Showing posts with label Terkini. Show all posts
Showing posts with label Terkini. Show all posts

Membangun Rumah Literasi yang Kokoh dengan Produk Semen Ini!


Mombeb, sebelum pindah ke Bali, aku dan suami sudah punya rencana untuk berbagi ilmu dan pengalaman yang sudah kami dapatkan selama tinggal di Jawa.  Tujuan kami tidak muluk-muluk yakni untuk melanjutkan kebiasaan yang sudah kami jalani selama di Jawa. Ya, selama di Jawa. Alhamdulilah kami bisa turut serta menjadi relawan sebuah lembaga sosial cabang Jombang yang berpusat di Malang. Aku bisa ikut ini karena diajak suami, sih. Dan Alhamdulillah langsung jatuh hati. Karena rasanya menyenangkan sekali bisa turut serta membantu orang lain. Asli, jadi relawan bikin ketagihan.

Nah, kami pun sudah merencanakan sebuah wadah yang nantinya akan kami jadikan sebagai tempat kami mewujudkan itu. Lalu dari sekian banyak pilihan, kami sepakat memilih membangun sebuah rumah literasi yang kokoh.  

Mengapa literasi?

Melansir dari laman perpustakaan.setneg.go.id, kata Literasi itu sendiri memiliki makna yakni seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Nah definisi ini sejalan dengan niat kami yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman yang kami dapatkan selama kurang lebih 10 tahun hidup di Jawa Timur. Seperti berbagi ilmu parenting, bloging, kreator konten, public speaking, kepemimpinan, wirausaha, dan sebagainya. 

Lalu, setahun belakangan, hari-hari kami pun membahas soal mewujudkan mimpi. Dan tahu nggak Mombeb, pas ngobrolin soal ini, rasanya bahagia sekali. Nggak nyangka, baru ngobrol soal rencana saja, sudah memberi energi positif kepada kami berdua. Oleh sebab itu kami pun bersegera mewujudkan mimpi kami membangun rumah literasi.

Nah karena kami ingin pengembangan literasi ini bisa berkembang luas dan bersifat langgeng maka kami pun memutuskan untuk membangun sebuah rumah literasi.  Kenapa sih koq sampai membangun sebuah rumah untuk kegiatan literasi? Kan di teras rumah juga bisa?



Yup, di teras rumah saja kita sudah bisa membuat rumah literasi. Dan kalau mau bikin seperti ini pun boleh, boleh banget. Ini hanya kehendak aku dan suami yang ingin membangun sebuah rumah untuk aktivitas yang berkaitan dengan literasi. Usaha ini adalah sebagai salah satu ikhtiar melanggengkan gerakan literasi dengan membangun rumah literasi itu sendiri. 

Ada hal yang melatarbelakangi kehendak kami itu. Ya, kami terinspirasi dari rumah literasi yang ada di Denpasar, kami pun ingin membangun rumah literasi yang kokoh serta dapat menghadirkan rasa nyaman dan senang bagi pengunjung. Syukur-syukur kalau pengunjung bisa berkali-kali datang ke sini.


Lalu akhirnya tiba saatnya membangun rumah untuk ikhtiar mengembangkan literasi. Nah, demi mewujudkan rumah literasi yang kokoh, suami pun mengawasi penuh proses membangun rumah literasi.

Mombeb, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bangunan menjadi kokoh. Salah satunya mengenai kualitas semen. Di Indonesia,  ada 3 semen yang sudah diakui kualitasnya dan amat sering digunakan sebagai bahan bangunan. Semen-semen berkualitas tersebut seperti Semen SCG PCC 50 kg, Semen Tiga Roda PCC 50 kg, dan Semen Gresik PCC 50 kg. Untuk Semen SCG PCC 50 kg ini memiliki inovasi formula terbaru yang banyak memberikan kemudahan salah satunya yakni mempersingkat waktu pengerjaan. Kemudian untuk Semen PCC ini mempunyai panas hidrasi yang lebih rendah selama proses pendinginan dibandingkan dengan semen portland jenis I. Hal ini membuat pengerjaannya menjadi lebih mudah serta dapat menghasilkan permukaan beton atau plester yang lebih rapat dan lebih halus. Sementara itu, untuk Semen Gresik sendiri juga memiliki kualitas yang andal. Ini dibuktikan dari penggunaan semen Gresik dalam pembangunan berbagai landmark hingga struktur yang monumental.

Nah dari 3 semen berkualitas tersebut, pilihan kami jatuh pada Semen SCG. Karena setelah kami telusuri dan mencari referensi, semen SCG ini punya banyak keunggulan

Lalu apa sajakah keunggulannya? Aku coba jelaskan di paragraf berikut ini yak.

semen kokoh

Nah yang aku suka dari semen SCG ini yakni aku ngerasa lebih hemat biaya pembangunan, sih. La gimana nggak ngerasa hemat biaya pembangunan secara nih dari segi harga saja semen SCG ini lebih terjangkau dari semen-semen yang pernah aku pakai sebelumnya. Alasan kedua yang bikin aku  merasa lebih hemat biaya yakni jumlah semen yang aku gunakan tidak sebanyak hasil perhitungan bapak tukang bangunan jika menggunakan semen selain SCG. Kenapa bisa begini? Karena SCG ini dibuat menggunakan formula yang berkualitas seperti semen Portland, pasir silika, material pengisi, material split dan zat aditif yang semuanya berkualitas tinggi. Dengan formula yang berkualitas membuat penggunaan semen SCG pun jadi lebih hemat. Selain itu juga , dengan formula yang berkualitas ini, semen SCG lebih ramah terhadap lingkungan dan sebagainya.

perekat bata ringan terbaik

Oya, semen SCG ini punya varian lain loh yakni Semen Mortar. Lebih spesifik, namanya SCG Mortar. Yakni semen instan untuk pekerjaan pemasangan dinding bata ringan yang praktis dan mudah digunakan. Jadi SCG Mortar ini semacam lem gitu. Tapi lem khusus untuk merekatkan bata ringan. Ah jadi pengen juga pakai SCG Mortar ini di rencana aku dan suami selanjutnya. InsyaAllah, aamiin Allahumma Aamiin.

 

scg mortar

FYI nih, Mombeb, SCG mortar ini juga dibuat menggunakan formula yang berkualitas. Nah dengan formula yang berkualitas inilah membuat SCG mortar ini memiliki banyak keunggulan seperti ia lebih mudah diaduk untuk campuran yang lebih homogen. Kemudian SCG Mortar ini juga mudah untuk diaplikasikan. Seperti apa kemudahannya? Ya, hanya dengan dicampur air, SCG Mortar sudah bisa langsung digunakan. Selain itu, SCG Mortar ini juga lebih hemat penggunaan. Lalu keunggulan lainnya yakni perekat bata ringan yang satu ini memiliki daya rekat dan elastisitas yang tinggi untuk pemasangan dinding bata ringan yang cepat dengan hasil yang lebih rapih dan kuat.

Nah, dengan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dalam membangun rumah literasi, insyaAllah aku dan suami optimis rumah literasi ini kokoh sehingga bisa senantiasa menemani setiap aktivitas dan program-program untuk mengembangkan literasi di sini. 

Mombeb, apa yang kami lakukan ini baru langkah awal. Aku sadar betul masih ada jalan panjang yang harus dilalui demi bisa mengembangkan literasi. Oleh sebab itu, aku mohon bantuan do’a dari Mombeb, niih. Do’akan ikhtiarku dan suami untuk mengembangkan literasi bisa berjalan lancar dan berhasil mencapai tujuan. Lalu tak lupa aku mau mengucapkan terima kasih dulu karena sudah berkenan mendo’akan ikhtiar ini. Do’a yang baik akan membawa kebaikan juga bagi yang mendo’akan. Sekali lagi makasih yaaaa.

Jadi seperti itulah kiranya latar belakang keinginan mengembangkan literasi hingga ikhtiar untuk melanggengkan literasi dengan cara membangun rumah literasi yang kokoh menggunakan semen SCG. Aku berharap, semoga blog post ini bermanfaat. Aamiin

Sampai bertemu di blogpost lainnya ya, Mombeb tercinta. Daaaahhhhhhh

*** 

Referensi:

https://perpustakaan.setneg.go.id/

https://scgcbm.id

 

 

Investasi yang Berbuah Manis Sekali

Mombeb, sejak pandemi covid-19, ekonomi keliatan lesu gitu yak. Kelesuan ini seperti dialami semua lini ekonomi. Tapi rupanya ada yang menggeliat lho, di saat ekonomi nampak lemah begini. Geliat ekonomi tersebut bisa kita temukan di lini investasi. 

