Showing posts with label Buku. Show all posts
Showing posts with label Buku. Show all posts

Membangun Rumah Literasi yang Kokoh dengan Produk Semen Ini!


Mombeb, sebelum pindah ke Bali, aku dan suami sudah punya rencana untuk berbagi ilmu dan pengalaman yang sudah kami dapatkan selama tinggal di Jawa.  Tujuan kami tidak muluk-muluk yakni untuk melanjutkan kebiasaan yang sudah kami jalani selama di Jawa. Ya, selama di Jawa. Alhamdulilah kami bisa turut serta menjadi relawan sebuah lembaga sosial cabang Jombang yang berpusat di Malang. Aku bisa ikut ini karena diajak suami, sih. Dan Alhamdulillah langsung jatuh hati. Karena rasanya menyenangkan sekali bisa turut serta membantu orang lain. Asli, jadi relawan bikin ketagihan.

Nah, kami pun sudah merencanakan sebuah wadah yang nantinya akan kami jadikan sebagai tempat kami mewujudkan itu. Lalu dari sekian banyak pilihan, kami sepakat memilih membangun sebuah rumah literasi yang kokoh.  

Mengapa literasi?

Melansir dari laman perpustakaan.setneg.go.id, kata Literasi itu sendiri memiliki makna yakni seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Nah definisi ini sejalan dengan niat kami yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman yang kami dapatkan selama kurang lebih 10 tahun hidup di Jawa Timur. Seperti berbagi ilmu parenting, bloging, kreator konten, public speaking, kepemimpinan, wirausaha, dan sebagainya. 

Lalu, setahun belakangan, hari-hari kami pun membahas soal mewujudkan mimpi. Dan tahu nggak Mombeb, pas ngobrolin soal ini, rasanya bahagia sekali. Nggak nyangka, baru ngobrol soal rencana saja, sudah memberi energi positif kepada kami berdua. Oleh sebab itu kami pun bersegera mewujudkan mimpi kami membangun rumah literasi.

Nah karena kami ingin pengembangan literasi ini bisa berkembang luas dan bersifat langgeng maka kami pun memutuskan untuk membangun sebuah rumah literasi.  Kenapa sih koq sampai membangun sebuah rumah untuk kegiatan literasi? Kan di teras rumah juga bisa?



Yup, di teras rumah saja kita sudah bisa membuat rumah literasi. Dan kalau mau bikin seperti ini pun boleh, boleh banget. Ini hanya kehendak aku dan suami yang ingin membangun sebuah rumah untuk aktivitas yang berkaitan dengan literasi. Usaha ini adalah sebagai salah satu ikhtiar melanggengkan gerakan literasi dengan membangun rumah literasi itu sendiri. 

Ada hal yang melatarbelakangi kehendak kami itu. Ya, kami terinspirasi dari rumah literasi yang ada di Denpasar, kami pun ingin membangun rumah literasi yang kokoh serta dapat menghadirkan rasa nyaman dan senang bagi pengunjung. Syukur-syukur kalau pengunjung bisa berkali-kali datang ke sini.


Lalu akhirnya tiba saatnya membangun rumah untuk ikhtiar mengembangkan literasi. Nah, demi mewujudkan rumah literasi yang kokoh, suami pun mengawasi penuh proses membangun rumah literasi.

Mombeb, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bangunan menjadi kokoh. Salah satunya mengenai kualitas semen. Di Indonesia,  ada 3 semen yang sudah diakui kualitasnya dan amat sering digunakan sebagai bahan bangunan. Semen-semen berkualitas tersebut seperti Semen SCG PCC 50 kg, Semen Tiga Roda PCC 50 kg, dan Semen Gresik PCC 50 kg. Untuk Semen SCG PCC 50 kg ini memiliki inovasi formula terbaru yang banyak memberikan kemudahan salah satunya yakni mempersingkat waktu pengerjaan. Kemudian untuk Semen PCC ini mempunyai panas hidrasi yang lebih rendah selama proses pendinginan dibandingkan dengan semen portland jenis I. Hal ini membuat pengerjaannya menjadi lebih mudah serta dapat menghasilkan permukaan beton atau plester yang lebih rapat dan lebih halus. Sementara itu, untuk Semen Gresik sendiri juga memiliki kualitas yang andal. Ini dibuktikan dari penggunaan semen Gresik dalam pembangunan berbagai landmark hingga struktur yang monumental.

Nah dari 3 semen berkualitas tersebut, pilihan kami jatuh pada Semen SCG. Karena setelah kami telusuri dan mencari referensi, semen SCG ini punya banyak keunggulan

Lalu apa sajakah keunggulannya? Aku coba jelaskan di paragraf berikut ini yak.

semen kokoh

Nah yang aku suka dari semen SCG ini yakni aku ngerasa lebih hemat biaya pembangunan, sih. La gimana nggak ngerasa hemat biaya pembangunan secara nih dari segi harga saja semen SCG ini lebih terjangkau dari semen-semen yang pernah aku pakai sebelumnya. Alasan kedua yang bikin aku  merasa lebih hemat biaya yakni jumlah semen yang aku gunakan tidak sebanyak hasil perhitungan bapak tukang bangunan jika menggunakan semen selain SCG. Kenapa bisa begini? Karena SCG ini dibuat menggunakan formula yang berkualitas seperti semen Portland, pasir silika, material pengisi, material split dan zat aditif yang semuanya berkualitas tinggi. Dengan formula yang berkualitas membuat penggunaan semen SCG pun jadi lebih hemat. Selain itu juga , dengan formula yang berkualitas ini, semen SCG lebih ramah terhadap lingkungan dan sebagainya.

perekat bata ringan terbaik

Oya, semen SCG ini punya varian lain loh yakni Semen Mortar. Lebih spesifik, namanya SCG Mortar. Yakni semen instan untuk pekerjaan pemasangan dinding bata ringan yang praktis dan mudah digunakan. Jadi SCG Mortar ini semacam lem gitu. Tapi lem khusus untuk merekatkan bata ringan. Ah jadi pengen juga pakai SCG Mortar ini di rencana aku dan suami selanjutnya. InsyaAllah, aamiin Allahumma Aamiin.

 

scg mortar

FYI nih, Mombeb, SCG mortar ini juga dibuat menggunakan formula yang berkualitas. Nah dengan formula yang berkualitas inilah membuat SCG mortar ini memiliki banyak keunggulan seperti ia lebih mudah diaduk untuk campuran yang lebih homogen. Kemudian SCG Mortar ini juga mudah untuk diaplikasikan. Seperti apa kemudahannya? Ya, hanya dengan dicampur air, SCG Mortar sudah bisa langsung digunakan. Selain itu, SCG Mortar ini juga lebih hemat penggunaan. Lalu keunggulan lainnya yakni perekat bata ringan yang satu ini memiliki daya rekat dan elastisitas yang tinggi untuk pemasangan dinding bata ringan yang cepat dengan hasil yang lebih rapih dan kuat.

Nah, dengan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dalam membangun rumah literasi, insyaAllah aku dan suami optimis rumah literasi ini kokoh sehingga bisa senantiasa menemani setiap aktivitas dan program-program untuk mengembangkan literasi di sini. 

Mombeb, apa yang kami lakukan ini baru langkah awal. Aku sadar betul masih ada jalan panjang yang harus dilalui demi bisa mengembangkan literasi. Oleh sebab itu, aku mohon bantuan do’a dari Mombeb, niih. Do’akan ikhtiarku dan suami untuk mengembangkan literasi bisa berjalan lancar dan berhasil mencapai tujuan. Lalu tak lupa aku mau mengucapkan terima kasih dulu karena sudah berkenan mendo’akan ikhtiar ini. Do’a yang baik akan membawa kebaikan juga bagi yang mendo’akan. Sekali lagi makasih yaaaa.

Jadi seperti itulah kiranya latar belakang keinginan mengembangkan literasi hingga ikhtiar untuk melanggengkan literasi dengan cara membangun rumah literasi yang kokoh menggunakan semen SCG. Aku berharap, semoga blog post ini bermanfaat. Aamiin

Sampai bertemu di blogpost lainnya ya, Mombeb tercinta. Daaaahhhhhhh

*** 

Referensi:

https://perpustakaan.setneg.go.id/

https://scgcbm.id

 

 

Yuk, Jadikan Buku KIA Sebagai Partner dalam Memantau Kesehatan dan Tumbuh Kembang Anak

 




Mombeb, Tanggal 29 Juli, aku ikut webinar tentang "Pentingnya Buku KIA untuk Orangtua Pantau Kesehatan dan Tumbuh Kembang Anak di Masa Pandemi" yang diadakan oleh Direktorat Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan RI bekerja sama dengan PT Tirta Investama. 


Dari webinar tersebut, aku mendapatkan Insight betapa pentingnya memantau kesehatan dan tumbuh kembang anak, apalagi di masa pandemi begini. Harus extra dipantau mah ya. Karena data dari https://covid19.go.id per 27 Juli 2021 menunjukkan sebanyak 2.9% balita terkena covid-19. Bahkan 0.5% anak usia balita meninggal dunia sebab yang terkena covid-19.




