Tips Memilih Speaker untuk Audio Mobil yang Tepat


Haihai
Alhamdulillah, Ramadhan sudah datang. Hati riang gembira. Karena itu tandanya momen mudik juga akan segera tiba. Yihaaaa. Pulkam pulkam euy.
Etdah...Masih lama, Kakaaaakkk.
Iyah.. hahaha.

Etapi meskipun begitu, tetap harus dipersiapkan tho segala sesuatu yang terkait dengan momen mudik nanti. Salah satunya yaitu kendaraan yang akan kita pakai mudik seperti mobil.

Selain memperhatikan soal mesin mobil, biasanya ada gitu geletar-geletar hati ingin memermak mobil. Vermak mobil ? Celana jeans kali, ah. Hihihi. Ya, mempercantik mobil biar lebih kece gitu pas kita pakai mudik. Ya nggak sih ? Yup.

Soal mempercihuy mobil yang akan dipakai pada momen mudik bisa dimulai dari speaker mobil. Karena apa ? Speaker mobil ini juga merupakan bagian penting soalnya bisa bikin suasana jadi asyik selama perjalanan mudik atau saat perjalanan untuk silaturahim ke sanak famili yang jarak rumahnya cukup jauh dari kita.

Speaker itu sendiri merupakan alat yang digunakan untuk bisa membuat suara lebih kencang dan bisa digunakan di banyak tempat. Bukan hanya digunakan di dalam atau di luar ruangan saja, ada juga speaker yang bisa digunakan untuk audio mobil .
sumber gambar bukalapak

Speaker mobil merupakan barang yang sering diganti karena menginginkan kualitas yang lebih baik. Sehingga untuk speaker bawaan dari mobil diganti dengan jenis yang diinginkan. Dengan mengganti speaker bawaan mobil tersebut diharapkan dapat untuk memberikan hasil suara yang lebih baik sehingga akan lebih nyaman untuk mendengarkan musik di dalam mobil.

Ketika akan memilih speaker untuk mobil sendiri mempunyai beberapa pertimbangan penting yang harus diperhatikan. Sehingga bisa mendapatkan speaker yang tidak hanya terbaik dengan kualitas yang diinginkan. Ketika akan membeli speaker mobil tersebut ada banyak sekali pertimbangan yang bisa digunakan baik dari memilih jenis speaker, harganya, kualitas dan spesifikasi, dan juga perbandingan lainnya. Dengan begitu Kita akan mendapatkan speaker yang terbaik dan cocok digunakan di dalam mobil untuk mendapatkan suara yang terbaik. Misalnya saja beberapa pertimbangan untuk membeli speaker mobil yang tepat adalah sebagai berikut ini:

Memilih jenis speaker mobil
Tips pertama ketika akan memilih speaker untuk audio mobil adalah dari jenis speakernya. Dimana jenis tersebut tentunya akan menentukan kualitas, suara yang dihasilkan, dan juga harga yang ada di pasaran. Pada umumnya ada dua jenis speaker standard yang ada di pasaran dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan audio yang dibutuhkan di mobil Anda. Misalnya jenis dari speaker mobil yang bisa dipilih di pasaran adalah sebagai berikut ini:

Speaker mobil coaxial merupakan jenis pertama yang terdiri dari midrange dan juga tweeter yang ada di satu konus. Jenis speaker ini bisa untuk diinstal dan tidak perlu menggunakan crossover. Keunggulan dari jenis speaker ini adalah dari harganya yang terjangkau sehingga bisa menjadi pilihan untuk yang mempunyai budget yang terbatas. Tetapi kelemahan dari speaker ini adalah mempunyai staging yang sulit dan mempunyai suara yang kurang. Sehingga untuk yang tidak menggunakan amplifier jenis ini menjadi pilihan tepat untuk dipilih.

Speaker mobil split merupakan jenis selanjutnya yang mempunyai komponen yang terpisah. Jenis ini mempunyai komponen yang terdiri dari driver, tweeter, crossover passive, dan juga midrange. Untuk jenis ini ketika akan diinstal perlu untuk instalasi kabel midrange yang dihubungkan croosove mid. Untuk speaker ini biasanya akan mendapatkan subwoofer dan mempunyai harga yang lebih mahal. Tetapi kualitasnya juga lebih baik dan tahan lama.

Memilih harga yang tepat
Tips mudah selanjutnya ketika akan membeli speaker mobil adalah dilihat dari harganya. Harga tersebut bisa dipilih dari jenisnya seperti yang telah disebutkan di atas. Tetapi juga bisa untuk mendapatkan speaker yang berbeda harganya dari tempat membelinya. Kita bisa untuk membeli speaker mobil tersebut dari mereknya, tempat membelinya di toko online atau offline, dan tentu dari spesifikasinya.

Memilih spesifikasi speaker
Dan tips terakhir untuk mendapatkan speaker sebagai audio mobil yang tepat adalah dari spesifikasinya. Misalnya untuk memilih speaker bisa untuk memperhatikan spesifikasi seperti RMS yang merupakan satuan daya ukur speaker. Dari OEM yang bisa untuk mengacu pada sistem audio, dari impedansi, dari biamplication, dari distorsi, dan juga dari dynamic range yang merupakan jangkauan tingkat paling keras untuk suara speaker yang akan dibeli.

4 comments:

  1. Aku belum kepikiran buat permak mobil. Paling dulu-dulu ketika abis nabrak. Tapi beli audio emang perlu ya demi kenyamanan penumpang, hihi..

    ReplyDelete
  2. Kalau speaker mobilnya pas, kan suaranya juga gak bikin sakit telinga ya. Dan tentunya bakalan menikmati sepanjang perjalanan. Asyik asyik... Di mobil menikmati perjalan sambil dengerin musik kan nikmat.

    ReplyDelete
  3. Punya kmi masih standard mb..bawaan mobil.. tp klo di modifikasi speakernya...kali lebih seru ya mb..klo dengerin musik gitu lbh mantap

    ReplyDelete
  4. Ditemani speaker mantap bikin betah perjalanan meski hampir 14 jam seperti dari Balikpapan ke Derawan.

    Duh, Jadi kangen Maratua, Sangalaki dan Kakaban ne ^^

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Follow by Email

Mengulas Berbagai Manfaat dan Penggunaan Popok Confidance

Jadi beberapa waktu yang lalu, emak curhat kalau belakangan ini beliau susah sekali berjalan terutama setelah tidur. Menurut dokter, hal in...