Showing posts with label KEB. Show all posts
Showing posts with label KEB. Show all posts

Hal Lucu Waktu Pertama Kali Aku Ngeblog

Pertama kali aku ngeblog itu sekitar pertengahan tahun 2014. Berarti sudah 2 tahunan lebih. Lumayan juga yak. Tapi koq masih disini ajaaahhhh. 
Ah jgn gitu ah. 
Jadi maluk. 
*Tutup muka pakek daun maple eun tak.


Kalau ingat masa-masa itu, rasanya aku kudu ngguyu. Lucu aja.  Koq bisa-bisanya aku ngelakuin hal itu. Koq ya aku nggak tanya dulu sama mbah google. Buka-buka tutorial ngeblog gitu. Trus dipraktekkin. Kan endes jadinya.
Hahaha
Iyak.
Seharusnya gitu.


Yaaaa, duluuuuu, 938 tahun yang lalu *halah, aku pikir ngeblog itu sama seperti facebook-an. Eee ternyata nggak. Di blog banyak tool-nya. Wkwkkwkwkwk.

Nah trus hal lucu apa aja nih yang aku lakuin waktu awal ngeblog ? Nggak banyak koq. Nggak. Lebih dari tiga doank koq. Hahaha. Itu mah banyak mak. Ahay.

1. Isinya cuma tulisan aja
Iya, dulu tuh, minim banget sama yang namanya foto. Apalagi video. terlebih lagi infografis. Nggak ada. Isinya tulisan doank. Bahkan ada tulisan yang panjang banget, sepanjang tembok besar cina, nggak ada fotonya blas. Parah kan ? Mabok mabok dah yang baca. Wkwkwkwkwk.

blogpost sepanjang2 alam,
tanpa gak ada gambar.

Tapi waktu itu, blogku belum ada pengunjungnya. Jadi tidak ada korban. Buahahaha.

Aku mulai sadar pentingnya memakai foto dalam tulisan itu waktu ada yang komen begini di blog aku "Mbak, gambarnya mana ? Biar bisa diikutin langkahnya".

Komen begitu ada dipostingan tentang tutorial bikin tas hobo. Dongdong banget kan. Yang namanya tutorial ya kudu ada gambar petunjuknya. Nggak pakek kata-kata doank mak. Emangnya pengunjungnya goblin yang bisa paham dengan maksud dikau mak.
Iyak
Hahaha


2. Pasang foto dengan cara copy paste
Ini juga nggak kalah lucu. Aku pikir, blog itu seperti word gitu. Kalau nyisipin foto tinggal copy paste aja. Dan ladalah, begitu aku praktekin itu, jelas saja si gambar nggak bakal

muncul dipostingan. wkwkwkwk.
Duuuhh..paraaahhh.

3. Butuh waktu seharian buat pasang video, banner yang berkode.
Entah kenapa ya. Kalau lihat kode-kode gitu, rasanya langsung maktuing-tuing. Wkwkwkwk. Cuma berhubung syarat ikut lomba jadi ya mau nggak mau kudu dipasang kan yes.


Nah, dulu, kalau pasang video atau banner yang berkode bisa hampir seharian. Karena mahamin tutorialnya dulu. Baru dipraktekin.

4. Banyakin naruh link dalam satu postingan lomba. Biar juri kesengsem.
Aku dulu sempet berpikiran kayak gitu. Pokoknya kalau ada syarat masukin link, pasti aku taruh banyak-banyak. Hampir di semua anchor text. Satu postingan bisa sampek 10 lebih.
Noh.
Bahagia bahagia deh yang bikin lomba. 
Wkwkwkwk


Tapi alhamdulillah, pemahamanku yang sesat ini dihentikan oleh mbak Lusi Tris. Tengkiu mbak lus.
Iyup, berkat komentar mbk Lusi yang isinya begini :"Jangan banyak-banyak link-nya mak, satu sampai dua aja cukup".

Jadi itulah beberapa hal lucu yang terjadi waktu awal ngeblog. Tapi alhamdulillah, sekarang udah nggak gitu lagi. Kalau masih tetap begitu mah namanya..... 
Sungguh Terlalu. 
Ahay.