Nah, untuk memantau kesehatan dan tumbang anak, kita bisa melakukannya secara mandiri koq, Mombeb. Jadi tidak harus menunggu ke posyandu, atau ke fasilitas kesehatan dulu. Kita bisa memantau kesehatan dan tumbuh kembang anak kita dengan menggunakan buku KIA. 


Buku KIA sendiri ditetapkan oleh Kemenkes RI dengan rekomendasi WHO sebagai alat pencatatan kesehatan ibu dan anak sekaligus menjadi media informasi dan edukasi bagi ibu hamil dan balita untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anak secara rutin. 




Mombeb, jika kita bisa memanfaatkan buku KIA sebaik mungkin, insyaAllah kita bisa menjaga kesehatan dan tumbuh kembang anak balita kita dengan baik. Karena apa? Semua hal terkait kesehatan dan tumbuh kembang anak seperti pemenuhan asupan gizi seimbang sesuai umur anak, stimulasi perkembangan, istirahat dan aktivitas fisik dan sebagainya  sudah ada di buku KIA. 




Pemantauan kesehatan dan tumbuh kembang anak ini adalah salah satu ikhtiar kita mempersiapkan masa depan mereka. Mereka adalah generasi penerus bangsa. Jika anak sehat, anak bertumbuh dan berkembang dengan baik, insyaAllah dan optimis pastinya, masa depan negeri ini juga baik. Sebagaimana tema peringatan Hari Anak Nasional 2021 yakni "Anak terlindungi, Indonesia maju."


Oleh sebab itu, Mombeb, Yuk kita jadikan buku KIA sebagai partner dalam hal memantau kesehatan dan tumbuh kembang anak kita. Kita manfaatkan buku KIA ini sebaik mungkin. Agar anak kita senantiasa sehat sehingga pertumbuhan dan perkembangannya berjalan dengan baik. 


Let's Read, Partner Ibu Hidupkan Dongeng di Rumah

 

Menghidupkan dongeng agar anak suka baca buku


Bund, beberapa waktu lalu, aku sempat resah dengan tingkah anakku yang susah banget diminta baca buku. Alasannya adaaaa aja. Kalaupun ia mau baca buku, itu pun nggak pernah mau baca lama-lama. 

"5 menit aja ya, Ma, abis itu aku main" gitu katanya. 


Pernah, aku memaksanya membaca buku dengan durasi waktu lama, eee dia malah ngambek dan walhasil nggak jadi deh baca buku. Duuuhhh... Gemas. 


Sebab Anakku Tidak Suka Baca Buku


Ini semua karena aku sih, Bund. Aku sadar diri. Anakku begitu bisa jadi (banget) karena aku nggak mengarahkannya untuk suka membaca buku. Aku nggak memberikan contoh padanya untuk rajin baca buku. Aku lebih sering pegang gawai daripada buku. Kalaupun aku pegang buku, itupun buku catatan pembukuan keuangan Kedai Makanan yang tengah aku tekuni bukan buku bacaan. Aku payah ya, Bund? Ho oh. 


Tapi, kalau aku mau usaha membuat anakku suka baca buku, rasanya, belum terlambat kan ya, Bund? Bener, nggak? 


Jadi aku mau mulai berusaha agar anakku suka baca buku, Bund. Kalaupun nggak bisa sampai ke titik suka baca buku, yaaaa minimal dia nggak ngambek lah kalau aku minta ia baca buku lama-lama, atau  langsung mau gitu kalau aku memintanya membaca buku tanpa perlu adanya imbalan-imbalan seperti imbalan boleh nonton YouTube, main game, dan sebagainya.  


Agar Anak Suka Baca Buku


Nah, langkah pertamaku untuk membuat anakku suka membaca  buku adalah dengan menghidupkan dongeng di rumah. Kenapa dongeng?


Hasil penelitian yang dilakukan oleh Erlin menunjukkan bahwa metode dongeng dapat menumbuhkan minat baca anak. Kemudian hasil penelitian yang dilakukan oleh Putri dkk pada anak sekolah dasar menunjukkan metode dongeng dapat digunakan untuk meningkatkan minat baca anak sekolah dasar dimana yang awalnya hanya sebesar 25% anak yang menunjukkan minat membaca buku berubah menjadi 61% lalu meningkat sampai 100%. Nah berdasarkan dua penelitian di atas dapat dikatakan mendongeng dapat digunakan untuk menumbuhkan hingga meningkatkan minat baca anak. Ini tentu cocok dengan tujuanku yang ingin menumbuhkan minat baca anakku. 


Bund, selain karena hal di atas, dongeng juga memiliki manfaat lainnya. Salah satunya sebagai stimulus kecerdasan anak seperti yang diungkapkan Einstein yakni :

"If you want your children to be intelligent, read them fairy tales. If you want them to be more intelligent, read them more fairy tales."


Manfaat mendongeng untuk anak


Adapun caraku untuk menghidupkan dongeng di rumah adalah dengan sering mendongeng untuk anak. 


Eeemmm... tapi masalahnya bisa nggak ya aku mendongeng? Jangan-jangan aku malah dicuekin nih. Jangan-jangan anakku nggak tertarik nih. Kalau begini mah, bisa gagal donk aku mendongeng. Waduuuhhh, gimana-gimana?


Kata Kak Ariyo Zidni, dalam sindonews(dot)com, ada faktor penting yang harus diperhatikan Ibu jika ingin mendongeng yakni percaya diri dalam bercerita, variasi dalam memainkan suara, ekspresi wajah, dan gerakan tubuh secara sederhana. Kalau sudah menguasai faktor penting tersebut, maka aktivitas mendongeng untuk anak akan berhasil dengan gemilang. 


Lalu gimana yaaaa caranya agar aku bisa memiliki semua faktor penting tersebut sebelum aku mulai mendongeng? Apa ya, Bund? Ah, sepertinya aku harus menstimulasi kemampuan mendongengku dulu deh, Bund. Karena dengan melakukan ini maka aku bisa memiliki semua faktor penting dalam mendongeng. 


Cara Menstimulasi Kemampuan Mendongeng


Let's read stimulasi kemampuan mendongeng ibu


Nah, menurutku, cara menstimulasi kemampuan mendongeng yakni dengan sering-sering membaca buku cerita bergambar. Mengapa demikian?


Buku cerita bergambar dilengkapi dengan gambar-gambar yang mendeskripsikan cerita. Nah, dari sini aku bisa belajar mendeskripsikan cerita bergambar ke dalam kata-kata. 


Di buku cerita bergambar, kadang, menunjukkan ekspresi dari tokoh dalam cerita. Nah, dari sini, aku bisa belajar atau meniru ekspresi yang ada di buku cerita bergambar.


Aku juga bisa melakukan improvisasi dari melihat gambar-gambar yang ada di buku cerita bergambar. 


Trus aku yang tidak pandai merangkai kata alias suka mbulet kalau ngomong, juga bisa belajar merangkai kalimat yang mudah dipahami anak melalui buku cerita bergambar tersebut yang mana rangkaian-rangkaian kalimatnya sudah dibuat sedemikian rupa sehingga mudah dipahami anak-anak. 


Stimulasi kemampuan mendongeng ibu


Let's Read Partner Ibu Menghidupkan Dongeng di Rumah.



Let's read partner ibu menghidupkan dongeng di rumah


Jadi Bund, agar kemampuan mendongengku makin terasah aku perlu banyak membaca buku cerita bergambar. Sayangnya, di rumahku tidak banyak buku cerita bergambar, Bund. Tapi aku nggak terlalu khawatir soal ini, karena ada aplikasi Let's Read


Let's read adalah perpustakaan digital yang didalamnya berisi buku-buku cerita bergambar dengan berbagai macam pilihan tema cerita, pilihan bahasa, hingga pilihan tingkat kemampuan membaca anak. 


Let's read


Nah, dengan keunggulan yang seperti itu, rasanya tepat untuk menjadikan Let's Read sebagai Partner Ibu Menghidupkan Dongeng di Rumah. 


Jadi kalau aku ingin mendongeng misalnya tentang hujan, aku bisa mencari buku cerita bergambar tentang hujan di Let's Read. 


Kemudian, kalau aku ingin mendongeng untuk anak usia 3 tahun, aku tinggal mencari cerita bergambar di let's read untuk level 1 atau mungkin level 2 yang masih belum didominasi sama narasi. 


Lalu kalau aku ingin mendongeng pakai bahasa Inggris, aku tinggal cari cerita bergambar di let's read yang narasinya pakai bahasa Inggris. 


Asyik kan, Bund? Yup. 


Menghidupkan Dongeng di Rumah Agar Anak Suka Membaca


Menghidupkan dongeng di rumah


Nah, akhirnya aku pun mencoba mendongeng untuk anakku. Dongeng tentang hujan. 


