Skip to main content

Segudang Manfaat Air Tajin yang Diperoleh dari Beras Merah

Masyarakat modern mungkin masih asing dengan nama tajin. Terlebih lagi tajin yang diperoleh dari beras merah. Tajin sebenarnya merupakan air berwarna putih sedikit kental layaknya susu. Tajin sendiri diambil dari rendaman beras baik beras biasa maupun beras berwarna merah. Karena jarang yang mengetahui tajin maka jarang pula yang mengetahui manfaatnya. Hanya para orang tua yang memiliki anak bayi yang mungkin mengetahui manfaat tajin tersebut. Lantas apa aja nih sebenarnya manfaat dari tajin yang diperoleh dari beras berwarna merah tersebut. Cus simak penjelasannya di bawah ini yak.
 
Sumber Gambar : Bukalapak
•      Untuk masker kulit wajah
Khasiat dari tajin yang diperoleh dari beras berwarna merah yang pertama ialah untuk masker kulit khususnya kulit wajah. Percaya atau tidak, konon para wanita yang tinggal di daerah Kalimantan dahulu kala sering menggunakan air tajin yang dicampur dengan telur dan mengoleskan di sekitar wajah. Hal ini dilakukan agar wajah menjadi halus dan bersih. Air tajin ternyata mengandung zat oryzanol. Zat ini diketahui berfungsi untuk memperbarui melanin dan pigmen pada kulit seseorang. Kalau kalian ingin mempercantik kulit wajah, kalian bisa pakai air tajin tersebut.

•      Untuk lulur tubuh
Bagi kalian, para wanita yang saat ini sedang mencari produk lulur berkualitas dan murah, maka lulurdari tajin yang diperolehdari beras tersebut bisa menjadi alternatif pilihan. Meski terbilang tradisional, lulur tajin yang dicampuri dengan pasta almond dipercaya dapat menghaluskan kulit tubuh seseorang. Nggak percaya ? kalian bisa membuktikannya sendiri dengan cara mencampur air tajin beras merah dengan beberapa pasta almond. Setelah itu oleskan ke seluruh tubuh. Kemudian basuh lah tubuh dengan air hangat. Dan lihat hasilnya, tubuh kalian akan terlihat kencang serta halus layaknya puteri Keraton jaman dahulu. Cakep kaann ?.

•      Untuk pencerah bibir
Tajin yang dibuat dari salah satu beras berkualitas rupanya bisa juga dimanfaatkan untuk mencerahkan bagian bibir yang berwarna hitam. Caranya cukup mudah saja. Kalian dapat mengoleskan beberapa tetes tajin ke bibir yang terlihat pecah-pecah dan berwarna hitam. Aktifitas ini dapat dilakukan setiap hari hingga bibir kembali berwarna merah muda dan segar. Biasanya membutuhkan kesabaran untuk hasil yang maksimal. Namun jangan khawatir setelah menunggu dan bersabar, bibir akan terlihat segar dan merona.

•      Untuk mendinginkan kulit
Pernahkah kalian merasakan kulit terasa panas layaknya terbakar. Ya, kulit tersebut kemungkinan terbakar oleh sinar matahari. Biasanya bila sudah terbakar kulit akan berwarna gelap. Ada cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu caranya yaitu menggunakan air tajin. Air tajin dapat kalian oleskan ke bagian kulit yang terbakar oleh terik matahari. Setelah itu diamkan beberapa saat agar kulit terasa lebih dingin. Bila dirasa sudah cukup dingin, kalian bisa membasuhnya dengan air biasa. Meski cara ini terbilang rumit karena kalian harus menyiapkan air tajin setiap saat, tapi nggak ada salahnya dicoba kan ?.

•      Untuk kesehatan jantung

Manfaat terakhir dari air tajin yang diperoleh dari beras ini ialah dapat menyehatkan jantung seseorang. Kalian tidak percaya? Ternyata air tajin mengandung beberapa vitamin salah satunya yaitu vitamin E. Tak hanya vitamin, air tajin juga kaya akan magnesium. Kedua kandungan tersebut sangat penting untuk kesehatan jantung seseorang. Kalian bisa membuktikannya dengan rajin mengkonsumsi air tajin dari beras merah yang sudah diproses dengan benar. Kemudian baru kalian akan terhindar dari penyakit jantung dan stroke yang berbahaya.

Comments

  1. Mba, ini cara mengkonsumsinya apa langsung diminum atau direbus dulu ya air tajinnya? Karna kan kalo mencuci beras biasanya saya pake air kran :D

    Kalo beras yang putih itu, air tajinnya saya buat untuk menyiram tanaman hihihi bisa subur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicuci pakek air biasa aja bisa koq mbk ning,
      aku jg kdg pakek nyiram kembang mbk, subuurrrr :)

      Delete
  2. air tajin yg dimaksud ini masih air mentah ya mbak?
    kalau ibu dulu bilang air tajin adl air yg agak mengental saat menanak nasi.

    Wah boleh juga nih rahasia air tajin bisa bikin kulit sehat :-)

    ReplyDelete
  3. Banyak banget manfaatnya ya mba. Boleh dicoba sendiri neh, terutama maskeran.

    ReplyDelete
  4. Banyak banget manfaatnya ya mba. Boleh dicoba sendiri neh, terutama maskeran.

    ReplyDelete
  5. wah makasih tipsnya mba, mau coba ah buat wajah, lagi kusam nih soalnya :(

    ReplyDelete
  6. Wah ibu2 jaman dulu itu bagus ya ngasi anaknya air tajin

    ReplyDelete
  7. Pengen nyoba buat maskeran ah biar fresh kayak mbak Inda :)

    ReplyDelete
  8. Wow wow .. manfaatnya banyak ya Mak :)

    ReplyDelete
  9. Air tajin itu air cucian berasnya ya, mbak, bukan yang pas dimasak trus mulai mendidih itu? Jadi pengen cuci muka pake air tajin :D Eh iya kalo di makassar biasanya dipakai juga untuk bikin coto hehe. Salam kenal mbak, salam blogahraga!