Pandemi covid-19 ini membawa dampak yang luar biasa. Tidak hanya mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, melainkan juga membuat banyak orang menjadi sadar betapa pentingnya melakukan investasi. 

Ada berbagai macam investasi. Investasi-investasi tersebut meliputi investasi properti, saham, emas, deposito bank, valuta asing, sukuk, dan lainnya. Setiap investasi mengalami peningkatan meskipun di masa pagebluk covid-19. 

Peningkatan yang signifikan terjadi di investasi saham. Dulu, investasi saham, seakan diperuntukan untuk kalangan ekonomi atas saja. Namun saat ini, kalangan menengah ke bawah pun bisa berinvestasi. 

Jika dikelompokkan berdasarkan rentang usia, generasi milenial di bawah usia 30 tahun lah yang mendominasi yakni sebanyak 60,18%. Disusul dengan kelompok usia 31 - 40 tahun dengan persentase sebesar 21,61%. Lalu usia 41 - 50 tahun sebesar 10,39%. Untuk kelompok usia 51 - 60 tahun yakni 5,04%. Dan di atas 60 tahun sebesar 2,79%. 

Namun masyarakat Indonesia lebih banyak berinvestasi emas. Hasil survey Jakpat pada April 2021 menunjukkan 46% orang Indonesia berinvestasi emas. Investasi emas ini sudah mendominasi sejak dulu dan berlanjut sampai saat ini. 

Selain investasi emas, investasi properti pun sudah dikenal dan dilakukan sejak dulu kala. Pun punya banyak pilihan meliputi investasi tanah, rumah tinggal, rumah kos, ruko, kantor, hingga apartemen. Investasi ini cenderung mengalami kenaikan setiap tahun. Terlebih jika properti berada di lokasi yang strategis, maka akan mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat. 


apartemen
sc. freepik


Salah satu investasi properti yang marak di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan sebagainya yakni investasi apartemen. Kebanyakan generasi milenial yang berinvestasi di sini. Mereka beli apartemen dengan berbagai tujuan. Ada yang ingin dijadikan sebagai tempat tinggal dan ada juga yang menjadikan apartemen sebagai bisnis seperti sewa dan jual apartemen. 

Untuk bisnis apartemen di kota-kota besar bisa dibilang masih secerah mentari pagi ya. Karena ternyata banyak masyarakat kota yang memilih tinggal di apartemen. 

Alasan mereka memilih tinggal di apartemen pun beraneka macam. Pertama, karena lokasi apartemen yang biasanya berada di tempat yang strategis. Kedua, karena fasilitas yang tersedia di apartemen biasanya lengkap dan memadai. Ketiga, susah mencari tanah di kota untuk mendirikan rumah tinggal. Keempat, harga apartemen yang terjangkau kantong dan biasanya lebih rendah dari harga rumah. Kelima, keamanan lebih terjamin. Keenam, simple dan nyaman untuk ditinggali. Terakhir yakni karena biaya perawatan yang rendah. 

Mombeb, investasi properti ini memang amat menguntungkan. Aku sudah ngerasain Alhamdulillah. Bukan, bukan apartemen, melainkan kos-kosan. Laiya investasi properti berupa kos-kosan sudah terasa keuntungannya apalagi investasi properti berupa apartemen yak. Beuughhh.

Lalu apa saja keuntungan investasi properti seperti apartemen ini? Harga properti terus naik tiap tahunnya. Lalu investasi ini bisa dibilang rendah risiko. Kemudian bisa dijadikan investasi jangka panjang. Aset ini juga bisa dijadikan agunan. Trus nantinya apartemen bisa dijual tentunya dengan keuntungan yang berlipat-lipat. Sebelum dijual nantinya, Apartemen bisa disewakan. Nah loh bisa double-double untungnya kan? Potensi arus kas rutin ini mah dan sebagainya. 

Jadi bagi kamu, nih, Mombeb, yang mau investasi tapi masih bingung memilih mau investasi apa, aku sarankan untuk investasi properti misal apartemen gitu. InsyaAllah investasi ini akan berbuah manis sekali nantinya. Aamiin.  

***
Referensi:
https://katadata.co.id/amp/syahrizalsidik/finansial/6268f527bc146/investor-pasar-modal-tembus-8-39-juta-milenial-kian-melek-investasi
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/04/12/survei-46-orang-indonesia-berinvestasi-emas

Bisnis Jadi Makin Sukses Pakai Software Payroll Gajihub

Sejak pandemi covid-19 semakin banyak pebisnis yang beralih ke dunia digital. Katadata menyebutkan 74% pebisnis di Indonesia melakukan peralihan tersebut. Salah satu perubahan yang paling kentara yakni mengenai segala data terkait gaji karyawan yang dialihkan ke sebuah software payroll GajiHub yang sudah digunakan oleh lebih dari 5000 pebisnis Indonesia.

GajiHub sendiri adalah sebuah software Payroll yang hadir untuk membantu mengubah dan mempermudah proses mengelola 2 hal tersebut. GajiHub pun mendesain software untuk semua kalangan bisnis bahkan bisnis kecil sekalipun. Yes, UMKM bisa nih pakai software ini. Alhamdulillaaahhh. Karena apa?

Hadirnya Software Payroll GajiHub ini bisa dibilang solusi bagi pebisnis terutama bagi pebisnis pemula. Dari SindoNews, 78% pebisnis pemula gagal menjalankan usahanya pada tahun pertama. Penyebabnya bukan karena produknya tidak memiliki pasar, melainkan karena masalah pembukuan yang tidak terkelola dengan baik.

sukses bisnis gajihub

Nah untuk melakukan pembukuan dibutuhkan SDM yang mengerti akan hal tersebut. Jika tidak ada, bagaimana? Ya jangan dibiarkan donk pastinya harus cari solusi. Solusi yang termudah adalah menggunakan Software Payroll GajiHub ini.

Jadi bisa dibilang jika menggunakan software HR dan payroll online GajiHub ini, seperti ada yang membantu merapikan sisi administrasi dan pengelolaan manajemen SDM untuk usaha kecil dan menengah. Membantu banget kaann? Yup.

Software HR dan Payroll GajiHub ini menyediakan banyak layanan yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan para pebisnis. Layanan-layanan di GajiHub ini merupakan solusi dari beragam kendala yang dihadapi oleh pebisnis antara lain sebagai berikut.

Layanan Gajihub untuk Pebisnis

Payroll

Gajihub menyediakan berbagai pilihan layanan Payroll yang tentunya sudah disesuaikan dengan kebutuhan pebisnis. Ada layanan Payroll berupa kalkulasi Payroll otomatis, pembayaran Payroll tepat waktu, laporan Payroll, slip gaji, proses Payroll sesuai dengan regulasi, dan mengelola seluruh data lebih cepat tanpa risiko kesalahan.

Absensi

Nah layanan absensi ini memberi kemudahan bagi pebisnis juga karyawan. Karena apa? di layanan ini membuat para karyawan bisa melakukan presensi online dimana saja. Lalu pebisnis bisa memantau kehadiran karyawan melalui GPS, bisa mengetahui mana karyawan yang disiplin mana yang tidak disiplin, bisa mengelola lembur dan cuti, terintegrasi dengan layanan Payroll dan sebagainya.

HRIS

Layanan HRIS Gajihub ini memudahkan pebisnis dalam mengelola data karyawan. Mulai dari kemudahan melakukan management, mengelola alur rekrutmen, database karyawan dan lain sebagainya.

Kelola PPh 21

Ada kemudahan menghitung pajak karyawan juga di Gajihub ini. Dan pastinya fitur ini terintegrasi dengan Payroll. Jadi nggak perlu repot-repot hitung-hitung. Tinggal memasukkan beberapa data, udah deh, nominal pajak pun bisa terhitung dengan cepat dan tepat.

