Sunday, July 3, 2016

Cara Cepat dan Mudah Menghilangkan Kerak di Wajan

Haihai semuaaaa. Assalamu'alaikum. Lama tak jumpo yak. Kalian sudah pada mudikkah ? atau masih dalam perjalanan ? Hati-hati di jalan yak. Yang sudah mudik, selamat bertemu keluarga di kampung halaman. Senengnyooooo. Ciecieeee. Senyumnya sampek lebar banget begetooo. :D

Update blog kali ini, aku pengen ngisi kolom tentang segala hal yang berbau dapur. Eit jangan kabur dulu. Bukan share tentang resep makanan koq. Jadi kagak bikin kalian ngeces saat sedang berpuasa. Aman. Ini cuma pengen share pengalaman aku saat menghilangkan kerak bandel di wajan yang bukan anti lengket alias wajan biasa.

Sebelumnya, cara yang aku gunakan untuk menghilangkan kerak di wajan adalah dengan mengisi air di wajan yang berkerak. Kemudian aku biarkan semalaman. Dan baru aku bersihkan keesokan harinya dengan tetap menggunakan kawat pembersih untuk cuci piring. Cara itu tentu saja benar-benar bukan cara yang efektif yak. Apalagi di saat aku sedang 'dikejar waktu'. Kalau dikejar Nicholas Saputra mah, eikeh sih santai yak. Hahahaha.

Hingga suatu hari. *ceileh bahasanyo*. Aku nggak sengaja ketemu cara cepat dan mudah menghilangkan kerak di wajan. Cara ini aku temukan saat sedang menumis bumbu untuk membuat ayam kecap. Dimana sebelumnya, wajan yang aku pakai tersebut sudah aku gunakan untuk membuat bakmi. Jadi begitu selesai membuat bakmi, wajan tersebut langsung aku pakai untuk menumis bumbu ayam kecap tanpa aku cuci terlebih dahulu. Soalnya kenapa ? Keburu adzan maghrib cyiinn.

Semula aku pikir, ni wajan pasti bakal makin lengket karena tidak aku cuci terlebih dahulu. Tapi ternyata.....jrengjrengjreng. Ndilalah tuh wajan nggak makin lengket. Malah sebaliknya. Kerak yang muncul saat membuat bakmi malah cepat hilang begitu air, yang aku tambahkan setelah bumbu membuat ayam kecap tercium harum semerbak, itu mendidih. Dan makin cepat dan mudah hilang saat aku menggesek-gesekkan sendok/sutil ke wajan tersebut.

Sejak kejadian tersebut, aku pun tidak lagi menghilangkan kerak di wajan dengan cara yang lama tersebut. Melainkan pakai cara yang mudah dan cepat untuk menghilangkan kerak di wajan. Caranya seperti di bawah ini nih :
1. Biarkan wajan berkerak tersebut di atas kompor.
2. Tambahkan sedikit air.
3. Nyalakan kompor.
4. Tunggu sampai air di kompor mulai menunjukkat tanda-tanda akan mendidih.
5. Kemudian gesekan sutil atau sendok biasa/sendok kayu pada kerak bandel yang ada di wajan tersebut.
6. Setelah dirasa tidak ada kerak lagi, matikan kompor, lalu buang air bekas cucian kerak tersebut, lalu gosok kembali dengan sabun cuci piring.
7. Selesai.

Alhamdulillah yah. Nggak perlu nunggu tiga purnama *halah*, maksudnya nggak perlu nunggu waktu yang lama dan susah untuk menghilangkan kerak bandel di wajan. Lebih dari itu, kegiatanku di dapur pun jadi makin lancar dan lebih cepat selesai.

Nah kalau kalian gimana ? Cara apa yang kalian lakukan nih kalau ketemu si kerak bandel di wajan ? Share dimari yak teman-teman. Monggo loh yah. Monggooooo. :D




4 comments:

  1. wkwkwk...saya siwer mba ta' kira kerak di wajah (canda deng..) iya caranya sama mba, saya juga gitu kalo bersihkan kerak. Kalao ngga bersih masak jadi lengket

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkkwkwkwk, mbk nu, asli, ngakak saya mah baca komen dikau, wkwkwkwk

      Delete
  2. Wahh bagus nih idenyaa. Makasii mba

    ReplyDelete
  3. wahh, caranya boleh juga tuh Mba Inda, daripada direndam semalaman, cara ini lebih mudah dan cepat :D

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)