Showing posts with label Kesehatan. Show all posts
Showing posts with label Kesehatan. Show all posts

Yuk Selamatkan Generasi Penerus Bangsa dari Bahaya Rokok

Mombeb, aku mau cerita deh. Jadi beberapa waktu lalu, suami (berprofesi sebagai Kepsek SMP swasta) cerita, katanya waktu lagi jalan ngecek sekolah eee nggak sengaja menemukan 3 siswa merokok di sekolah. Langsung wes 3 siswa itu ditatar. 


Pas ditanya kenapa merokok, mereka kompak jawab karena ikut-ikutan teman main mereka di rumah. Trus ditanya lagi darimana mereka dapat rokok, mereka pun jawab kalau mereka beli rokok di warung yang tak jauh dari sekolah. Sesederhana itu ya alasan mereka merokok. Dan ya semudah itu juga cara mereka mendapatkan rokok.

Sebagai seorang ibu, cerita dari suami ini tentu berharga buat aku. Karena dari cerita tersebut aku bisa mengambil beberapa catatan yang bisa aku gunakan saat mendidik anak-anakku. 

Nah dari cerita suami, ada dua hal yang jadi catatan aku bahwa masih banyak yang belum melek soal dampak negatif dari merokok terutama di kalangan anak-anak dan betapa mudahnya bagi anak untuk bisa mendapatkan rokok.

Ya, menurutku, banyak anak yang belum paham soal bahaya merokok. Contoh nyatanya di tempat tinggalku ini deh. Mereka sesantai itu merokok. Mereka merokok cuma karena mengikuti teman mereka. Saat ditanya bahaya merokok pun mereka hanya melongo alias nggak tahu bahayanya apa. 

Tapi Mombeb ada juga sih, yang sudah tahu bahaya merokok namun tetap saja melakukan itu. Ya mungkin karena mereka cuma sekadar tahu tapi belum paham, belum sadar akan bahaya merokok. Mereka belum paham dan sadar akan hal ini bisa jadi karena belum pernah bertemu secara langsung dengan orang yang mengalami sakit kanker tenggorokan atau sakit paru-paru sebab merokok. 

Lalu mengenai kemudahan untuk mendapatkan rokok nih ya yakni mereka bisa beli rokok batangan yang harganya ramah di kantong mereka. Misalkan harga rokok perbatang 2 ribuan sedangkan uang saku mereka 10 ribu. Nah dengan uang saku segitu pasti bisa banget donk buat beli rokok. Kemudahan lainnya yakni mereka bisa beli rokok di warung atau toko mana saja. 

Setelah tahu fakta tersebut, terpikir untuk cari informasi soal jumlah perokok anak. Dan ya asli, bikin kaget, sih. Gimana nggak kaget, la wong data dari Global Youth Tobacco Survey dan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) menyebutkan bahwa prevalensi perokok anak di negeri ini yakni 10.70%. Kalau dihitung-hitung nih, jika jumlah anak sekitar 70 juta jiwa, maka jumlah perokok anak sekitar 7 juta jiwa. Ya Allah banyak bangeeetttt. Ini mah bener-bener negara ini DARURAT PEROKOK ANAK.

Mombeb, yang makin bikin sedih tuh jumlah perokok anak ini meningkat terus setiap tahun. Kalau pun turun, itupun tidak signifikan. Duh, Gusti. Kalau sudah separah ini, seharusnya, pemerintah segera turun tangan untuk mengurangi jumlah perokok anak. Ya, tho? Yup.

Koq pemerintah yang harus segera turun tangan? Bukannya bisa dimulai dari diri sendiri dan lembaga-lembaga yang peduli soal perokok anak? 

Cara Sederhana Melindungi Anak-anak dari Bahaya Rokok 

Eits, jangan salah, aku sudah beraksi koq. Dan Alhamdulillah sudah membuahkan hasil yakni suami berhenti merokok setelah punya anak. Sekarang pun aku rajin bilang ke anak-anakku untuk menjauhi asap rokok. Karena aku nggak mau anak-anakku terkena efek dari menghirup asap rokok.

Artikel di alodokter menyebutkan bahaya asap rokok jika terhirup anak-anak. Bahaya tersebut meliputi dapat membuat anak lebih mudah sakit, meningkatkan risiko pneumonia atau bronkitis, anak sering batuk, mengi, dan sesak napas, juga dapat memicu serangan asma atau memperburuk gejalanya, bahkan dapat menghambat tumbuh kembang anak terutama berat dan tinggi badan, menimbulkan infeksi telinga, menyebabkan telinga tuli sebagian, dan sebagainya. 

Menurutku, nggak hanya aku yang melakukan ini, memberikan edukasi ke orang sekitar akan bahaya rokok bahkan melarang secara terang-terangan. Aku yakin sudah banyak koq yang melakukannya. Kamu gini juga kan, Mombeb? Aku yakin sih kamu juga sudah melakukan ini. 

Trus nih ya, suamiku, yang juga mantan perokok aktif juga rajin memberikan edukasi ke siswa. Bahkan 3 siswa yang kedapatan merokok di sekolah tersebut dipantau bener sama suami. 

Lembaga-lembaga yang peduli soal ini pun sudah beraksi juga. Salah satunya yakni Yayasan Lentera Anak. 

Pejuang yang Melindungi Generasi Penerus Bangsa dari Bahaya Rokok

Yayasan Lentera Anak adalah yayasan yang juga bergerak di bidang perlindungan hak anak melalui edukasi, advokasi, pemberdayaan, dan studi tentang anak, mencatat faktor yang mempengaruhi anak merokok, yaitu internal dan eksternal. Lentera Anak ini bisa dibilang aktif banget berjuang melindungi anak dari bahaya rokok.

Seperti apa perjuangan Lentera Anak untuk Kesehatan Generasi Penerus Bangsa? Nih aku jentrengin yak. 

  • Lentera Anak melibatkan 2.281.200 kaum muda dan 70 organisasi dari berbagai kota di Indonesia dalam kampanye antirokok. 
  • Lentera Anak juga telah melakukan pendampingan kepada anak, kaum muda, dan orang tua tentang kesehatan remaja di 95 sekolah dan 34 ruang publik terbuka ramah anak.
  • Lentera Anak mendukung capaian target RPJMN 2024, yaitu penurunan prevalensi perokok anak menjadi 8,7 persen dengan cara turut melakukan berbagai survey dan kajian untuk mendukung advokasi kebijakan tentang pelarangan iklan; promosi dan sponsor rokok; pelarangan penjualan rokok batangan; serta penegakan kawasan tanpa rokok dan pengaturan rokok elektronik.
  • Tahun 2017, mengumpulkan lebih dari 11.000 surat dari anak dan kaum muda dari seluruh Indonesia untuk Presiden yang mengirim pesan urgensi perlindungan anak dari adiksi rokok.
  • Pada 2018, bersama siswa dari 90 sekolah di lima kota, yaitu Padang, Mataram, Kota Bekasi, Tangerang Selatan dan Kab. Bogor berhasil mengedukasi dan mengajak warung-warung di sekitar sekolah untuk tidak menjual rokok kepada anak dan menurunkan 150 spanduk iklan rokok dari warung-warung di sekitar sekolah.
  • Pada 2019, Lentera Anak bersama berbagai organisasi dan KPAI berhasil mendesak Audisi Djarum Badminton untuk menurunkan logo dan brand image Djarum pada kegiatan audisi badminton yang melibatkan anak yang sudah dilakukan sejak 2015.
  • Pada 2020, Lentera Anak memantau ada 16 kota/kabupaten yang telah melarang iklan rokok di wilayahnya dan media pun mulai memberikan dukungan terhadap berbagai kampanye tentang pengendalian tembakau.
  • Tahun ini adalah tahun kelima Lentera Anak mengadvokasi proses revisi PP 109/2012 tentang pengamanan zat adiktif. 
salah satu dari segambreng perjuangan Lentera Anak

Kalau boleh jujur, setelah merinci perjuangan Lentera Anak untuk melindungi anak-anak kita dari bahaya rokok, sungguh, rasa haru membuncah sedemikian rupa. Lalu seketika rasa terima kasih yang teramat sangat pada Lentera Anak menyeruak begitu saja. Terima kasih karena sudah peduli, terima kasih karena sudah mau berjuang untuk anak-anak generasi penerus bangsa. Terima kasih banyak Lentera Anak. 

