6 Restoran di Jogja yang Ramah Anak


Teman, kalian sudah punya rencana untuk mengisi libur akhir tahun, belum ? Kalian mau mengisinya dengan santai-santai di rumah, staycation, pulang kampung atau traveling ? Yuk dibikin dari sekarang. Biar matang, gitu. 

Kalau aku, alhamdulillah, sudah punya rencana untuk mewarnai libur akhir tahun . Dan rencana libur akhir tahunku kali ini, berbeda dari sebelumnya. Bakal lebih seru pastinya, karena apa ? Karena bakal kumpul sama keluarga besar atau temu keluarga besar yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Yihaaaa....

Meskipun masih beberapa bulan lagi, aku sudah terbayang-bayang lho keseruan apa saja yang bakal terjadi. Ngobrol-ngobrol, bercanda-canda, dan ngejahilin ponakan-ponakan. Bhahaha. 

Oya, kami sudah sepakat, bahwa Jogja akan menjadi lokasi temu keluarga besar kami. Kami juga sudah sepakat untuk menginap dimana. Nah, yang belum sepakat itu, soal dimana lokasi temu keluarga besar. 

Sepupuku, yang kebetulan tinggal di Jogja, sudah memberikan list tempat yang sekiranya bisa dipakai untuk melaksanakan kegiatan temu keluarga besar ini. Ia membuat list ini, berdasarkan hasil review atau referensi tempat-tempat makan atau referensi makanan yang terpercaya Dan aku rasa, list yang dibuat oleh sepupuku ini, sudah memenuhi usulan dari beberapa anggota keluarga. Seperti, tempatnya asyik, makanannya enak, tidak menuntut kita untuk segera pergi setelah makan, dan ramah anak.


Ada 6 list tempat di Jogja yang asyik untuk kegiatan kumpul keluarga, sekaligus makan-makan, dan ramah anak. 6 tempat tersebut antara lain sebagai berikut :

6 Restoran di Jogja yang Ramah Anak 

1. Nanamia Pizzeria
Nanamia Pizzeria, asyik ya nama restorannya. Nah, restoran yang satu ini nawarin menu-menu Italia gitu. Seperti pasta, spaghetti, dan macroni. Akan tetapi meskipun menu yang dibuat adalah menu Italia, namun, soal rasa, sudah disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia.

Bagi yang suka salad, di sini juga menyediakan salad dengan sayur dan buah yang segar. Nama saladnya Insalata Di Tonnom merupakan salad segar dengan topping ikan tuna. Emmm...yam yam. .

Soal tempat gimana ? Nah, soal tempat ni ya, Alhamdulillah, restoran ini memiliki konsep yang cucok yakni konsep seperti pesta kebun. Jadi, dengan konsep seperti ini, tentu bakal asyik kalau mengajak anak-anak. Duduk-duduk di rumput, guling-guling juga bisa. Trus dari informasi yang didapat sepupuku, di sini juga bisa menggelar pesta ulang tahun juga.

Selain itu juga, anak-anak bisa menggambar dibuku gambar yang sudah disediakan. Dijamin deh anak-anak pasti menyukainya. Ada banyak menu makanan dan minuman yang disukai anak-anak juga loh.
Berlokasi di : Jalan Tirtodirupan no.1, Mantrijeron.
Buka dari : 11:00-23:00 Wib.

2. Warung Bumi

Warung bumi. Mendengar namanya saja, kita sudah bisa membayangkan seperti apa konsep dari warung bumi ini. Yup, warung bumi ini memang alam banget. Secara, lokasi dari warung ini terletak di tangah area Bumi Langit Institute yang mana di tempat ini, adanak juga bisa dibawa untuk terjun ke alam. Mulai dari bercocok tanam hingga memeras susu sapi. Selain itu juga, ada kegiatan tur kelililng kebun, dan membuat donat ubi ungu yang kalau jadi bisa dimakan atau dinikmati oleh anak-anak.

Warung bumi sendiri memilki bentuk bangunan joglo khas Yogyakarta. Suasananya pun nyaman dan asri sekali.

Untuk menu makannya relatif sama dengan kebanyakan menu di rumah makan. Ada ayam goreng sambal, urap-urap, dan roti bakar yang disajikan khusus untuk para pengunjung.
Berlokasi di : Jalan Imogiri Mangunan KM.3, Desa Giriloyo.
Buka dari : 09:00-16:00 Wib.

3. Il Tempo Del Gelato

Gelato. Siapa sih yang nggak suka dengan menu yang satu ini ? Apalagi kalau gelatonya itu berupa gelato Matcha, Oreo, Banana Chocolate seperti ini? pasti semua orang suka ya, termasuk anak-anak. Harganya juga terjangkau yakni mulai dari dua puluh ribuan saja.

