Friday, May 27, 2016

#BahagiadiRumah Itu, Saat Melihat Mereka Bahagia

Jika matahari adalah pusat tata surya. Maka ibu adalah pusat energi cahaya di rumah. Jika matahari tetap memancarkan sinarnya dalam kondisi apapun, cuaca seburuk apapun untuk menyinari tata surya. Maka ibu akan melakukan apapun demi melihat senyum bahagia anggota keluarga.

Sebagaimana matahari yang sinarnya memberi kehidupan bagi makhluk hidup di bumi. Begitu juga ibu, yang kehadirannya di rumah laksana energi cahaya. Energi cahaya yang disalurkan ibu lewat perhatian, kasih sayang, pengertian, perlindungan. Agar setiap anggota keluarga merasa hangat, merasa tenang, merasa senang dan bahagia saat berada di rumah. Tidak ada lagi kata tidak betah tinggal di rumah. Tidak ada lagi kata bosan menghabiskan waktu dan berlama-lama di rumah. Bahkan, jika terpisah jarak yang cukup jauh, maka akan selalu ada rasa rindu untuk segera pulang ke rumah. Indah bukan ?.

***

Itu adalah mimpiku. Mimpi seorang ibu yang seluruh waktunya dihabiskan di rumah. Mimpi yang tengah aku usahakan saat ini dan seterusnya. Mimpi untuk membuat anggota keluarga, suami dan si kecil ken merasa hangat, tenang, senang dan bahagia saat berada di rumah. Sebab aku percaya, bahwa rasa bahagia saat berada di rumah akan membawa dampak positif bagi suami dan si kecil ken saat mereka berada di luar rumah. Bagiku, jika Mereka Bahagia di rumah maka Aku pun akan merasa lebih bahagia dari mereka.

Untuk menghadirkan rasa bahagia di rumah, maka ada beberapa hal yang aku lakukan.
1. Memahami karakter suami dan si kecil
● Karakter suami
Salah satu karakter suami adalah suka sekali berdiskusi. Maklum saat mahasiswa, suami aktif di berbagai organisasi yang notabene selalu ada yang namanya kegiatan diskusi. Saat ini pun suami masih suka membantu salah satu organisasi buruh di sini. Tak jarang banyak teman-teman buruh yang datang ke rumah untuk sekedar berdiskusi, meminta pendapat solusi dan sebagainya. Pokoknya kalau diajak diskusi ekspresi wajahnya langsung sumringah dan nampak begitu bersemangat.

Hari buruh ~ Suami dan sekjen spbi

Nah demi menghadirkan ekspresi tersebut di rumah, maka aku pun tak keberatan jika teman-teman organisasinya yakni para buruh datang berdiskusi di rumah. Aku juga menyiapkan tempat yang nyaman dan bersih untuk tempat berdiskusi. Selain itu, aku juga berusaha untuk menjadi partner diskusinya di rumah. Entah itu mendiskusikan soal si kecil ken, lingkungan sekitar hingga beberapa berita terupdate. Jadi aku menyesuaikan diri juga suasana rumah dengan karakter suami.

Diskusi soal ketentuan pesangon utk buruh yg ingin resign krn kanker

● Karakter si kecil
Pada umumnya anak usia dini memang sangat suka bermain. Begitu juga si kecil ken. Si ken suka permainan yang melibatkan ketrampilan tangan dan kakinya. Ia nampak bersemangat dan antusias dan tidak akan cepat bosan memainkan mainan tersebut.
Mainan dari barang bekas yang aku buat untuk ken

Untuk menghadirkan rasa semangat dan antusias ken di rumah. Maka aku selalu membuat aneka macam permainan untuk ken. Seperti membuat miniatur gedung-gedung dan pepohonan dari kardus bekas. Juga membuat perahu kincir dari botol bekas. Kemudian bermain engklek yang terbuat dari mainan bongkar pasang beberapa mainan lainnya. Yang mana cara memainkannya melibatkan kaki dan tangan.



2. Mengetahui selera setiap anggota keluarga
Ada pepatah yang mengatakan bahwa makanan adalah penghangat suasana. Maka dari itu, aku pun berusaha untuk memperhatikan dan menyiapkan makanan sesuai dengan selera rasa setiap anggota keluarga. Si kecil ken suka makanan yang rasanya manis gurih. Sementara suami suka makanan yang manis pedas.



Kadang aku dan suami memasak bersama. Bahkan kadang suami yang mengajariku masak menu masakan kesukaannya. Jujur untuk urusan dapur aku memang sedikit lemah dan masih harus lebih banyak belajar lagi.

3. Memberikan perlindungan kepada mereka
Nikmat Allah yang luar biasa adalah kesehatan. Dengan kondisi badan sehat maka bisa melakukan apapun yang ingin dilakukan. Jadi demi menjaga kesehatan suami dan si kecil ken, aku berusaha untuk memberikan asupan bergizi untuk mereka. Serta mengajak mereka untuk melakukan gaya hidup sehat.

