Monday, January 25, 2016

KEB BERKARYA : Ibarat Pelangi, Berbeda Namun Tetap Indah Mempesona

Dulu, sebelum bersatu (menjadi power rangers) atau bergabung di KEB, aku pikir KEB itu adalah kumpulan ibu-ibu rumah tangga yang suka ngeblog. Jadi sebab merasa sama dalam hal kesukaan maupun profesi, aku pun memutuskan untuk bergabung ke KEB. Mendaftar, lalu memenuhi syarat ketentuan yang berlaku di KEB trus diapprove deh sama mama maira atau makte Sary Melati.

Lambat laun *aseg, akhirnya aku tau bahwa KEB bukan hanya kumpulan ibu-ibu rumah tangga yang suka ngeblog saja. Melainkan KEB adalah sebuah wadah yang di dalamnya berisi rupa rupa perasaan, pikiran, kesukaan, kebiasaan, kegundahan, kegalauan para wanita. Mau cari yang model gimana ?. Pasti ada di KEB. Mau cari yang suka mbahas soal kecantikan ?. Ada. Cari yang suka travelling ? juga ada. Atau cari yang seperti Dian sastro juga ada ?. *Nunjuk diri sendiri  *lalu ditoyor rame-rame. Hehe.

Biasanya, sebuah komunitas itu terdiri dari orang-orang yang memiliki kesukaan yang sama. Dengan begitu komunitas pun akan berusia cukup lama. Sebab adem ayem tentrem. Karena merasa sudah satu hobi. Satu kesukaan. Maupun satu pikiran. Selain itu juga yang dibahas di komunitas tersebut tak pernah jauh banget dari apa yang sama sama disukai. Jadi aman. Aman dari yang namanya kres-kres pecah kongsi.

Lain halnya dengan KEB. KEB memang terdiri dari para wanita yang memiliki kesukaan yang sama yakni ngeblog, akan tetapi di KEB tidak melulu membahas soal ngeblog. Semua anggotanya bebas mau share apapun asalkan tidak mengandung si sara dan berbau forno. Mau share tulisan soal parenting, monggo. Share curahan hati juga silahkan. Share menu masakan plus masakannya sekalian juga boleh banget *hahayyyy. Apalagi share soal ilmu ngeblog hingga dapetin duit dari ngeblog, beuughhh, pasti bakal diserbu. Boleh dishare, boleh dikomentarin dan boleh ngajukan pertanyaan juga kepada si empunya tulisan. Beneran. Anggota KEB pada royal koq sama ilmu. Nggak pelit informasi. Mau tanya apa pasti dijawab tentu saja sesuai dengan pengalaman masing-masing.

Share yang beraneka ragam tersebut tentu saja ada yang menimbulkan pro dan kontra. Seperti misalnya share soal ibu bekerja atau ibu rumah tangga. Kalau di luar, bahasan tersebut masih cukup mampu memicu mom war. Tapi kalau di KEB nggak. Dua wanita yang mbahassoal itu (satunya soal ibu bekerja dan satunya lagi soal ibu rumah tangga) malah saling berpelukan ala teletubbies gitu. Atau jangan-jangan mereka berdua itu, si emak annisa steviani dan emak istiana sutanti, memang jelmaan teletubbies kali yak ?. Mari kita tanyakan langsung ke mereka berdua. Hehe.

Pro dan kontra itu pasti selalu ada. Dimanapun pasti kita ketemu sama yang namanya perbedaan. Tapi ya tergantung masing-masing menyikapinya gimana. Kalau aku sendiri nih, misalnya ketemu sama tulisan salah satu atau salah dua anggota KEB yang nggak sreg di hati, biasanya aku memilih untuk jadi silent reader aja. Kadang juga ketidak-sreg-anku itu aku tuangkan juga di blog. Kalau sudah begitu, ya harus siap-siap aja mendapat komentar yang unik. Resiko lah yah. Trus selanjutnya apa ?. Ya udah. Nggak perlu di simpan di hati donk ah. Apalagi berbalas nyinyir. Lanjutin ngeblog aja. Lanjutin berkarya. Kalau semangat ngeblog hilang, lalu keluar dari suatu komunitas blogger gara-gara ada yang kontra sama kita, beuugghh, dijamin bakal rugi. Bisa hilang kesempatan dapet ilmu ini itu secara gratis. Bisa hilang juga ladang amal jariyah dengan berbagi ilmu bermanfaat kepada kawan-kawan blogger dan yang lainnya. Dan bisa hilang juga peluang untuk menghasilkan pundi-pundi dari dunia blogging ini.