Sebelum mendongeng, aku sudah baca buku cerita bergambar tentang hujan ini berkali-kali sampai aku hampir hafal. 


Awal mulanya mendongeng, aku sempat deg-deg an gitu, Bund. Tapi melihat anakku antusias, rasa grogiku pun berangsur-angsur hilang, Bund, alhamdulillah. Aku pun jadi semangat mendongeng. 


Bund, setelah aku mendongeng untuk anakku itu, Alhamdulillah, dia jadi minta didongengi lagi dengan cerita yang berbeda. Aku senang, Bund. Trus aku makin senang dan bersyukur manakala anakku mau mendongeng untukku. Dan aktivitas mendongeng pun hidup di rumah. Yeaaaayyyyyy....




Praktik mendongengku untuk yang pertama kali Alhamdulillah langsung berhasil, Bund. Hasilnya berupa adanya peningkatan minat baca anakku meskipun belum signifikan tapi lumayan lah tinggal ditingkatkan lagi dengan cara tetap menghidupkan dongeng di rumah.  


Bund, aku harap usahaku menghidupkan dongeng di rumah demi membuat anakku suka membaca bisa sukses dengan gemilang. Do'akan aku ya, Bund. Do'a baik akan kembali pada yang mendo'akan. Makasih banyak, Bundaaaaaaa.


So, yuk Bund, kita hidupkan lagi dongeng di rumah bersama dengan let's read. Jangan lupa instal atau unduh aplikasi let's read ya, Bund. 


Sekian cerita aku kali ini, Bund. Next, kita ketemu lagi ya, insyaAllah, di cerita-cerita lainnya. 


Stay health, Bund. 

See yaaaa.

***

Referensi:

Fitriani, Erlin. 2014. Strategi Menumbuhkan Minat Baca Anak Melalui Dongeng di TKIT Taruna Teladan Delanggu Klaten. Skripsi. UIN SUKA.

Putri et al. 2015. Pemanfaatan Teknik Mendongeng Untuk Meningkatkan Minat Baca SiswaKelas III SD Kartika IX-1 Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014-2015. UNEJ. ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA, 2015, I (1): 1-4.

Ade Indra Kusuma dan Firsta. 2019. Dongeng Ternyata Ampuh Tumbuhkan Minat Baca Anak.  Suara.com (diakses 5 Januari 2021)

Yohannes. 2018. 6 Manfaat Mendongeng untuk Anak. Kompas.com (diakses 5 Januari 2021)

Redaksi Koran Sindo. 2018. Mendongeng, Cara yang Baik Menanamkan Nilai dalam Keluarga. edukasi.sindonews.com (diakses 8 Januari 2021)

[Buku] Cerdas Dengan Spiritual Educational Games

Bukan suatu hal yang asing lagi saat membaca atau menonton berita soal orangtua membuang bayinya karena masalah ekonomi maupun karena hubungan gelap. Atau berita soal seorang anak membunuh orangtuanya karena tidak diberikan uang untuk membeli rokok. Atau juga berita soal artis yang tertangkap tengah mengonsumsi narkoba karena kabarnya si artis sedang depresi. Atau berita soal korupsi yang dilakukan oleh seorang oknum pejabat demi ingin hidup bergelimangan harta. Dan masih banyak lagi yang lainnya. Berita-berita tersebut tidak hanya membuat kita menggeleng-gelengkan kepala. Namun juga membuka mata kita akan sebuah fakta bahwa bangsa ini tengah mengalami krisis kecerdasan spiritual.

Mengapa disebut demikian ?. Menurut kbbi, spiritual itu berhubungan dengan kejiwaan, rohani, batin. Sementara kecerdasan adalah kemampuan dalam menyelesaikan suatu masalah, menemukan solusi, serta mengetahui mana yang lebih baik. Jadi kecerdasan spiritual adalah kemampuan seseorang dalam menghadapi atau menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan kejiwaan, rohani, batin. 

Beberapa contoh di atas merupakan bentuk ketidakmampuan para pelaku dalam menyelesaikan masalah yang tengah dihadapinya. Sehingga ia melakukan tindakan kriminal seperti itu. Padahal jika ia memiliki kecerdasan spiritual, tentu saja hal tersebut tidak akan pernah masuk dalam pilihan solusi dari masalah yang tengah ia hadapi. Oleh sebab itu, kecerdasan spiritual ini bisa dibilang merupakan kecerdasan yang harus dimiliki oleh setiap individu. Dan alangkah baiknya apabila kecerdasan spiritual ini distimulus sejak anak usia dini.

Ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan untuk menghadirkan kecerdasan spiritual ini. Mengingat bahwa jiwa dalam kata spiritual memiliki makna yang luas. Namun, di Indonesia, kecerdasan spiritual ini biasanya dikaitkan langsung dengan agama. Dengan kata lain, kecerdasan spiritual adalah kemampuan seseorang untuk menyadari keberadaan Tuhan, dimana pun, dan kapanpun. Kemudian, kesadaran tersebut berpengaruh terhadap segala perbuatannya. [13]

Maka dari itu, kecerdasan spiritual anak usia dini ini, di negeri ini, distimulus dengan ajaran agama. Misalnya tentang memahami Kebesaran Allah, tentang Allah Maha Pengasih Maha penyayang dan sebagainya. Jika anak paham dengan hal ini maka jika suatu saat nanti ia tengah mengalami musibah. Maka ia tidak akan patah semangat apalagi hingga melakukan hal-hal yang seperti di atas. Namun ia akan lebih tegar, tetap semangat karena ia paham bahwa Allah Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Bahwa Allah pasti akan membantunya dan menunjukkan solusi untuknya.

Sayangnya, hal tersebut belum diberikan kepada anak usia dini, bahkan hingga sekolah lanjutan. Mereka hanya dicekoki berupa ilmu-ilmu agama, menghapal hadist, ayat al quran, dan sebagainya. Sementara sisi jiwa belum tersentuh. Seharusnya stimulus yang digunakan tidak seperti itu. Teutama untuk anak usia dini. yang sebagian besar dunianya hanya tentang bermain, bermain dan bermain. [15]

Itulah yang menjadi salah satu latar belakang bagi Suyadi untuk menerbitkan buku yang berjudul Cerdas Dengan Spiritual Educational Games. Sujadi menuliskan bahwa Spiritual Educational Games ini bukan model permainan pada umumnya. Namun model permainan yang dibuat dengan mempertimbangkan aspek kecerdasan majemuk Howard Gardner, Montessori, dan SQ for Kids. [17]

Berbekal 3 konsep dasar tersebut, Suyadi membuat SEG dalam beberapa basis. Pertama adalah SEG berbasis alat atau benda. Yakni bentuk-bentuk alat permainan edukatif yang dirancang secara khusus untuk pengembangan kecerdasan spiritual anak. Contoh permainan menggunakan menara ajaib. Anak-anak akan diminta untuk naik ke menara ajaib sambil membawa bola. Tak lupa guru atau orangtua meminta anak untuk berdo'a terlebih dahulu lalu selalu memotivasi si anak hingga berhasil menaiki menara. [155 ]

Kemudian SEG berbasis Aktivitas. Seperti bermain peran dalam sebuah cerita seorang anak yang ditinggal ayahnya karena gugur membela tanah air. Atau tentang peristiwa bencana alam meletusnya gunung merapi dan lain sebagainya.  [163]

Masih banyak lagi macam permainan Spiritual Educational Games yang ada dibuku karya Suyadi ini. Dimana permainan-permainan ini akan menstimulus kecerdasan spiritual anak dengan cara yang menyenangkan. Serta akan memberikan hasil yang luar biasa dan lebih mendalam. Spiritual anak tidak akan berada di permukaan saja. Namun akan berada di hati sanubari anak. 

Buku Cerdas Dengan Spiritual Educational Games ini bisa dijadikan pegangan bagi orangtua juga para pendidik anak usia dini. Untuk mengembangkan kecerdasan spiritual anak. Demi masa depan anak, keluarga, juga bangsa ini.

Data Buku :

Penulis : Suyadi
Editor : Kak Damaya
Penerbit : Saufa
Tahun terbit : Cetakan Pertama, 2015
Jumlah halaman : 176
ISBN : 978-602-255-905-4

[Resensi] Guru Sejati Hasyim Asy'ari


Resensi Novel Sejarah Guru Sejati Hasyim Asy'ari

Novel Sejarah Guru Sejati Hasyim Asy’ari ~ Sejak dikeluarkannya Undang-Undang Agraria dan Suiker Wet tahun 1870, Belanda semakin gencar memperluas lahan usahanya yang bergerak di bidang produksi gula ke tanah Jawa bagian timur. Tepatnya di daerah Jombang. Mereka pun berbuat semena-mena. Tidak mempedulikan hak-hak bagi pemilik lahan. (15)

Dengan seenaknya mereka mengubah lahan persawahan menjadi lahan tebu dan membangun pabrik gula. Padahal hal tersebut bertentangan dengan tujuan sebenarnya dari Undang-Undang Agraria dan Suiker Wet tersebut. Yakni untuk memperbaiki kesejahteraan ekonomi pribumi.

