memiliki kelainan. Setelah itu, memasuki 11 hingga 12 minggu maka dapat mendeteksi kelamin anak dan melakukan pemeriksaan standar terkait gula darah, urinalis, hemoglobin, dan disarankan untuk tetap melakukan pemeriksaan HIV, hepatitis B dan C.

Bakat Si Kecil Terdeteksi


Assalamu'alaikum
Haihai Mamis
Gimana kabarnya?
Aku doakan semoga mamis dalam keadaan sehat selalu aamiin.

Mamis, kita sudah familiar bukan dengan informasi soal kecerdasan majemuk mulai dari apa itu kecerdasan majemuk, macam-macam kecerdasan majemuk (kecerdasan linguistik, kinestetik, dan sebagainya), mendeteksi kecerdasan majemuk anak yang paling dominan hingga bagaimana menstimulasi kecerdasan anak.

Baca: Deteksi Dini Kecerdasan Si Kecil

Yup, informasi tersebut bertebaran dimana mana, buanyak banget, nggak hanya di dunia maya, di dunia nyata juga demikian. Banyak sekolah-sekolah maupun lembaga informal dan sebagainya yang mengadakan kelas-kelas parenting yang membahas soal kecerdasan majemuk. Ah senang sekali rasanya ya, Mamis. Karena saat ini begitu mudahnya kita mendapatkan ilmu pengetahuan terkait perkembangan si kecil. Alhamdulillah.

Mamis, kalau mamis mendapatkan pengetahuan terkait perkembangan si kecil, biasanya, bakal Mamis langsung praktekin atau nggak? Kalau aku mah nggak, Mamis.

Setelah mendapatkan informasi tersebut, biasanya, nggak aku praktekkan langsung melainkan aku saring-saring dulu, aku pikir-pikir dulu, aku banyak baca buku maupub tulisan terutama tentang pengalaman pengalaman para orangtua atau pendidik yang sudah mempraktekkan teori tersebut.

Tahapan terakhir baru diskusi sama suami, kalau sekiranya suami juga oke, baru deh aku praktekkan. Oya aku juga mempertimbangkan karakter si kecil kira-kira dari teori tersebut ada beberapa yang klik dengan si kecil atau nggak. Kalau nggak ada yang klik ya udah nggak aku praktekin dan berlaku sebaliknya. Dan alhamdulillahnya, nggak pakek eyel-eyelan, apalagi sampai keluar rayuan maut ala dilan, suamiku idem dengan keinginanku untuk menstimulasi perkembangan kecerdasan majemuk si kecil.

Mamis, aku masih ingat jelas, awal-awal praktek, aku menstimulasi semua bagian dari kecerdasan majemuk. Iya semua muanya. Delapan bagian kecerdasan majemuk itu dah. Busyet banget kan aku. Yaaa makluuummmm, dulu mah masih mamah muda merangkap mamah baru, tenaganya masih super power, masih seterong, masih idealis, masih kaku, dan masih haus pengalaman baru. Jadi ya begitu itu dah. Hal ini aku lakukan sampai aku tahu kecerdasan si kecil yang paling menonjol, yang paling sering ia tunjukkan, yang paling unggul dari kecerdasan lainnya.

Oya, Aku menstimulasi kecerdasan majemuk si kecil sebagian besar dengan aktivitas bermain, pakai mainan gitu. Secara kan ya anak anak memang dunianya dunia bermain beda mah dengan orang dewasa dunianya dunia lambe turah *walaaaahh.

Nah dari ke-8 kecedasan majemuk si kecil, ada satu dua kecerdasan yang menonjol salah satunya yakni kecerdasan kinestetik.

Baca: Perjalanan Mendeteksi Kecerdasan Kinestetik Si Kecil

Ada banyak pilihan untuk menstimulasi kecerdasan kinestetik mulai dari ngedance, olahraga, memasak, menggambar dan sebagainya. Nah, aku pun menggunakan kegiatan kegiatan tersebut untuk menstimulasi kecerdasan kinestetik si kecil.

