Cara Agar Ibu Yang Mempunyai Balita Tetap Nyaman Saat BAB

Sudahkah kalian "nyetor" hari ini ?. Kalau belum, jangan lupa nyetor yak. Karena buang air besar berdampak pada kesehatam tubuh kita juga. Nggak percaya ? Tanyakan saja pada rumput yang bergoyang *halah.

Alhamdulillah, aku sudah bab hari ini. Berlangsung dengan lancar jaya tanpa hambatan berupa :
● si kecil manggil-manggil.
Kalau sudah bgini biasanya aku mulai gelisah).

● denger suara gubrak atau gedebug.
Mulai teriak-teriak dari kamar mandi.

● si kecil nangis.
Hasrat bab mulai pudar, ingin berhenti, tapi nanggung.

● melihat si kecil tengah menatap kamar mandi.
Sebab nanhgung jadi muulai berusaha mempercepat - > Ngeden pakek tenaga dalam - > sambil teriak teriak kepada si kecil agar mau menunggu sebentar.


● melihat si kecil mulai mendekati kamar mandi.
Semakin dipercepat - Ngeden dengan tenaga yang full power.

● si kecil bilang "Luk Ba" dari balik pintu kamar mandi yang terbuka setengahnya. 
Saat ekspresi kaget berkolaborasi dengan ekspresi lagi konsentrasi to the max demi cepat selesai.

● si kecil ikut masuk kamar mandi (padahal emaknye tengah konsentrasi).
HUUUAAAAAA.

Hampir semua ibu yang mempunyai balita pernah mengalami kejadian seperti di atas. Terutama ibu-ibu yang momong si kecil sendirian saat suami pergi bekerja. Betapa senepnya, alias menderitanya saat bab jadi tak nikmat sebab tingkah si kecil yang amazing. Meskipun begitu, kejadian ini akan menjadi kenangan yang terbingkai aman di ingatan. Betul begitu ibuibu ?.

Untuk menghindari hal itu terjadi. Aku biasanya, jauh-jauh hari *halah, sudah mempersiapkan beberapa cara agar bab nyaman. Jadi saat aku mau bab, aku .....
■ Memilih program tv kesukaan si kecil
Untuk ini, aku menyiapkan list proram tv apa saja yang si kecl suka. Lengkap dengan jam tayangnya. Biasanya kalau sudah dinyalain program tv kesukaannya, si kecil akan anteng duduk di depan tv. Sampai aku selesai melaksanakam panggilan alam.


■ Menyiapkan camilan kesukaan si kecil
Kalau ini, aku pakek pertimbangan waktu. Kira-kira camilan mana yang habisnya membutuhkan waktu cukup lama. Misalnya batu gitu *wadoh, Hehe.


■ Memutar lagu-lagu favorit si kecil
Tidak semua lagu menjadi favorit si kecil. Kalau suka ia akan ikut menyanyi bahkan bergoyang. Kalau tidak suka ia akan minta dimatikan lagunya atau ia matikan sendiri atau pakai cara ampuhnya yaitu nangis bombay.


Pernah nih ya, aku ceritanya lagi asyik asyik ikutan nyanyi sambil dengerin radio. Eee tiba tiba si ken mendekat lalu nangis di depanku. Bingung donk yak ? Tanyain kenapa ? Dia diem aja. Aku nyanyi lagi dia nangis lagi sambil akhirnya bilang gini "nanan ma nanan". Sejak saat itu aku baru sadar bahwa suaraku tak semerdu ariana grande *yaiyalaaahhh *hellooooooww, hehe.

■ Membuat mainan 
Kalau ada mainan baru, si kecil bakal konsentrasi meng-eksplorasi mainan barunya itu. Jadi aku biasanya bikin mainan yang sederhana aja. Dari barang bekas. Malah kadang penampakannya maknyonyor gitu. Tapi si kecil mau memainkannya.

Landasan dari kardus bekas ini bikin si kecil anteng sebentar


■ Nunggu si kecil tidur
Ini tergantung dari seberapa kuat menahannya. Juga tengah kebelet atau tidak.


■ Nunggu ada yang momong
Sama dengan nunggu si kecil tidur. Kalau aku masih sanggup ya nunggu sama si ayah pulang kerja.


Itulah beberapa cara yang aku lakukan saat aku akan bab. Demi bab bisa lebih nyaman dan lega. Kalau kalian gimana nih ? Pernah mengalami hal seperti aku gitu nggak ? Kalau iya, share di sana yak cara kalian mengatasinya seperti apa. Monggooooooo.

Cara Mengetahui Kesiapan Anak Menulis dan Membaca dari Gambar

Tahukah Kamu, Mam. Bahwa kesiapan anak menulis dan membaca dapat dilihat dari gambar yang si kecil buat ? Nggak tahu, soal ini, aku ma...