BPJS

Aturan dari pemerintah yakni Pebisnis berkewajiban memberikan BPJS kepada para karyawan meliputi BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan. Nah di Gajihub pebisnis bisa melakukan perhitungan BPJS dengan mudah, semudah membalikkan telapak tangan. Selain itu juga ada perhitungan soal JHT, JKK, Jaminan pensiun hingga jaminan kematian. Lengkap, yak? Iyup.

Akuntansi

Pakai Gajihub membuat pebisnis punya akuntan profesional. Melalui fitur ini, pebisnis bisa mencatat seluruh pengeluaran terkait SDM dengan cara yang lebih mudah, bisa mencatat nilai depresiasi aset, dan paling asyik pebisnis bisa mengakses ini dimana saja dan kapan saja.

Reimbursement

Gajihub juga menyediakan fitur reimbursement yang memberikan kemudahan bagi pebisnis dan karyawan juga. Pebisnis bisa mengelola kebijakan reimbursement, menghitungnya hingga membuat laporannya. Kemudian karyawan bisa mengajukan reimbursement dari aplikasi Gajihub. Fitur ini terintegrasi dengan Payroll juga.

ESS Employee Self Service

Adanya fitur ini di Gajihub memudahkan para karyawan dalam hal presensi, melakukan klaim reimbursement atau pinjaman hingga cash advance, serta kemudahan dalam hal cetak slip gaji, Sementara itu, fitur ini bantu pebisnis mengelola dokumen karyawan. Asyiknya lagi, fitur ini membuat setiap informasi lebih transparan. Informasi yang berkaitan dengan sisa saldo cuti, dan reimbursement secara langsung tanpa perlu bertanya lagi ke personil HR di perusahaan.

Kelola Aset

Fitur ini bisa membantu pebisnis dalam mencatat dan melacak aset bisnis, menghitung depresiasi otomatis, serta terhubung dengan fitur HRIS.

Kelola Cuti dan Izin

Dengan fitur kelola cuti dan izin di Gajihub ini memungkinkan pebisnis untuk membuat kebijakan cuti sesuai standar peraturan yang berlaku serta mengelola sisa saldo hak cuti karyawan. Nah untuk karyawan sendiri, dengan fitur ini memudahkan karyawan untuk tahu sisa saldo cuti, hingga kalender cuti. Tentunya fitur ini juga terintegrasi dengan fitur Payroll.

Analisa Data

Fitur analisa data Gajihub ini membuat pebisnis seakan punya analis data profesional. Fitur ini memberi kemudahan terkait memahami tren turnover karyawan, cek jangka waktu masa kerja karyawan, analisa riwayat absensi, dan sebagainya.

Nah seperti itulah penjelasan singkat fitur-fitur yang ada di Gajihub. Lengkap, bukan? Apa yang dibutuhkan pebisnis dalam menjalankan bisnisnya tersedia di Gajihub. Jadi bagi kamu yang berkecimpung di dunia bisnis, yuk gunakan software Payroll Gajihub. Dengan software ini, akan membantu kamu merengkuh kesuksesan di setiap bisnis yang kamu tekuni.

Perbedaan Puasa Saat Awal Pandemi dan Saat Ini


Masih, di tahun ini, kita masih menjalankan ibadah puasa di masa pandemi covid-19. Kalau dihitung sudah 3 kali kita menjalankan ibadah puasa di masa pandemi. Jadi bisa dibilang, kita sudah nggak kaget lagi, seperti awal pandemi di tahun 2020, kan? Yang mana di masa itu, begitu banyak yang masih sangsi, begitu banyak yang tidak tahu, hingga begitu banyak yang sok tahu tentang covid-19


Ya, perlahan namun pasti, kehidupan kita berubah sebab pandemi. Saat ini, kita sudah lebih melek tentang covid-19. Kita pun sudah mulai terbiasa melakoni protokol kesehatan demi melindungi diri, keluarga dan orang sekitar kits dari covid-19. Kita juga sudah memiliki aktivitas atau mungkin kesenangan baru yang dulunya hanya sebagai pelarian dari rasa ingin jalan-jalan, ingin nongkrong dan sebagainya. Ya, kehidupan kita berubah


Kebiasaan yang kita lakukan di bulan Ramadan sebelum dan saat pandemi pun terlihat jelas perbedaannya


Dulu, sebelum pandemi, di bulan puasa, kita bisa ngabuburit suka-suka. Kita bisa melaksanakan sholat tarawih di masjid tanpa syarat ini itu. Kita bisa mengadakan atau ikut kegiatan buka bersama tanpa syarat ini itu juga. Tadarus bersama. Selalu ada beduk sahur setiap masuk waktu sahur. Ada bagi-bagi takjil. Ada pasar ramadan juga. Seru deh pokoknya, meriah dan ramai banget di puasa Ramadan sebelum pandemi


Lalu, saat ini, puasa di masa pandemi tahun 2022 ini, kita tidak bisa melakukan hal-hal di atas. Kita tidak bisa ngabuburit suka-suka. Terawih dan mau buka bersama pun ada syaratnya. 




Tapi, puasa Ramadan di masa pandemi tahun ini, aku pikir, lebih santai daripada puasa di awal pandemi. Saat itu, masjid di jaga ketat oleh petugas keamanan setempat, agar tidak melakukan terawih. Kalau pun ada sholat terawih, jumlah jama'ah dibatasi  sedemikian rupa. Lalu tidak ada pasar takjil hingga tidak boleh melakukan buka bersama


Apabila dilihat dari perbedaan antara puasa di awal pandemi dan saat ini, maka aku optimis, puasa Ramadan di tahun depan atau tahun depannya lagi, akan berjalan seperti puasa sebelum pandemi. Namun soal protokol kesehatan mungkin akan tetap diterapkan mengingat ini sudah menjadi kebiasaan baru kita, bukan


Oya, ada lagi yang beda dari puasa saat pandemi di tahun 2022 ini dengan tahun kemarin dan kemarinnya lagi. Sekarang, di tempat tinggal aku, ada beduk sahur lagi. Trus ada pasar ramadan juga tempat beli takjil, lauk untuk buka puasa ataupun sahur, hingga beberapa perlengkapan ibadah. Kalau untuk bukber, sampai saat ini, belum ada undangan untuk buka bersama dari alumni sekolah. Ya buka bersama sambil reuni gitu, deh


Tapi kalaupun ada, aku pasti memilih nggak ikut. Aku pernah sekali ikut acara bukber merangkap reuni sekolah. Acaranya nggak jelas, isinya cuma makan lalu ngobrol ngalor ngidul. Udah gitu, aja. Kan bikin males, tho, untuk datang ke acara yang tidak memiliki konsep matang


Jadi, ya seperti itulah puasa saat pandemi di tempat tinggal aku, khususnya. Kalau di tempat kamu gimana, Bebs? Cerita donk.....







Tahapan Menemukan Bakat Anak Sejak Usia Dini


Tentang Bakat Anak

 

Aku percaya bahwa bakat itu bawaan bukan hasil dari pelatihan, atau tempaan. Sebagaimana pendapat Conny Semiawan dan Utami Munandar (1984) yang mendefinisikan bahwa bakat khusus (talent) adalah kemampuan bawaan berupa potensi khusus dan jika memperoleh kesempatan berkembang dengan baik, akan muncul sebagai kemampuan khusus dalam bidang tertentu sesuai potensinya.

 

Berdasarkan definisi bakat di atas, dapat dimaknai juga bahwa meskipun bakat merupakan bawaan tapi tetap memerlukan kesempatan untuk berkembang dengan baik. Lalu kesempatan seperi apa yang diperlukan? Bagian mana atau bidang apa atau aktivitas apa yang harus diberikan kesempatan? Untuk menjawab pertanyaan di atas, maka yang harus dilakukan yakni mencari tahu atau menemukan bakat terlebih dahulu.

 

Menurut Bukik Setiawan, ahli parenting, mengenali bakat anak merupakan agenda penting yang harus dikerjakan oleh orangtua. Sebab bakat memiliki pengaruh di masa depan. Lalu dengan mengenal bakat anak, orangtua bisa membantu anak mengembangkan karier di masa depannya.