Beberapa dia bisa mengikuti dengan baik kecuali ngedance. Dia suka sih tapi ya gitu nggak lemes blas. Gerakan ngedance yang kaku begini sepertinya nurun dari aku deh, Mamis. Soalnya kalok aku joget joget juga kaku banget macam kanebo kering. Hehe. Tapi, dari sekian banyak aktifitas stimulasi yang aku berikan ke si kecil, ada yang paling menonjol yakni di aktifitas menggambar. Si kecil menunjukkan kemampuan kecenya dalam hal menggambar.



Mamis, aku nggak nyangka lho bahwa stimulasi kecerdasan kinestetik yang aku berikan ke si kecil ternyata membuat ia memiliki kemampuan menggambar yang baik.  Tapi, memang sih ya, kalau dipikir-pikir, stimulasi yang kita berikan bisa jadi banget memunculkan kemampuan terpendam alias bakat si kecil.

Aku bersyukur alhamdulillah karena si kecil sudah menunjukkan bakatnya di usia dini. Jadi enak aku bisa berburu informasi soal mengarahkan, membimbing hingga memberikan fasilitas penunjang bakatnya.

Mamis, mohon do'anya yak, do'ain aku sukses membantu si kecil mengembangkan bakatnya. Makasih banyak, Mamiisssssssss.


Jangan Asal Beli Mentega, Ketahui Dulu Ragam Jenisnya Berikut!


Cr. Bestfoodfacts.org

Butter atau yang lebih akrab disebut sebagai mentega oleh masyarakat Indonesia termasuk dalam bahan makanan yang tidak bisa dipisahkan dalam pembuatan kue. Olahan yang berasal dari lemak susu sapi ini memang akan memberikan rasa yang lebih gurih pada makanan, ditambah lagi dengan teksturnya juga akan semakin lembut jika ditambahkan dengan butter. Anda sendiri bisa dengan mudah menjumpai produknya di pasaran dalam berbagai pilihan merk.

Hanya saja memang jika dilihat dari segi variannya terbilang begitu banyak, agar tidak salah dalam menggunakan, maka ketahui terlebih dahulu jenis-jenisnya berikut ini, yaitu:

Salted butter,
Seperti namanya produk mentega yang satu ini memang memiliki rasa yang cenderung asin, karena dalam proses pembuatannya memang ditambah dengan garam. Paling cocok dijadikan sebagai bahan oles untuk roti, martabak, hingga dipakai untuk menumis agar cita rasa masakan menjadi lebih keluar.

Unsalted butter,
Kebalikan dari salted butter, jenis butter yang satu ini tidak ditambah dengan garam sebagai bahan baku pembuatannya sehingga tidak memiliki rasa. Biasanya banyak diaplikasikan sebagai icing dalam pembuatan kue maupun campuran untuk MPASI.

European butter,
Jenis yang satu ini diproses dalam waktu yang cukup lama, memiliki tekstur yang lebih halus dan juga untuk warnanya sendiri juga lebih pudar. Cocok diaplikasikan dalam beragam jenis masakan.

Organic butter,
Karena dibuat dari susu hewan yang dikembala secara liar atau tanpa tambahan antibiotik maupun hormon pertumbuhan sehingga rasanya lebih gurih dan juga sehat, harga jualnya sendiri cenderung mahal. Cocok diaplikasikan pada beragam jenis makanan, khususnya mereka yang tengah menjaga kesehatan.

Irish butter,
Butter yang satu ini teksturnya cenderung lebih lembut jika dibandingkan dengan yang lain, karena menggunakan bahan dasar susu sapi berkualitas tinggi.

Jangan sampai salah dalam membeli produknya, ketahui terlebih dahulu fungsi yang Anda inginkan. Beli mentega kiloan ini sekarang semakin mudah dan juga dengan banyak pilihan hanya dari Tokowahab.com, langsung kunjungi situs resminya, ada banyak produk yang ditawarkan.
Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Follow by Email

Pertanyaan yang Bisa Ditanyakan di Tanya Dokter Kandungan

Cr. halodoc Dokter kandungan adalah dokter yang spesialis dalam mendalami tentang ilmu kesehatan sistem reproduksi wanita. Dokter ini ...