Kemudian untuk mengantisipasi perlawanan yang mungkin dilakukan oleh warga akibat perbuatan Belanda yang semena-mena, Belanda bersama dengan Wiro, salah satu warga yang memihak Belanda yang juga seorang dukun ilmu hitam, membuat sebuah lokalisasi yang dipanggil warga dengan sebutan Kebo Ireng. Sementara pemegang kendali dari Kebo Ireng diserahkan kepada Joko Tulus yang mendapat julukan sebagai raja kecil atau Kebo Kicak.

Dipilhnya Kebo Kicak sebagai pemimpin Kebo Ireng membuat sebagian besar warga takut untuk menolak apalagi melawan kejahiliyahan yang terjadi di Kebo Ireng. Karena Kebo Kicak dikenal warga sebagai orang yang jago berkelahi dan sakti. Ia juga mendapat dukungan penuh dari Belanda. Namun masa kekuasaan Kebo Kicak tidak berlangsung lama. Karena ia menghilang setelah melawan Surontanu, seorang santri dari pesantren Sumoyono. (135)

Adalah Sakiban, seorang dalang terkenal dan tokoh masyarakat, yang memiliki keinginan kuat untuk menghentikan perbuatan jahiliyah yang terjadi di Kebo Ireng dan berdampak negatif bagi kehidupan warga Cukir. Namun ia tak ingin gegabah. Sebagaimana yang dilakukan oleh Surontanu, yang dengan mudahnya masuk ke dalam perangkap Belanda. (128)

Hingga suatu hari, Sakiban bertemu dengan Alwi. Mereka memiliki kegundahan yang sama. Mereka resah dengan kondisi dusun Cukir yang semakin jatuh ke lembah hitam. Mereka tidak bisa membiarkan peristiwa memilukan terjadi. Hampir setiap hari terjadi keributan atau hampir setiap hari juga ada orang yang terbunuh dan diperkosa. Cerita buruk anak memperkosa ibunya atau bapak menghamili anaknya atau bahkan orangtua yang tega menjual anaknya jadi pelacur dan sebagainya. Alwi kemudian merekomendasikan keponakannya, seorang kyai muda yang bernama Hasyim Asy'ari, untuk menghapus kejahiliyahan di Kebo Ireng. 

Hasyim Asy’ari pun menyetujui permintaan Sakiban dan Alwi setelah melakukan istikharah, mencari informasi dan memikirkan permintaan tersebut matang-matang. Kendati begitu  Hasyim tidak ingin tergesa-gesa dalam mendirikan pesantren karena pasti akan dihalangi Belanda. Oleh sebab itu untuk sementara waktu, pesantren akan disamarkan menjadi sebuah padepokan bela diri saja. 

Sementara para relawan lain bergerak membangun pesantren dan menghimpun kekuatan dari luar seperti ahli ilmu kanuragan, beladiri, kebas dan debus. Hasyim melakukan dakwah dengan menggunakan kemahirannya dalam bidang pengobatan atau penyembuhan segala macam penyakit. Beliau pernah membantu Ribes, orang Belanda, untuk menyembuhkan anaknya yang sakit parah. (253)

Dengan cara dakwah seperti itu serta pertunjukkan pencak dor (pencak silat yang dibuka dengan sholawat dan diiringi dengan musik dor) yang dilaksanakan setiap Jumat oleh para santri berhasil menarik perhatian masyarakat sekitar dan jumlah santri pun semakin bertambah. Sehingga pada tahun ketujuh, Hasyim pun kemudian meresmikan pondok pesantren dengan nama Tebu Ireng (Tebu Hitam : merupakan tebu yang memiliki kualitas paling bagus). Harapan beliau, pesantren ini bisa menghasilkan santri-santri yang berkualitas bagus. (260)

Keberhasilan beliau tersebut tentu saja tak lepas dari berbagai macam aksi teror yang dilakukan oleh kelompok Wiro. Dan puncak dari hambatan yang beliau alami adalah saat pesantren diserang oleh Belanda secara membabi buta. (261)

Namun berkat kecermelangan beliau serta didukung oleh para santri yang unggul dan solid, kelompok Wiro dan Belanda tak mampu menghancurkan pesantren. Selain itu juga berkat kesantunan sikat, kedalaman ilmu serta wawasan beliau yang amat luas baik soal pengobatan hingga tahu bagaimana cara bercocok tanam yang baik, beliau berhasil menarik perhatian dan minat masyarakat sekitar. Bahkan masyarakat yang tinggal di Kebo Ireng juga. Tercatat pada tahun 1920, santri yang masuk pesantren Tebu Ireng sudah hampir seribu orang dari berbagai daerah. Perjuangan beliau benar-benar berbuah manis.

Novel sejarah karya Masyamsul Huda yang merupakan keturunan dari Sakiban ini, dikemas begitu apik dan runut. Di dalamnya tidak hanya menceritakan perihal perjuangan melawan penjajah saja tapi juga menyajikan banyak pelajaran berharga. Baik itu soal strategi politik dalam menghadapi Belanda. Lalu sikap dalam menghadapi kejahiliyahan, metode berdakwah yang dilakukan KH. Hasyim Asy’ari hingga  mengungkapkan betapa mulianya pribadi Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy'ari. Kepribadian yang patut diteladani oleh kita hingga generasi selanjutnya nanti. 

***
Data Buku
Judul                                :  Guru Sejati Hasyim Asy’ari
Penulis                              :  Masyamsul Huda
Penyunting                       :  Setyo Wardoyo dan Poppy Damayanti C. K.
Penerbit                            :  Pustaka Inspira
Tebal Buku                       :  268 Halaman
Tahun Terbit                    :  Cetakan I, Maret 2014
ISBN                               :  978-602-97066-6-6

[BUKU] Bintang Untuk Emak

"Aku ingat kemarin ibu menangis sedih ketika melepas kepergianku ke Lembah Tidar ini. Tetapi, aku akan lebih ingat ibu menangis bangga esok bila aku kembali dengan strip kuning emas dipundakku" (4).

"Jika dihitung sejak saya menjadi taruna Akabri pada tahun 1971 hingga saya diberhentikan dengan hormat dan mendapat hak pensiun, maka separuh dari umur saya telah saya abdikan kepada negeri tercinya. Indonesia telah memberi saya banyak. Kecintaan saya kepada tanah tumpah darah tak diragukan lagi. Saya bukan hanya bangga menjadi bangsa Indonesia, tetapi juga rela mengorbankan jiwa raga untuknya " (323).

***

Buku Bintang Untuk Emak yang diterbitkan Sixmidad ini berisi tentang cerita perjalanan karir penulis sebagai seorang perwira angkatan darat dimulai dari masa menjadi taruna hingga menjadi purnawirawan. Tak hanya itu saja, di dalam buku ini juga, penulis menceritakan tentang pejalanannya meraih " Bintang". Bintang yang bukan sekedar pangkat untuknya melainkan sebagai tanda baktinya kepada tanah air juga sebagai hadiah untuk Sang Emak tercinta.

Buku karya Pak De Abdul Cholik yang juga merupakan seorang penulis buku serta blogger ternama ini, sarat akan pesan dan kaya makna juga penuh dengan segala informasi khususnya yang berhubungan dengan perwira angkatan darat. Di dalamnya juga ada informasi tentang tahapan tahapan atau langkah langkah untuk meraih Bintang dan satu lagi, juga ada tips dan solusi berdasarkan pengalaman penulis saat menjadi seorang perwira angkatan darat.

Buku ini sangat cocok dijadikan sebagai referensi bagi yang bercita-cita sebagai perwira, calon perwira, maupun yang sudah menjadi perwira, dan juga kita semuanya. Karena buku ini juga berisi tentang kisah kisah inspiratif penulis yang menggugah dan dapat mendatangkan aura serta semangat positif bagi pembacanya.

Buku ini dikemas dengan sangat ciamik. Di dalamnya tak hanya terdapat ribuan kalimat saja akan tetapi juga ada beberapa gambar di sana. Jadi selain membaca kita juga disuguhkan dengan gambar gambar hasil dokumentasi penulis sendiri.

Cerita dalam buku ini juga enak dibaca. Alurnya runut dan menarik. Selain itu, penulis juga menyelipkan sedikit unsur komedi di dalam buku tersebut sehingga membuat pembaca ingin terus membaca sampai halaman terakhir.

