Resep Membuat Kaldu Bubuk Non MSG Homemade


Sumber: cookpad
Akun Siska Mei

Pemicu kanker adalah dari apa yang kita konsumsi sehari-hari. Makanan atau masakan yang tidak sehat adalah hal yang akan memicu kanker dalam tubuh. Bukan hanya dari cara memasaknya yang salah namun juga karena bahan yang digunakan untuk memasak dapat memicu kanker.

Salah satu bahan yang sering digunakan untuk memasak yang dapat memicu kanker adalah kaldu yang terkandung MSG. kaldu yang memiliki rasa begitu gurih itu memang enak jika ditambahkan ke masakan. Masakan akan menjadi lebih lezat. Namun sayangnya hal tersebut justru sangat berbahaya untuk tubuh. Untuk menghondari hal yang tidak diinginkan maka segeralah ganti kaldu kita dengan kaldu bubuk non MSG memang ada juga produsen yang menjual kaldu bubuk non MSG. Tetapi membuatnya sendiri di rumah juga tidak ada salahnya. Berikut resep membuat kaldu bubuk non MSG sendiri di rumah.

  • Memilih Bahan Yang Benar Untuk Dijadikan Kaldu
Sebenarnya bukan hanya daging ayam dan sapi saja yang bisa dijadikan kaldu. Namun bahan lain seperti jamur dan kacang-kacang juga bisa dijadikan kaldu. Namun kali ini kita membuat resep daging yang biasa dibuat yaitu daging ayam dan sapi. Nah, untuk menggunakan daging ayam dan sapi juga tidak asal memilih. Agar nanti mudah untuk dimasak. Jika kita memih daging ayam maka pilihlah ayam bagian dada. Jangan pilih bagian daging ayam yang terdapat kulit, agar mudah diolah ketika dibuat kaldu. Kemudian untuk daging sapi, kita pilih yang tanpa serat-serat agar lebih mudah juga diolah.


  • Siapkan Bahan Tambahan

Ketika membuat kaldu daging merah atau ayam, kita juga membutuhkan bahan lainnya agar rasanya lebih lezat dan juga lebih bergizi. Kita bisa gunakan bahan seperti daun bawang, bawang putih dan merah, kentang dan juga wortel. Bahan tersebut kita potong-potong kemudian dihaluskan. Kenapa memilih bahan tersebut? Karena bahan tersebut mengandung gizi yang baik dan cocok dicampur dengan kaldu.  Wortel misalnya mengandung vitamin yang baik untuk mata. Kentang juga sumber energi sehat yang baik untuk menunjang aktivitas sehari-hari.


  • Haluskan dan Sangrai Semua Bahan

Setelah kita siapkan bahan-bahan di atas kita bisa menghaluskan semua bahan di atas. Kita potong-potong dulu daging ayam atau sapi kemudian masukkan ke dalam blender yang khusus untuk mengolah daging. Setelah hampir halus. Kita potong-potong kentang, wortel, daun bawang, bawang merah dan putih. Setelah itu masukkan pada gilingan daging. Lalu haluskan lagi hingga semua benar-benar halus dan teraduk jadi satu.

Setelah semua bahan halus dan tercampur jadi satu, siapkan wajan panas. Lalu sangrai hingga matang. Disarankan nih untuk menggunakan api besar. Gunakan api kecil atau sedang ketika menyangrai karena menghindari kegosongan. Kita juga jangan meninggalkannya, kita harus mengaduknya terus ketika menyangrai. Dikarenakan menyangrai tidak menggunakan minyak sehingga akan mudah gosong jika tidak diaduk terus.


  • Keringkan Kaldu

Setelah disangrai, proses selanjutnya adalah mengeringkannya di dalam oven yang bersuhu sekitar 170 derajat tergantung dari panasnya oven kita. Kemudian kita juga harus mengeringkannya di oven selama kurang lebih 25 menit atau sampai 35 menit. Jika sudah, lalu bisa kita angkat dan giling lagi hingga halus. Jika belum mendapatkan tekstur yang lembut, dan halus. Kita bisa menyangrainya lagi dan masukkan lagi dalam oven. Hingga mendapatkan tekstur halus barulah kaldu bubuk non MSG jadi.