Mombeb, apa yang sudah kita lakukan, dan juga perjuangan Lentera Anak yang seluar biasa itu, rupanya, belum bisa mengurangi jumlah perokok anak secara signifikan. Makanya pemerintah, selaku pembuat kebijakan, harus segera bertindak. 

Pentingnya Revisi PP 109/2012

Dari Kemkes menyebutkan bahwa pemerintah perlu merevisi Peraturan Pemerintah (PP) 109/2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau bagi Kesehatan. Dalam Kompas, Ketua Yayasan Lentera Anak Lisda Sundari juga memiliki pendapat yang senada dengan Kemkes. Salah satu alasannya karena tujuan dari dibuatnya PP ini tidak tercapai secara maksimal. Sebab jumlah perokok anak makin meningkat. Selain itu, menurut Lisda, PP tersebut tidak bisa mengikuti perkembangan zaman. Seperti belum ada peraturan soal rokok elektrik yang sekarang tengah beredar merajalela. 

Aku idem banget sama pendapat para ahli. Memang ada yang perlu direvisi. Menurut aku, salah satunya yang perlu direvisi nih, Pasal 17 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 109 Tahun 2012 Poin 1 yang berbunyi "Gambar dan tulisan peringatan kesehatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 15 dicantumkan pada setiap Kemasan terkecil dan Kemasan lebih besar Produk Tembakau".

Berdasarkan fakta di lapangan nih, anak-anak beli rokok batangan bukan yang kemasan. Sedangkan peringatan kesehatan hanya ada di kemasan rokok saja. Boleh donk ya kalau peringatan kesehatan ini dicantumkan juga di rokok batangan atau kalau bisa jangan dibolehin deh jual rokok batangan. Duuhh. 

Etapi ada koq bahasan soal ini di PP 109 tahun 2012 soal larangan untuk menjual rokok pada anak di bawah usia 18 tahun. Tapi ya gitu, faktanya di lapangan nih, rokok bisa dibeli siapapun. 

Mombeb, kita sudah tahu betul bahaya rokok bagi kesehatan. Alodokter merinci efek rokok bagi kesehatan yakni dapat menyebabkan gangguan pada kardiovaskular sehingga mengundang penyakit jantung dan stroke, dapat mengganggu perkembangan dan fungsi otak, dapat menyebabkan penyakit mulut dan tenggorokan, penyakit paru-paru, lambung, tulang keropos dan rapuh, penuaan dini, masalah pada organ reproduksi, gangguan psikologis, dan sebagainya. 

Lalu bagaimana dengan anak-anak? Apakah efek dari merokok tersebut juga dialami anak-anak yang merokok? Melansir dari Halodoc, ada beberapa efek yang terjadi pada anak-anak yang merokok. Efek pertama yang bisa dialami anak yang merokok yakni dapat membuat paru-paru berhenti berkembang. Efek kedua yakni dapat mengakibatkan kerusakan gigi. Efek ketiga yakni kesehatan otot dan tulang menurun. Selain efek ini, Kemkes juga merinci bahaya rokok bagi anak. 

Banyak banget ya bahaya merokok bagi kesehatan tubuh. Trus juga bahayanya nggak kaleng-kaleng. Penyakit yang bisa muncul karena merokok bukan tipe penyakit ringan. Parah semua. 

Aku jadi nggak berani membayangkan kalau anak-anak yang masa depannya masih begitu panjang harus terhambat bahkan terhenti karena merokok. Duh jangan sampai deh ya. Aamiin ya robbal'alamiin 

Tahun 2045, negeri ini, diperkirakan akan mencapai generasi emas. Nah untuk mewujudkan hal tersebut, tentunya kesehatan generasi penerus bangsa harus benar-benar diperhatikan. Negeri ini harus keluar dari masa DARURAT PEROKOK ANAK. Jika tidak, rasanya susah untuk mewujudkan target tersebut. 

Oleh sebab itu, yuk kita dukung penuh apa yang dilakukan Lentera Anak dan yang lainnya. Salah satu bentuk dukungan kita yakni dengan turut menyuarakan agar pemerintah segera melakukan revisi PP 109 tahun 2012. Dukungan lainnya yakni dengan aktif mengikuti misi-misi, program-program, dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Lentera Anak. 

Sembari melakukan hal tersebut, kita juga harus tetap konsisten dan semangat ya Mombeb untuk melindungi anak-anak dari bahaya rokok. Semoga usaha yang kita lakukan ini, Mombeb, tidak hanya bisa melindungi anak-anak kita dari bahaya rokok melainkan seluruh generasi penerus bangsa. Semoga negeri ini segera bisa keluar dari darurat perokok anak. Aamiin aamiin ya robbal'alamiin. 

Jadi sekian dulu ya Mombeb cerita kali ini. Sampai ketemu lagi di ceritaku berikutnya. 

Sehat dan bahagia selalu, Mombeb, untuk kita dan semuanya. See yaaaaaaa


Referensi:

https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20220729/4940807/perokok-anak-masih-banyak-revisi-pp-tembakau-diperlukan/

https://id.m.wikisource.org/wiki/Peraturan_Pemerintah_Republik_Indonesia_Nomor_109_Tahun_2012

https://nasional.kompas.com/read/2022/08/19/13222231/perokok-anak-meningkat-revisi-pp-109-tahun-2012-dinilai-perlu-dilakukan

https://www.alodokter.com/sebab-wajib-menjauhkan-buah-hati-dari-asap-rokok

https://www.halodoc.com/artikel/yang-terjadi-jika-anak-kecil-merokok

https://nasional.kontan.co.id/news/ini-tantangan-indonesia-menuju-generasi-emas-tahun-2045

https://www.lenteraanak.org/content/berita_terkini/hari_anak_nasional_regulasi_pemerintah_untuk_menekan_jumlah_perokok_anak_dinilai_masih_kurang

Blackmores Always Does More

Blackmores Always Does More - Hola, Mombeb, aku cerita ya. Jadi aku punya satu moment yang paling sedih di hidup aku. Momen itu adalah saat aku mengalami keguguran di kehamilanku yang pertama. Sediiiihhhhh, banget. Gimana nggak sedih secara penyebab dari keguguran tersebut adalah aku sendiri yang abai, tidak peduli, dengan kondisi kesehatan janin. 



Dulu, kalau dikasih tahu sama suami juga sama keluarga untuk konsumsi makanan sehat dan ditambah dengan multivitamin ibu hamil, cuma aku iyain aja, nggak aku lakukan. 'Ah santai ajalah, nggak bakal kenapa-kenapa koq kandunganku' batinku selalu bilang gitu kalau ada yang kasih tahu untuk menjaga kehamilan. Bandel yak? Iyaaa, aku bandel banget waktu itu. Astaghfirullah. 

Sejak keguguran, aku pun auto tobat. Aku berjanji ke diri sendiri untuk menjaga kehamilan saat aku dan suami diberi amanah lagi sama Allah. Dan ya hal ini benar-benar aku lakukan di kehamilan yang kedua dan ketiga. 

Nah di kehamilanku yang kedua dan ketiga, aku tidak hanya konsumsi makanan sehat. Aku juga konsumsi multivitamin untuk ibu hamil Blackmores Pregnancy dan Breastfeeding Gold. Berlanjut hingga si kecil lulus masa menyusui. 

blackmores-pregnancy-breastfeeding-gold


Kenapa Blackmores? 

Aku memilih blackmores karena pilihan suami, awalnya gitu. Tapi setelah aku baca product knowledge dan review para ibu hamil dan menyusui yang mengkonsumsi Blackmores pregnancy ini, aku pun yakin Blackmores suplemen kesehatan terbaik untuk ibu hamil dan menyusui. 

Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold adalah suplemen kehamilan yang dapat mengoptimalkan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold mengandung tinggi kalsium dan DHA yang sangat penting untuk perkembangan bayi sejak dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun.

Untuk kandungan dari Blackmores ini sendiri bisa dibilang sudah lengkap banget yak. Ada vitamin D3 200 IU. Ada kalsium. Ada asam folat. Ada vitamin dan mineral lainnya. Ada minyak ikannya juga serta vitamin dan mineral lainnya.


blackmores dengan 17 nutrisi esensial dan tinggi DHA


Tumbuh Kembang si Kecil Berasal dari Bunda yang Sehat

Mombeb, kita sering banget bertemu dengan kalimat di atas. Ya, kan? Nah, aku sepakat dengan hal ini. Karena yaaa banyak ahli yang berpendapat demikian. Di samping itu juga aku sudah mengalami sendiri kan bagaimana rasanya saat aku mengkonsumsi suplemen kesehatan ketika hamil dan menyusui  

Lalu sejak kapan ibu hamil harus mengkonsumsi suplemen kesehatan? 