    ReplyDelete
  10. Aku konsumsi beras merah, sayangnya air berasnya lupa tidak diberdayakan hehehe

    ReplyDelete
  11. Saya dikasih tau ipar saya nuh tentang air tajin bagus buat kecantikan. Hehehe... Tapi belum tau yg dari beras merah. Ada beras merah di rumah. Moga ga lupa ambil air tajinnya kalau mau masak.

    ReplyDelete
  12. Jadi ngebayangin air tajinnya di masukkin kulkas,trus jadi lotion sejuk. Trmks tipsnya yaa...

    ReplyDelete
  13. Jadi ngebayangin air tajinnya di masukkin kulkas,trus jadi lotion sejuk. Trmks tipsnya yaa...

    ReplyDelete
  14. Air tajin tenyata ada manfaatnya. Dulu ibuku memberi air tajin karena tidak mampu beli susu.

    ReplyDelete
  15. Iya, kalo di lingkungan saya air tajin tuh air beras yang pas dimasak mau mendidih itu, Mbak.
    Btw banyak juga ya Mbak manfaatnya :)

    ReplyDelete
  16. Saya kira tidak ada manfaatnya mbak ternyata ada juga ya manfaatnya kalau begitu nanti saya akan coba deh untuk tidak membuang langsung air tajinnya.

    ReplyDelete
  17. aq dulu suka raupan pake air tajin, tapi yang dari beras putih. efeknya utk ngilangin warna kulit muka tidak merata

    ReplyDelete

Post a Comment

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Popular posts from this blog

Cara Menghaluskan Daging Tanpa Mesin

Idul Adha. Daging dimana-mana. Bingung mau dimasak apa. Akhirnya dibikin bakso saja.
Yup, meluncurlah kami, daku dan suami, ke pasar, bukan hendaak berkeliling keliling pasar, tp hendak menggiling daging kurban jadi adonan. Di rumah, tinggal dibentuk bulat bulat plus bikin kuaahnya saja.

Tiba di tempat giling daging. Beugghhh. Harum semerbak nan memblenek. Yah namanya jg tempat penggilingan daging. Jadi ya gitu ituh.

Kami memilih tempat yang sudah direkomendasikan tukang bakso langganan kami. Di tempat itu, kita bisa request mau adonan yg begini atau yg begitu. Kami sih memilih yg begini aja. Kan buat dikonsumsi keluarga.

Kami harus mengantri, karena banyak yg seperti kami. Bingung mau dimasak apa lagi tuh daging sapi.
Masa menunggu, membuat daku bergumam: "koq gitu?".
Kenapa ?.
Kebersihan tempat bisa dikatakan lumayan lah daripada sebelah2nya. Yg bikin perasaan jadi gimanaaa gitu, karenaaaaaa. Yg handle adonan itu lohhh, laki laki berkaos singlet. Kalau ada yg netes dari ce…

4 Merek Panci Presto Terbaik

Satu atau dua hari sebelum lebaran biasanya para ibu rumah tangga, seperti kita-kita nih, sudah mulai mempersiapkan beraneka macam hidangan yang lezat seperti opor ayam dan ketupat donk ya. Nah untuk menghasilkan opor ayam yang empuk, kita pasti membutuhkan yang namanya panci pressure cooker (presto). Dengan menggunakan panci presto ketika merebus ayam, daging akan cepat matang dan empuk dalam waktu yang singkat. Selain itu penggunaan gas juga akan lebih hemat dan makanan akan menjadi lebih sehat karena gizi yang terkandung dalam ayam akan tetap terjaga. Berikut adalah daftar empat merek panci presto terbaik yang bisa kita dapatkan di online shop banyak diskon MatahariMall.
1. Airlux Panci Presto PC7216 Panci presto berkapasitas 16 liter ini bisa memasak makanan 3-10 kali lebih cepat daripada panci yang biasa kita gunakan. Panci ini dilengkapi dengan safety valve dan safety cover lock yakni lubang pembuangan uap atau udara yang berfungsi sebagai pengaman pada saat panci presto diguna…

20 Foto Kreatif Bayi di Atas Kasur! Nomor 18 Greget!

Hai hai sobat Finspi.
Kasur merupakan salah satu tempat ternyaman bagi seorang bayi. Karena nih seperti kita tahu, seorang bayi dapat menghabiskan waktu 18 jam hanya untuk tidur. Terlepas dari hal itu, kasur merupakan tempat paling empuk dan nyaman untuk digunakan bermain oleh siapa saja. Termasuk kita-kita nih. Iya kan ?.
Dulu, waktu kecil, pasti kalian sering bermain di kasur bukan ? Tos dulu kita, sama. Hahayyy. Aku juga dulu suka bermain di kasur. Bermain sama Adek. Mulai dari bermain lempar guling, saling menggelitik, atau bermain petak umpet di balik selimut. Tidak hanya seru, tapi juga nyaman. Secara nih, mainnya di kasur. Jadi kan empuk gitu.  
Nah, kali ini Finspi Asia membahas hal-hal keren yang berhubungan dengan bayi dan kasur. Hal tersebut dimulai saat sang orang tua memanipulasi gaya tidur si anak di kasur. Meski hanya di atas kasur dan bermodalkan alat-alat seadanya, namun karya ini SANGAT LUAR BIASAlho!.

Bagaimana tidak, karya-karya di bawah ini sangat menakjubkan dan ten…