38 comments:

  1. Ternyata gampang ya bikin kaldu alami itu. Memang sih, mending bikin sendiri daripada beli karena bahan-bahannya pasti terjamin. Tinggal niatnya aja, mau bikin apa enggak hehehehe

    ReplyDelete
  2. Baru tau proses bikin kaldu itu gini. Aku cuma sering nyetok air kaldu buat mpasi. Harus belajar bikin nih karena kaldu sehat lebih utama ya

    ReplyDelete
  3. oalaaah baru tahu lho cara buat kaldu bubuk, kebiasaan niih pake yg kaldu kuah atau kaldu bubuk siap saji aja *emakmalas hihihh

    thanks ya Mbak :)

    ReplyDelete
  4. Wah, perlu dicoba nih. Kalau aku selama ini sih pakai kaldu jamur yang sudah jadi mba. Thank you mba untuk resepnya.

    ReplyDelete
  5. Dari dulu pengen banget bikin kaldu bubuk untuk anak-anak tapi gal jadi terus hehe niatnya masih kurang. Tapi memang lebih bagus bikin sendiri tidak mengandung msg

    ReplyDelete
  6. Saya agak bingung di bagian menyangrai. Sebaiknya pakai api besar atau kecil? Kayaknya api kecil, ya?

    ReplyDelete
  7. Karena tau diri akunya tak telaten, jadi kadang memilih gak pakai kaldu bubuk, hihihi, resep asli aja, memang sih gak segurih pakai kaldu bubuk..

    ReplyDelete
  8. Waah, makasih tips-nya say udah ketergantungan nih pakai penyedap rasa, , kalau ga pakai penyedap rasanya masakan jadi hambar

    ReplyDelete
  9. Mba, saat menyangrai api besar / kecil ya? Ada 2 kalimat yg bertentangan soalnya..hehe.. kapan2 pengen nyoba ah.. TFS resepnya mba..

    ReplyDelete
  10. Saya juga lebih suka tidak menggunakan kaldu instant atau bubuk atau bentuk apapun Mbak. Rasa masakanku memang tidak semenarik makanan ber MSG lainnya, tapi yang penting saya ndak boros dengan beli MSG, heheheee. Kalau kaldu kuah saya pernah buat dan itu gampang banget loh, rasanya juga semakin segar karena tanpa kaldu bubuk kemasan.

    ReplyDelete
  11. Jamannya bunda punya anak, kaldu kuah andalannya, blm pernah dengar kaldu kering.

    ReplyDelete
  12. aku juga ga pernah pakai msg, tapi males juga bikin kaldu homemade, hehee. biasanya kalau masak aku banyakin bawang merah bawang putih, tambahin tulang2 atau jamur buat msg alami :)

    ReplyDelete
  13. Ini info penting untukku yang menghindari MSG mbaaa.. belum pernah coba but I’m very interested to try it at home

    ReplyDelete
  14. Jadi buat cukup mudah ya mba,, mau share dipraktekkan.. nti kelg suruh coba dulu kalo enak bisa d jual ini

    ReplyDelete
  15. Noted nbak..aku nggak pernah masak pakai MSG sama sekali, demi kesehatan keluarga.

    ReplyDelete
  16. Wah aku simpen ah resepnya ini. Pengen nyoba bikin sendiri kaldu homemade.

    ReplyDelete
  17. wiiih begitu toh bikin kaldu bubuk, aku save ya mba resepnya... makasih :)

    ReplyDelete
  18. Aku juga lebih suka yang alami buat sendiri langsung.
    Soalnya beli yang langsung jadi itu rasanya tersisa terus di lidah, nggak enak.