 

Aneka Macam Cara Menemukan Bakat Anak Sejak Usia Dini

 

Cara untuk menemukan bakat bisa  melalui tes bakat, atau tes sidik jari. Namun dua tes tersebut hanya bisa dilakukan oleh profesional yak. Kalau cara mengetahui bakat anak ala ibu rumah tangga ada, nggak?

 

Sebuah artikel dari kompasdotcom menyebutkan bahwa orangtua bisa menemukan sendiri bakat anak dengan melakukan lima tahapan. Adapun lima tahapan tersebut meliputi memberikan stimulus, mengamati tingkah laku anak, mengamati kecerdasan anak, memberi ruang berekspresi, dan memberi dukungan positif. Nah, dari kelima tahapan tersebut, aku mempraktekkan poin yang nomor tiga saja yakni mengamati kecerdasan anak.

 

Cara Menemukan Bakat Anak dan Aktivitas Stimulasi Kecerdasan Majemuk Anak

 

Ada delapan macam kecerdasan anak atau yang dikenal juga dengan kecerdasan majemuk (Gardner, 2003). Delapan macam kecerdasan anak tersebut antara lain kecerdasan linguistik, kecerdasan logika matematika, kecerdasan musikal, kecerdasan kinestetik, kecerdasan visual spasial, kecerdasan naturalis, kecerdasan interpersonal, dan kecerdasan intra personal.

 

Setiap kecerdasan memiliki cara stimulasi yang berbeda. Nah, untuk menemukan bakat anak, aku mengawalinya dengan menstimulasi semua bagian kecerdasan majemuk. Kemudian aku amati setiap aktivitas stimulasi. Hasil pengamatan yang aku lakukan yakni dari delapan kecerdasan tersebut, ada dua kecerdasan yang paling menonjol yakni kecerdasan kinestetik dan kecerdasan musikal.

 

Setelah mendapatkan kecerdasan anak yang paling menonjol, selanjutnya aku membuat list aktivitas setiap kecerdasan untuk menemukan bakat anakku. List kegiatan untuk kecerdasan kinestetik yakni menggambar, mewarnai, menari, olahraga dan sebagainya. Kemudian list kegiatan untuk kecerdasan musikal yakni membuat atau meniru nada di alat musik mainan drum, piano, dan xilophone.

 

Hasil pengamatan untuk kecerdasan kinestetik yakni anakku lihai dalam aktifitas menggambar. Sedangkan hasil pengamatan untuk kecerdasan musikal yakni ia lihai memainkan alat musik piano.

 


Tahapan Menemukan Bakat Anak Sejak Usia Dini

Dua kemampuan tersebut menunjukkan perkembangan signifikan tanpa aku ajari, tanpa aku contohkan, dan tanpa aku berikan latihan. Berdasarkan hal ini maka aku yakin bahwa bakat anakku di bidang menggambar dan bermain musik piano.

Sejauh ini, anakku menunjukkan perkembangan yang signifikan. Ia makin mahir memainkan musik piano juga mahir menggambarkan menggunakan software di laptop. Alhamdulillah, bersyukur karena bisa menemukan bakat anak saya sejak usia dini sehingga aku bisa membantunya untuk mengembangkan dan meningkatkan bakat yang ia miliki.

Akan tetapi meskipun sudah menemukan bakat anak, aku masih tetap memberikan kesempatan padanya untuk melakukan eksplorasi atau melakukan apa yang ia minati.

Jadi seperti itulah Tahapan Menemukan Bakat Anak Sejak Usia Dini yang aku lakukan untuk menemukan bakat anakku. Cukup mempraktekkan satu langkah yakni mengamati respon hingga perkembangan anak setiap kali memberikan stimulasi kecerdasan majemuk, aku bisa menemukan bakat anak sejak usia dini. Nah, aku berharap semoga pengalaman saya ini dapat menjadi tambahan referensi bagi orangtua yang ingin menemukan bakat anak sejak usia dini.


Referensi

Semiawan, Conny, Munandar, dkk. 1984. Memupuk Bakat dan Kreativitas siswa sekolah menengah. Jakarta: PT Gramedia

Gardner, Howard. 2003. Kecerdasan Majemuk. (Terjemahan Drs. Alexander

Sindoro). Batam Centre: Interaksara.

Bukik setiawan, http://temantakita.com/mengenal-bakat-anak/ (diakses 10 Februari 2021)

Yohanes Enggar Harususil, https://amp.kompas.com/edukasi/read/2018/09/04/19270871/ini-dia-5-tahap-mengenali-dan-mengembangkan-minat-bakat-anak (diakses 12 Februari 2021)


Peran Netizen Jaga Unity in Diversity untuk Indonesia Lebih Baik

 



Katanya, mempertahankan lebih sulit dari memperjuangkan, termasuk mempertahankan Unity in Diversity untuk Indonesia Lebih Baik lagi. Ada saja rintangan yang menghadang. 

Setiap zaman pasti bertemu dengan rintangan yang menghadang Indonesia untuk tetap bersatu. Untuk era saat ini, rintangannya berupa Hoax yang merajalela. 

Mengapa Hoax bisa merajalela? Salah satunya karena pemilik akun yang tidak bijak menggunakan media sosialnya.  

Lalu seperti apa, sih, bijak bermedia sosial itu? 


Unity in Diversity for Better Indonesia

Pada 30 Oktober lalu aku mendapatkan kesempatan menjadi salah satu peserta netizen academy yang diadakan oleh MPR RI. Tema dari kegiatan ini yakni Unity in Diversity for Better Indonesia. Dengan fokus bahasan Bijak Bermedia Sosial dalam Membentuk Karakter Bangsa. 

Jika dilihat dari fokus bahasan menunjukkan bahwa ada keterkaitan antara bijak bermedia sosial dengan usaha untuk membentuk karakter bangsa. Apa keterkaitannya?

Menurut pak Budi, Humas MPR RI, kita harus bangga sebagai bangsa Indonesia. Kemerdekaan Indonesia bukan merupakan hadiah. Indonesia merdeka sebab berjuang sampai titik darah penghabisan. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, bangsa yang pantang menyerah, bangsa yang berjuang. Dan ini adalah sebagian kecil dari karakter bangsa Indonesia. 




Ya, ada begitu banyak karakter positif yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Salah satunya dapat kita lihat belakangan ini, saat Indonesia menghadapi pandemi covid-19. Bagaimana bangsa Indonesia bersatu padu, dan bahu membahu membantu saudara se-tanah air Indonesia yang terkena dampak pandemi covid-19 tanpa memandang kelas sosial, suku, agama dan sebagainya. Semua kita bantu, siapapun. Bangsa Indonesia bersatu demi Indonesia mampu menghadapi pandemi covid-19, demi Indonesia menjadi lebih baik. Unity in Diversity for Better Indonesia.

Sempat, kekompakan, ke-solid-an,  persatuan dalam menghadapi pandemi covid-19 itu, diaduk-aduk oleh hoax. Salah satunya hoax yang tersebar di media sosial. Ada hoax yang mengatakan bahwa pandemi covid-19 adalah konspirasi pemerintah, covid-19 hanya flu biasa, pemerintah berlebihan menanggapi covid-19 yang hanya flu biasa, tidak perlu vaksin dan sebagainya. 

Dampak hoax tersebut tidak hanya nyaris memporak-porandakan persatuan melawan pandemi bahkan hoax tersebut bisa menghilangkan nyawa banyak orang. 

Apa yang dilakukan oleh penebar hoax di media sosial tersebut adalah salah satu contoh sikap yang tidak bijak dalam bermedia sosial. Entah apa tujuan mereka menebar hoax. Apakah hanya untuk share pemikiran ataukah memang berniat membuat gaduh bangsa? Entahlah....


Peran Netizen Jaga Unity in Diversity untuk Indonesia Lebih Baik


Di momen seperti itu, dimana hoax  yang nyaris menyebabkan buyarnya persatuan bertebaran di media sosial, seharusnya, ada yang turun tangan. Siapa lagi kalau bukan netizen selaku orang yang paling sering menggunakan gawai dan daring. 

Ya, seharusnya netizen bahu-membahu menunjukkan aksi berani melawan hoax. Dengan melakukan ini, hoax akan berhenti tersebar semakin luas. Jika hoax berhasil di lawan maka persatuan akan kembali berada dalam genggaman bangsa Indonesia. Bersatu untuk Indonesia yang lebih baik lagi.  