Oya, tulisan ini dalam rangka menanggapi tulisan dari Mak Hani. Kalau mau baca tulisan Mak Hani, langsung klik ini.

Ya udin segitu dulu ya teman-teman. Sampai ketemu dipostingan yang lain. Cao.

Begini Rasanya Punya Keluarga yang Bisa Lihat 'Begituan'

Entah sudah berapa kali adik iparku ini mengatakan bahwa ia melihat makhluk gaib di kamar mandi rumahku. Katanya lagi, kadang makhluk gaib tersebut hanya menampakkan bagian kepalanya saja. Sontak saja cerita adik iparku itu berhasil membuatku merinding setiap kali pergi ke kamar mandi di malam hari. Bahkan saking parnonya, aku sampek pernah minta antar suami.

Lain waktu ia juga pernah bercerita soal makhluk gaib yang muncul saat ia tengah mepersiapkan jenazah agar bisa segera dibawa pulang keluarga. Kata adik iparku Makhluk gaib tersebut sangat mirip dengan jenazah. Dan makhluk gaib tersebut hanya berdiri di kaki jenazah sambil menatap lurus ke arah jenazah.

Pernah juga nih. Saat aku, si kecil dan adik iparku tengah berjalan melewati sebuah rumah kosong yang berada tak jauh dari rumah. Tiba-tiba adik iparku langsung menggendong si kecil seraya berkata kepadaku :"Jangan di sini mbak !".

Aku pun mengikuti perkataannya. Setelah tiba di rumah ia baru mengatakan apa yang sebenarnya terjadi. Bahwa di rumah kosong tersebut ada sesosok makhluk gaib yang menatap ku dan si kecil dengan sorot mata yang menyeramkan.
"Jangan lewat situ malam-malam mbak, 'itunya' nggak baik" katanya. Dan aku pun segera menganggukkan kepala. Merinding.

Awalnya aku tak begitu percaya dengan kelebihan yang dimiliki adik iparku itu. Aku pikir mungkin dia hanya berhalusinasi saja. Akan tetapi, mertua dan suami ternyata  membenarkan hal tersebut. Tapi tetap saja, aku masih susah mempercayainya. Karena menurutku, manusia dan makhluk gaib hidup dalam dunia masing-masing.

sumber gambar : media4.giphy.com

Hingga suatu hari, adik iparku yang masih berstatus sebagai mahasiswi D3 keperawatan  ini menceritakan kejadian yang ia alami saat melakukan praktek di sebuah rumah sakit. Kata dia, ia tengah diikuti oleh sesosok gadisberambut pendek dan bergaun putih. Bahkan gadis tersebut pun pernah berusaha masuk ke dalam tubuhnya. Namun gagal. Tapi gadis itu berhasil masuk lewat mimpi.

Di dalam mimpi, adik iparku seakan dipertontonkan kejadian yang dialami si gadis. Bahwa ia meninggal dengan cara yang amat sangat mengenaskan. Jenazahnya sendiri ditemukan   dalam sebuah koper.

Setelah dipertontonkan kejadian yang dialaminya, si gadis malah semakin tak ingin jauh dari adik iparku.  Kemanapun adik iparku pergi, ia selalu ikut. Bahkan gadis itu pun ikut pulang ke rumah. Dan adik iparku pun hanya bisa pasrah.

Tiba di rumah. Adik iparku pun memberikan kode kepadaku untuk tidak mendekatinya. Sementara mertuaku segera memanggil Pak Sul, orang yang paham dengan hal gaib seperti itu.

Tak lama kemudian, Pak Sul datang. Ia lalu mengambil posisi duduk di dekat adik iparku. Dan aku serta mertuaku duduk tak jauh dari mereka.
Seraya mengambil segelas air putih Pak Sul bertanya kepada adik iparku : "Yang rambut pendek baju putih tadi kan ?".
Dan dijawab dengan anggukan kepala oleh adik iparku.
"Sudah, sudah pulang, nanti jangan lupa do'ain dia ya" kata Pak Sul. Kemudian memberikan air minum dan secarik kertas kepada adik iparku.