Ada beberapa pelajaran penting dalam buku Bintang Untuk Emak ini yakni antara lain :
1. Seorang perwira harus selalu siap sedia.
2. Seorang perwira tak hanya memiliki keahlian di bidang militer saja, melainkan juga harus memiliki keahlian yang lain. Baik itu di bidang atletik, jusnalistik, dan lain sebagainya.
3. Seorang perwira tak hanya bertugas menjaga tanah air saja, tapi juga memiliki tugas sampingan yang lain. Salah satunya tugas sampingan yang dilakukan penulis adalah berbagi ilmu.
4. Tak hanya perwira saja yang harus siap sedia, begitu juga dengan keluarga mereka yang harus siap menemani atau melepas kepergian belahan jiwa atau anggota keluarga mereka untuk melaksanakan tugas.
5. Dukungan dan doa kedua orang tua terutama ibu, berhasil mengantarkan penulis yang tak lain adalah Pak De Abdul Cholik sukses bin berhasil meraih pangkat sebagai Brigjen dengan jabatan terakhir sebagai Directur Departemen Pertahanan. Wow.
6. Kembangkan hobi.
7. Manfaatkan dengan baik kesempatan yang diperoleh.
8. Tak ada darma yang sia-sia.
9. Dan masih banyak lagi hal hal positif yang dapat diperoleh dari buku Bintang Untuk Emak ini.

Jadi tunggu apa lagi, segera buru dan beli buku Bintang Untuk Emak ini ya Sob. Recomended banget dah pokoknya. Banget and banget.

***
Judul :
Bintang untuk Emak
Penulis :
Abduk Cholik
Penerbit :
Sixmidad
Tahun :
2015
Jml. Hal :
331 Hal.
ISBN :
978-602-0997-12-4

[Novel] Penggores Kenangan

Tante Dani tak pernah setuju jika Wira pacaran dengan Kia yang disleksia. Namun, tiba-tiba perempuan itu malah menerima Kia sebagai pacar, anaknya. Kia merasa bahagia, perjuangannya selama ini tak sia sia. Waktu berpihak padanya. Tapi ........

Setelah sebuah kecelakaan, orang-orang tercintanya bersikap aneh, termasuk Wira. Rasa bahagia yang sedemikian besar membuat Kia tidak mau berpikir rasional. Padahal, semua keanehan itu tidak lain untuk menyembunyikan sebuah rahasia besar yang berkaitan dengan sang waktu.

***

Novel karya Adhiati AP ini bercerita tentang kehidupan Kia seorang gadis disleksia. Di dalamnya terdapat cerita tentang percintaan, persahabatan dan keluarga.

Ada beberapa konflik dalam novel terbitan de Teens ini yakni konflik antara ibu Wira yang tak lain adalah tante Dani, yang tak setuju dengan hubungan Wira dan Kia. Konflik antara Kia dan ibunya. Serta sedikit konflik cinta segitiga, antara Wira, Kia, dan abang Wira.

Novel ini dikemas dengan apik. Ada sedikit unsur komedi di dalamnya. Alur ceritanya juga cukup menarik. Rangkaian kata kata nya pun terasa 'enak' dibaca, juga dicerna *emangnya makanan
Ho oh. Hehe.

Recomended dah pokoknya dan novel ini cocok banget dibaca untuk usia remaja macam daku *lalu dilempar apem bantet.

Sebagai penutup postingan ini, aku tulisin quote kece di novel ini yak. Yuhuuu. Babaiiiii.

"Sebuah Akhir akan Jadi Awal Baru".

***

Judul :
Penggores Kenangan
Penulis :
Adhiati AP.
Penerbit :
de Teens
Jml. Hal :
223 hal.

[Novel] Dixieland Sushi

Jen Nakamura Taylor, seorang gadis blasteran Jepang, mengira telah meninggalkan masa lalunya di sebuah kota kecil daerah Selatan ketika dia pindah ke utara untuk menjadi produser acara televisi populer di Chicago. Sampai akhirnya dia menerima kabar dari kampung halaman bahwa sepupunya akan menikah dengan Kevin Peterson, pria yang selama bertahun-tahun sangat dicintao Jen.

Kabar tersebut bukan hanya membangkitkan kenangan lama yang menyesakkan, tapi sekaranh Jen, yang lajang dan sangat sibuk, terpaksa harus mencari pasangan untuk menghadiri pernikahan tersebut.

Sementara itu, Riley-pria ganteng dari Inggris yang menjadi teman sekantor Jen-kelihatannya bisa menjadi 'pasangan' yang cocok. Bahkan pacar riley pun menganggapnya sebagai ide bagus,

Selama perjalanan menuju Dixieland, tanpa disangka, keduanya mulai merasakan perasaan yang berbeda antara satu sama lain. Dan Kevin Peterson yang telah dewasa tetap saja menawan! Di tengah-tengah situasi rumit, Jen pada akhirnya tetap harus belajar untuk mencintai silsilah keluarga, kehidupan cinta, bahkan dirinya sendiri.

***

Dixieland Sushi adalah sebuah novel karya Cara Lockwood, seorang pengarang terlaris USA Today untuk novel I Do (but i don't) yang sudah difilmkan oleh Lifetime Television, dan Pink Slip Party. Novel Cara yang satu ini, Dixieland Sushi termasuk dalam kategori Contemporary Romance.

Novel ini kaya akan rasa. Bukan hanya soal romantisme saja melainkan juga dibumbui dengan sedikit komedi di dalamnya. Selain itu bukan hanya menceritakan soal percintaan Jen saat masa kecil hingga dewasa saja, akan tetapi juga menceritakan tentang kehangatan keluarga, persaudaraan, persahabatan, dan perbedaan. Lengkap.

Cara mengemas Novel ini begitu apik. Alur cerita yang menarik, apalagi cerita saat Jen tengah dilema, membuat ingin terus membacanya sampai halaman terakhir. Sumpeh cyin ? Sumpeeehhh.

O ya, satu lagi nih, novel dixieland sushi ini bukan untuk pembaca semua umur lhoooo. Novel ini hanya untuk usia 21 tahun plus plus, ke atas maksudnya. Kalian masih 21 tahun kan ?. Atau ke atas nih ?. Jangan2 ke atas ya. Hehe. Sama. Aku juga 21 tahun ke atas. Tapi masih seperti 21 kan yak. Ya ya ya. *lalu ditoyor.

Recomended bgd dah.
Yang penasaran, silahkan beli ya, di toko buku terdekat *yaiyalah masak beli di toko klontong. Yuk mareeeee. :)

***
Judul :
Dixieland Sushi
Penulis :
Cara Lockwood
Alih Bahasa :
Shandy Tan
Penerbit :
Elex Media Komputindo
Jml. Hal :
295 hal
Tahun :
2005

Peluncuran Buku "Bintang untuk Emak" Karya Pak De Abdul Cholik

Akhirnya tgl yg aku tunggu tunggu datang juga cyin. Tgl 23 Agustus ini. Tgl yg beberapa hari kemarin bikin aku deg deg ser ser. Karena apa ?. Ini merupakan kopdar pertama aku. Bertemu dengan blogger blogger kece nan ngeheits abis. Seperti mak Dwi Puspita yg imut2, trs ada mak yuniarti yg seru abis, ada mbak Binta yg tulisannya sering mondar mandir di media massa. Ada mbak elsa yg cantik bgd, pak ustadz akhmad muhaimin azzet, dan masih banyak lagi yang lainnya. Hellooo..hellooo..hellooooooowwww..*malah dangdutan.

Ada beberapa sesi di acara peluncuran buku "Bintang Untuk Emak" karya pak de ini. Yaitu Pra acara, inti acara, penutup, dan ngobral ngobril sambil ngemil.

Pra acara diisi dengan berbagai macam aktivitas sih, ada yg berenang sampai kisut, nemenin si kecil berenang, makan bakso suka suka, ngobrol sambil makan kacang rebus, foto2, dan lain sebagainya. Kalau aku tentu saja makan bakso suka suka. Asooyyy.

Setelah sebagian besar undangan sudah datang. Acara pun dimulai dengan salam sapa serta sambutan dari pak de.

Di dalam sambutan tersebut, pak de sedikit mengulas ttg asal usul hari lahir beliau, sekarang, 23 Agustus ini, yang ternyata e ternyata merupakan inisiatif dari kepala sekolah pak de saat menulis ijazah pak de. Mendengar keterangan dari pak de tersebut hatiku pun berkata " ya ampyuuiunn". Yaaaa begitulah. Kemudian. isi lain dari sambutan pak de adalah mengenai program sabul sabuk pak de. Kata pak de, beliau mulai menerbitkan buku pada tahun 2013. Hal tersebut terinspirasi dari kata seorang bloger, yg aku lufa namanya, yang mengatakan " Bukan blogger namanya kalau belum menerbitkan buku". Mendengar kata kata tersebut, diriku merasa seperti ditolak lee min ho. Mak jleb gt. Dan lain sebagainya.

Pak de ngasih sambutan
Acara selanjutnya yakni penutup. Sesi ini diisi oleh pak ustadz Akhmad Muhaimin Azet. Beliau menyampaikan sepatah dua patah kata ttg buku "Bintang untuk Emak" karya pak de ini serta diselipi tausiyah2 beliau yg membuat hati berdesir, merasuk gitu..aseg. Kata beliau, ada 3 point dlm buku terbaru pak de ini. 

