Cara Menghemat Kuota Internet

2 hari yang lalu, disela sela kesibukanku mbeteti hingga goreng iwak bandeng, aku sempet ngobral janji halah ngobrol sana sini sama temenku. Salah satunya tentang keheranan dia akan kecantikanku *brut. Dia heran dengan kuota yang aku pakai. Koq bisa 1.5 GB untuk 1 bulan dan buat beraneka macam pula. Seperti ngeblog, dan ngemedsos. Sementara si temenku itu 1 bulan menghabiskan kuota 4 GB untuk ngemedsos dan ngeblog.

Oleh sebab itulah dia bertanya perihal bagaimana caraku menghemat kuota. Dan jawabanku tentu saja ........
Bukan 'jangan dipakai'. Karena jawaban itu adalah jawaban minta dicium mpok eli sugigi *jadi inget mak pungky. Hehe.

Tanpa basa basi dan dengan senang hati serta dengan pose manis sekali, aku pun mengatakan caraku menghemat kuota. Yakni sebagai berikut :

1. Memanfaatkan wifi
Aku selalu mengaktifkan yang namanya "wifi". Jadi begitu ada keterangan "wifi tersedia" langsung conect deh, kecuali yg dikunci ya. Baik itu di rumah maupun di luar. Kalau di rumah biasanya 'nunut' alias nempel wifi suami. Trus kalau sudah pakai wifi, semuanya aku aktifin, entah itu update otomotis, muat gambar, dan lain sebagainya. Manfaatin kesempatan sebaik mungkin. Hehe.

2. Matikan internet saat tak terpakai
Misalnya saat tidur, aku selalu mematikan jaringan internet. Nggak hanya hemat kuota, bisa hemat baterai juga.

3. Jangan centang keterangan "update otomatis".
Dulu, waktu aku masih belum tahu dimana letak si 'update otomatis' ini, kuotaku cepet amblas. Apalagi kalau updetannya malah bikin hp erorr, beuuggghhhh, rasanyaaa..kayak sariawan dikasih cabe. Pedih.

4. Jangan centang keterangan "muat gambar"
Gambar juga menghabiskan kuota lumayan lho. Lebih banyak dari lihat tulisan doank *yaiyalah. Kelemahannya, blogwalking jadi berasa ngos ngosan, karena kalau lg blogwalking, nggak bs lihat gambar2 yg mewakili tulisan tersebut, akibatnya hrus baca tu postingan sampai tuntas. Biasanya 1 jam bs blogwalking ke sekian blog menjadi hanya bisa blogwalking ke 4-5 blog aja.

Jadi ya begitulah cara hemat kuota ala daku yg mirip shiren sungkar ini *broot. Hehe.

Kalau kalian bagaimana ?. Boleh deh share di sini. Yuhuuuu

Cara Mengetahui Kesiapan Anak Menulis dan Membaca dari Gambar

Tahukah Kamu, Mam. Bahwa kesiapan anak menulis dan membaca dapat dilihat dari gambar yang si kecil buat ? Nggak tahu, soal ini, aku ma...