Para ahli mengkampanyekan  pentingnya 1000 hari pertama bagi si kecil. Karena ini merupakan masa emas bagi tumbuh kembang si kecil yang dimulai sejak dalam kandungan hingga si kecil berusia 2 tahun. Nah berdasarkan hal ini, maka sudah seharusnya ibu hamil dan menyusui mengkonsumsi blackmores yang kaya akan manfaat. Apa saja manfaatnya?

Manfaat Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold

  • Manfaat blackmores untuk ibu hamil dan janin

Seperti yang sudah kita tahu bersama, nih, mombeb, kalau kandungan dalam Blackmores ini sudah lengkap banget dan sesuai dengan kebutuhan ibu saat hamil. Dengan demikian manfaatnya pun pasti banyak, tho ya? Yup. Mari coba kita rinci manfaat dari 4 bahan dari komposisi perkapsul lunak Blackmores. 

1. Vitamin D3 yang ada dalam Blackmores 

Dari alodokter disebutkan kalau vitamin ini dapat mengurangi peluang terjadinya pre-eklampsia. Selain itu juga dapat menurunkan risiko mengalami diabetes gestasional. 

Sementara itu, manfaat vitamin D untuk janin yakni mendukung pertumbuhan tulang dan gigi pada janin. Jika ibu hamil kekurangan vitamin D maka dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit rakitis pada janin. Selain itu, vitamin ini juga dapat mencegah bayi terlahir dengan berat badan rendah. Nah, bayi yang terlahir dengan berat badan rendah ternyata lebih rentan mengalami hipotermia dan gangguan pernapasan.

2. Kalsium 

Kalsium memiliki beberapa manfaat bagi ibu hamil. Dalam halosehat disebutkan beberapa manfaat tersebut seperti mencegah terjadinya pre-eklampsia, hipertensi, dan juga mendukung pertumbuhan tulang pada janin. Di samping itu juga, dengan mengkonsumsi kalsium saat hamil, maka ibu dapat terhindar dari osteoporosis di kemudian hari.

American Pregnancy Association mengungkapkan sebuah fakta bahwa ibu hamil yang berisiko terkena osteoporosis di kemudian hari jika kurang asupan kalsium saat hamil. Karena apa? Janin yang sedang berkembang di dalam kandungan akan mengambil kalsium dari tubuh ibu saat asupan untuk dirinya tidak terpenuhi secara optimal.

Tak hanya bermanfaat untuk ibu hamil, kalsium juga memberikan segambreng manfaat bagi janin seperti membantu pembentukan tulang dan gigi yang kuat, mengoptimalkan pertumbuhan hati, otot, dan saraf yang kuat. Selain itu juga kalsium membantu perkembangan detak jantung bayi yang normal, proses pembekuan darah, serta peredaran darah pada janin. 

3. Asam folat

Peran asam folat pada masa kehamilan juga tak kalah penting, nih, Mombeb. Ibu dr. Devia dalam klikdokter menyebutkan manfaat asam folat bagi ibu hamil yakni dapat menurunkan risiko keguguran, mencegah anemia, berperan dalam pembentukan plasenta, serta menurunkan terjadinya peluang pre-eklampsia. 

Trus kalau manfaat asam folat untuk janin yakni dapat mencegah terjadinya cacat tabung saraf janin, mencegah bibir sumbing, serta mencegah terjadinya penyakit jantung bawaan pada janin. 

4. Minyak ikan

Ada DHA dalam minyak ikan. Ibu dr. Gisheila dalam alomedika mengungkapkan bahwa jika ibu mendapatkan asupan DHA yang cukup selama hamil, maka ini dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak, ketajaman visual, dan kemampuan problem solving. 

Nah loh, dari 4 bahan saja yang terdapat dalam Blackmores, ibu hamil sudah mendapatkan begitu banyak manfaat bagi ibu juga janin. Sedangkan di Blackmores masih banyak vitamin dan mineral yang pastinya juga beri manfaat selama masa kehamilan.

komposisi blackmores pregnancy dan breast feeding gold

 

  • Manfaat blackmores untuk ibu menyusui dan si kecil

Ya, selain bermanfaat untuk ibu hamil, Blackmores juga membawa serta manfaat untuk ibu menyusui. Seperti apa manfaatnya? Mari kita kulik lagi beberapa manfaat dari 4 bahan dari komposisi perkapsul lunak blackmores.

1. Vitamin D

Jika ibu mengkonsumsi vitamin ini saat menyusui, maka bisa dibilang ibu sudah benar-benar memastikan si kecil mendapatkan vitamin D melalui ASI. Vitamin ini membantu penyerapan kalsium bagi ibu menyusui. Sementara itu, manfaat untuk si kecil sendiri yakni bisa meningkatkan kekuatan tulang dan gigi. 

2. Kalsium

Mombeb, Allah menciptakan manusia itu begitu sempurna. Salah satu contohnya ASI. Entah bagaimana kandungan ASI sudah sesuai dengan kebutuhan si kecil. Kalsium pun ada di ASI. Kalsium yang ternyata diambil dari tulang ibu. Hal ini rupanya berpengaruh pada kepadatan tulang ibu yang nantinya dapat menyebabkan osteoporosis. Nah untuk mencegah hal ini, maka ibu menyusui harus mengkonsumsi kalsium. 

3. Asam folat dan B12

Kalau ingin ASI lancar, banyak nan berkualitas, ibu menyusui harus mengkonsumsi dua vitamin ini. Selain itu, vitamin-vitamin ini juga dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Lalu, manfaat untuk bayi yakni berperan dalam pembentukan sel darah merah, perkembangan saraf otak, meningkatkan kekebalan tubuh, serta mencegah si kecil mengalami anemia. 

4. Minyak ikan

Di dalam minyak ikan yang terdapat di blackmores ini mengandung DHA, omega-3 marin trigliserida, dan EPA. Tiga hal ini bermanfaat bagi janin dan si kecil. 

Konsultan laktasi, Melisa Kotlen, mengungkapkan betapa pentingnya  memenuhi kebutuhan DHA si kecil terutama selama 1000 hari pertama termasuk masa menyusui. Karena DHA berperan dalam perkembangan kognitif dan saraf si kecil, perkembangan sisi visual si kecil. 

aturan pakai blackmores pregnancy and breast feeding gold


Blackmores Always Does More

Nah dengan kualitas sebaik ini, maka bisa dibilang Blackmores ini suplemen kesehatan terbaik untuk ibu hamil. Blackmores menjaga ibu hamil serta janin. Blackmores menjaga ibu menyusui serta si kecil. 

Nah selain memberikan yang terbaik untuk konsumen, Blackmores juga memberikan yang terbaik bagi ibu hamil dan menyusui yang kurang mampu. Melalui Programnya yakni Peduli Nutrisi Bunda, Blackmores menggandeng FoodCycle Indonesia dan Yayasan Gita Pertiwi untuk mewujudkan tujuan dari program ini yakni mendukung ibu hamil memenuhi kebutuhan nutrisinya dan si kecil. Dilaksanakan di kota Solo, pada tanggal 9 Juni, kerjasama ini mewujudkan suplementasi Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold sebanyak 12.000 botol kepada 2.000 ibu hamil dan menyusui yang kurang mampu di Kota Solo. 

blackmores peduli nutrisi bunda solo


Jujur, pas baca kabar ini, aku terharu banget. Karena aku sadar betapa pentingnya peran kandungan yang terdapat di dalam Blackmores pada masa kehamilan dan menyusui. Makasih ya, Blackmores. Terima kasih banget karena sudah peduli dan menunjukkan aksi nyata. Harapanku semoga program ini berlanjut di kota-kota lainnya. Seneng banget aku. Alhamdulillaaahhhh. 

Nah, seperti itulah ceritaku tentang peran Blackmores di 1000 hari pertama kehidupan anak-anakku, juga di masa kehamilan hingga menyusui. Jadi buat kamu, Mombeb, yang sekarang dalam kondisi hamil atau dalam masa menyusui, yuk jaga kesehatan diri dan tumbuh kembang si kecil dengan konsumsi Blackmores. Kamu bisa mendapatkan Blackmores di apotik dekat rumah atau juga bisa melalui e-commerce. Lalu, untuk info lebih detil, kamu bisa berkunjung ke website Blackmores yang ini yak https://www.blackmores.co.id/ atau bisa juga dengan mantengin media sosial Blackmores @blackmoresid https://www.instagram.com/blackmoresid/ dan atau Fans Facebook Blackmores Indonesia di facebook.com/BlackmoresID/

Jadi, nih, untuk Mombeb yang tengah hamil dan menyusui, selamat menjalani masa kehamilan dan menyusui yang menyenangkan nan tak terlupa yak. Sekali lagi, aku ingetin, jangan lupa jaga kesehatan kamu juga si kecil. Semoga dua momen ini, kamu lalui dengan mudah dan lancar jaya, aamiin ya robbal'alamiin. 