Pertama : buku ini menunjukkan kecintaan pak de yg luar biasa terhadap sosok emak. 
Kedua : pelajaran ttg berbuat baik. Perbuatan baik sekecil apapun akan kembali kepada diri sendiri. Dan berlaku jg sebaliknya.
Ketiga : sbg inspirasi bagi para blogger utk berani dan segera memiliki buku karya sendiri.
Setelah menyampaikan hal tersebut, lalu pak ustadz melanjutkan dengan doa.


Doa selesai, sesi selanjutnya adalah ngobral ngobrol sambil ngemil. Nggak hanya ngobrol sih, tapi jg ada yg jepret sana jepret sini, makan makan makan dan sibuk ngikutin si kecil riwa riwi *itu akuh. Ngobrolnya pun bukan ngobrol biasa. Tp ngobrol seputar dunia bloging.

O ya ada satu sesi yg nyempil yakni sesi tiup lilin, potong kue, potong tumpeng, dan pengumuman pemenang giveaway "Kue untuk Pak De", juga bagi2 "Bintang Untuk Emak" .

Alhamdulillah, acara peluncuran buku "Bintang Untuk Emak" karya Pak De Abdul Cholik berjalan lancar, seru, asyik, full jeprat jepret, full canda tawa, full makanan, dan full barokah. Amin.
Full Makanan

Maknyuuus semuaaaa
Sukses selalu untuk Pak De Abdul Cholik, dan teruslah berkarya dan menginspirasi jg mengompori kami utk semangat menulis, semangat ngeblog, dan semangat menelurkan karya. Amin.

O ya, yg penasaran sm buku terbaru pak de ini, tenang sajo, karna aku akan mengobati rasa penasaran kalian kawan. Jadi nantikan reviewnya di sini yak. So sampai ketemu lagi di post post yg lain. :D

Mengapa Tertarik Membaca Cinta di Tanah Haraam ?.

Tentu saja penasaran dengan ceritanya.
Tanah Haraam merupakan tanah suci bagi umat Islam. Tanah tempat lahirnya Nabi Muhammad, tanah saksi perjuangan Nabi dalam menyebarkan Islam, juga tanah tempat tumbuhnya benih benih iman dan taqwa dalam hati umat masa itu.
Sementara cinta merupakan suatu rasa yang setiap manusia pernah mengalaminya. Rasa yang membuat hati berbunga bunga. Rasa yang menjadikan hati berselimutkan tenang, senang, nan damai.
Jadi mengetahui betapa luar biasanya makna yang terkandug dalam kata cinta, juga kata-kata tanah haraam, membuat saya penasaran. Seperti apa kisah didalamnya.
Saya meraba-meraba. Apakah kisah cinta didalamnya berbalut dengan perjuangan?. Tentu saja bukan perjuangan sebagaimana Nabi dulu. Makna perjuangan yang lebih dalam. Sebagaimana dalam kalimat yang tercantum pada novel cinta di tanah haram berikut ini.
Setiap manusia punya rasa benci, amarah dan kecewa. Tapi manusia juga punya rasa cinta kasih sayang dan kata maaf. Kita hanya perlu berjuang menjaga nilai nilai baik dalam diri agar tidak terlucuti oleh dendam dan sakit hati.
Atau kisah cinta yang begitu murni, menyahdukan hati, dan membekas di sukma. Seperti yang diungkapkan Khumairah, tokoh dalam novel ini. Ia berkata :
"Seandainya dapat kuputar waktu kan ku pertahankan satu cinta dalam satu ikatan. Cuma satu cinta". Khumairah.
Atau mungkin saja keduanya.  Pastilah amat luar biasa.
Selain itu, melihat segudang prestasi yang dimiliki oleh penulis novel ini, yakni mbak NuckeRahma. Membuat rasa penasaran saya semakin bertambah. Tentu saja. Pasti, beliau mengemas cerita dalam novel Cinta di Tanah Haraam ini, dengan sangat ciamik. Hhhhh. Penasaran euy.
Semoga tulisan ini dapat mengobati rasa penasaran saya dengan mendapatkan novel Cinta di Tanah Haraam karya penulis ternama mbak NuckeRahma. Amin. :)
Cinta akan berarti ketika hati menemukan keikhlasan. Cinta akan menemanimu melewati rintangan dan menjadi teman setiamu menghadapi kedukaan. Cinta membawamu pada kebahagiaan. Berprasangkalah baik pada cinta dan biarkanlah Allah menyertai prasangka baik kita pada orang-orang yang kita cintai. Nucke Rahma - Cinta di Tanah Haraam.