Sejak kejadian itu aku pun percaya akan kelebihan yang dimiliki adik iparku itu. Dan setelah kejadian itu juga aku berpesan kepadanya untuk tidak menceritakan kepadaku mengenai makhluk-makhluk gaib yang ia temui terutama yang ia temui di rumah. Tidak. Jangan lagi. Takut.
***
Kisah nyata ini dibuat untuk menanggapi tulisan dari Mak Rani (Keb-collab ~ Kel. Mak Tanti) yang berjudul Bila memiliki anak dengan kemampuan supranatural.

KEB BERKARYA : Ibarat Pelangi, Berbeda Namun Tetap Indah Mempesona

Dulu, sebelum bersatu (menjadi power rangers) atau bergabung di KEB, aku pikir KEB itu adalah kumpulan ibu-ibu rumah tangga yang suka ngeblog. Jadi sebab merasa sama dalam hal kesukaan maupun profesi, aku pun memutuskan untuk bergabung ke KEB. Mendaftar, lalu memenuhi syarat ketentuan yang berlaku di KEB trus diapprove deh sama mama maira atau makte Sary Melati.

Lambat laun *aseg, akhirnya aku tau bahwa KEB bukan hanya kumpulan ibu-ibu rumah tangga yang suka ngeblog saja. Melainkan KEB adalah sebuah wadah yang di dalamnya berisi rupa rupa perasaan, pikiran, kesukaan, kebiasaan, kegundahan, kegalauan para wanita. Mau cari yang model gimana ?. Pasti ada di KEB. Mau cari yang suka mbahas soal kecantikan ?. Ada. Cari yang suka travelling ? juga ada. Atau cari yang seperti Dian sastro juga ada ?. *Nunjuk diri sendiri  *lalu ditoyor rame-rame. Hehe.

Biasanya, sebuah komunitas itu terdiri dari orang-orang yang memiliki kesukaan yang sama. Dengan begitu komunitas pun akan berusia cukup lama. Sebab adem ayem tentrem. Karena merasa sudah satu hobi. Satu kesukaan. Maupun satu pikiran. Selain itu juga yang dibahas di komunitas tersebut tak pernah jauh banget dari apa yang sama sama disukai. Jadi aman. Aman dari yang namanya kres-kres pecah kongsi.

Lain halnya dengan KEB. KEB memang terdiri dari para wanita yang memiliki kesukaan yang sama yakni ngeblog, akan tetapi di KEB tidak melulu membahas soal ngeblog. Semua anggotanya bebas mau share apapun asalkan tidak mengandung si sara dan berbau forno. Mau share tulisan soal parenting, monggo. Share curahan hati juga silahkan. Share menu masakan plus masakannya sekalian juga boleh banget *hahayyyy. Apalagi share soal ilmu ngeblog hingga dapetin duit dari ngeblog, beuughhh, pasti bakal diserbu. Boleh dishare, boleh dikomentarin dan boleh ngajukan pertanyaan juga kepada si empunya tulisan. Beneran. Anggota KEB pada royal koq sama ilmu. Nggak pelit informasi. Mau tanya apa pasti dijawab tentu saja sesuai dengan pengalaman masing-masing.

Share yang beraneka ragam tersebut tentu saja ada yang menimbulkan pro dan kontra. Seperti misalnya share soal ibu bekerja atau ibu rumah tangga. Kalau di luar, bahasan tersebut masih cukup mampu memicu mom war. Tapi kalau di KEB nggak. Dua wanita yang mbahassoal itu (satunya soal ibu bekerja dan satunya lagi soal ibu rumah tangga) malah saling berpelukan ala teletubbies gitu. Atau jangan-jangan mereka berdua itu, si emak annisa steviani dan emak istiana sutanti, memang jelmaan teletubbies kali yak ?. Mari kita tanyakan langsung ke mereka berdua. Hehe.