4. Merumuskan kegiatan-kegiatan seru dan menyenangkan yang bisa dilakukan bersama-sama di rumah
Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan bersama-sama di rumah. Seperti membersihkan rumah, memasak, makan bersama, belajar bersama menonton tv dan sebagainya. Nah kegiatan-kegiatan tersebut bisa membantu mempererat hubungan antara anggota keluarga.

Aku juga melakukan kegiatan-kegiatan tersebut bersama si kecil dan suami. Hanya saja aku kemas dengan cara yang berbeda. Yakni seru dan menyenangkan. Misalnya saat kegiatan gotong royong membersihkan rumah. Si ken yang mendapat tugas merapikan mainannya, aku ajak untuk berlomba merapikan mainan. Demikian juga saat menonton tv program untuk anak-anak. Aku selalu mengajak si ken beradu akting seperti acara yang tengah kami lihat. Dan sebagainya.

Selain kegiatan-kegiatan tersebut di atas yang dilakukan sehari-hari. Aku menambahkan satu kegiatan lagi dalam list daftar kegiatan yang bisa dilakukan bersama-sama di rumah. Yakni menggambar bersama. Menggambar adalah hobi si kecil ken. Sementara bagi aku dan suami, menggambar adalah refreshing. Nah biasanya pada saat melakukan kegiatan ini tak jarang tawa si ken membahana. Apalagi saat gambarnya mendapat pujian dari aku dan suami. Seketika itu wajahnya merona bahagia. Kami pun juga ikut tertawa donk ya. Tertawa bahagia karena melihat kemampuan menggambar si kecil ken yang luar biasa.

aneka gambar yang dibuat ken
***

Karena aku bukan superwoman apalagi superman, jadi adakalanya aku merasa lelah. Capek. Badan linu-linu. Bahkan badmood juga kadang menghampiri. Terutama saat aku tengah datang bulan. Tapi alhamdulillah selama ini semua bisa diatasi oleh suami. Ia sudah paham betul bagaimana cara mengatasi moodku yang sedang down atau saat aku sedang lelah. Jadi lelah atau badmood tak jadi masalah bagiku untuk terus berusaha membuat mereka bahagia di rumah.

Justru yang jadi masalah adalah saat aku sedang dilanda miskin ide. Mulai dari tidak punya ide untuk bahan diskusi, ide untuk parenting, hingga miskin ide membuat menu masakan apa untuk mereka.

Ada sebuah kalimat yang cukup familiar, terutama di dunia para penulis. Yaitu kalau kehabisan ide maka solusinya adalah membaca. Jadi aku pakai cara itu deh. Membaca. Baca-baca tulisan atau artikel-artikel yang berhubungan dengan duniaku donk ya. Dunia ibu. Dunia wanita.


Nah bacaan yang pas banget buat aku nih adalah Tabloid Nova. Iya Tabloid Nova. Di Tabloid Nova ini aku menemukan apa yang aku butuhkan. Mulai dari ide untuk materi diskusi dengan suami. Seperti mendiskusikan tentang problematika dalam rumah tangga yang dibahas dalam artikel yang berjudul 'Seatap tapi terasa jauh'. Kemudian ide untuk menjaga kesehatan keluarga, terutama untuk tumbuh kembang si kecil ken yang terdapat dalam artikel 'Memasak untuk Si Kecil Cepat Tanggap'. Sampai ide untuk membuat aneka sajian unik dan lain dari biasanya juga ada di Tabloid Nova. Nama rubriknya adalah Sedap Sekejap.  


Setelah ide-ide untuk membuat suami dan si kecil ken bahagia di rumah sudah aku dapatkan. Selanjutnya adalah mencari informasi untuk aku sendiri. Selain bisa untuk aku praktekkan langsung, juga untuk menambah pengetahuanku. Ya siapa tahu apa yang aku baca bisa berguna di kemudian hari. Untukku atau untuk orang-orang sekitarku. Seperti tentang kecantikan, padu padan, griya, busana, aneka tips keuangan, dan sebagainya. Lengkap kan Tabloid Nova ? Ho oh. Lengkap kap kap. Pokoknya mah, Tabloid Nova paham banget sama dunia wanita yak. Semua yang dicari dan dibutuhkan wanita ada di Tabloid Nova.


Sebagai seorang ibu yang ingin membuat anggota keluarga bahagia di rumah, kehadiran Tabloid Nova sangat berarti untukku. Tabloid Nova membantuku untuk mewujudkan keinginan dan mimpiku itu melalui ide-ide segar serta aneka macam pengetahuan yang disajikan dengan cara yang menarik dan enak dibaca. Oleh sebab itu aku ingin mengucapkan Terima Kasih Banyak kepada Tabloid Nova yang tetap setia menemaniku juga para wanita di negeri ini selama lebih dari seperempat abad ini.