Selain melawan hoax, netizen juga memiliki peran dalam menunjukkan hal positif lainnya yakni bagaimana sih bijak bermedia sosial itu. 


Netizen Bijak Bermedia Sosial dalam Mewujudkan Karakter Bangsa


Pak Budi menyebutkan beberapa contoh bijak bermedia sosial dalam mewujudkan karakter bangsa. 


1. Berani melawan hoax

Bagiku, melawan hoax bukan perkara mudah, apalagi jika melibatkan orang terdekat. Namun, demi berusaha untuk menghentikan dampak negatif dari hoax, mau tidak mau harus beraksi. 

Aksi untuk melawan hoax pun harus terencana dengan baik, bukan asal lalu. Kelemahan berita bohong atau hoax, biasanya, minim data dan fakta serta sumber berita yang tidak valid. Jadi kalau mau melawan hoax, kita harus punya data, fakta dan sumber yang valid. 


2. Memenuhi media sosial dengan konten-konten yang positif

Idem dengan poin ini. Jika lebih banyak netizen yang membuat konten-konten positif, berbagi info yang positif, mencari informasi yang positif dan menghindari informasi yang berbau hoax, aku yakin, konten-konten yang berbau hoax, konten-konten yang dapat memecah persatuan, konten-konten yang tidak mencerminkan karakter bangsa, dapat terkubur dan lenyap dengan sendirinya. 


3. Mendukung salah satu hal yang tengah digaungkan dengan lantang oleh MPR RI yakni 4 pilar kebangsaan. 

Ya, MPR RI saat ini tengah menggaungkan 4 pilar kebangsaan. 4 pilar kebangsaan tersebut meliputi Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Acara netizen academy sendiri merupakan bagian dari usaha MPR RI mengenalkan 4 pilar kebangsaan. Tak cukup sampai di sini, MPR RI juga membuat sebuah aplikasi Buku Digital MPR RI yang bisa diakses secara gratis. 


Kemudian MPR RI juga membuat karya cerita bergambar atau komik tentang 4 pilar kebangsaan. Komik 4 pilar kebangsaan ini bisa digunakan untuk mengenalkan 4 pilar kebangsaan kepada anak-anak. 




Tujuannya apalagi kalau bukan untuk persatuan bangsa, agar anak bangsa kenal dengan negaranya, agar anak bangsa cinta dengan negaranya, agar anak bangsa turut serta menjaga persatuan bangsa, agar anak bangsa mau bersama-sama membawa Indonesia menjadi lebih baik. 

Aku, sebagai momizen alias netizen emak-emak, dengan senang hati, mendukung MPRI untuk menggaungkan 4 pilar kebangsaan. Adapun bentuk dukunganku yakni akan membuat konten-konten yang mencerminkan Bhineka Tunggal Ika, hingga membuat konten yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila. 


Itulah, beberapa poin (dari sekian banyak poin yang disampaikan) mengenai bijak bermedia sosial dalam mewujudkan karakter bangsa. 

Kemudian, menjelang akhir acara, MPR RI meminta masukan, kritik dan saran yang membangun bagi media sosial milik MPR RI. MPR RI memiliki 4 media sosial yang bisa kita ikuti meliputi:

Twitter MPR RI: https://twitter.com/mprgoid

IG MPR RI: https://instagram.com/mprgoid

FB MPR RI: https://www.facebook.com/mprgoid

Website MPR RI: https://www.mpr.go.id/


Tujuannya yakni agar media sosial MPR RI semakin lebih baik. Agar media sosial MPR RI bisa menjadi salah satu referensi bagi para netizen dan semuanya dalam mencari segala informasi yang berkaitan dengan MPR RI salah satunya tentang 4 pilar kebangsaan.  Aamiin


Jadi demikian cerita singkat mengenai acara netizen academy yang diadakan oleh MPR RI Tema dari kegiatan ini yakni Unity in Diversity for Better Indonesia. Dengan fokus bahasan Bijak Bermedia Sosial dalam Membentuk Karakter Bangsa. Aku benar-benar merasa beruntung bisa mengikuti acara sehebat ini. Dimana rasa cinta tanah air menjadi tumpah ruah, makin semangat menjaga persatuan bangsa, dan bertekad untuk menjadi salah satu netizen yang bisa menggunakan media sosial secara bijak sehingga dapat mewujudkan karakter bangsa. Aamiin 


Semangat menjadi Persatuan. 

Bangga menjadi Bangsa Indonesia.



Pengalaman Ikut Kelas Bahasa Inggris untuk Anak Kinestetik di Kreasa


"Ken, ikut Kelas Bahasa Inggris Kreasa yak? Biar nanti kamu gampang kalau kamu pergi ke Rusia, Belanda, Amerika serikat, Inggris, Jepang, semuanya dah?"

"Mau, Ma, Mau" 


Aku senang sekali si Ken begitu antusias menyambut tawaranku. Jadi aku nggak perlu ngasih penjelasan panjang kali lebar, atau bujuk rayu agar ia mau ikut kelas di Kreasa

Sertifikat dari Kreasa


Yup, liburan sekolah kemarin, si Ken aku ikutkan kelas di Kreasa. Ini sebagai salah satu usahaku biar dia nggak bosan di rumah saja selama liburan sekolah.


Di samping itu juga, sudah sejak dulu, aku ingin mengikutsertakan si Ken di kelas bahasa Inggris. Tujuanku yakni untuk menstimulasi kemampuan bahasa Inggrisnya si Ken. Hanya saja aku baru menemukan tempat belajar bahasa Inggris secara daring yang memenuhi semua kriteria yang aku buat. Semua kriteria dalam memilih tempat belajar bagi si Ken tersebut aku rangkum dalam 5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Kelas Bahasa Inggris untuk Anak Kinestetik

Baca juga: serunya punya anak kinestetik

5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Kelas Bahasa Inggris untuk Anak Kinestetik


Pertama, apa metode belajar yang digunakan?


Si Ken adalah tipe anak dengan gaya belajar kinestetik. Ia agak susah menerima pelajaran jika penyampaian materi hanya berupa penjelasan atau lebih dikenal dengan metode ceramah. Ken, si anak kinestetik ini, lebih mudah memahami materi yang diajarkan jika disertai dengan praktik, atau diselingi dengan aktivitas yang menyenangkan misalnya sembari bernyanyi atau menggambar, atau bisa juga dengan menghadirkan komunikasi dua arah antara si Ken dan pemberi materi. 


Kedua, jumlah siswa di setiap kelas.


Berdasarkan pengalamanku saat menjadi guru dulu, aku mengalami kesulitan mengajar di kelas jumbo, kelas yang punya banyak siswa. Aku tidak bisa memperhatikan siswa yang ada di kelas tersebut. Apakah mereka sudah paham dengan penjelasanku atau tidak.  Dampaknya, banyak siswa yang belum paham dengan materi yang aku sampaikan. Aku tidak ingin dialami si Ken. Jadi dengan jumlah peserta yang sedikit maka hasil pembelajaran yang diharapkan akan tercapai.  


Ketiga, biaya dan fasilitas apa saja yang didapatkan


Sebenarnya, aku tipe orang tua yang tidak terlalu ambil pusing soal biaya-biaya yang terkait dengan pendidikan atau biaya buat mengembangkan kemampuan anak, selama biaya yang dikeluarkan sesuai dengan fasilitas yang didapatkan dan juga dapat membantu anak mengembangkan kemampuannya, tak jadi masalah. Berapapun biaya pendidikan anak, insyaAllah bakal aku usahakan. Aku yakin, mah, kalau untuk kebaikan insyaAllah selalu ada bantuan dari-Nya. 


Keempat, jadwal pelaksanaan kelas


Menurutku, anak sekolah dasar, belum benar-benar bisa belajar sendiri, jadi masih perlu didampingi. Mendampingi bukan untuk membantu, melainkan untuk tahu seperti apa kegiatan pembelajaran, mana bagian yang perlu distimulasi, hingga apakah anak mengalami kesulitan? Bagian mana? Sebab apa? Jadi untuk jadwal pelaksanaan, aku lebih memilih kelas yang dilaksanakan pas aku luang, misal weekend, gitu. 