Ah rasanya, kawan-kawan blogger, terutama para emak blogger, sudah paham betul akan hal itu. Makanya KEB tetep adem ayem tentrem dan langgeng sampai saat ini, di usianya yang sudah menginjak 4 tahun ini. Pro dan kontra pun sudah jadi hal yang biasa. Sama sekali nggak membuat para emak blogger berhenti berkarya. Menelurkan tulisan yang oke punya. Menabur manfaat serta dapat menuai hasil yang begitu manis rasanya (baca : punya banyak teman atau kantong jadi tebal, hihihi) amin.

Di ultah KEB kali ini, aku ingin melakukan dua hal. Yang pertama adalah ingin mengucapkan terima kasih kepada para founder KEB yang sudah berpeluh-peluh membentuk komunitas se-kece ini. Terima kasih juga buat para makmin yang sudah siap sedia menghandle emak-emak rempong seperti eikeh ini. Dan terima kasih juga buat kawan-kawan emak blogger yang senantiasa menyulut semangatku untuk terus ngeblog makin membara *tsah.

Harapan plus doa aku untuk KEB adalah semoga KEB makin mengudara *tsah. Terus menebarkan energi positif kepada para wanita di seluruh penjuru negeri ini bahkan hingga ke luar negeri. Serta terus menjadi inspirasi. Khususnya inspirasi untuk negeri ini. Bahwa, meskipun dalam perbedaan, tapi tetap berkarya untuk perubahan. Ibarat pelangi yang memiliki warna berbeda-beda, mejikihibiniu. Berbeda tapi tetap mampu menyajikan pemandangan yang indah dan mempesona. 


24 comments:

  1. Semoga menang ya mbak :) go go power rangers!

    ReplyDelete
  2. Semangat Muma....aku malah belum bikin yang ini...hehe

    ReplyDelete
  3. Dulu saya minder merasa tulisan saya biasa aja, tapi sekarang lumayan PD karena KEB :)

    Semoga berjaya ya mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sm mak, aku dlu jg suka pede, soalnya tulisan aku maknyonyor bgd, tp skrg alhamdulillah yah, bnyak bljar di keb

      Delete
  4. iyaaaa pelangi aja bisa cantik mempesona gt meskipun warnanya berbeda2, masak kita enggak :)
    mau sampe kapanpun perbedaan itu tetap ada....gudlak mak!

    ReplyDelete
  5. sukses terus untuk KEB :)
    saya juga awalnya mengira KEB itu adalah kumpulan ibu-ibu blogger :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeayyy, sukses utk keb, sukses jg uykmu mak ira :)

      Delete
  6. Saya member baru di KEB, namanya komunitas pasti beda-beda ya mba orang-orangya, beda kepala beda pemikiran, yaa penting banget menjunjung nilai kebersamaan, pelangi kalo cuma satu warna yaa..ngga indah toh! Sukses terus buat KEB dan mba Inda juga. :)

    ReplyDelete
  7. Sukses mbak untuk tulisannya. Saya malah absent nggak posting ini. Lihat temanya, kok berat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bantuin saya aja mak, wow in saya yak..hehe..
      thn don kudu ikut yak :)

      Delete
  8. Semangat semangat... baca tulisan ini tambah semangat ngeblognya.. apalagi di KEB, adem rasanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. adem seger chori chori chupke chupke,,hehe

      Delete
  9. Ehmmm.. sebagai pendatang baru di kancah blog-blogan #eh, jadinya seneng punya nambah teman. Termasuk mba Inda :). Sukses mbaa

    ReplyDelete
  10. Ahh I Love KEB too.

    love rainbow too

    ReplyDelete
  11. Semoga menang mbak.

    *btw apa cuma gue cowok sendiri yang komen yaa?*
    *celingak-celinguk*

    ReplyDelete
  12. Dulu juga sempat kepikiran gitu Mak Inda. Aku pikir KEB itu komunitas buat blogger emak2. Saya yg msh jomblo apa bsa bergabung di sana yakkk. Eh ternyata bsa :) dan untuk semua perempuan tanpa memandang Suku, agama, dan golongan

    ReplyDelete
  13. good luck ya semoga menang. Karena satu dan lain hal aku gak bisa ikutan nulis :) tapi tetap mendukung KEB

    ReplyDelete
  14. Aamiin. Tulisannya penuh spirit nih, auranya. Makasih sudah bersama KEB ya, Inda. Semoga bisa belajar dan emngajarkan, untuk karya yang lebih baik. Aamiin *mwah!

    ReplyDelete
  15. Berbeda-beda tapi tetap satu ya :D

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)