See yaa di cerita lainnya yak. Daahhhhh, Mombeeebbbbb.

***


Referensi:

https://www.google.com/amp/s/hellosehat.com/kehamilan/kandungan/prenatal/kenapa-ibu-hamil-sangat-perlu-kalsium/

https://www.alodokter.com/ragam-vitamin-ibu-menyusui-agar-asi-lancar-dan-berkualitas

https://m.klikdokter.com/info-sehat/read/3485039/catat-pentingnya-konsumsi-asam-folat-untuk-ibu-hamil

https://www.alomedika.com/suplementasi-dha-kehamilan-aspek-kognitif-anak

https://www.google.com/amp/s/www.haibunda.com/menyusui/20200520193748-54-142071/perlukah-ibu-menyusui-minum-suplemen-dha-untuk-kecerdasan-bayi/amp

https://www.alodokter.com/manfaat-vitamin-d-untuk-ibu-hamil


POME Optimum Jadikan Mudik Makin Asyik

Mombeb, setiap akhir Ramadan, selalu ada dua rasa yang hadir secara bersamaan. Di satu sisi rasanya begitu sedih sebab ramadan hendak pergi. Namun di sisi lain, rasa bahagia tumpah ruah. Karena begitu ramadan pergi maka masa mudik datang menghampiri. 

Akan tetapi, kalau boleh jujur, untuk ramadan kali ini, rupanya, rasa bahagia bisa mudik lebih menguasai daripada rasa sedih sebab ramadan pergi. Koq bisa gini? Ya bisalah, Beb. Secara sudah 2 tahun kita-kita nggak bisa mudik karena pandemi covid-19 yang mana selama 2 tahun belakangan ini belum kunjung membaik. 

Syukur Alhamdulillah, saat ini, tahun 2022 ini, pandemi covid-19 berangsur-angsur reda. Sehingga ramadan tahun ini, pemerintah pun memperbolehkan mudik ke kampung halaman. Tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. 

mudik 2022

Mombeb, waktu tahu kabar ini di Lambe Turah, aku senang sekali. Kalau diibaratkan rasa senangku saat itu seperti tengah memandang laksamana raja di laut, bersemayam di bukit batu, ahai hati siapa, ahai tak terpaut, mendengar lagu zapin melayu ..... Lah malah keterusan nyanyi hahayyy. 

Karena mudik kali ini adalah yang aku dan keluarga tunggu-tunggu. Maka kami pun berencana membuat mudik makin terasa asyik. Caranya gimana? kami membuat daftar aktivitas yang akan kami lakukan saat mudik. 

Daftar Aktivitas untuk Membuat Mudik Makin Asyik

1. Berburu pemandangan indah

Rencananya mulai dari perjalanan mudik sampai pas mudik di kampung halaman, aku mau ngajak suami juga bocah-bocah berburu pemandangan indah. 

2. Wisata kuliner 

Sama seperti poin pertama. Mulai dari perjalanan mudik kami mau berwisata kuliner. Mencicipi beberapa makanan khas daerah sepanjang alur mudik yang kami lalui. Ini nggak pernah kami lakukan sebelumnya. Biasanya hanya wisata kuliner yang sudah pernah kami sambangi berkali-kali.

3. Silaturahim ke semua keluarga di kampung dan teman-teman.

Biasanya, pas mudik, kami nggak pergi silaturahim ke semua keluarga. Nah, rencananya besok mau silaturahim ke semuanya dan juga ke teman-teman. 

4. Mengajak anak-anak ke tempat favorit mereka

Anak-anak punya tempat spesial nan favorit di kampung halaman. Biasanya, kami hanya mengunjungi satu tempat favorit saja. 

5. Cari produk kampung halaman yang bisa dijual di tanah rantau

Setiap daerah punya ciri khas sendiri. Demikian juga di kampung halaman. Oleh sebab itu, kami pun berencana untuk membeli produk khas di kampung halaman untuk kami jual di tanah rantau

 

Nah seperti itulah daftar aktivitas membuat mudik makin asyik. Namun untuk melakoni semua aktivitas mudik makin terasa asyik itu, aku dan keluargaku harus sehat donk. Makanya kami konsumsi Pome Optimum. 

pome optimum


Apa itu POME OPTIMUM?

Adalah booster imun yang bantu optimalkan sistem imun. Dengan sistem imun yang optimal, kita jadi tidak mudah sakit. Kesehatan kita jadi tangguh tanpa konsumsi obat atau suplemen lainnya. Asyik yak? Yup, jadi konsumsi satu Pome Optimum sudah bisa bikin kesehatan terjaga. 

Nah dengan segambreng rencana aktivitas mudik makin terasa asyik itu, aku pun mewajibkan diri bisa sehat setiap hari. Makanya aku pun memutuskan untuk konsumsi POME Optimum ini setiap hari. Yaaa sampai rencana mudik asyik tercapai semua. Alhamdulillah ikhtiar jaga kesehatan dengan konsumsi Pome Optimum ini berhasil dengan sempoa eh sempurna. 


Kandungan POME Optimum

Emangnya POME Optimum boleh dikonsumsi setiap hari? Boleh, donk. Lagipula jika dilihat dari KANDUNGAN POME Optimum, yang terdiri dari bahan herbal seperti ekstrak Black Elderberry dan ekstrak daun kelor (Moringa oleifera), lengkap diperkaya dengan vitamin C, vitamin D3, zink dan selenium, ya aman donk dikonsumsi setiap hari.  




Mombeb, meskipun Pome optimum ini terdiri dari bahan herbal, tapi bukan vegan yaaa. Namun bisa dikonsumsi oleh vegetarian. 

Selain karena manfaatnya yang bisa menjaga kesehatanku dan keluargaku dengan baik, aku suka Pome Optimum ini karena bentuknya gummy, permen kenyal gitu. Unik sih, menurutku. Rasa gummynya lezat, unik, enak. Kalau nama rasa di kemasannya tertulis rasa Minty Yuzu. 


Aturan Pakai Pome Optimum

Mombeb, Pome Optimum ini juga aku berikan ke suami dan anakku yang usianya 9 tahun. Aturan pakai POME Optimum untuk anak di atas 5 tahun sampai 10 tahun yakni 1 gummy per hari. Aturan pakai POME Optimum untuk usia 10 tahun yakni 2 gummy per hari.

Harga 1 kemasan botol Pome Optimum dengan berat bersih 240 gram dan isi sebanyak 60 gummy ini dibandrol Rp. 165.000. Trus belinya dimana? Kamu bisa beli Pome Optimum ini di e-commerce tokopedia dan shopee atau bisa juga di https://www.getpome.com/   


Akhir Kata

Mombeb, sebagai teman kamu di dunia daring ini, aku mau ngingetin kamu untuk Optimalkan Imunmu ya beb ya dengan cara konsumsi Pome Optimum ini. Karena apa? Kenapa harus Pome Optimum?

  • Optimal dalam memenuhi kebutuhan nutrisi sehingga sistem imun jadi kuat
  • Aman di konsumsi setiap hari
  • Formulanya terdiri dari bahan-bahan pilihan nan terbaik dari Indonesia, Eropa, dan USA.
  • Mengandung ekstrak black european elderberry yang kaya akan antioksidan.
  • Mengandung ekstrak daun kelor yang punya kandungan vitamin C lima kali lebih banyak dari buah jeruk.
  • Mengandung jenis vitamin D3, Zink, dan Selenium yang lebih mudah diserap oleh tubuh.
  • Menggunakan warna asli alami dari kandungan antosianin buah elderberry.
  • Lezat, praktis, mudah untuk dibawa dan dikonsumsi kemanapun.
  • POME Optimum buatan anak bangsa.