Kelima, review positif

Review positif adalah kunci, kunci untuk memantapkan sebuah keputusan mau memilih ya atau tidak. Pengalaman orang lain itu tak kalah berharga dengan pengalaman sendiri. Dari pengalaman orang lain, kita bisa sedikit banyak jadi tahu apakah pengalaman tersebut bernilai positif atau negatif. 


Jadi seperti itulah kira-kira 5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Kelas Bahasa Inggris untuk Anak Kinestetik. Nggak banyak koq, Mombeb, cuma lima lapis, nggak sampai ratusaaaannnnn. 


Baca juga: Memilih sekolah untuk anak kinestetik


Dan semua poin di atas, dipenuhi oleh Kreasa.  


Apa itu KREASA?


Kreasa adalah sekolah kreativitas berbasis online dengan sistem fun learning yang menyediakan berbagai program belajar bagi anak-anak. Kreasa hadir dengan membawa tujuan yakni dapat menjadi tempat untuk menumbuhkan fitrah kreatif dan inovatif anak-anak Indonesia yang tentunya sudah disesuaikan dengan perkembangan zaman. Ini sesuai dengan tagline milik Kreasa yakni “Where kids creativity will be born”.


Dari deskripsi singkat di atas saja, sudah berhasil bikin aku tertarik mengikutsertakan Ken di Kelas Bahasa Inggrisnya Kreasa. Jadi tanpa pikir lama-lama, aku pun segera mendaftarkan si Ken. 


Cara mendaftar program belajar Kreasa ini bisa dibilang amat mudah. Cukup dengan mengikuti langkah di setiap fitur kelas Kreasa yang ingin dikuti, Mombeb sudah bisa mengikutsertakan si kecil di kelas bahasa Inggrisnya Kreasa dan mendapatkan fasilitas yang ada di Kreasa.


Fasilitas kreasa



Oya di Kreasa ini ada berbagai pilihan program untuk anak. Ada program animasi, kelas menulis, kelas bahasa Inggris dan masih banyak lagi. 


Program kelas kreasa

Program Kreasa

Program Kreasa


Review Ikut Kelas Bahasa Inggris untuk Anak di Kreasa


Setelah selesai daftar kelas bahasa Inggris Kreasa, aku segera diinvite ke dalam grup WA yang beranggotakan peserta kelas bahasa Inggris, dan juga ada admin Kreasa yang mengatur grup WA hingga keperluan kelas berlangsung. 


Untuk jumlah peserta di kelas bahasa Inggris Kreasa ini sebanyak 4 orang. Dah, kalau gini mah berasa ikutan kelas privat yak. Alhamdulillah banget ini mah. 


Aktivitas di kelas bahasa Inggris kreasa


Nah, di grup WA ini, admin Kreasa aktif membagikan informasi seputar jadwal pelaksanaan Kelas, share record pembelajaran di zoom, hingga mengingatkan para peserta menjelang jadwal pelaksanaan kelas di mulai. Oya, kelas ini dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 4 sore, tet, tepat waktu. 


Sesuai dengan deskripsi tentang Kreasa di atas, seperti itulah aktivitas belajar yang berlangsung di kelas.  Anakku antusias, semangat banget dia mah. Si Ken yang tipe anak kinestetik, jadi anteng, semangat, dan antusias selama mengikuti pelajaran bahasa Inggris.


La gimana nggak semangat, secara aktivitas belajar benar-benar dikemas secara fun, fun learning. Anak diajak bernyanyi, menari bersama, diajak diskusi, tanya jawab singkat, bermain tebak-tebakan, dan sebagainya. 


Media belajar bahasa inggris


Aku suka dengan bagaimana guru di Kreasa mengemas aktivitas belajar. Mulai dari mencoba mengenal nama-nama setiap siswa di kelas, menerapkan komunikasi dua arah dengan mengajak setiap anak berdiskusi atau menyanyi bersama, hingga menggunakan kata-kata yang sederhana saat menjelaskan materi pelajaran pada anak-anak agar mudah dipahami anak-anak. Hal ini menunjukkan bahwa guru di Kreasa adalah guru yang profesional.  


Hasil Belajar si Ken di Kelas Bahasa Inggris (English Class) di Kreasa


Hasilnya gimana? Alhamdulillah, hasil Ken belajar di kelas Bahasa Inggris Kreasa ini memuaskan banget, luar biasa malah menurutku. 

Pertama, Si Ken yang sebelumnya malu-malu kalau diajak ngobrol bahasa Inggris, sekarang lebih percaya diri.

Kedua, kosa kata bahasa Inggrisnya si Ken jadi bertambah banyak. 

Ketiga, Ken makin suka kalau diajak belajar bahasa Inggris. 

Keempat, Ken jadi ingin ikut kelas lagi di Kreasa. 


Nah, selain mendapatkan hasil belajar yang maksimal, Kreasa juga memberikan modul pembelajaran, sertifikat dan progress report. Asyik bener, kan? Recommended pokoknya, mah. 


So bagi kamu Mombeb, yang juga sedang mencari kelas bahasa Inggris untuk anak dengan tujuan untuk menstimulasi kemampuan menggunakan bahasa Inggris anak yang dilaksanakan secara daring dan dikemas secara fun learning, maka aku rekomendasikan untuk ikut kelas bahasa Inggris atau English Class di Kreasa saja.





Hoax Mempengaruhi Kesehatan Mental?, Begini Langkah-langkah Mengidentifikasi Hoax

 

"Jangan vaksin covid-19, nanti malah sakit"

"Cupu ah, covid-19 itu nggak ada, itu konspirasi"


Nyenyenye...


Kesal, nggak sih, dengan pernyataan di atas?


Mbok ya kalau punya pemikiran anti mainstream begitu ya jangan disebarkan, jangan nyari teman apalagi memprovokasi, jangan. Bukan, bukannya melarang berpendapat, atau bukan melarang memiliki pemikiran sendiri. Nggak apa-apa punya pendapat sendiri, nggak apa-apa punya pemikiran sendiri. Akan tetapi, please, simpan saja sendiri. Terlebih kalau pemikiran yang dimiliki tidak didukung bukti valid, beuughhhh, jangan dishare yak, karena kalau sampai dishare itu sama saja dengan menyebar HOAX. 




Nggak mau kan jadi penyebar Hoax? Nggak mau kan kena UU ITE pasal 28 tentang penyebar berita bohong yang menyesatkan? Nggak mau juga kan jadi seseorang yang memberi dampak negatif pada masyarakat yang salah satu dampaknya berupa dapat mengganggu kesehatan mental seseorang? 


Hoax Mempengaruhi Kesehatan Mental


Ya, Hoax bisa berdampak pada kesehatan mental. Sebagaimana pendapat Vasilis K. Pozios, MD, seorang psikiater forensik, mengatakan bahwa hoax dapat menimbulkan perasaan marah bahkan depresi. 


Yup, tidak bisa dipungkiri bahwa sedikit banyak hoax memberi dampak negatif pada kondisi jiwa. Ketua Masyarakat Indonesia Anti Hoax (MIAH), Septiaji Eko Nugroho, mengatakan bahwa Hoax sudah menyebar dan menimbulkan keresahan di masyarakat. Bahkan tidak hanya resah, melainkan juga merasa panik. Seperti kepanikan masyarakat yang terjadi beberapa waktu lalu dimana masyarakat berbondong-bondong membeli susu merk tertentu setelah hoax soal susu tersebut dapat menyembuhkan covid-19 beredar luas. 


Saya sendiri merasakan dampak negatif dari Hoax. Saya jadi mudah marah, kesal, jengkel saat tidak sengaja baca informasi yang tidak jelas sumbernya (hoax) muncul di time line media sosial saya atau grup chat yang saya ikuti. Sungguh-sungguh kesal.


Tapi, kalau dipikir-pikir, rasanya, tidak ada untungnya, tidak ada manfaatnya bagi diri sendiri karena merasa kesal dengan hoax atau bahkan penyebar hoax, bukan? Malah bisa jadi mengganggu kesehatan mental. Oleh sebab itu, demi menjaga kesehatan mental terutama di masa pandemi covid-19 begini, saya memutuskan untuk mengikuti apa yang disarankan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) yang mengatakan bahwa membatasi perolehan informasi secara berlebihan dari berita-berita yang belum diketahui kebenarannya dapat membantu menjaga kesehatan jiwa di tengah pandemi COVID-19. Di samping itu saya juga memutuskan untuk lebih selektif memilih artikel yang mau saya baca dengan menerapkan langkah-langkah mengidentifikasi Hoax versi Mafindo. 


