Ide Bisnis Tanpa Modal yang Berpotensi Berhasil

Akhir tahun 2017 menjadi waktu yang sangat cocok untuk memulai membangun sebuah bisnis lantas mengembangkannya. Prospek yang ada di tahun ini memberikan banyak sekali hal yang menjanjikan karena memang trend pasar yang selalu bergerak dengan cepat. Perkembangan ekonomi yang berjalan saat ini juga sangat pesat sehingga secara linear berdampak pula pada persaingan yang sangat ketat. Namun jangan khawatir karena hal tersebut tidak akan menjadi penghalang Kamu yang benar-benar memiliki keinginan untuk memulai sebuah usaha. Kreativitas harus diciptakan dengan bungkus yang sangat menarik untuk dapat memenangkan persaingan tersebut. Selain itu, beberapa elemen penting dalam usaha seperti relasi, pengalaman, tenaga kerja, lokasi, dan modal menjadi hal yang benar-benar harus dipikirkan dengan matang.

Modal tampaknya dianggap sebagai satu-satunya penghalang yang membuat banyak sekali orang akhirnya memutuskan untuk mundur dari rencana bisnis yang sudah direncanakan dengan sangat matang. Persoalan modal dianggap sebagai satu-satunya penyebab mutlak gagalnya mereka dalam merintis sebuah usaha. Hal tersebut tentunya tidak benar karena zaman sekarang memiliki banyak sekali kemudahan dalam mengakses modal dengan sangat mudah. Pinjaman online langsung cair bisa dijadikan sebagai salah satu solusinya. Di lain pihak, banyak calon pebisnis yang bingung cara mengakses pinjaman tersebut dan tidak pernah percaya pada pinjaman tunai tanpa agunan. Padahal cara mendapatkan modal dengan cara ini bisa menjadi batu loncat bagi Kamu untuk dapat mewujudkan impian menjadi seorang pebisnis yang sukses. Setelah mendapatkan modal tersebut lalu ide bisnis apa yang kemudian memiliki potensi keberhasilan yang besar? Jangan bingung atau galau. Pada kesempatan kali ini secara khusus Aku akan membahas mengenai beberapa ide bisnis yang cocok digunakan sebagai pilihan.

1.    Usaha waralaba sangat cocok untuk pemula
Belum memiliki pengalaman dan modal yang terbatas tidak lantas membuat Kamu mundur dari pertarungan hidup ini, bisnis waralaba akan menjadi tempat Kamu belajar banyak hal mulai dari manajemen bahan, manajemen modal, dan lain-lain dan bahkan bisa dijadikan sebagai tempat pertama membangun sebuah relasi. Nah, bisnis waralaba ini tentunya tidak akan menyulitkan Kamu karena pemilik atau owner dari brand tersebut akan memberikan bimbingan sampai betul-betul berani terjun berjualan di lapangan. Mental juga akan diasah dalam tahap ini. Sebagai seorang pemula, hal-hal yang berkaitan dengan bisnis yang sangat rumit dan memusingkan wajib untuk dihindari. Lakukan bisnis-bisnis kecil dulu lalu pada masa yang akan datang sudah tentu mental lahir batin Kamu akan siap membangun bisnis yang lebih besar daripada yang sekarang.

2.    Usaha dengan menjual jasa
Cara ini menjadi cara yang sangat jitu untuk Kamu yang tidak ingin memusingkan dampak yang akan terjadi jika dalam sehari tidak ada konsumen yang datang. Tidak seperti bisnis kuliner berupa makanan yang dalam sehari bisa saja basi, usaha jasa menjadi hal yang sangat menarik dilakukan karena sangat mudah dan koefisien kerugiannya bahkan mendekati nol. Kondisi pertumbuhan masyarakat yang sangat cepat ini membuat ketersediaan jasa terasa kurang. Nah, usaha yang bergerak di bidang jasa yang mungkin bisa Anda lakukan adalah dengan membuka jasa laundry misalnya. Jenis usaha ini sangat cocok dibangun di tempat yang berdekatan dengan kampus dengan pangsa pasar mahasiswa yang sibuk. Jasa ini selalu dibutuhkan karena setiap tahunnya akan ada penerimaan mahasiswa dan belum tentu pada tahun tersebut mahasiswa lama sudah lulus. Hal ini tentunya menjadi peluang yang sangat besar untuk Kamu. Hanya dengan tempat yang sempit saja semisal ruangan berukuran 3 meter kali 3 meter, Kamu dengan mudah akan meraup banyak sekali keuntungan.