Info tentang Pome Optimum bisa kamu pantengin di website POME www.getpome.com atau di Instagram POME @getpome dan @pomeinstitute 

Jadi, Mombeb, dengan segambreng keunggulan yang aku jentrengin di atas, maka yuk jadikan Pome Optimum sebagai partner kamu dalam menjaga kesehatanmu juga keluarga. Optimalkan Imunmu dengan Immune Booster Paling Pas, Paling Lengkap, Paling Praktis, Paling Enak, Paling Lengkap.   

Bilang ke Suami juga? Ini Cara Mudah Melalui Masa Sulit Menstruasi

 

Mombeb, Kamu idem kan sama aku, kalau bagi kita nih, para wanita,  masa menstruasi adalah masa-masa yang penuh perjuangan? Ya kan? Dimulai dari berjuang mengendalikan emosi yang tidak stabil atau yang lebih dikenal dengan mood swing, berjuang melalui rasa sakit di perut alias dilepen, hingga berjuang menjaga daya tahan tubuh agar tidak limbung.


sebab lebih sensitif sebelum atau saat menstruasi


Perjuangan menghadapi hal-hal yang tersebut di atas, bukan suatu hal yang mudah. Apalagi jika terjadi berbarengan alias dalam satu waktu, beuughhh, siapapun wanita yang dalam posisi tersebut, bakal benar-benar kesulitan menghadapi semuanya.

Namun kesulitan masa menstruasi akan jadi terasa lebih mudah manakala ada yang mengerti, ada yang memahami, ada yang rela membantu.

Sayangnya, tidak semua orang dapat memahami kondisi seorang wanita yang tengah menstruasi. Iya, aku pernah di posisi itu. Dimana seseorang yang aku harapkan memahami kondisiku saat menstruasi ternyata tak merespon sama sekali bahkan terkesan cuek bebek Kwek Kwek. Seseorang itu adalah my bojo bolo-bolo ho ho ho.

Tapi, ini dulu, dulu, waktu awal nikah. Kalau sekarang gimana? Alhamdulillah suami sudah paham insyaAllah bagaimana kondisiku saat menstruasi. La gimana nggak paham yak, lawong setiap kali menstruasi aku kasih tahu ke suami hal-hal apa yang perlu dia lakukan. Muehehehe

Dahlah, nggak usah pakai jurus mengeluarkan kode-kode ke suami. Kelamaannnn. Apalagi kalau si suami tu tipe laki-laki yang nggak peka sama kode-kode wanita. Mau kita ngasih kode Morse, kode diem seribu bahasa, kode melotot kesurupan mak lampir pun dia bakal susah paham, Beb. Jadi ya katakan saja secara langsung. Biar sat set sat set tap tap tap tap, cepat.

Mombeb, kalau boleh share, aku mau berbagi cara apa saja hal-hal yang aku katakan ke suami agar ia paham dengan hal-hal yang bisa ia lakukan saat aku sedang menstruasi

1. Mengatakan kondisi yang terjadi saat menstruasi ke suami.

Tujuan melakukan hal ini agar suami tahu kondisi istri saat menstruasi. Ini membuat suami jadi lebih mengerti. Ya, kan?
Seperti yang dikatakan Ada Band "Karena wanita ingin dimengerti".

Di masa-masa menstruasi ada kalanya istri jadi lebih sensitif.  Ini pengaruh dari menurunnya produksi hormon serotonin saat sedang menstruasi (klikdokter.com). Kadang jadi tidak sabaran, mudah tersinggung, mudah marah, hingga kadang emosi jadi meledak-ledak. Hal ini tidak menutup kemungkinan dapat membuat suami jadi ikut emosi.

Namun, jika suami mengerti kondisi istri, ia tentu akan memaklumi perubahan emosi istri saat menstruasi. Ia akan menjadi super duper sabar di saat istri sedang menstruasi atau bahkan akan mengingat betul kalimat 'wanita selalu benar'. Hahay.

2. Sedia suplemen penambah darah


(news.unair.co.id) Jumlah darah yang keluar saat menstruasi rata-rata sebanyak 20–60 ml. Akibatnya dapat terkena ini anemia. Kalau anemia dapat membuat badan terasa mudah lelah, pusing, hingga mudah mengantuk. Hal ini dapat membuat aktivitas jadi terhambat.

Nah untuk mencegah anemia saat menstruasi maka harus menyediakan suplemen penambah darah salah satunya Ferospat.

Ferospat ini juga cocok banget untuk dikonsumsi ibu hamil dan menyusui juga, loh. Kandungan yang ada di dalam Ferospat ini ampuh untuk mencegah desifisiensi zat besi atau anemia.

3. Meminta bantuan melakukan pekerjaan rumah tangga hingga menjaga si kecil

Tidak hanya kondisi emosi yang tidak stabil, menstruasi juga dapat membuat sakit di badan, sakit kepala, dan sakit perut. Dalam kondisi sakit begini tentunya beberapa aktivitas jadi susah untuk dilakukan termasuk aktivitas rumah tangga hingga menjaga si kecil.

Jika dalam kondisi seperti ini, lebih baik kita meminta bantuan ke suami atau keluarga atau mungkin menggunakan jasa art. Jangan memaksakan diri ya, Mombeb.

Kalaupun memang tidak ada yang bisa dimintai bantuan, berarti yang kita lakukan mengesampingkan pekerjaan rumah tangga saja dan memilih untuk fokus menjaga si kecil.

4. Sedia Hal-hal yang Bisa Jadi Mood Booster

Selain menurunnya serotonin, dr. Sepriani (dalam klikdokter.com), menambahkan sebab bad mood saat menstruasi yakni karena peningkatan hormon estrogen dan progesteron yang menyebabkan payudara terasa sakit atau nyeri pinggang serta menghilangnya kandungan Dopamin dan GABA yang berfungsi membatasi aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan stress dan kecemasan.

Nah untuk mengatasi hal ini, maka kita bisa menyediakan beberapa hal yang dapat memperbaiki mood kita. Misalnya menyediakan atau menikmati makanan favorit kita seperti bakso pedas, es krim, coklat dan sebagainya atau bisa juga dengan melakukan aktivitas yang disuka misal nonton drakor, film, baca novel dan lain-lain.

Jadi seperti itulah cara mudah melalui masa sulit saat menstruasi melanda. Semoga membantu ya, Mombeb dan sampai jumpa di blogpost selanjutnya see yaaaa

Review Aplikasi m-KIA, Buku KIA versi Digital


Tanggal 23 Aku ikut zoominar tentang "Pentingnya Buku KIA untuk Orangtua Pantau Kesehatan dan Tumbuh Kembang Anak di Masa Pandemi" yang diadakan oleh Direktorat Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan RI bekerja sama dengan PT Tirta Investama. Asli, Aku merasa beruntung karena bisa mengikuti zoominar yang begitu banyak pengetahuan didalamnya. 



Setiap narasumber mengupas materi begitu jelas dan detil. Bahkan saat pemateri terakhir yakni dr. Fitri, kami tidak ingin berhenti mendengarkan penjelasan beliau.


Dari segambreng pengetahuan yang dishare di zoominar tersebut, intinya adalah bahasan tentang pentingnya buku KIA bagi ibu dan anak serta hadirnya buku KIA versi terbaru.


Buku KIA bagiku memiliki kesan tersendiri. Buku KIA teman setia di kala aku menunggu antrian periksa kehamilan, atau antri di posyandu. Dari buku KIA, aku, yang waktu itu masih jadi calon ibu baru, jadi sedikit banyak tahu tentang kehamilan, tentang tumbuh kembang anak, dan sebagainya.  Buku KIA semacam pintu gerbang pengetahuan tentang ibu dan anak. Toh, untuk penjelasan yg lebih detil, kita bisa cari sendiri atau tanya langsung ke para ahli misal dokter anak, atau bidan dan sebagainya. 




Nah, baru-baru ini, buku KIA versi terbaru sudah keluar donk. Isinya lebih komplit dari buku KIA versi lawas. Buku KIA versi terbaru ini ada tabel catatan kesehatan gigi anak, trus tabel catatan pemberian vit. A, obat cacing, dan PMBA, trus juga ada kelas ibu balita, pola asuh, informasi terkait pelayanan kesehatan balita, hingga informasi pemenuhan gizi anak. Lengkap pokoknya, mah. Melihat buku KIA versi terbaru gitu, tentu saja aku ingin memilikinya, hahaayyy. 




Kata bu dr. Diah, buku KIA versi terbaru ini sudah bisa didapatkan di RS, puskesmas hingga posyandu. Namun, bagi daerah2 yang belum ada buku KIA versi terbaru, bisa memakai aplikasi m-KIA terlebih dahulu. Aplikasi m-KIA ini sudah tersedia di playstore, lo. 