Langkah-langkah Mengidentifikasi Hoax 


1.  Selektif memilih mulai dari judul berita yang cenderung provokatif.


Salah satu contoh judul yang cenderung provokatif yakni menudingkan jari ke pihak tertentu. Biasanya, kalau ketemu judul berita atau informasi seperti ini dan saya tetap ingin membaca bacaan tersebut, yang saya lakukan yakni mencari informasi lain dengan menggunakan kata kunci yang ada pada judul tersebut. Jika hasil pencarian saya merujuk pada situs-situs yang jelas kredibilitasnya, salah satunya Liputan 6, baru kemudian saya membaca informasi tersebut. Hanya sekadar membaca, hanya sekadar tahu, namun tidak untuk menjadi kesimpulan, apalagi pemikiran. 


2. Memperhatikan alamat situs web.


Beberapa waktu lalu, Kominfo merilis situs-situs yang jelas kredibilitasnya, salah satunya yakni Liputan 6 Sejak saat itu, saya lebih memilih membaca informasi dari situs-situs tersebut. Di luar situs tersebut, saya lebih sering memilih untuk skip skip skip. 


3. Membedakan antara fakta dan opini.


Menurut KBBI, fakta adalah hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan; sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi. 

Sedangkan opini, menurut KBBI, adalah pendapat, pikiran, pendirian. Makna opini menunjukkan kecenderungan bersifat subyektif. 


Berdasarkan dua makna tersebut, saya lebih memilih membaca berita yang didalamnya berisi seputar fakta. Kalaupun berita tersebut berisi opini seseorang, paling tidak dilengkapi dengan fakta misalnya beberapa studi, kumpulan data, dan sebagainya. 


4. Cek keaslian foto


Foto adalah salah satu bagian penting dalam sebuah berita atau informasi. Foto seringkali digunakan untuk menguatkan berita. Oleh sebab itu, tak jarang pula ditemukan penyalahgunaan foto. Seharusnya foto A digunakan untuk bahasan soal A, namun ternyata digunakan untuk bahasan soal B. 


Adapun cara untuk mengidentifikasi keaslian foto, menurut Mafindo, adalah dengan dengan memanfaatkan mesin pencari Google, yakni dengan melakukan drag-and-drop ke kolom pencarian Google Images. Hasil pencarian akan menyajikan gambar-gambar serupa yang terdapat di internet sehingga bisa dibandingkan.


5. Ikut serta grup diskusi anti-hoax


Mafindo menyebutkan beberapa grup diskusi anti-hoax yang bisa diikuti yakni Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax (FAFHH), Fanpage & Group Indonesian Hoax Buster, Fanpage Indonesian Hoaxes, dan Grup Sekoci.


Alhamdulillah dengan menerapkan langkah-langkah mengidentifikasi Hoax versi Mafindo di atas, sejauh ini, saya bisa melindungi diri sendiri dari terkena paparan Hoax. Bahkan terkadang saya hanya menggunakan 2-3 langkah saja. 2 langkah, nggak sreg baca, auto skip. Gitu sajalah. Dan alhamdulillahnya lagi, saya merasa jauh lebih tenang, nggak baper, kesal apalagi sampai marah-marah. Alhamdulillah. 


Dah, terlepas dari soal hoax-hoax itu, serta kesehatan mental, saya masih senantiasa menaruh harap, tak henti memanjatkan do'a semoga pandemi covid-19 ini segera sirna, terutama dari Indonesia ini. Kalaupun masih ada, semoga langkah kita, usaha kita, perjuangan kita, untuk bertahan di masa pandemi covid-19 ini dimudahkan oleh Allah Swt. Aamiin aamiin ya robbal'alamiin


Sehat sehat sehat ya, kamu, kamu, juga kamu, teman teman saya tercinta. 

***


Sumber:


https://covid19.go.id/p/berita/psikiater-batasi-informasi-berita-berlebihan-untuk-jaga-kesehatan-jiwa-selama-pandemi-covid-19


https://kominfo.go.id/content/detail/9058/penyebaran-informasi-hoax-menimbulkan-keresahan-di-masyarakat/0/sorotan_media


https://kominfo.go.id/content/detail/8949/ini-cara-mengatasi-berita-hoax-di-dunia-maya/0/sorotan_media


https://kbbi.web.id/fakta

https://kbbi.web.id/opini

Voucher MAP Dapat Digunakan Di Mana Saja? Berikut Informasinya

voucher map murah di blibli
cr. pic. blibli.com


Jenis kupon belanja yang kerap dijadikan hadiah salah satunya voucher MAP. Kupon belanja ini dikeluarkan oleh PT. Mitra Adi Perkasa. Kupon ini berbeda dengan kupon belanja yang secara langsung dikeluarkan oleh merchant. Misalnya, kupon belanja Carrefour dan Alfacart. Kupon belanja MAP dapat digunakan di 1900 merchant yang berbeda.

  1. Foodhall atau Daily Foodhall

Ya, ini merupakan salah satu supermarket serta minimarket yang menjual beragam kebutuhan sehari-hari. Foodhall dari segi tempat lebih luas. Kira-kira ukurannya seperti halnya Hypermart atau Carrefour. Sementata Daily Foodhall ukuran tempatnya kurang lebih setara dengan Alfamidi.

Saat ini Foodhall serta Daily FoodHall hanya terdapat di beberapa mall serta pusat perbelanjaan khusus saja. Misalnya, Daily FoodHall yang ada di Cikarang Grove. Tempatnya persis di depan pintu masuk Lippo Waterpark.

Anda bisa berkunjung ke sana untuk membelanjakan kebutuhan harian menggunakan voucher MAP.

  1. Kidz Station

Kidz Station menjadi salah satu tempat favorit sebab Anda dan si kecil dapat berburu beberapa mainan. Lokasi Kidz Station pun lumayan banyak, sehingga Anda bisa dengan mudah menemukannya. Salah satunya, Anda bisa mampir ke Kidz Station yang ada di Mall Kota Kasablanka. Anda bisa berkunjung sambil jalan-jalan bersama keluarga. Dengan adanya kupon belanja MAP, Anda bisa mendapatkan harga khusus saat belanja mainan di sana.

  1. Domino Pizza

Anda pecinta pizza? Aha, tempat ini pasti jadi incaran Anda. Eits, bagi Anda yang ingin makan hidangan lain, kupon belanja ini juga bisa untuk menu lainnya, lho.

Anda bisa mampir ke salah satu tempat Domino Pizza di Citywalk Cikarang. Di sana Anda akan menemukan berbagai menu selain pizza. Ada ayam, sosis, kentang, serta beberapa olahan lainnya. Hal yang tidak kalah seru adalah Anda bisa menikmati minuman Lychee Tea dan Peach Tea. Rasanya segar dan menggoda. Dijamin Anda akan jatuh cinta dan sering mampir ke Domino Pizza.

Lebih serunya lagi, restoran pizza ini tak hanya menerima penukaran kupon belanja untuk dine in atau makan di tempat. Namun, Anda juga bisa menukarkannya untuk layanan delivery order. Bagaimana, lebih seru, bukan?

  1. Merchant Fashion

Jika Anda ingin berbelanja pakaian, Anda juga bisa, lho, menggunakan voucher MAP. Misalnya, Anda ingin belanja produk fashion di Dorothy Perkins, FCUK, Lacoste, Marks & Spencer, Kipling, dan Maxmara. Jangan khawatir, kupon belanja ini juga berlaku di Miss Selfridge, Nine West, Loewe, Massimo Dutti, NEXT, Oasis, Nautica, dan Salvatore Ferragamo. Lebih seru lagi, Anda bisa berbelanja di TUMI, Pull and Bear, dan Steve Madden. Ingin shopping fashion items di Principles, Sole Effect, TopShop TopMan, Warehouse, dan ZARA juga bisa. Hati-hati jadi kalap belanja, ya.