Seperempat abad lebih bukanlah waktu yang sebentar. Juga bukan sembarang usia. Ada moment-moment indah nan bahagia dan penuh makna di sana. Dalam perjalanan selama seperempat abad lebih itu juga pasti akan bertemu onak dan duri.

Tabloid Nova sudah dan mampu melewati masa-masa itu dengan baik. Seperempat abad lebih. Dan baru-baru ini, 'lebih' itu bertambah satu. Tahun lalu 27. Berarti sekarang, usia Tabloid Nova adalah 28 tahun. Luar biasa bukan ? Iyup.

Jadi nih, buat yang baru berulang tahun, aku mau ngucapin, Happy Anniversary yang ke-28 tahun untuk Tabloid Nova. NOVAVERSARY. Semoga semakin berjaya dan terus memberi inspirasi para wanita di negeri ini. Sukses selalu yak buat kamu, Tabloid Nova kesayanganku. Amin.


28 comments:

  1. Tak sedikit orang yang mencari kebahagiaan di luar rumahnya. yang di dapat malah kebangkrutan lahir batin.
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, kita trmasuk yg bahagia di rumah ngge pak de, salam hangat jg dari jombang, haha

      Delete
  2. bahagia itu ketika kita kembali di rumah dan berkumpul dengan keluarga tercinta...aaiiih surgaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. surgaaaaaaaa
      alhamdulillah bgd ya mbk ika, apalagi lihat senyum sumringah bocah2, duh senengnyaaaa :)

      Delete
  3. Wah kreatif sekali, bisa berkreasi untuk makanan sekeluarga dan mainan untuk anak.
    Memang yang membahagiakan seorang ibu, yaitu ketika semua anggota keluarganya bahagia ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyak, mereka happy, si emak lebih happy, alhamdu..lillaaahh :)

      Delete
  4. Tak ada hal yang lebih membahagiakan kayaknya selain melihat anggota keluarga sehat dan bahagia dalam menjalani kehidupan :)

    ReplyDelete
  5. Ibu selalu begitu ya... Jika keluarga bahagia, ibupun lebih bahagia. Semoga mimpinya untuk menjadi ibu yang memberi kehangatan keluarga, diberkahi Allah, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiiinnnn, makasih doanya yak, semoga mbk ummi jg demikian, amin lagi :)

      Delete
  6. wuaa mba Inda judulnya suka. Yang membuat bahagia itu ya pas melihat mereka bahagia ya. Oya untuk point mengetahui selera makan seluruh anggota keluar itu memang menyenangkan dan membahagiakan ya mba. Nah baru ga membahagiakan kalau sudah dibuatkan makanan malah ga dimakan.. hihi.. jadi curhat/

    ReplyDelete
    Replies
    1. krn gk dimakan trs aku yg makan mbk ira, makanya bb gampang banet naek, wahahah, jd curhat jugak :)

      Delete
  7. Memang sih seorang ibu yang mengendalikan suasana rumah...kali mamanya lagi bete otomatis suasana rumah pasti jadi panas...

    Duh, rumahmu suka dijadikan tempat nongkrong sama temen2 suami ternyata :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. klok panas, buka kulkas aja ya teh, ah jd ingt kapten yoo teh

      Delete
  8. Rumahku surgaku

    semoga slogan itu berlaku untuk kita semua ya mba

    amiiin

    ReplyDelete
  9. keluarga memang selalu menjadi tempat untuk kembali :D saya juga walaupun jauh mendaki gunung tetap ingin kembali ke rumah bersama anak-anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti ada rasa kgn bgd ya mbk ev, stlh bbrpa pergi mendaki..
      dikau emang kece mbk ev

      Delete
  10. Salut dengan mba inda.. Kreatif banget yaa :)
    Juga pengertian dengan karakter dan aktivitas suami..
    Semoga kebahagiaan selalu ada di rumah ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, makaish doanya mbk deasy, semoga dikau jg demikian yak amin :)

      Delete
  11. Dari sekian tabloid wanita, aku plg sukaaaa nova, ngebahasnya detil, palagi gosip artis ehhhh
    Trus resepnya juga enak2 bgt
    Lg nunggu resep kueh kukis lebaran biasanya lengkaaap

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyak rsepnya berlembar2, jd kita bs punya bnyaj pilihn deh mau masak yg mana, cucok ya nit, kita sehatik, ciyeee :)

      Delete
  12. Jadi pada intinya kebahagiaan mba bersumber dari kebahagiaan keluarga ya mba :) Bagus tulisannya sangat bermakna apalagi karakter suami mba yang suka sekali berdiskusi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyak, kebahagian aku bersumber dr mereka, mereka bahagia aku jg bahagia, aseeegg.
      makasih atas kunjungannya yak, tunggu kunbal saya yak

      Delete
  13. aahh emang yaa dirumah tuh paling aseek , apalagi kalo dah liburan, leyeh2 , tiduran sambil ngenet ohh bahagianyaaa

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)