    ReplyDelete
  19. Baru tahu kalau ada cara membuat kaldu bubuk non MSG. Kapan-kapan pengen coba ah soalnya kan yang alami kayak gini lebih sehat dong tentunya.

    ReplyDelete
  20. Kalau saya bikin kaldu, masih yang cair mbak. boleh juga nih dicoba kaldu tanpa MSG yang bubuk begini ya. Tahan berapa lama mbak kira-kira dan disimpan di ruang terbuka atau di lemari pendingin?

    ReplyDelete
  21. Kalau jadi bubuk bakalan lebih tahan lama kah mba Inda?
    Aku dulu sering bikin bumbu kaldu A, B, C dan D kaya yang dijual di toko.

    Tapi ga jadi bubuk siih...

    ReplyDelete
  22. Kaldu bubuk udang?
    Baru ngerti saya ada kaldu bubuk udang gini. Apa apa sekarang makin mudah.

    ReplyDelete
  23. Panduan banget, bisa dipraktikkan. Soalnya mertua kalo masak suka menggunakan kaldu.
    Jadi ingat temen ukm yang menggunakan udang rebon jadi bubuk kaldu mba.

    ReplyDelete
  24. Baru tau caranya cuma disangrai dan oven, kukira ada alat khusus gitu kayak di pabrik2. Hoho

    ReplyDelete
  25. Wah ternyata begini ya bikin kaldu bubuk mudah ya ternyata kalau aku biasanya pakai kaldu yang udah jadi sih hehe.

    ReplyDelete
  26. aku taunya kaldu jamur itu ya mak yg non MSG, ternyat abikin sendiri bisa ya

    ReplyDelete
  27. Oh cara bikin kaldu bubuk kaya gitu ya, kalau aku biasanya kaldo cair trus aku simpan di freezer.

    ReplyDelete
  28. Kalo cair aku biasa buat. Kalo bubuk ak blas belum pernah

    ReplyDelete
  29. Wow mantap.. bikin kaldu sendiri yah... aku ga tau sempet gak ya.. apalagi gak terlalu suka masak.

    ReplyDelete
  30. Waduh nggak punya blender khusus daging je, mending aku nyari kaldu bubuk non msg langsungnya aja ya :D :D

    ReplyDelete
  31. ENak ya kalau bisa buat kaldu bubuk non MSG seperti itu. Jadi ingat punya blender dan pengen aku praktekkan resepnya mba Inda ah. PAs anakku kecil tuh aku suka nyetok kaldu, tapi kaldu yang kuah mba aku bekuin

    ReplyDelete
  32. Saya seringnya bikin kaldunya. Kalau dikeringkan gtu belum pernah krn blm ada oven. Noted mbak, kpan2 aku praktekkan caranya supaya bisa bikin kaldu bubuk juga :D

    ReplyDelete
  33. Sehat nih ya mba kalau kaldunya bikin sendiri gini. Kalau pake kaldu jadi kadang agak bingung dengan ingredientnya ya?

    ReplyDelete
  34. Aku pas anak-anak masih MPASI suka bikin kaldu, tapi kaldu kuah.. Sekarang mereka sudah terpapar micin, hiks..

    Makasih infonya ya, Mbak.. kapan-kapan pasti aku buka lagi resepnya.. pengen nyoba bikin juga.

    ReplyDelete
  35. kayaknya gampang ya buatnya. aku selama ini selalu beli yang udah jadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. pernah liat di tv bule, kok kayaknya rumit ya.. hahaha

      Delete
  36. Aku sebenerya udah lamaaa pingin bikin kaldu sendiri Mba. Apalah daya, mager mengalahkanku, hiks.
    Selama ini paling akhirnya beli kaldu home made yang banyak di jual. Tapi paling suka aku sama kaldu jamur sih, bikin masakan jadi enak banget!

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Follow by Email

Mengulas Berbagai Manfaat dan Penggunaan Popok Confidance

Jadi beberapa waktu yang lalu, emak curhat kalau belakangan ini beliau susah sekali berjalan terutama setelah tidur. Menurut dokter, hal in...