  1. Toko Olahraga atau Sport

Anda bisa belanja serba-serbi perlengkapan olahraga menggunakan voucher MAP di Sports Station, Adidas, Planet Sports, dan Rockport. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kupon belanja ini di Reebok, Sports Warehouse, Converse, Golf House, The Athlete's Foot dan Soccer Station.

  1. Department Stores

Selain Foodhall dan Daily Foodhall, untuk belanja kebutuhan harian dengan kupon belanja ini, Anda bisa mendatangi Sogo dan Debenhams. Selain itu, kupon belanja juga berlaku di Seibu, Lotus, dan Java.

Nah, itu dia tempat-tempat yang bisa Anda tuju untuk membelanjakan voucher MAP. Jadi sudah tahu kan, Anda ingin menggunakan kupon belanja di mana? Sekarang Anda tidak perlu bingung lagi, ya. Selamat berbelanja!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

URL Link voucher MAP

https://www.blibli.com/brand/map

Manfaat Pengajuan Asuransi Perjalanan Melalui CekAja

 

Quote tentang risiko

Setiap pilihan selalu ada risikonya, bukan? Termasuk memilih untuk melakukan perjalanan. Yang membedakannya hanyalah cara menghadapi risiko yang ada di setiap pilihan. Dan cara untuk menghadapi risiko yang mungkin terjadi saat melakukan perjalanan adalah Asuransi Perjalanan.

 

Siapapun yang melakukan perjalanan pasti tidak menginginkan risiko berupa hal buruk terjadi. Maka kita pun sudah seharusnya berusaha mencegah hal buruk itu terjadi saat kita melakukan perjalanan dengan usaha maksimal. Nah salah satu usaha tersebut adalah dengan menggunakan asuransi perjalanan.

 

definisi asuransi perjalanan

Definisi asuransi perjalanan pada gambar di atas, menunjukkan bahwa asuransi perjalanan adalah cara tepat untuk mengantisipasi risiko yang mungkin terjadi saat kita sedang melakukan perjalanan. Dengan kata lain, kita bisa melakukan perjalanan dengan tenang, santai, aman dan nyaman tanpa terbayang-bayang risiko yang mungkin terjadi kalau kita punya asuransi perjalanan.

 

manfaat menggunakan asuransi perjalanan

Beruntung, saat ini, ada banyak pilihan asuransi perjalanan. Jadi kita bisa memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. Nah untuk memilah dan memilih hingga mengajukan asuransi perjalanan yang sesuai dengan kebutuhan, kita bisa melakukannya di website CekAja

Sejarah Singkat CekAja

Tahun 2014, CekAja hadir di Indonesia. Sejak saat itu, pelanggan CekAja semakin bertambah. Saat ini, pelanggan CekAja sudah lebih dari 20 juta baik untuk pelanggan yang mengajukan pinjaman, kartu kredit, maupun asuransi.

CekAja menawarkan akses layanan finansial untuk masyarakat Indonesia. Selain itu, CekAja sudah dilengkapi dengan teknologi yang dapat memberikan kemudahan, kecepatan dan ketepatan pada masyarakat untuk membandingkan produk finansial dan asuransi.

CekAja didukung oleh mitra terbaik yakni bank dan lembaga asuransi ye terpercaya di Indonesia. CekAja berada di bawah naungan PT. Puncak Finansial Utama. CekAja juga sudah tercatat di Grup Inovasi Keuangan Digital dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ini berarti bahwa CekAja diawasi oleh Bank Indonesia dan Asosiasi FinTech Indonesia. 

Cara Mengajukan Asuransi Perjalanan Melalui CekAja

CekAja memiliki beberapa keunggulan. Salah satu keunggulannya yakni memberi kemudahan dalam mencari informasi hingga mengajukan asuransi perjalanan. 

Adapun cara mengajukan asuransi perjalanan melalui CekAja adalah sebagai berikut:

1. Kunjungi website CekAja.com

Kita pilih “Asuransi Perjalanan”

Lalu klik “Cek Aja disini”

Cara Mengajukan Asuransi Perjalanan Melalui CekAja


2. Mengisi tipe perjalanan

Ada tiga tipe perjalanan yakni domestik, asia, dan internasional. 

Pilih tipe perjalanan yang akan kita lakukan.  

Lalu mengisi jenis polis asuransi yang kita inginkan, sekali perjalanan atau perjalanan tahunan.

Setelah selesai, lalu pilih “Selanjutnya”

cara mengajukan asuransi perjalanan

3. Kemudian mengisi durasi perjalanan

Tentukan tanggal berangkat dan pulang

Pilih “Selanjutnya”

cara mengajukan asuransi perjalanan

4. Mengisi jumlah orang yang diasuransikan

Ada tiga pilihan jumlah orang yang diasuransikan yakni individu, pasangan atau keluarga.

Mengisi tanggal lahir peserta

Klik “Selanjutnya”

cara mengajukan asuransi perjalanan

5. Mengisi data pribadi dan centang syarat dan ketentuannya

cara mengajukan asuransi perjalanan

6. Selanjutnya kita akan diarahkan ke pilihan perusahaan asuransi

Pada bagian ini, kita bisa mencari tahu informasi setiap asuransi perjalanan yang dijabarkan oleh CekAja. Kemudian kita bisa memilih asuransi perjalanan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita lalu klik “Ajukan Online”

cara mengajukan asuransi perjalanan

7. Mengisi data diri, informasi domisili, informasi perjalanan, dan informasi ahli waris

Klik selanjutnya dan apply now.


Bagaimana? Mudah kan mengajukan asuransi perjalanan melalui CekAja? Yup, semudah membalikkan telapak tangan.


Manfaat Pengajuan Asuransi Perjalanan Melalui CekAja

Nah, dilihat dari alur atau cara pengajuan asuransi perjalanan melalui CekAja di atas, kita bisa merasakan secara langsung manfaat pengajuan asuransi perjalanan melalui CekAja. Adapun rincian manfaat pengajuan asuransi perjalanan melalui CekAja dapat kamu lihat di bawah ini. 

• Terdepan

Kita diberi kebebasan memilih produk sesuai keinginan dan kebutuhan dengan cara yang mudah pada setiap fitur dari mesin perbandingan mutakhir. Nah dengan memberikan kebebasan memilih ini, tentu akan membuat kita merasa nyama dan bisa fokus menentukan asuransi perjalanan mana yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita.

• Kualitas

CekAja punya banyak pilihan produk asuransi terbaik. Dengan ini kita bisa memilih mau pakai produk yang mana dan apakah produk tersebut sudah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita. 

• Layanan

CekAja menyediakan konsultan juga loh, yang ramah dan berkualitas. Nah kalau gitu kita bisa meminta pemdapat ke CekAja terkait produk yang akan kita pilih.

• Aman

Dengan mengedepankan keamanan, CekAja selalu menjaga kerahasiaan data pelanggan dan tidak membagi data dengan siapapun tanpa persetujuan pelanggan.

 

Jadi seperti itulah keunggulan CekAja, cara mengajukan asuransi perjalanan melalui CekAja hingga manfaat pengajuan Asuransi Perjalanan melalui CekAja. Membantu banget bagi kita yang melakukan perjalanan, bukan? Kita jadi lebih merasa aman, nyaman, dan tenang saat melakukan perjalanan tanpa dibayangi risiko yang mungkin terjadi saat melakukan perjalanan.

Manfaat Pengajuan Asuransi Perjalanan Melalui CekAja


Ah jadi tak sabar rasanya ingin segera melakukan perjalanan lagi. Sudah rindu disapa semilir angin pantai. Sudah kangen merasakan kesejukan hawa pegunungan. Sudah mendamba mendapati makna kehidupan yang tersirat di setiap kali melakukan perjalanan.


 

Manfaat Pengajuan Asuransi Perjalanan Melalui CekAja

Nah, buat kamu yang mau melakukan perjalanan, yuk segera ajukan asuransi perjalanan melalui CekAja. Insyaallah kamu akan mendapatkan asuransi perjalanan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu.

 

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Resolusi 2024

 Assalamualaikum, dear Mombeb. Apa kabar? Aku berdoa semoga kamu selalu dalam kondisi sehat dan bahagia. Aamiin 2023 sudah berlalu. 2024 bar...