Punya Toko Online ? Yuk, Persiapkan Toko Online Kamu Buat Ikut Lebaran Sale


freepik

Ramadhan yang akan segera menjelang membuat banyak orang sudah mulai melakukan persiapan baik secara fisik maupun spiritual. Bukan hanya manusia sebagai makhluk pribadi saja namun juga sebagai sebuah badan atau lembaga yang memiliki suatu usaha tertentu. Bagi Kamu yang memiliki toko jual beli tak ada salahnya untuk juga ikut mempersiapkan datangnya Ramadhan dan lebaran dengan lebih khusus untuk keperluan toko Kamu. Seperti yang dilakukan oleh banyak pusat perbelanjaan ketika mendekati sebuah event besar, mereka melakukan perubahan dalam berbagai bidang untuk tokonya. Hal ini juga bisa Kamu lakukan meski hanya memiliki sebuah toko online saja. Salah satu caranya tentu adalah ikut menggelar lebaran sale yang memberikan potongan harga.

Sebuah toko online yang tak memiliki bentuk fisik juga bisa mengikuti promo lebaran. Caranya adalah dengan melakukan potongan harga untuk beberapa produk yang sekiranya akan laris manis di bulan Ramadhan dan hari raya. Kamu bisa melakukan kalkulasi terlebih dahulu untuk memperkirakan berapa seharusnya potongan yang diberikan agar tetap mendapatkan keuntungan. Atau jika sebelumnya Kamu tak pernah berjualan secara grosir, kini di moment Ramadhan dan menjelang lebaran ini bisa menambahkan jumlah satuan menjadi 1 lusin atau per setengah lusin dengan harga yang lebih terjangkau. Bagi Kamu yang memiliki toko online dengan tergabung di situs belanja online besar, biasanya sudah terdapat sistem perhitungan untuk memberikan harga grosir sehingga hanya perlu mengisikan nominal dan kuantitas barang untuk mendapatkan harga tersebut.

Selain memberikan lebaran sale untuk produk yang sudah lama dijual, Kamu juga bisa menambahkan barang dagangan baru yang berhubungan dengan Ramadhan dan lebaran namun tetap sesuai dengan produk jualan Kamu selama ini di toko. Misalnya Kamu memiliki toko online yang khusus menjual buku, maka selama bulan puasa, perbanyaklah koleksi buku yang ada dengan buku keagamaan. Begitu juga jika Kamu menjual pakaian secara online. Jika biasanya hanya menjual jeans atau jaket saja, di bulan ini tambahkan koleksi baju koko atau koleksi lainnya yang pantas digunakan untuk bersilaturahmi.

Sama seperti toko offline pada umumnya yang memberikan berbagai dekorasi untukmemeriahkan Ramadhan dan lebaran, Kamu pun bisa mendandani toko online Kamu. Tentu saja caranya tak sama dengan toko offline karena tak ada gedung yang bisa dihias. Namun tips-tips berikut ini bisa Kamu praktekkan untuk memiliki toko online yang meriah dalam menyambut lebaran:
  1. Ganti wallpaper website dengan gambar bertema Ramadhan.
  2. Buat foto produk dengan aksesoris Ramadhan seperti ketupat, tasbih dan sebagainya.
  3. Beri hiasan di website atau toko online sesuai dengan format yang didukung misalnya gif atau text berjalan.
  4. Beri text ucapan selamat berpuasa atau selamat Idul Fitri yang Kamu atur sesuai dengan waktu saat itu.

Dengan memberikan promosi berupa potongan harga dan mengubah tampilan toko online untuk menyambut lebaran sale, diharapkan toko Kamu akan lebih menarik dan menghasilkan penjualan yang lebih banyak dibandingkan hari-hari biasa. Ketika melakukan pengiriman produk yang berhubungan dengan keperluan Ramadhan tak ada salahnya menambahkan ucapan selamat beribadah di kertas pembungkus produk atau menyelipkan kartu ucapan sekaligus tanda terimakasih. Dengan pelayanan yang baik dan extra Kamu juga bisa mendapatkan ulasan positif dari customer sehingga menambah kepercayaan publik pada toko online Kamu. Lakukan inovasi terus menerus bukan hanya di moment lebaran namun juga di moment-moment lainnya.

8 comments:

  1. Wah..tipsnya bermanfaat sekali..bisa dicoba nih...biar pelanggan semakin loyal dengan os kita. TFS mbak...

    ReplyDelete
  2. Keren nih mbak... Aku sebagai konsumen juga sukak kalau lihat olshop yang kasih ucapan selamat Ramadan dll.. hehe

    ReplyDelete
  3. Bener nih mba, toko online juga harus apik kayak di mall-mall banyak promo dan tampilan kece dengan hiasan ramadhan dan lebaran yaa, biar rame..

    ReplyDelete
  4. Ramadhan dan Lebaran memang rejeki bagi banyak orang. Termasuk olshop.

    ReplyDelete
  5. Suami saya juga jualan online, tapi masih nebeng e-commerce. Mudah-mudahan suatu saat bisa punya toko online sendiri :)

    ReplyDelete
  6. Aku sih.... nunggu diskonan dari toko online :D :D

    ReplyDelete
  7. Iya nih, lebaran biasanya terjadi peningkatan belanja online cukup tinggi. Jadi perlu persiapan matang stok produknya

    ReplyDelete
  8. Ada keinginan suatu saat nanti punya usaha toko online, jadi waktu bisa lebih fleksibel.
    Thanks tipsnya,kak

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Pengalaman Pertama Bikin Donat Rasa Endolita Tekstur Sinyorita

Jadi, sejak Ken sekolah, aku mulai rajin lagi belajar masak. Tapi kali ini, yang aku pelajari, khusus bikin cemilan, jajanan buat bekal s...