Il Tempo Del Gelato ini memiliki interior ruangan yang terkesan adem. Tumpukan batu bata yang tersusun rapi untuk dindingnya. Menambah kesan apik nan klasik. Cocok untuk tempat kumpul-kumpul sama teman, keluarga lengkap dengan bocah-bocah. *hahay

Berlokasi di : Jalan Prawirotama no.53, Brontokusuman, Mergangsan.
Buka dari : 10:00-23:00 Wib.

4. Warung Kopi Klotok

Warung kopi klotok, tapi menunya tidak didominasi kopi dan makanan pendampingnya saja. Melainkan juga menyediakan menu masakan tradisional yang khas Jogja. Seperti minuman teh hangat, sayur lodeh dengan sego bogana khas Jogja, serta ada pisang goreng juga.

Restoran di Jogja yang ramah anak-anak ini juga memiliki konsep outdoor yang memungkinkan para pengunjungnya makan di tepi sawah. Dah, kalau gini mah anak-anak bakal suka.

Berlokasi di : Jalan Kaliurang KM.16, Pakembinangun.
Buka dari : 07:00-22:00 Wib

5. Roaster and Bear

Ada banyak menu makanan dan minuman khas Indonesia banget. Seperti grilled seafood dengan sambal terasi atau sambal matah. Dibanderol dengan harga delapan puluh lima ribu rupiah saja. Ada juga Thai Tea trus aneka smoothies warna-warna yang pasti bakal disukai anak-anak.

Nah, tempat ini juga bisa dibilang ramah anak-anak. Karena dekorasi ruanganya yang sweet dan kalem. Apalagi ada boneka beruangnya yang berukuran besar yang disediakan di sisi sudut restoran.
Jadi, anak-anak pasti bakal seneng banget deh. Bisa bermain dengan para boneka besar. Selain itu, setiap kali anak-anak memesan makanan, pelayan akan menempatkan sebuah boneka kecil nan imut di depannya.
Berlokasi di : Jalan P.Mangkubumi no.52, Gowongan.
Buka dari : 07:00-23:00 Wib.

6. Gubug Makan Mang Engking Castle

Gubug makan mang engking di Bantul, ini memiliki sajian menu seafood dengan bumbu yang diracik dari citarasa lengkap ala Nusantara. Ada banyak juga menu sayur sayuran yang menyegarkan dimasak dengan direbus atau dibuat oseng-oseng. Ada menu udang goreng tepung juga lho. Gini mah, biasanya anak-anak doyan yak.

Lucu dan uniknya lagi dari restoran di Jogja yang satu ini adalah, bangunannya yang mirip seperti kastil yang ada di Eropa atau Negeri Dongeng. Pasti anak-anak terutama anak perempuan bakal menyukainya.
Berlokasi di : Jalan Sorogan no.13, Ngestiharjo, Kasihan
Buka dari : 10:00-21:00 Wib.
Nah, itu tadi 6 restoran di Jogja yang ramah anak. Tahu tempatnya kece-kece begini, kayaknya bakal aku kunjungin semua deh kalau ke Jogja nanti.

29 comments:

  1. Sudah nyoba semuanya dan memang bagus2 mba, tapi kopi klotok kurang asik buat anak2. Antri dan ramainya itu biasanya bikin anak nggak nyaman. Oya, ada Kampung Flory yg mirip kopi klotok tapi lebih cocok buat anak2 :)

    ReplyDelete
  2. Pas ke Yogya tahun kemarin nyesel banget nggak sempat ke Il Tempo Del Gelato, itu Gubung Makan Mang Engkin Kastel, lucu namanya bertolak beakang antara Guug dan kastil

    ReplyDelete
  3. Makasih referensinya mbak. Kebetulan banget ada rencana mau ke Jogja nih.

    ReplyDelete
  4. Jadi pengen ke Jogja juga nih Mbak. Sekalian bawa anak-anak juga. Dulu ke Jogja cuma ke Taman Lampion ama Taman Pintar aja. Ama Malioboro jg tentunya, hihihih.

    ReplyDelete
  5. Aku tuh sering ke Jogja, tapi belum sempat mampir makan di Nanamia Pizzeria. Kalo Tempo Gelato sih udah tiga kali, selalu ngangenin sih mbak

    ReplyDelete
  6. gelatoooooo... itu yang bikin penasaran, next klo ke Jogya lagi harus melipir kesono, thanks mba!