Review Buku Adamkhoo - I am Gifted So are You

Adamkhoo tumbuh menjadi seorang remaja biasa. Bahkan ia dianggap sebagai remaja yang tidak berbakat, lambat, dan bodoh. Adamkhoo pernah dikeluarkan dari sekolah kemudian di pindahkan ke sekolah lain. Sekolah baru tidak membuat prestasi Adamkhoo berubah, di akhir masa sekolah dasar, Adamkhoo gagal dalam ujian kelulusan dan ditolak oleh 6 sekolah lanjutan yang masuk dalam daftar pilihan orang tua. Akhirnya Adamkhoo masuk di sekolah ping yi secondary school yang nyaris tak banyak orang tahu.
Paragraf di atas merupakan bagian kecil dari buku ini, yang ditulis oleh seorang miliuner muda, pengusaha, penulis buku-buku terlaris dan pembicara paling dinamis dan penuh kekuatan di Asia. Ia memegang  gelar kehormatan dalam Bisnis Administrasi, praktisi, dan pelatih ahli berlisensi dalam neuro linguistic programming (NLP) di the society of NLP, USA. Dan penulis buku ini adalah Adamkhoo. Ya Adamkhoo.
Buku karya Adamkhoo yang berjudul i am gifted so are you menceritakan tentang perjalanan hidupnya yang berawal dari Adamkhoo yang hanya seorang remaja biasa menjadi Adamkhoo yang luar biasa. Setelah mengikuti program Super teen, yang dilaksanakan pada masa libur sekolah, Adamkhoo berubah menjadi seorang remaja yang bergairah, termotivasi untuk mendapatkan nilai A pada mata pelajaran di sekolah, dan bersemangat untuk masuk ke sekolah lanjutan ternama dan bergengsi. Merasa bisa, Adamkhoo pun sesegera mungkin melakukan tindakan dengan tujuan mencapai hasil yang diinginkan. Bagian terakhir dari bab I tertera sebuah tulisan yang membuat pembaca semakin tertarik untuk melahap habis buku ini,. “Jika Saya bisa, Anda juga bisa”.
Kesuksesan yang diraih Adamkhoo, tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Adamkhoo butuh semangat tinggi, dan disiplin diri untuk mewujudkan semua cita-citanya. Terlebih pada saat ia masih di bangku sekolah. Butuh proses untuk mencapai kesuksesannya. Nah, bab II dari buku ini, Adamkhoo menulis tentang Proses Sukses Belajar. 
Pada Bab Proses sukses belajar berisi tentang langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai kesuksesan dalam belajar. Dimulai dengan mengetahui strategi belajar yang tepat. Di sini juga dijelaskan mengenai 9 langkah untuk belajar sukses yang diawali dengan Menentukan Tujuan yang jelas. Dengan menetapkan tujuan, otak akan mengunci dan mulai berpikir cara untuk mencapai tujuan tersebut. Langkah kedua adalah dengan Perencanaan dan Penjadwalan. Ketiga yakni dengan melakukan aksi yang konsisten. Tidak ada penundaan atas rencana serta jdwal yang telah dibuat. Lalu 4 langkah selanjutnya adalah penerapan Strategi Super Learning yang akan di bahas dalam bagian dua. 4 langkah tersebut adalah Power Reading, Mind Mapping, Keajaiban penerapannya, persiapan ujian, dan ujian.
Bab ketiga adalah Anda Siap untuk Sukses. Bab ini membahas tentang dahsyatnya hasil yang diperoleh jika dapat memegang kendali terhadap diri sendiri. Dimulai dengan mengubah kerangka berpikir pemenang dan pecundang. Kerangka berpikir seorang pecundang adalah sebanyak 95% yang BERHARAP berhasil, bagi mereka tidak berhasil pun tidak apa-apa, mereka hanya bersedia melakukan apa yang mereka suka, mereka membuat alasan, menyalahkan orang lain, dan membela diri. Sedangkan kerangka berpikir seorang pemenang adalah Hanya 5% yang pasti berhasil, keberhasilan adalah suatu keharuasan, mereka akan melakukan apapun yang harus dilakukan, dan bertnaggung jawab atas apa yang terjadi. Setelah mampu mengendalikan kerangkan berpikir maka dilanjutkan dengan mengendalikan dan melakukan yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Saya Yakin Bisa Terbang, Maka Saya Bisa!. Ini adalah bahasan untuk bab 4 buku ini. Bab ini membahas tentang Mengubah keyakinan negatif terhadap kemampuan diri sendiri menjadi keyakinan positif. Yakin Bisa. Keyakinan akan mengarahkan aksi atau tindakan yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Seiring dengan aksi yang dilakukan maka muncul pula potensi-potensi yang dibangkitkan hingga 99%. Dua hal tersebut akan membawa keyakinan menjadi nyata. Yakni hasil yang diinginkan. Di bab ini juga, tak lupa Adamkhoo menyelipkan 5 tip keyakinan yang dimiliki oleh siswa-siswa yang sukses yang pertama: untuk mengubah sesuatu saya harus berubah dulu. Tidak ada kegagalan, hanya sebuah timbal balik dari apa yang telah dilakukan. Jika yang lain bisa, Saya Juga Bisa!. Belajar adalah bermain. Fleksibilitas membuat anda dapat mengendalikan.
Bab 5, Anda Memiliki Otak Jenius, dari buku ini berisi tentang beberapa hal yang membahas tentang otak bahwasanya kapasitas otak adalah tidak terbatas. Rata-rata otak terdiri dari 1 triliyun neuron yang mana hubungan antar neuron tersebut menentukan kecerdasan seseorang. Maksudnya, sering-seringlah melatih otak, dengan begitu neuron-neuron akan saling berhubungan antar satu sama lain sehingga akan membuat seseornag menjadi semakin cerdas. Bab ini juga membahas tentang memaksimalkan kerja otak dengan menggunakan otak kiri dan otak kanan. Misalkan saat mengerjakan PR di rumah bisa diiringi dengan mendengarkan musik. Musik yang direkomendasikan Adamkhoo adalah Musik Baroque (salah satu cabang musik klasik yang digubah seandar tahun 1700-1800). Dengan mengikutsertakan otak kanan dalam kegiatan tersebut, membuat si otak kanan memiliki aktivitas sehingga tidak mengganggu kerja otak kiri.
Power Reading untuk mendapatkan informasi. Bab ini berisi tentang Power reading itu sendiri. Yakni dengan mengumpulkan kata-kata kunci yang berada di dalam buku atau merangkum intisari dalam bentuk ide dan kata-kata kunci. Kunci power readingi adalah mengurangi jumlah jeda gerakan mata pada saat membaca sehingga membaca dapat lebih cepat. Mata anda harus berhenti sesaat untuk mengambil informasi antara ¼ sampai dengan 1 detik. Semakin banyak berhenti, semakin lama waktunya, berarti semakin lambat cara anda membaca. Adamkhoo menuliskan beberapa kebiasaan yang memperlambat cara membaca  yakni membaca dengan bibir, suara dalam kepala, membaca berulang-ulang kata-kata yang sama, membaca per kata, dan jangkauan mata yang kecil. Selanjutnya, pada bab ini, Adamkhoo juga berbagi mengenai teknik Power Reading  untuk meningkatkan kecepatan membaca dan pemahaman si pembaca. Pertama, Gunakan sebuah pensil sebagai penuntun. Kedua, Amati pokok pikiran dan lingkarilah kata-kata kunci. Tingkatkan jangkauan mata untuk membaca lima sampai tujuh kata sekaligus pada satu waktu. Latihlah dengan mendengarkan musik irama cepat pada saat membaca. Baca bab dari bagian belakang ke bagian depan. Tetap dorong dan terus kuatkan diri. Tak lupa di bab ini, Adamkhoo juga memberikan latihan kecil untuk melatih Power Reading anda.
Kemudian Bab 7, Mind Mapping: Alat utama untuk membuat catatan,  membahas tentang catatan linier yang biasa digunakan oleh siswa dengan Mind Mapping yang akan dibahas di bab ini. Adamkhoo mengatakan bahwa catatan linier yang digunakan oleh siswa tidak memberikan kontribusi dalam daya ingat siswa. Karna terlalu banyak kata-kata tidak penting di catatan tersebut yang seharusnya tidak perlu diserap oleh otak. Mind Mappingi ini mengajarkan siswa untuk membuat catatan sejelas mungkin dan kreatif. Misalnya kata-kata kunci yang ditelah dikumpulkan dari suatu catatan, diberi variasi berupa ukuran font yang besar kecil, atau bisa memainakn berbagai macam warna, atau bisa juga dengan memberikan sedikit karikatur sederhana. Dengan begitu membaca catatan tidak lagi akan terasa membosankan dan yang terpenting mudah untuk diserap otak serta diingat. Adamkhoo juga menyelipkan beberapa latihan kecil di bab ini.
Super Memory untuk kata-kata. Di bab ini, Adamkhoo kembali menekankan bahwa daya ingat itu harus selalu di latih. Karna dengan begitu kerja memory akan tetap terjaga. Ia juga menulis prinsip memory. Pertama, Visualisasi. Otak berpikir dalam bentuk gambar. Oleh sebab itu, lebih mudah mengingat gambar daripada kata-kata. Maka ubahlah kata-kata ke dalam gambar atau menjadi sesuatu yang dapat divisualisasikan. Kedua, Asosiasi maksudnya yakni menciptakan hubungan antara hal-hal yang perlu diingat. Asosiasi membentuk hubungan antargagasan seperti yang sudah anda bicarakan sebelumnya. Ini menciptakan indeks berurutan dalam otak untuk pemanggilan kembali dengan cepat. Ketiga, Membuat sesuatu menjadi berbeda. Ke-empat, berimajinasi. Warna. Irama. Yang terakhir, Holism.
Bab 9, Super Memory untuk angka. Caranya dengan melakukan Fonetik. Angka diubah ke dalam huruf. Misalkan 5 dengan L, 7 dengan K, 9 dengan b, dan seterusnya. Dengan begitu, jika diminta untuk menghafalkan 4 digit bahkan lebih, akan terasa lebih mudah. Tidak usah bingung untuk mengubah angka menjadi huruf, karna Adamkhoo sudah memberikan tabel angka menjadi huruf berikut dengan penerapannya. 
Pola Memory. Di bab 10 ini, Adamkhoo membahas tentang waktu belajar yang optimal. Setiap 2 jam belajar diselingi dengan istirahat 4-5 menit. Setelah 2 jam belajar relaksasi selama 30 menit. Dengan begitu memory akan bekerja optimal. Menurut Adamkhoo, jika pelajaran tidak diulang kembali dalam waktu 24 jam maka ingatan akan hilang sebesar 80%. Strategi pengulangan yang dijelaskan adamkhoo adalah pengulangan pertama dilakukan 10 menit setelah belajar, pengulangan berikutnya harus dilakukan dalam 24 jam, 1 minggu kemudian, satu bulan dan enam bulan. Dengan begitu ingatan akan tetap stabil. Sehingga dapat mengehemat waktu.