Pro dan kontra itu pasti selalu ada. Dimanapun pasti kita ketemu sama yang namanya perbedaan. Tapi ya tergantung masing-masing menyikapinya gimana. Kalau aku sendiri nih, misalnya ketemu sama tulisan salah satu atau salah dua anggota KEB yang nggak sreg di hati, biasanya aku memilih untuk jadi silent reader aja. Kadang juga ketidak-sreg-anku itu aku tuangkan juga di blog. Kalau sudah begitu, ya harus siap-siap aja mendapat komentar yang unik. Resiko lah yah. Trus selanjutnya apa ?. Ya udah. Nggak perlu di simpan di hati donk ah. Apalagi berbalas nyinyir. Lanjutin ngeblog aja. Lanjutin berkarya. Kalau semangat ngeblog hilang, lalu keluar dari suatu komunitas blogger gara-gara ada yang kontra sama kita, beuugghh, dijamin bakal rugi. Bisa hilang kesempatan dapet ilmu ini itu secara gratis. Bisa hilang juga ladang amal jariyah dengan berbagi ilmu bermanfaat kepada kawan-kawan blogger dan yang lainnya. Dan bisa hilang juga peluang untuk menghasilkan pundi-pundi dari dunia blogging ini.

Ah rasanya, kawan-kawan blogger, terutama para emak blogger, sudah paham betul akan hal itu. Makanya KEB tetep adem ayem tentrem dan langgeng sampai saat ini, di usianya yang sudah menginjak 4 tahun ini. Pro dan kontra pun sudah jadi hal yang biasa. Sama sekali nggak membuat para emak blogger berhenti berkarya. Menelurkan tulisan yang oke punya. Menabur manfaat serta dapat menuai hasil yang begitu manis rasanya (baca : punya banyak teman atau kantong jadi tebal, hihihi) amin.

Di ultah KEB kali ini, aku ingin melakukan dua hal. Yang pertama adalah ingin mengucapkan terima kasih kepada para founder KEB yang sudah berpeluh-peluh membentuk komunitas se-kece ini. Terima kasih juga buat para makmin yang sudah siap sedia menghandle emak-emak rempong seperti eikeh ini. Dan terima kasih juga buat kawan-kawan emak blogger yang senantiasa menyulut semangatku untuk terus ngeblog makin membara *tsah.

Harapan plus doa aku untuk KEB adalah semoga KEB makin mengudara *tsah. Terus menebarkan energi positif kepada para wanita di seluruh penjuru negeri ini bahkan hingga ke luar negeri. Serta terus menjadi inspirasi. Khususnya inspirasi untuk negeri ini. Bahwa, meskipun dalam perbedaan, tapi tetap berkarya untuk perubahan. Ibarat pelangi yang memiliki warna berbeda-beda, mejikihibiniu. Berbeda tapi tetap mampu menyajikan pemandangan yang indah dan mempesona. 


Cinderella Lost in K3B

Cinderella tengah dilanda galau maksimum karena teringat dengan masa itu. Saat pangeran membatalkan pernikahan mereka. Bukan karena ada orang ketiga, juga bukan karena politik semata. Melainkan karena sepatu kaca. Ya sepatu kaca.

Waktu itu, detik detik menuju janji suci mereka, saat cinderella akan memakai sepatu kacanya, secara tiba tiba sepatu kaca itu tak dapat masuk di kaki cinderella. Bukan karena sulap, bukan pula sihir. Sebab cantengan. Jempol cinderella bengkak besar. Memerah. Cantengan.

Sejak saat itu, cinderella dirundung duka. Kakak tiri juga ibu tirinya selama bertahun tahun terus saja menertawainya. Merendahkannya. Namun apa mau dikata. Ia tetap saja di rumah. Tentu saja, karena itu kenangan satu satunya dari ayahnya.

Semakin hari, cinderella tak memiliki alasan kuat utk mendorong dirinya pergi dari semua ini. Karena ia tengah mendapat amanah luar biasa. Dua bayi. Sekaligus. Bayi bayi tersebut adalah anak dari kedua kakak tirinya. Sementara kakak tiri beserta suami suaminya juga ibu tiri, menghilang entah kemana.

Hhhhhhhh.
Cinderella menghela nafas. Apa mau dikata. Hidup harus terus berlanjut.
Ia pun teringat harus mengambil air di sumur untuk memandikan
Bayi bayi lucu itu.
Saat cinderalla hendak menimba air. Datanglah seorang nenek. Nenek tersebut berjalan mendekati cinderella lalu memberikan jaring penangkap mimpi indah. Lalu si nenek pergi. Cinderella memperhatikan pemberian nenek tersebut. Tersadar. Ternyata ia belum mengucapkan terima kasih kepada si nenek. Cinderella mencari cari si nenek. Tak ketemu. Tentu saja karena si nenek sudah naek ojek. Ojek kereta kuda.