    ReplyDelete
  7. Kalau Gubug Makan Mang Engking mungkin di Jogja paling unik, ya. Setahu saya ciri khas Mang Engking kan saung-saung gitu. Tetapi, yang ini castle

    ReplyDelete
  8. Nanamia yg tirtodipuran itu tempatnya enak banget, sering bikin kegiatan buat anak2 juga.

    ReplyDelete
  9. andaikan ada waktu alik ke jogja lagi sama anak2 pastinya kubawa deh ke daftar cafe2 ini mbak
    senang banget ada yg mau nulis dan merampungkan begini tempat2nya.

    ReplyDelete
  10. Aku belum pernah ke warung klotok. Lainnya udah pernah. Pingin ajak anak-anak ah

    ReplyDelete
  11. Wah makasih rekomnya mbaa, bisa jadi referensi kalau pas lagi ke Yogya. Aku akhir tahun ini acaranya mau kumpul-kumpul aja sama temen desa mbaa, udah diwarning karena ga pernah ikutan sama sekali haha

    ReplyDelete
  12. Aku penasaran jadinya pengen masuk ke Gubung Mang Engking Castle..jangan-jangan ini pernah dijadikan tempat syuting ya saking uniknya :)

    ReplyDelete
  13. Semoga ada rezeki ke Jogja akhir tahun ini.
    Sudah lama ga bawa si kecil.
    Terakhir waktu dia di kandungan usia 2 bulan aja.

    ReplyDelete
  14. Warung Bumi kayanya seru tuh, ada outbond activity buat anak-anak ya Mbaaa? Ortu happy, anak juga happyyyy! :)

    ReplyDelete
  15. Wah teryata banyak juga ya mba restoran ramah anak di Jogja. Pas tahun lalu ke JOgja aku belum sempat ke sini mba. Tapi moga aja tahun depan aku diberi kesempatan ke sini ya mba :)

    ReplyDelete
  16. Ahhaiii~
    Pas banget yaa...

    Dirgahayu Jogjakarta.
    Makin berkilau segala-galanya, namun semakin membumi masyarakatnya.

    ReplyDelete
  17. Wah ini penting bgt. Secara berkali kali ke jogja aku clingak clinguk cari tempat makan yg asyik buat anak. Itu gubug mang engking ternyata bukan gubug ya? Baru tauuu. .

    ReplyDelete
  18. Aku tertarik sama gubug Mang Egking Catsle nih mbak. Kalau di sini adanya yang tema kolam ikan begitu

    ReplyDelete
  19. Wah, kalo ke jogja harus mampir niih...

    ReplyDelete
  20. Insya Allah, medio November ke Yogja.
    Pas banget BW artikel ini.
    Aku share ya, mba, biar ga lupa.
    Dari semua, aku tertarik sama Gubug Makan Mang Engking Castle. Berasa di dunia Harry Potter :)

    ReplyDelete
  21. Wah, belum pernah semua nih ke restoran2 itu. Kudu disambangi nih kapan2 pas ke sana lagi. Temenin ya mbaaa...

    ReplyDelete
  22. Bulan Juli lalu, Wahyu dan Omanya liburan ke Jogja, Mba. Waahhh kalo kami diberi waktu untuk kembali lagi ke sana, sepertinya harus mampir nih ke restoran-restoran itu :)

    ReplyDelete
  23. Belum pernah semua aku Mba ehehhehe pengen ih ajak keluarga ke sana.

    ReplyDelete
  24. Banyaaaak yang aku belum cobain! Musti masuk daftar resto kalau ke Jogja besok :)

    ReplyDelete
  25. Wah keren nih restoran ramah anak. Gak cuma makan ya, tapi anak2 juga bisa main di sini.

    ReplyDelete
  26. hahahah, barusan dari jogja. Nyesel nggak nanya2 dulu. Mungkin karena udah kecapekan jadi males kemana2.

    ReplyDelete
  27. Gubug Makan Mang Engking Castle itu unik banget, mirip istana2 di negeri dongeng. Bagus tuh buat foto2 hehehe.
    Sego bogana itu sego apa ya, duh jadi pengin cobain deh di warung kopi klotok :)

    ReplyDelete
  28. Senangnya sekarang banyak tempat makan umum yang memperhatikan kenyamanan anak-anak ya

    ReplyDelete
  29. Kenyamanan ini penting banget..soalnya aku juga punya bocil. Biasanya milih yang ada playground klo aku mba

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Follow by Email

Keluarga Harmonis : Kolaborasi Antara Istri dan Resik V Manjakani Whitening Untuk Suami Terkasih

Adakah yang bertujuan menikah untuk kemudian bercerai ? Aku rasa, setiap pasangan menikah, pasti mengharap untuk menjadi keluarga yang h...