Review Aplikasi m-Kia, Buku KIA versi Digital




Aku sendiri sudah download aplikasi m-KIA. Untuk bisa menggunakan fitur-fitur yg ada di m-KIA, kita diminta untuk mengisi data diri lengkap. 


Setelah mendaftar, kita sudah bisa menggunakan aplikasi m-KIA ini. Masuk ke aplikasi ini menggunakan nomor ponsel dan password. 



Nah, fitur-fitur yg ada di m-KIA ini meliputi fitur terkait ibu hamil, dan anak. Kemudian juga ada dashboard khusus ibu hamil dan anak yg didalamnya berisi KMS anak. 





Untuk fitur ibu hamil ini, terdapat part tentang info kesehatan ibu hamil, jadwal k-1 hingga k-6, laporan kunjungan, jadwal minum FE, dan QnA. 


Info kesehatan ibu hamil berisi tentang kehamilan, persalinan dan KB, nifas dan menyusui serta kelas ibu hamil. 


Nah di part nifas dan menyusui ini terdapat informasi yang lengkap soal menyusui. Bagaimana pelekatan, hingga aturan durasi waktu menyimpan asi. 


Kemudian di part kelas ibu hamil ini ada video tutorial senam untuk ibu hamil, lho. Asyik, deh. Lengkap banget. 



Untuk fitur anak, terdapat part tentang info kesehatan anak, tanda bahaya, dan kelas ibu balita. 



Fitur anak tak kalah lengkap dari fitur ibu hamil. Part info kesehatan anak berisi informasi tentang perawatan anak sakit, warna tinja, lingkungan yang sehat hingga informasi soal kesiapsiagaan dalam situasi bencana.



Lalu di part kelas ibu dan balita, didalamnya terdapat 3 buah informasi meliputi informasi tentang segala hal yang terkait kelompok bayi usia 0 sampai 1 tahun, hingga kelompok anak usia 5 tahun. Di setiap part dilengkapi dengan jadwal pemberian imunisasi hingga tahapan tumbuh kembang anak. Lengkap puuoolll. 




Btw ada sebuah part di m-Kia ini yang berhasil menarik perhatianku yakni part tentang depresi pasca persalinan. Aku menyambut senang adanya informasi terkait depresi pasca melahirkan di aplikasi m-Kia ini. Sebab, perkara depresi pasca melahirkan ini tidak bisa diabaikan begitu saja. 




Dari Tirto.id, menjabarkan sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh Sri Idaiani dan Bastaman Basuki. Riset dilakukan sejak 1 Januari 2015 hingga 31 Agustus 2010 pada 18.937 perempuan yang sudah menikah pada usia 10 hingga 59 tahun. Hasilnya, 2,32% perempuan mengalami depresi pasca melahirkan. Persentase yang cukup tinggi, bukan? 


Aku berharap semoga informasi terkait depresi pasca persalinan yang ada di aplikasi m-KIA ini, membuat semakin banyak orang yang melek tentang depresi yang mungkin dialami ibu pasca melahirkan. Aku juga berharap semoga dengan adanya informasi ini, dapat mengurangi jumlah ibu yang mengalami depresi pasca melahirkan. 


Jadi bagi ibu yang sedang hamil atau tengah memiliki balita, menurutku, perlu banget nih pakai aplikasi m-KIA. Karena banyak pengetahuan, juga banyak manfaat yang dapat dirasakan saat menggunakan aplikasi m-KIA ini. 


Semoga dengan hadirnya buku KIA versi terbaru ini dan juga adanya aplikasi m-KIA ini, kesehatan para ibu hamil dan anak-anak negeri ini bisa lebih baik dari sebelumnya. Mulai dari menurunnya jumlah bayi yang mengalami BBLR, pneumonia, hingga menurunnya balita yg mengalami stunting dan sebagainya. Aamiin


Semangat sehat.


Yuk, Jadikan Buku KIA Sebagai Partner dalam Memantau Kesehatan dan Tumbuh Kembang Anak

 




Mombeb, Tanggal 29 Juli, aku ikut webinar tentang "Pentingnya Buku KIA untuk Orangtua Pantau Kesehatan dan Tumbuh Kembang Anak di Masa Pandemi" yang diadakan oleh Direktorat Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan RI bekerja sama dengan PT Tirta Investama. 


Dari webinar tersebut, aku mendapatkan Insight betapa pentingnya memantau kesehatan dan tumbuh kembang anak, apalagi di masa pandemi begini. Harus extra dipantau mah ya. Karena data dari https://covid19.go.id per 27 Juli 2021 menunjukkan sebanyak 2.9% balita terkena covid-19. Bahkan 0.5% anak usia balita meninggal dunia sebab yang terkena covid-19.




Nah, untuk memantau kesehatan dan tumbang anak, kita bisa melakukannya secara mandiri koq, Mombeb. Jadi tidak harus menunggu ke posyandu, atau ke fasilitas kesehatan dulu. Kita bisa memantau kesehatan dan tumbuh kembang anak kita dengan menggunakan buku KIA. 


Buku KIA sendiri ditetapkan oleh Kemenkes RI dengan rekomendasi WHO sebagai alat pencatatan kesehatan ibu dan anak sekaligus menjadi media informasi dan edukasi bagi ibu hamil dan balita untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anak secara rutin. 




Mombeb, jika kita bisa memanfaatkan buku KIA sebaik mungkin, insyaAllah kita bisa menjaga kesehatan dan tumbuh kembang anak balita kita dengan baik. Karena apa? Semua hal terkait kesehatan dan tumbuh kembang anak seperti pemenuhan asupan gizi seimbang sesuai umur anak, stimulasi perkembangan, istirahat dan aktivitas fisik dan sebagainya  sudah ada di buku KIA. 




Pemantauan kesehatan dan tumbuh kembang anak ini adalah salah satu ikhtiar kita mempersiapkan masa depan mereka. Mereka adalah generasi penerus bangsa. Jika anak sehat, anak bertumbuh dan berkembang dengan baik, insyaAllah dan optimis pastinya, masa depan negeri ini juga baik. Sebagaimana tema peringatan Hari Anak Nasional 2021 yakni "Anak terlindungi, Indonesia maju."


Oleh sebab itu, Mombeb, Yuk kita jadikan buku KIA sebagai partner dalam hal memantau kesehatan dan tumbuh kembang anak kita. Kita manfaatkan buku KIA ini sebaik mungkin. Agar anak kita senantiasa sehat sehingga pertumbuhan dan perkembangannya berjalan dengan baik. 


Body Lotion Scarlett Jolly Mampu Atasi Masalah Kulit hingga Buntu Ide Menulis yang Dialami Mom Blogger


Haiiii,


Hampir 6 tahun, aku tidak hanya menjalankan aktivitas sebagai seorang ibu, melainkan juga menekuni sebuah profesi sebagai seorang blogger atau yang lebih dikenal dengan mom blogger.


Selama berkecimpung di dunia blogging ini, ada 2 masalah yang sering aku alami yakni masalah kulit dan writer's Block atau buntu ide menulis. Alhamdulillahnya, nih, 2 masalah ini sudah bisa aku atasi berkat Fragrance Brightening Body Lotion Scarlett Jolly. Ya Scarlett Jolly Mampu Atasi Masalah Kulit hingga Writer's Block yang dialami Mom Blogger seperti aku ini.


Body Lotion Scarlett Jolly untuk Mom Blogger


√ Fragrance Brightening Body Lotion Scarlett Jolly Mampu Atasi Masalah Kulit yang dialami Mom Blogger


Bagiku, profesi blogger adalah yang paling pas untukku. Selain karena ini adalah passion, profesi ini juga memiliki jam kerja yang fleksibel atau bisa aku kerjakan saat aku punya waktu luang. 


Nah, sebagai seorang ibu yang memiliki anak usia 8 tahun dan 2 tahun, rasanya sulit menemukan waktu luang secara mereka masih perlu didampingi. Waktu luangku datang manakala mereka sudah tidur di waktu malam. Koq nggak pas anak-anak lagi tidur siang? Bisa, sih, tapi susah mah. Soalnya aku suka ikutan lelap beberapa menit setelah mereka tidur. Ngantuk, Bosque. Hehe


Saat mereka sudah tidur malam, barulah aku bisa beraksi di dunia blogging. Menulis membutuhkan ketenangan, tanpa gangguan sehingga bisa fokus. Dengan bermodalkan hal-hal ini, tulisan jadi ada rasanya, ada feel-nya. 



alau dipikir-pikir, aku sering sekali begadang. Apalagi kalau sedang banyak job nulis, bisa-bisa hampir sebulan full begadang. 