Selain itu, penawaran jasa lain yang dibutuhkan oleh banyak orang yaitu cuci motor dan tempat bimbingan belajar. Produksi motor yang sangat banyak menyebabkan dalam satu keluarga tidak hanya memiliki satu motor. Nah, keadaan ini yang harus dimanfaatkan dengan sangat baik. modal yang dibutuhkan pun lumayan kecil yaitu selang untuk air dan sabun untuk membersihkan motor. Selain jasa laundry dan jasa cuci motor, jasa bimbingan belajar juga laku keras. Orang tua yang terlalu sibuk meniti karier sudah tentu tidak memiliki waktu luang untuk membantu anak dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah.
3.    
      Industri kreatif
Ide bisnis yang kreatif tidak selalu dimiliki oleh semua orang namun ternyata diminati oleh banyak sekali kalangan karena dalam menjalankan usaha ini dibutuhkan keahlian di bidang seni yang mumpuni. Kreativitas dengan hasil yang menakjubkan juga hanya bisa dihasilkan oleh orang-orang yang memiliki tangan terampil. Selain itu, kebanyakan usaha ini berawal dari hobi diri sendiri. Nah, maka dari itu sangat penting sekali bagi Kamu untuk mengembangkan hobi yang awalnya iseng-iseng aja menjadi sebuah usaha bisnis yang keuntungannya tidak main-main dengan nominal yang tidak iseng-iseng. Hobi KAmu yang tidak terbayar pun akan berubah menjadi hobi yang dibayar.

Jenis bisnis kreatif yang bisa Kamu tekuni seperti jasa editing photo, jasa fotografer, menjual souvenir pernikahan, menjual undangan dengan berbagai penawaran desain yang dibuat sendiri, photo editor, jasa pembuatan bantal dengan foto keluarga, dan lain sebagainya. Semua ide bisnis sebenarnya bisa menghasilkan uang tergantung cara pengelolaannya.

4.    Bergerak di bidang fashion
Fashion menjadi hal yang tidak ada matinya. Apa maksudnya? Zaman sekarang ternyata fashion menjadi kebutuhan yang benar-benar sangat primer, khususnya di kalangan perempuan. Bisa dipastikan dalam waktu satu bulan, trend fashion tersebut paling lama bisa bertahan lalu digusur dengan sangat mudah dengan trend yang lainnya. Hal ini tampaknya bisa dianggap sebagai peluang atau tantangan. Peluang bahwa nyatanya inovasi fashion yang Kamu miliki bisa menjadi trend setter atau bahkan tantangan karena jika ternyata diri Anda tidak terlalu mumpuni maka akan dengan sangat mudah usaha tersebut gulung tikar. Beberapa siasat sebenarnya bisa digunakan, yaitu dengan menjadikan hasil terampil dari tangan dingin Kamu bagaimana pun caranya menjadi trend setter pada masa itu. Akhir-akhir ini layanan online menjadi hal yang tidak asing lagi bahkan dapat dipastikan bahwa semua orang dari berbagai kalangan menengah ke atas pernah menggunakan layanan ini. Pergi berbelanja beraneka jenis baju tidak harus dengan cara datang ke toko atau butik tetapi bisa dilakukan dengan online saja. Jika salah satu barang pada online store Kamu sukai, maka langkah selanjutnya bisa dengan langsung menghubungi admin dan transaksi akan dilakukan setelah sudah transfer uang. Barang yang Kamu inginkan pun akan di antar sampai rumah Kamu melalui layanan pengantar barang yang sudah disepakati sebelumnya.


Nah, beberapa ide usaha yang sudah disebutkan di atas bisa Kamu jadikan sebagai pertimbangan untuk dapat memilih jenis usaha yang memiliki prospek besar untuk berhasil dan menghasilkan keuntungan yang berkali-kali lipat.

8 comments:

  1. Waah... Thx tipsnya mba. Aku juga lagi cari-cari ide untuk bikin usaha nih. Cm masih bingung mo usaha apa.

    ReplyDelete
  2. aku tuh pengen banget usaha waralaba dan fashion cuman akunya tuh suka ga tekun hangat di awal mandeg di tengah berakhir dan kandas begitu saja hahaha... butuh komitmen memang untuk berbisnis itu

    ReplyDelete
  3. Dulu aku juga pernah jualan tanpa modal gede, cukup bawa dagangan orang, trs keuntungannya kita dpt sekian persen dari penjualan, modalnya hanya pede dan mau :)

    ReplyDelete
  4. Wah banyak juga peluangnya ya. Kudu lebih giat :))

    ReplyDelete
  5. Terimakasih mbak tipsnya.. saya juga sdg mikir mau usaha apaan.. terpilihlah usaha jasa laundry.. smoga sukses buat kita semua...

    ReplyDelete
  6. aq lebih seneng sama yg menjual jasa tuh soalnya aq gitu huehhehehehe
    makasih tipsnya mbak

    ReplyDelete
  7. Anak saya kelas XII SMA dodolan secara online. Modalnya dari simbok, beli album korea. Sekarang sudah tiga bulan berjalan, keterusan dodolan karena nggak perlu ke mana-mana. tinggal nunggu jasa pengiriman datang ke rumah, lalu kirim barang sambil berangkat les atau ke mana gitu. Sepertinya menikmati. Katanya untungnya gak banyak, tapi senengnya gak bisa diukur hehe

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Follow by Email

Keluarga Harmonis : Kolaborasi Antara Istri dan Resik V Manjakani Whitening Untuk Suami Terkasih

Adakah yang bertujuan menikah untuk kemudian bercerai ? Aku rasa, setiap pasangan menikah, pasti mengharap untuk menjadi keluarga yang h...