Menguasai Seni Penerapan. Bab 11 ini berisi tentang seni penerapan dalam pelajaran sains dan non sains. Seni untuk pelajaran sains yakni dengan mengumpulkan berbagai macam jenis soal, mempelajari langkah-langkah pemecahan, dan berlatih untuk mendalami. Sedangkan non sains, yakni dengan cara mengidentifikasi pertanyaan yang mungkin, identifikasi tes ketrampilan berfikir, pelajari strategi untuk mendapatkan nilai terbesar dari setiap pertanyaan. Yang terakhir untuk sains dan non sains adalah dengan tambahan cakupan dan variasi. 
Sampailah pada bagian ketiga dari buku ini yakni Kekuatan Mengendalikan Diri Sendiri. Meliputi bab yang berjudul Berani Bermimpi, Motivasi-Meninggalkan Penundaan, Formula Mendapatkan Nilai A, Kebahagian Hidup, Menghimpun Kekuatan dalam Waktu Singkat.
Bab 12, Berani bermimpi: kekuatan cita-cita. Bab ini menekankan pada beberapa hal yang membuat pembaca berani untuk bermimpi. Adamkhoo menuliskan bahwa kesuksesan tidak terjadi secara kebetulan melainkan hasil rancangan. Oleh sebab itu rancanglah hidup masing-masing. Jangan biarkan rasa takut dipermalukan orang yang tidak suka dengan cita-cita anda, membuat anda berkecil hati, bahkan seharusnya hal itu memberi kekuatan. Sesungguhnya cita-cita itu memperkuat sukses. Maka dari itu tetapkan cita-cita maka otak akan menemukan jalan untuk mencapainya. Tuliskan rancangan hidup untuk meraih cita-cita tersebut di buku harian, bahkan buatlah poster. Dengan demikian dapat membuat anda termotivasi dan bersemangat untuk segera mungkin bertindak. 
Motivasi-meninggalkan penundaan. Yang harus dilakukan pertama kali adalah dengan mengkondisikan otak untuk bertindak sekarang. Selanjutnya Adamkhoo menuliskan beberapa tip lainnya agar melakukan tindakan..sekarang!. Apa saja itu?, pertama dengan membuat komitmen pada diri sendiri. Perbedaan antara menginginkan sesuatu dan memegang komitmen adalah jika anda memegang komitmen maka anda akan melakukan apapun juga untuk meraihnya. Ini berarti hal itu menjadi jauh lebih penting dan jadi prioritas. Kedua, Umukan komitmen anda kepada orang lain seperti orang tua, guru, atau teman. Ketiga, Tinjau kembali tujuan anda terus menerus. Untuk menghindari terjadinya pelencengan di tengah jalan. Terakhir, beri penghargaan pada diri anda delama dalam proses pencapaian tujuan. Misalnya, ketika berhasil mendapat nilai A, perbolehkan diri anda untuk menonton tv atau sekedar jalan-jalan di pantai.
Bab 14, Formula Mendapatkan Nilai A. Formula 1. Konsisten. Adamkhoo sangat mengedepankan konsisten terhadap suatu tindakan yang nantinya dapat membawa pada terwujudnya cita-cita. Di sini adamkhoo mencontohkan konsistensi untuk meraih sukses dalam belajar. Yakni dengan membaca lebih dulu sebelum guru membahasnya, memperhatikan dan bertanya. Segera lakukan pengulangan dalam 24 jam. Selesaikan PR sebelum masuk kelas dan selalu perbaiki kesalahan dalam PR. Formula 2 yakni belajar dari kesalahan. Formula 3 dengan memanfaatkan tes dan tugas-tugas. Formula 4 dengan cara menetapkan cita-cita, strategi dan rencana tindakan, konsistensi, lalu bertindaklah.
Bab 15, Kebahagiaan Hidup Anda. Ada beberapa point penting dalam bab ini. Pertama, Adamkhoo menulis bahwasanya orang yang menguasai waktu maka menguasai hidup. Pada sub bab ini, Adamkhoo memotivasi untuk tidak membuang waktu terbuang sia-sia. Bahkan ia menjelaskan, jika diasumsikan rata-rata waktu yang terbuang per hari sebanyak 6 jam dalam kurun waktu 80 tahun, maka waktu yang terbuang sia-sia sebanyak 20 tahun. Selanjutnya, kekuatan dari prioritas. Waktu yang dimiliki jangan digunakan untuk melakukan kegiatan yang bukan prioritas. Lalu bagaimana merencanakan waktu?. Adamkho memberikan beberapa contoh untuk merencakan waktu. Menurutnya penting untuk merencanakan waktu untuk 1 minggu, 1 bulan, 1 tahun. Dan yang terakhir memeriksa kegiatan esok hari setiap malam yang meliputi waktu khusus untuk yang dialokasikan untuk setiap kegiatan, tetaplah berpegang pada jadwal, rencana untuk penjadwalan ulang maksudnya adalah bagaimanapun anda berpegang pada  jadwal akan muncul hal yang mendesak di luar dugaan yang tidak dapat dihindarkan akibat anda tidak menyelesaikan apa yang sudah direncanakan. Jika tidak ada pilihan, anda harus menjadwal ulang kegiatan berikutnya. Terakhir, beri tanda kegiatan yang telah anda selesaikan.
Selanjutnya, Menghimpun Kekuatan dalam Waktu Singkat. Setelah dijelaskan beberapa tips, strategi, dan segala hal yang berkaitan dengan sukses belajar. Dalam bab ini, Adamkhoo kembali mengajak pembaca untuk berkomitmen demi tercapainya cita-cita masing-masing. Sebagai manusia, Adamkhoo menyadari, bahwa pada umumnya manusia lebih menggunakan emosi dan mengesampingkan logika. Ada banyak hal yang seharusnya dilakukan, namun kita tetap tidak melakukannya karena mengikuti perasaan. Oleh sebab itu, Adamkhoo kembali mengingatkan, Kendalikan keadaan emosi. Jika mampu mengendalikan emosi maka anda dapat mengendalikan hidup anda. Kita dapat memperbaiki keadaan emosi kita menjadi bergairah, termotivasi atau merasa malas, bosan, adalah merupakan suatu perasaan yang kita ciptakan sendiri. Jadi untuk mengubah tindakan dan hasil, maka haruslah belajar mengendalikan pikiran dan cara menggunakan tubuh. Di sini juga dijelaskan bagaimana keadaan emosi diciptakan?. Apa yang menentukan perasaan kita pada momen tertentu?. Keadaan emosi kita ditentukan oleh pikiran dan cara kita menggunakan tubuh. Cara menggunakan tubuh mempengaruhi keadaan anda. Oleh sebab itu, jika merasa bosan atau malas maka perintahkan diri untuk kembali bergairah, berekpresi wajah penuh semangat, dengan tubuh yang penuh kekuatan dan penuh motivasi.  Yang terakhir, kendalikan pikiran melalui kata-kata seperti saya dapat melakukannya.
Bab 17, Hitungan Terakhir. Begitu banyak bab telah terlewati, hingga sampailah pada bab ini. Di sini Adamkhoo memberikan beberapa tips untuk menciptakan lingkungan belajar yang optimal. Tempat belajar yang dipilih untuk belajar seharusnya memiliki karakteristik sebagai berikut: 1. Cukup cahaya. Tempat terang dengan cahaya lampu pijar biasa. 2. Periksa suhu ruangan. Suhu rendah akan membuat lebih terjaga. Suhu optimal otak adala 190c. 3. Bebaskan diri dari gangguan. Seperti televisi, telepon, tempat tidur dan lain-lain. 4. Jangan rakus. Terlalu kenyang akan membuat mata mengantuk. Hindari makan daging merah, gula, tepung terigu sebelum belajar. Karena bahan makanan ini mengurangi kemampuan otak menyimpan informasi. 5. Gunakan musik latar. Lagi-lagi Adamkhoo menyarankan untuk menggunakan musik baroque karena musik jenis ini membuat keadaan rileks atau berada dalam kondisi alpha. 6. Belajar sendiri atau berkelompok. Tak lupa, pada bab ini Adamkhoo menyelipkan contoh jadwal belajar menuju hitungan akhir. 
Terakhir, Bab 18, Pertarungan Terakhir. Jika semua tahapan telah dilalui, maka dalam bab ini Adamkhoo memberikan beberapa saran untuk memposisikan diri dalam keadaan siap. Pertama, dengan datang lebih awal supaya rileks. Kedua, bebaskan pikiran dari ujian. Maksudnya, jangan bicarakan tentang ujian atau bahan pelajaran. Karna akan merusak otak anda. Selain itu perasaan tegang dan adanya materi baru, maka akan menghambat pemanggilang ulang memory yang telah tertata rapi di dalam otak. Ke-tiga, kembali gunakan kekuatan kata-kata seperti ‘ini mudah’, ‘saya bisa’, dan lain sebagainya. Ke-empat, dengan menempatkan diri dalam kondisi siap dan kuat. Sebelum ujian, buatlah diri merasa benar-benar percaya diri, pantnag menyerah dan penuh kekuatan. Kalau perlu, bisa juga diekspresikan dengan mengacungkan tinju di udara sambil berseru ‘aku bisssaaaa’. Kemudian setelah memposisikan diri dalam kondisi siap dna kuat, adamkhoo memberikan saran untuk membaca teks dengan cepat. Karna dapat membantu anda dalam merencanakan pertanyaan mana yang akan dijawab terlebih dahulu dan juga berapa lama waktu yang dibutuhkan pada setiap bagian. Adamkhoo juga mengingatkan untuk meluangkan 15 menit yang daapt digunakan untuk mengireksi kembali jawaban sehingga terhindar dari kecerobohan.  Selanjutnya, Adamkhoo menyarankan untuk melakukan pendekatan terhadap soal. Maksudnya harus mengetahui mana soal yang mudah dan sulit. Jika sudah, maka soal mudah dikerjakan terlebih dahulu, sednagkan yang sulit belakangan. Jangan terpengaruh. Dan terakhir jangan menyerah. Strategi terakhir yang diberikan adamkhoo adalah strategi untuk menguasai soal pilihan-yang bisa menjebak dan strategi menjawab essai. 1. Baca soal dengan kritis. 2. Berikan jawabn anda dulu. Bisa dituliskan di samping soal. 3. Baca semua pilihan. 4. Strategi eliminasi. Kemudian strategi menjawab essai yakni dengan cara buat rencana jawaban dalam 10 menit. Gunakan teknik mind map untuk membuat sketsa rencana. Maka anda akan tau poin-poin apa saja, serta menemukan cara mengatur dan mengelompokkan poin-poin tersebut, yang nantinya dapat dijadikan jawaban dari soal essai.  Akhir kata Adamkhoo, ‘Selamat Berjuang Menuju Kesuksesan, Tetaplah Hidupkan Mimpi Anda’. 




Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

21 Hari Kembali Muda Tanpa Ditunda Pakai Age Revival Theraskin

Mombeb, sejak aku menjadi guru, aku amat peduli dengan penampilan mulai dari wajah hingga pakaian. Sebab penampilan merupakan salah satu car...