Aku tahu, begadang bisa berdampak negatif pada kesehatan. Tapi ya mau gimana? Salah satu sumber penghasilanku di sana. Aku cuma bisa meminimalkan dampak negatif dari begadang. Salah satunya meminimalkan dampak negatif begadang bagi kesehatan kulit. 


Ya, menurut Geoff Wright seorang spesialis kulit, mengatakan bahwa waktu yang penting terjadi antara pukul 11 malam hingga 3 pagi di mana pada saat itu kulit beregenerasi dan menyediakan nutrisi. Beliau menambahkan jika kulit tidak bisa beregenerasi dan menyediakan nutrisi maka dapat menyebabkan kulit kusam, kering hingga berjerawat. 


Dulu, aku khawatir dengan kondisi kulitku. Namun sejak aku pakai rangkaian body care Scarlett, tepatnya 3 bulan lalu, rasa khawatir akan kondisi kulitku mendadak pergi. 


Koq bisa?


Ya bisa donk. Karena Scarlett mengandung GLUTATHIONE, VIT E, NIACINAMIDE dan KOJIC ACID. Nah, ketiga bahan yang terkandung dalam body lotion Scarlett Jolly ini dapat mencerahkan, melembabkan, dan menutrisi kulit. 


√ Scarlett Jolly Mampu Atasi Masalah Writer's Block yang dialami Mom Blogger


Meskipun seorang blogger sudah terbiasa dengan aktivitas membuat konten, menemukan ide, hingga membuat sesuatu hal yang unik. Namun adakalanya seorang blogger berada di titik writer's block alias buntu ide menulis. Penyebabnya beragam, mulai dari merasa jenuh hingga tengah diterpa problematika kehidupan. 


Cara blogger mengatasi buntu ide inipun beragam. Ada yang memilih untuk travelling, kulineran, silaturahim, tidur, nonton, baca buku, dan sebagainya. Ada juga yang mengatasi buntu ide menulis ini dengan cara menikmati wewangian. 


Dr. Rachel Herz, seorang ahli saraf mengatakan bahwa aroma memiliki kemampuan untuk mengubah emosi dan suasana hati. Kemampuan ini melebihi dari pengalaman sensorik lainnya. Beliau menambahkan penyebab hal itu bisa terjadi yang tak lain disebabkan adanya koneksi unik di otak, di mana aroma, emosi, ingatan dan asosiasi diproses.




Keren bener ya bagaimana aroma mampu mempengaruhi diri. Aroma bahkan bisa mengubah mood menjadi lebih baik. Kalau mood sudah membaik maka peluang untuk berkreasi hingga menemukan ide-ide menulis pun terbuka lebar. 


Nah, caraku mengatasi buntu ide menulis juga dengan mencium aroma wangi, wangi body lotion Scarlett Jolly. Aku suka sekali dengan wangi si Jolly ini. Kadang sepanjang bikin konten untuk blog, aku suka mencium telapak tanganku atau lenganku yang sudah aku balurkan Scarlett Jolly. 


Enak banget wangi Scarlett Jolly ini. Wanginya seperti wangi Yves Saint Laurent Black Opium Eau De Parfume. 


√ Review Lengkap Body Lotion Scarlet Jolly dari Pengguna Setia Body Care Scarlett




Yup, aku pengguna setia body care Scarlett. Aku pakai body care Scarlett ini sejak tiga atau empat bulan yang lalu. Jadi bisa dibilang cukup lama lah yah. 


Nah, Aku memilih  body care Scarlett setelah dapat rekomendasi dari teman-teman. Mereka bilang kalau Scarlett benar-benar memberikan hasil yang maksimal. Karena banyak review positif, akhirnya tanpa berpikir lama-lama, aku pun memesan body care Scarlett.


Masih lekat diingatan waktu aku pertama kali memakai Body Care Scarlett. Rasa antusias menguasai. Penasaran kayak gimana sih produk Scarlett yang mendapatkan banyak review positif ini. 


Saking penasarannya, aku cepat-cepat membuka paket yang berisi body care Scarlett. Aku suka dengan cara tim Scarlett mengemas paket pesanan berisi Scarlett ini. Setiap produk dibungkus sendiri-sendiri. Kemudian dimasukkan ke dalam box reusable. Terakhir, dibungkus lagi dengan bubble wrap. Dengan pengemasan yang extra begini, jadi pasti aman sampai di tempat tujuan. Btw aku tinggal di Bali, nih, dan pesanan Scarlettku sampai dengan selamat tanpa ada yang tumpah sedikitpun. 


Aku sudah mencoba rangkaian body care Scarlett, mulai dari Body Scrub, Shower Scrub dan terakhir Body lotion. Untuk review lengkap dan detail dari body care Scarlett, kamu boleh klik link ini yak. 

Baca: Review rangkaian body care Scarlett


Nah, kali ini giliran body lotion Scarlett varian baru yang aku review. Scarlett Jolly, namanya. 


Waktu pertama kali aku melihat body lotion Scarlett varian Jolly ini, mata langsung tertuju pada warna body lotion Scarlett ini. Cantik banget warnanya. Warna pastel, gitu. Kebetulan aku suka dengan warna-warna pastel yang terkesan kalem, lembut, tenang, manis, cantik, cantik kayak aku, cantik kayak kamu juga. 




Dan ya, sama seperti produk Scarlett lainnya, Body Lotion Scarlett Jolly ini juga sudah terdaftar di BPOM, sudah lulus uji klinis. Jadi insyaAllah aman digunakan. 


Kandungan Scarlett Jolly terdiri dari  GLUTATHIONE, VIT E, NIACINAMIDE dan KOJIC ACID yang dapat mencerahkan, melembabkan, dan menutrisi kulit. 




Untuk tekstur body lotion Scarlett Jolly ini, terasa lembut dan juga cepat meresap di kulit. 


Tekstur body lotion Scarlett jolly


Jadi dalam hitungan detik, kulit sudah terasa lembut dan lembab juga terlihat lebih bersih nan cerah. Di bawah ini aku cantumkan foto before after-nya yak.  


Hasil pemakaian body lotion Scarlett Jolly



Kemudian aku juga suka dengan aroma wangi Scarlett Jolly ini. Wanginya lembut dan kalem. Selain itu juga, wangi Scarlett Jolly ini tahan lama. Dari pagi sampai sore pun masih tercium wanginya. Meskipun sudah terkena air wudhu atau cuci tangan atau cuci kaki tapi masih saja wangi. Pakai body lotion Scarlett Jolly ini, bikin aku nggak perlu pakai parfum lagi. Nggak ada lagi bau kecut-kecut hotahay atau bau dapur bawang brambang cabe. Hehe.


Selain karena kualitas produk Scarlett yang oke punya dan cocok banget buat aku, ada hal lain lagi yang membuatku suka memakai produk dari Scarlett. 


Pertama, Produk Scarlett ini adalah karya anak bangsa. Tentu hal ini membuat bangga donk. Tak lupa juga, karya anak bangsa ini juga harus didukung dengan cara memakai produk karya anak bangsa. 


Kedua, Scarlett menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan. Hal ini dapat dilihat dari tanda label Green Dot di botol kemasan produk scarlett yang berarti Scarlett berkontribusi pada aktivitas daur ulang. 


Label Green Dot di botol Scarlett Jolly


Ketiga, harga produk Scarlett ini cocok di kantong aku. Harganya cuma Rp. 75.000. Kalau beli paket malah lebih murah. 1 paket berisi 5 produk Scarlett dibandrol dengan harga Rp. 300.000. Jadi harga 1 produk cuma Rp. 50.000. Hemat banget, bukan? Yup. 


Nah, kalau kamu juga ingin memiliki kulit yang tidak kusam, cerah, dan bersih, aku sarankan kamu pakai rangkaian body care Scarlett ini. Di pemakaian yang pertama pun sudah terlihat hasilnya seperti apa. 


Nih, aku infokan ke kamu tempat untuk memesan body care Scarlett yak. Kamu bisa pesan produk Scarlett melalui whatsapp (0877-0035-3000), line (@scarlett_whitening), atau dm instgram @scarlett_whitening. Kalau aku pesan melalui WhatsApp. 