Malam pun tiba. Bintang bertebaran. Mengerling jenaka. Seakan menggoda cinderalla yang tengah memandangi mereka. Tak lama cinderella memutuskan untuk tidur di samping bayi bayi mungilnya. Penangkap mimpi pun telah ia pasang di jendela kamarnya.
Daaannnnn..

"Selamat datang di KEB, yayyyyyy" seru orang orang yang berdiri di hadapan cinderella. Mereka tersenyum lebar menyambut cinderella.

"Keb ? Apa itu keb ?" tanya cinderella. Ia sungguh tak tahu.

" Apakah nenek itu belum menjelaskannya padamu ? " tanya seseorang diantara mereka. Cinderella sempat membaca label nama yg tertera di dada sebelah kirinya. Bertuliskan Emak Mira Sahid.

"Baiklah, kami akan mengenalkan KEB padamu, kau sudah siap?". Cinderella mengangguk.

"Keb merupakan kepanjangan dari kumpulan emak blogger adalah sebuah rumah untuk menjalin persahabatan dan memfasilitasi semua perempuan yang suka nulis, ngeblog atau sekedar curhat online di socmed, untuk saling memberikan inspirasi, berbagi karya, dan ide ide positif, sehingga bisa menjadikan tulisannya sebuah karya yang bermanfaat. Kau paham sampai di sini?"jelas Mak Mira.

"Lalu apa hubungannya keb dengan ku ?. Kenapa aku bisa diterima di sini?. Aku bukan siapa siapa. Aku hanya seorang cinderella" ujar cinderella.

"Kata nenek yg merekomendasikanmu kepada kami kau memiliki talenta, kau tak hanya pandai beberes rumah, kau pandai bernyanyi, menari, berdansa, dan satu lagi kau baik hati. Nenek itu yakin kau akan menjadi luar biasa bergabung bersama kami. Karena kami paket lengkap. Apapun ada disini. Kau ingin pandai memasak, di sini ada ahlinya. Kau ingin belajar fashion, di sini juga ada.  Kau ingin belajar parenting, ada.  Pengetahuan umum, ada. Kau ingin tau tempat-tempat indah, di sini juga ada. Ilmu kesehatan, ada. Soal bisnis, teknologi, crafting, bahkan ilmu gaul pun, bisa kau dapatkan di sini. Dan gratis. Selain itu, dari sini kau bisa dapat duit. "

"Benarkah itu?"

Mira Sahid mengangguk. Disusul dengan Emak Sary Melati, Emak Indah Julianti Sibarani, Emak Sumarti Saelan, Emak Lusi Tris, Emak Vema Syafei, Emak Irma Susanti.

Mendengar kata duit, gairah cinderalla semakin bangkit. Ia merasa, masa depannya bersama dengan dua bayinya akan indah luar biasa. Ia yakin. Ia akan sukses.
Sebelum berpisah tak lupa, mak Pungky selaku Srikandi Blogger 2014 memberikan hadiah spesial kepada cinderella dalam rangka ultah keb yg ke -3, yakni sebuah smartphone tercanggih di dunia.

Salam perpisahan dimulai. Para emak bersorak. Hebat. Saking dahsyatnya sampek muncrat membasahi wajah cinderella. Tos tos tos.

"Eh tapi koq bau yaaa " batin cinderella. Ia sudah tak fokus dengan perpisahan. Ia konsentrasi dengan sumber bau.

"Kayaknya kenal deh,"
Cinderella mengerjap ngerjapkan matanya. Ternyata ia sudah di kamarnya. Nampak air menetes dari atas kasur si kecil. Air pipis. Bunyinya tes tes tes.
"Hhhh ngompol lagi dia".

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Resolusi 2024

 Assalamualaikum, dear Mombeb. Apa kabar? Aku berdoa semoga kamu selalu dalam kondisi sehat dan bahagia. Aamiin 2023 sudah berlalu. 2024 bar...