Jadi seperti itulah dampak positif yang aku rasakan saat memakai body lotion Scarlett Jolly ini. Selain mampu menjaga kondisi kulitku, Scarlett Jolly juga memberi pengaruh positif pada dunia blogging yang aku tekuni. Wangi Body Lotion Scarlett Jolly harum nan mewangi. Kalau 2 hal ini sudah terpenuhi, insyaAllah makin lancar aktivitasku di dunia blogging. 




Kamu, jangan lupa pakai Fragrance Brightening Body Lotion Scarlett Jolly, yak. InsyaAllah juga akan memberi manfaat yang sama, apapun aktivitas yang kamu lakukan. Oke? Okelaahhh. 


Akhir kata, sampai jumpa lagi, kamu, ya kamu. 

***


Referensi

www.suara.com

www.kompas.com



Hoax Mempengaruhi Kesehatan Mental?, Begini Langkah-langkah Mengidentifikasi Hoax

 

"Jangan vaksin covid-19, nanti malah sakit"

"Cupu ah, covid-19 itu nggak ada, itu konspirasi"


Nyenyenye...


Kesal, nggak sih, dengan pernyataan di atas?


Mbok ya kalau punya pemikiran anti mainstream begitu ya jangan disebarkan, jangan nyari teman apalagi memprovokasi, jangan. Bukan, bukannya melarang berpendapat, atau bukan melarang memiliki pemikiran sendiri. Nggak apa-apa punya pendapat sendiri, nggak apa-apa punya pemikiran sendiri. Akan tetapi, please, simpan saja sendiri. Terlebih kalau pemikiran yang dimiliki tidak didukung bukti valid, beuughhhh, jangan dishare yak, karena kalau sampai dishare itu sama saja dengan menyebar HOAX. 




Nggak mau kan jadi penyebar Hoax? Nggak mau kan kena UU ITE pasal 28 tentang penyebar berita bohong yang menyesatkan? Nggak mau juga kan jadi seseorang yang memberi dampak negatif pada masyarakat yang salah satu dampaknya berupa dapat mengganggu kesehatan mental seseorang? 


Hoax Mempengaruhi Kesehatan Mental


Ya, Hoax bisa berdampak pada kesehatan mental. Sebagaimana pendapat Vasilis K. Pozios, MD, seorang psikiater forensik, mengatakan bahwa hoax dapat menimbulkan perasaan marah bahkan depresi. 


Yup, tidak bisa dipungkiri bahwa sedikit banyak hoax memberi dampak negatif pada kondisi jiwa. Ketua Masyarakat Indonesia Anti Hoax (MIAH), Septiaji Eko Nugroho, mengatakan bahwa Hoax sudah menyebar dan menimbulkan keresahan di masyarakat. Bahkan tidak hanya resah, melainkan juga merasa panik. Seperti kepanikan masyarakat yang terjadi beberapa waktu lalu dimana masyarakat berbondong-bondong membeli susu merk tertentu setelah hoax soal susu tersebut dapat menyembuhkan covid-19 beredar luas. 


Saya sendiri merasakan dampak negatif dari Hoax. Saya jadi mudah marah, kesal, jengkel saat tidak sengaja baca informasi yang tidak jelas sumbernya (hoax) muncul di time line media sosial saya atau grup chat yang saya ikuti. Sungguh-sungguh kesal.


Tapi, kalau dipikir-pikir, rasanya, tidak ada untungnya, tidak ada manfaatnya bagi diri sendiri karena merasa kesal dengan hoax atau bahkan penyebar hoax, bukan? Malah bisa jadi mengganggu kesehatan mental. Oleh sebab itu, demi menjaga kesehatan mental terutama di masa pandemi covid-19 begini, saya memutuskan untuk mengikuti apa yang disarankan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) yang mengatakan bahwa membatasi perolehan informasi secara berlebihan dari berita-berita yang belum diketahui kebenarannya dapat membantu menjaga kesehatan jiwa di tengah pandemi COVID-19. Di samping itu saya juga memutuskan untuk lebih selektif memilih artikel yang mau saya baca dengan menerapkan langkah-langkah mengidentifikasi Hoax versi Mafindo. 


Langkah-langkah Mengidentifikasi Hoax 


1.  Selektif memilih mulai dari judul berita yang cenderung provokatif.


Salah satu contoh judul yang cenderung provokatif yakni menudingkan jari ke pihak tertentu. Biasanya, kalau ketemu judul berita atau informasi seperti ini dan saya tetap ingin membaca bacaan tersebut, yang saya lakukan yakni mencari informasi lain dengan menggunakan kata kunci yang ada pada judul tersebut. Jika hasil pencarian saya merujuk pada situs-situs yang jelas kredibilitasnya, salah satunya Liputan 6, baru kemudian saya membaca informasi tersebut. Hanya sekadar membaca, hanya sekadar tahu, namun tidak untuk menjadi kesimpulan, apalagi pemikiran. 


2. Memperhatikan alamat situs web.


Beberapa waktu lalu, Kominfo merilis situs-situs yang jelas kredibilitasnya, salah satunya yakni Liputan 6 Sejak saat itu, saya lebih memilih membaca informasi dari situs-situs tersebut. Di luar situs tersebut, saya lebih sering memilih untuk skip skip skip. 


3. Membedakan antara fakta dan opini.


Menurut KBBI, fakta adalah hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan; sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi. 

Sedangkan opini, menurut KBBI, adalah pendapat, pikiran, pendirian. Makna opini menunjukkan kecenderungan bersifat subyektif. 


Berdasarkan dua makna tersebut, saya lebih memilih membaca berita yang didalamnya berisi seputar fakta. Kalaupun berita tersebut berisi opini seseorang, paling tidak dilengkapi dengan fakta misalnya beberapa studi, kumpulan data, dan sebagainya. 


4. Cek keaslian foto


Foto adalah salah satu bagian penting dalam sebuah berita atau informasi. Foto seringkali digunakan untuk menguatkan berita. Oleh sebab itu, tak jarang pula ditemukan penyalahgunaan foto. Seharusnya foto A digunakan untuk bahasan soal A, namun ternyata digunakan untuk bahasan soal B. 


Adapun cara untuk mengidentifikasi keaslian foto, menurut Mafindo, adalah dengan dengan memanfaatkan mesin pencari Google, yakni dengan melakukan drag-and-drop ke kolom pencarian Google Images. Hasil pencarian akan menyajikan gambar-gambar serupa yang terdapat di internet sehingga bisa dibandingkan.


5. Ikut serta grup diskusi anti-hoax


Mafindo menyebutkan beberapa grup diskusi anti-hoax yang bisa diikuti yakni Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax (FAFHH), Fanpage & Group Indonesian Hoax Buster, Fanpage Indonesian Hoaxes, dan Grup Sekoci.


Alhamdulillah dengan menerapkan langkah-langkah mengidentifikasi Hoax versi Mafindo di atas, sejauh ini, saya bisa melindungi diri sendiri dari terkena paparan Hoax. Bahkan terkadang saya hanya menggunakan 2-3 langkah saja. 2 langkah, nggak sreg baca, auto skip. Gitu sajalah. Dan alhamdulillahnya lagi, saya merasa jauh lebih tenang, nggak baper, kesal apalagi sampai marah-marah. Alhamdulillah. 


Dah, terlepas dari soal hoax-hoax itu, serta kesehatan mental, saya masih senantiasa menaruh harap, tak henti memanjatkan do'a semoga pandemi covid-19 ini segera sirna, terutama dari Indonesia ini. Kalaupun masih ada, semoga langkah kita, usaha kita, perjuangan kita, untuk bertahan di masa pandemi covid-19 ini dimudahkan oleh Allah Swt. Aamiin aamiin ya robbal'alamiin


Sehat sehat sehat ya, kamu, kamu, juga kamu, teman teman saya tercinta. 

***


Sumber:


https://covid19.go.id/p/berita/psikiater-batasi-informasi-berita-berlebihan-untuk-jaga-kesehatan-jiwa-selama-pandemi-covid-19


https://kominfo.go.id/content/detail/9058/penyebaran-informasi-hoax-menimbulkan-keresahan-di-masyarakat/0/sorotan_media


https://kominfo.go.id/content/detail/8949/ini-cara-mengatasi-berita-hoax-di-dunia-maya/0/sorotan_media


https://kbbi.web.id/fakta

https://kbbi.web.id/opini

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Resolusi 2024

 Assalamualaikum, dear Mombeb. Apa kabar? Aku berdoa semoga kamu selalu dalam kondisi sehat dan bahagia. Aamiin 2023 sudah berlalu. 2024 bar...